Kamini.id / Tips Kecantikan / Yuk, Kenali Bentuk Wajah dengan Cara yang Sederhana Ini

Yuk, Kenali Bentuk Wajah dengan Cara yang Sederhana Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tampil menawan merupakan idaman setiap orang. Namun untuk dapat memiliki penampilan yang anggun membutuhkan panduan yang tepat. Untungnya panduan tersebut sudah Anda miliki, yaitu wajah Anda.

Wajah dapat menjadi alat yang sempurna untuk menentukan jenis makeup yang akan Anda gunakan atau gaya rambut yang sesuai untuk Anda. Sayangnya, menentukan bentuk wajah mungkin terlihat lebih sulit dilakukan tanpa panduan yang tepat.

Jika Anda kesulitan untuk menentukan bentuk wajah Anda, Kamini dapat membantu Anda melakukannya. Jean Haner, seorang ahli membaca wajah dan penulis The Wisdom of Your Face telah menemukan cara yang lebih sederhana untuk menentukan bentuk wajah.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengukur wajah Anda. Untuk melakukannya, sebaiknya ikat rambut Anda agar dapat melihat keseluruhan wajah Anda. Biasanya bentuk wajah dapat ditentukan dengan melihat bentuk bagian atas wajah dan juga bentuk rahang. Ada 4 bagian wajah yang harus Anda ukur.

Pertama, ukur lebar dahi Anda. Gunakan pita pengukur untuk mengukur lebar dahi Anda dari ujung rambut kanan ke ujung rambut kiri. Jangan lupa untuk mencatat hasilnya.  Selanjutnya ukur bagian tulang pipi Anda. Letakkan ujung pita pengukur pada bagian luar mata kiri lalu ukur kebagian terluar mata kanan, melewati bagian atas hidung. Catat hasil pengukurannya.

Kemudian, ukur bagian rahang Anda. Temukan bagian dasar rahang yang bisa ditemukan di bagian bawah telinga.  Ukur bagian rahang dari dasarnya hingga ke bagian tengah dagu. Kalikan dengan dua hasil pengukurannya atau Anda bisa lanjutkan pengukuran hingga ke bagian dasar rahang yang lainnya. Angka yang Anda dapat adalah ukuran rahang Anda.

Selanjutnya adalah mengukur panjang wajah Anda. Letakkan pita pengukur di tengah garis rambut Anda dan ukur hingga ke bagian ujung dagu. Jika Anda melakukannya dengan benar, pita pengukur akan melewati bagian hidung.  Angka yang Anda dapatkan adalah pengukuran terakhir yang harus Anda catat.

Setelah mendapatkan ukuran wajah Anda sendiri, sekarang waktunya menentukan bentuk wajah Anda. Ada 6 jenis bentuk wajah yang umumnya dimiliki manusia. Sesuaikan karakter tiap bentuk wajah dengan karakter wajah Anda sendiri.

Cara Mengetahui Bentuk Wajah

1. Wajah Bundar

Bentuk Wajah Bundar

* sumber: www.popsugar.com

Untuk menentukan apakah wajah Anda berbentuk bundar, cobalah menjawab beberapa pertanyaan berikut.

  • Apakah dahi Anda berbentuk bundar pada bagian garis rambut?
  • Apakah lebar wajah (sesuai lebar tulang pipi Anda) sama dengan panjang wajah Anda?
  • Apakah rahang Anda berbentuk bundar?
  • Apakah lebar wajah (diukur dari garis rambut samping) sama dengan panjang wajah?

Jika Anda menjawab “ya” untuk semua pertanyaan diatas, maka Anda memiliki bentuk wajah bundar. Tapi jika “tidak”, mungkin Anda bisa coba tes untuk bentuk wajah lainnya.

2. Wajah Kotak

Wajah Kotak

* sumber: www.popsugar.com.au

Sama seperti sebelumnya, jika jawaban anda “ya” untuk seluruh pertanyaan berikut, maka Anda memiliki bentuk wajah kotak. Tapi jika “tidak”, Anda memiliki bentuk wajah yang berbeda dengan yang satu ini.

  • Apakah garis rambut pada dahi Anda mengikuti garis lurus? Apakah lebar dahi Anda sama dengan rahang Anda?
  • Apakah tulang pipi Anda memiliki sedikit lekukan? Apakah bagian sisi wajah sejajar dengan garis dari rahang ke dahi Anda? Apakah lebar tulang pipi sama dengan lebar dahi dan rahang Anda?
  • Apakah Anda memiliki rahang yang kuat dan berbentuk persegi? Apakah bagian sisi wajah Anda memiliki garis sejajar dari rahang ke dahi?

3. Bentuk Berlian

Bentuk Berlian

* sumber: foreveryoungadult.com

Aturan sama seperti sebelumnya, jika Anda menjawab “ya” untuk semua pertanyaan berikut, berarti wajah Anda berbentuk seperti berlian. Tapi jika Anda menjawab “tidak”, berarti anda kemungkinan tidak memiliki wajah dengan bentuk berlian.

  • Apakah lebar dahi Anda lebih kecil daripada lebar tulang pipi Anda?
  • Apakah tulang pipi Anda jauh lebih lebar dari dahi atau rahang Anda?
  • Apakah Anda memiliki dagu yang lancip?
  • Apakah wajah Anda berukuran lebih pendek (panjang antara dahi dan dagu lebih pendek)?

4. Bentuk Oval

Bentuk Oval

* sumber: www.irishtimes.com

Sambil melihat hasil pengukuran wajah Anda sebelumnya, perhatikan pertanyaan pertanyaan berikut ini. Jika ada satu pertanyaan yang Anda jawab “tidak”, mungkin wajah Anda tidak berbentuk oval.

  • Apakah lebar dahi Anda lebih kecil daripada tulang pipi Anda?
  • Apakah rahang atau dagu Anda memiliki tidak sudut yang lancip?
  • Apakah wajah Anda lebih panjang daripada ukuran lebarnya?

5. Bentuk Hati

Bentuk Hati

* sumber: www.hellomagazine.com

Anda memiliki wajah dengan bentuk hati jika Anda menjawab “ya” pada seluruh pertanyaan dibawah ini.  Jika Anda menjawab “tidak”, silahkan lanjutkan memeriksa bentuk wajah selanjutnya dalam daftar.

  • Apakah dahi Anda lebih lebar daripada rahang? Apakah garis rambut pada dahi Anda berbentuk bundar? Apakah Anda memiliki garis rambut yang berbentuk “V” pada bagian tengah dahi Anda?
  • Apakah tulang pipi Anda sama ukurannya dengan lebar dahi Anda? Apakah keduanya lebih lebar daripada rahang Anda?
  • Apakah Anda memiliki rahang yang lancip?

6. Bentuk Persegi Panjang

Bentuk Persegi Panjang

* sumber: www.cosmopolitan.com

Mungkin Anda jarang menemukan seseorang dengan bentuk wajah seperti Anda. Jika Anda menjawab “ya” pada seluruh pertanyaan berikut, berarti Anda memiliki bentuk wajah persegi panjang.

  • Apakah garis rambut Anda memiliki garis lurus? Apakah lebar dahi Anda sama dengan rahang? Apakah Anda memiliki dahi yang tinggi?
  • Apakah tulang pipi Anda memiliki sedikit lekukan? Apakah kedua sisi wajah Anda memiliki garis lurus dari rahang hingga dahi?  Apakah lebar tulang pipi Anda sama dengan lebar dahi dan rahang Anda?
  • Apakah Anda memiliki rahang yang berbentuk persegi?

Jika tidak ada yang sesuai dengan bentuk wajah Anda, jangan khawatir. Tidak semua orang memiliki bentuk wajah tunggal. Haner menyebutkan bahwa mungkin ada yang memiliki bentuk wajah kombinasi. Jadi walau gabungan bentuk wajah yang umumnya ditemukan adalah bentuk persegi panjang dan oval, kombinasi bentuk lainnya juga mungkin terjadi.

Jika Anda ternyata memiliki bentuk wajah kombinasi, bukan berarti Anda memiliki pilihan yang terbatas dalam penampilan Anda. Justru Anda bisa menjelajahi penampilan untuk masing masing bentuk dalam kombinasi wajah Anda.

Dengan begitu, Anda justru memiliki pilihan yang lebih beragam dalam berpenampilan. Teruslah bereksperimen dan pilih makeup dan fashion yang tepat dengan bentuk wajah Anda. Banyak orang yang juga memiliki bentuk wajah kombinasi. Jadi Anda bisa mencari bahan referensi yang dapat memudahkan pilihan Anda.

Dari seluruh bentuk wajah yang telah dijelaskan diatas, apakah Anda sudah menemukan bentuk wajah Anda sendiri? Jika Anda masih kesulitan, akan jauh lebih mudah jika Anda meminta bantuan orang lain untuk membantu Anda.

Sekarang saatnya mempraktekkan metode diatas. Cari tahu juga cara memakai shading dengan membaca artikel cara mengaplikasikan shading sesuai bentuk wajah Anda. Ceritakan hal apa saja yang Anda temukan saat menentukan bentuk wajah Anda di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk terus memantau konten konten terbaru di Kamini yang uni dan pastinya menarik untuk dibaca.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *