Kamini.id / Lifestyle / 10 Cara Mengetahui Orang Berbohong pada Anda dengan Mudah

10 Cara Mengetahui Orang Berbohong pada Anda dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kita tidak pernah tahu apa isi hati orang. Belum tentu apa yang orang lain ucapkan pada kita merupakan hal yang sebenarnya. Sekarang bukan saatnya Anda pasrah dan mudah percaya pada orang. Anda perlu waspada kalau tidak mau ditipu mentah-mentah.

Sebenarnya tidak sulit mengetahui apakah orang tersebut tengah berkata tidak jujur pada Anda. Karena, secara tidak sadar, orang tersebut akan melakukan atau mengatakan sesuatu yang menandakan kalau mereka sedang berbohong. Berikut adalah sepuluh cara mengetahui orang berbohong dari Kamini:

10 Cara Mengetahui Orang Berbohong

1. Mata Bergerak-gerak

Mata Bergerak-gerak

* sumber: www.viewzone.com

Cara mengetahui orang berbohong yang pertama adalah melalui matanya. Ada pepatah yang mengatakan kalau mata dapat menjelaskan lebih banyak daripada ucapan. Mungkin pepatah ini ada benarnya, karena Anda bisa mengetahui orang lain sedang berbohong atau tidak pada Anda melalui matanya.

Orang yang sedang berbohong, secara tidak sadar, akan merasa tidak nyaman pada dirinya sendiri. Pada otaknya akan terlintas pertanyaan-pertanyaan yang Anda tanyakan pada orang tersebut yang tidak mau ia jawab.

Karena orang tersebut telah mengetahui jawaban yang sesungguhnya (kenyataan) di otaknya, tapi ia tidak mau mengatakannya, maka mata orang tersebut akan bergerak ke kanan dan ke kiri secara terus menerus.

Mata yang tidak fokus seperti ini merupakan tanda bahwa mereka sedang dalam situasi berbahaya. Mata yang bergerak menandakan orang tersebut sedang throwback ke masa di mana kejadian yang Anda tanyakan terjadi. Lalu, ia mencari celah untuk “kabur” dari keharusan menjawab Anda dengan jawaban yang benar.

2. Mata Berkedip-kedip

mata berkedip

Cara mengetahui orang berbohong yang ke-2 masih dengan melihat pada matanya. Jika mata orang tersebut berkedip terus menerus dalam skala tidak wajar, maka kemungkinan besar orang tersebut sedang berbohong. Pada umumnya, orang akan berkedip lima-enam kali dalam satu menit.

Akan tetapi, ketika orang sedang berbohong atau sedang stres, maka orang tersebut dapat berkedip sebanyak 5-6 kali secara terus menerus tanpa jeda yang lama. Hal ini mungkin tidak disadari oleh kita, tapi mata berkedip secara terus menerus dipengaruhi oleh dopamin.

Ketika perasaan orang dipacu secara adrenalin (misalnya, ketika berbohong), maka secara tak sadar mata akan lebih sering dan lebih cepat berkedip daripada biasanya.

3. Mimik Wajah

Mimik Wajah

* sumber: www.nlp-secrets.com

Cara mengetahui orang berbohong yang selanjutnya adalah dengan memerhatikan mimik wajahnya. Jika lawan bicara Anda mengalami perubahan emosi yang cepat, atau tiba-tiba melakukan sesuatu di luar kebiasaannya, bisa saja orang tersebut sedang berbohong.

Lihat rona wajahnya, apakah tiba-tiba merona atau tiba-tiba pucat. Perhatikan lubang hidungnya, apakah melebar atau tidak. Tanda-tanda tersebut bisa saja menandakan kalau orang itu sedang berbohong.

4. Senyum Palsu

Senyum Palsu

* sumber: thesmileroutine.com

Anak-anak zaman sekarang sering menggunakan istilah ini: senyum palsu alias fake smile. Jika orang tersenyum secara tulus, maka kulit pada area di dekat mata akan tertarik dan menumpuk, sehingga memperlihatkan kerutan pada area mata.

Bisa Anda lihat contohnya pada gambar di atas, gambar sebelah kiri merupakan senyum palsu dan sebelah kanan adalah senyum tulus. Ketika seseorang tersenyum tapi kenyataan di dalam hatinya berkata sebaliknya, maka senyuman yang dihasilkan tidak terlalu lebar.

Mata orang tersebut pun tidak bercahaya. Dan, bisa Anda lihat kalau pipi orang tersebut tidak tertarik, sehingga tidak menimbulkan lipatan pada area mata (smiling eyes).

Sebaliknya, ketika orang tersenyum tulus, maka senyumnya akan terlihat sangat lebar hingga menimbulkan kerutan di area kanan dan kiri bibir. Pipi pun akan terangkat ketika orang tersenyum lebar, maka smiling eyes akan muncul dengan sendirinya.

5. Cara Bicara

Cara Bicara

Cara berbicara merupakan penambahan dari mimik wajah. Jika Anda telah memerhatikan mimik wajah orang tersebut, tapi Anda belum yakin apakah orang itu sedang berbohong atau tidak, maka perhatikanlah cara berbicaranya. Jika orang tersebut tiba-tiba berubah dari kebiasaannya, bisa jadi ia sedang berbohong.

Misalnya, ketika berbicara, orang tersebut biasanya menggunakan banyak gerakan tangan. Akan tetapi, ketika berbohong, orang tersebut cenderung lebih diam dan tangannya tidak bergerak saat sedang berbicara. Atau, cara mendeteksi kebohongan dari orang lain juga bisa diperhatikan dari tarikan napas.

Jika lawan bicara Anda menarik napas dalam-dalam sebelum atau saat berbicara, maka kemungkinan ada sesuatu yang sedang disembunyikan, karena orang tersebut mengulur waktu untuk berbicara. Ketika orang tersebut menarik napas terlalu cepat pun, bisa jadi karena ia sedang berkata tidak jujur pada Anda.

6. Bahasa Tubuh

Bahasa Tubuh

* sumber: www.businessinsider.sg

Anda bisa juga mengetahui orang sedang berbohong atau tidak dari gerak-gerik tubuhnya, atau lebih dikenal dengan istilah body language. Pasalnya, tubuh bisa memberi tahu informasi lebih daripada ucapan.

Coba lihat tangan orang tersebut, apakah tangannya terlihat santai atau tegang. Jika orang tersebut meremas kedua tangannya ketika berbicara dengan Anda, maka Anda bisa tahu kalau ia sedang cemas atau sedang berusaha menutupi sesuatu.

Lalu, perhatikan juga kakinya. Jika kakinya bergerak terus-terusan, seperti orang yang hendak buru-buru pergi, berarti ia sangat tegang dan ingin cepat-cepat mengakhiri obrolan dengan Anda. Kalau Anda dan orang tersebut sedang duduk, lihat juga kakinya. Jika kaki orang tersebut disilangkan pada lutut dan tumitnya bergerak-gerak, maka ia sedang berbohong.

7. Terlalu Banyak Menyentuh Tubuh (Apalagi Wajah)

Terlalu Banyak Menyentuh Tubuh

* sumber: beta.afeem.net

Cara mengetahui orang berbohong yang selanjutnya adalah terlalu banyak menyentuh tubuh, lebih tepatnya, wajah. Hal-hal sederhana ketika orang sedang tegang dan merasa tidak nyaman adalah dengan menyentuh tubuh sendiri. Gerakan seperti mengusap tengkuk, menyentuh bibir, dan menggaruk belakang kepala adalah beberapa tanda kalau orang tersebut mungkin saja sedang berbohong.

8. Membuang Muka Ketika Ditanya

Membuang Muka Ketika Ditanya

Ketika Anda bertanya pada orang tersebut, lalu ia tiba-tiba membuang muka, kemungkinan besar ia sedang berbohong. Ia bisa melakukan hal tersebut untuk mengulur waktu dan memikirkan bagaimana cara menjawab pertanyaan Anda dengan kebohongan.

9. Defensif

Defensif

Cara mengetahui orang berbohong yang selanjutnya adalah jika orang tersebut jadi defensif. Sifat defensif muncul secara tidak sadar ketika orang tersebut ingin mempertahankan dirinya. Ia tidak ingin ketahuan berbohong oleh Anda, sehingga ia akan jadi emosi dan panik lalu membantah semua tuduhan Anda.

10. Mengalihkan Pembicaraan

Mengalihkan Pembicaraan

Cara mengetahui orang berbohong yang terakhir adalah dengan memperhatikan kata-katanya. Apakah orang tersebut mengalihkan topik pembicaraan atau tidak. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda harus menegaskan terus-menerus menegaskan pembicaraan Anda hingga orang mau tidak mau menjawab pertanyaan Anda.

Nah, itu dia cara mengetahui orang berbohong pada Anda dari Kamini. Di atas tadi hanya beberapa cara untuk mengetahui kalau orang sedang berkata sebaliknya pada Anda. Apakah Anda tahu cara-cara lainnya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!