Kamini.id / Catok / Cara Menggunakan Catok Rambut yang Benar dan Aman

Cara Menggunakan Catok Rambut yang Benar dan Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Alat catok dirancang untuk memudahkan kita memiliki tatanan rambut non-permanen secara cepat. Mau rambut lurus maupun keriting semuanya bisa dibentuk dengan menggunakan alat catok. Bahkan, saat ini sudah banyak wanita yang bisa menata rambutnya sendiri dengan alat catok. Tentu saja menata rambut sendiri akan menghemat biaya karena tidak perlu ke salon.

Meskipun banyak wanita yang sudah bisa menata rambutnya dengan alat catok, tapi ada juga yang belum memahami cara menggunakan catok rambut yang benar dan aman. Nah, Kamini akan membagikan informasi mengenai cara memakai alat catok khusus untuk kamu yang mungkin belum terbiasa menggunakan alat styling yang satu ini.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mencatok Rambut

Sebelum membahas lebih detail mengenai cara menggunakan catok rambut yang benar, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambutmu agar tidak kering dan rusak karena paparan suhu panas dari catokan.

Yuk, mulai lakukan beberapa hal sebelum kamu mencatok rambutmu:

  • Keringkan Rambut Terlebih Dahulu

Cuci dan Keringkan Rambut

Pastikan rambutmu dalam kondisi yang benar-benar kering sebelum dicatok. Pasalnya, mencatok rambut yang basah hanya akan merusak folikel rambut. Kebiasaan mencatok rambut basah juga menyebabkan rambut jadi semakin kering dan rapuh.

  • Sisir Rambut Sebelum Mencatok

Sisir Rambut dalam Kondisi Kering

Sudahkah kamu menyisir rambutmu sebelum mencatok? Kegiatan menyisir rambut ini berfungsi untuk menghilangkan kekusutan pada rambutmu. Rambut yang sudah disisir terlebih dahulu pasti akan lebih mudah ditata menggunakan catokan.

  • Pakai Serum Rambut

Apa Itu Hair Serum

Satu hal yang paling penting untuk kamu perhatikan sebelum mencatok rambut ialah memakai serum rambut untuk melindungi rambutmu dari kerusakan akibat suhu panas yang dihasilkan alat catokmu. Jika memungkinkan, pilih serum yang bersifat heat protector untuk melindungi seluruh bagian rambut dari suhu panas alat catok.

  • Atur Suhu Alat Catok

Atur Suhu Alat Catok

Banyak yang berpikir bahwa semakin tinggi suhu alat catok, maka kegiatan mencatok rambut juga menjadi cepat selesai. Sayangnya, suhu tinggi yang dihasilkan alat catok justru akan menambah risiko kerusakan rambutmu. Jadi, pilih suhu di tingkat medium saja untuk menjaga kesehatan rambutmu.

Walaupun kelihatannya sepele, hal-hal di atas sangat penting untuk menjaga kesehatan rambutmu yang sering ditata menggunakan alat catok. Apabila kamu selalu melakukan hal-hal ini, rambutmu tidak akan menjadi kering, kusam, atau rusak meskipun sering dicatok.

Cara Menggunakan Alat Catok Lurus

Ada dua jenis alat catok yang paling populer, yakni alat catok lurus dan alat catok keriting (curly). Catokan lurus ini bisa dipakai untuk meluruskan rambut atau mengeriting rambut. Modelnya datar dan plat-nya pun juga datar untuk menghasilkan efek rambut lurus.

Mencatok Rambut Lurus

Mencatok Rambut Lurus

Bagi kamu yang ingin meluruskan rambut dengan alat catok. Kamu bisa mengandalkan jenis catokan lurus ini. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk meluruskan rambut dengan alat catok.

  • Panaskan alat catok terlebih dahulu selama 3-5 menit. Kalau rambutmu tipis, pilih suhu yang paling rendah. Sementara itu, untuk pemilik rambut dengan ketebalan sedang, atur suhu 150 – 177 derajat celcius. Bagi pemilik rambut tebal atur suhu di angka 200 – 232 derajat celcius.
  • Jepit bagian rambut terluar agar kamu bisa mulai mencatok rambut di bagian dalam. Gunakan jepit yang bisa mencakup semua rambutmu ke bagian atas kepala.
  • Lanjutkan dengan menjepit rambut yang tergerai menggunakan alat catok. Mulailah menjepit rambut di bagian terdekat akar, lalu tarik menurun secara perlahan hingga ke bagian ujungnya. Hindari menjepit terlalu lama agar rambutmu tidak berkerut.
  • Ulangi cara ini sampai semua bagian rambut di kepala tercatok lurus. Jangan menjepit rambut terlalu banyak saat memakai alat catok.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa melakukan finishing dengan mencatok bagian rambut terluar agar terlihat lebih lurus.

Mencatok Rambut Keriting

Mencatok Rambut Keriting

Selain bisa dipakai untuk mencatok rambut lurus, ternyata alat catok yang satu ini juga bisa membuat rambut keriting atau bergelombang. Bahkan, mengeriting rambut dengan catokan lurus ini lebih diminati oleh sebagian besar wanita karena dirasa lebih mudah.

Ingin mencatok rambut keriting dengan menggunakan catokan lurus? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Jepit rambut ke atas dengan penjepit rambut sembari kamu memanaskan alat catokmu. Untuk mengeriting rambut sebaiknya atur suhunya medium atau suhu terendah karena proses mencatok keriting terbilang lebih lama ketimbang mencatok lurus.
  • Ambil bagian rambut yang akan dikeriting, seperti biasa mulailah mengambil rambut di bagian dalam. Semakin sedikit rambut yang diambil, maka diameter keritingnya lebih kecil. Apabila mengambil rambut yang banyak, diameternya juga lebih besar.
  • Jepit rambut di dekat akar menggunakan catokan lurus, gulung sedikit dan tarik alat catokmu ke bawah.
  • Apabila seluruh bagian rambut telah dicatok keriting, semprotkan sedikit hairspray ke rambutmu. Gunakan hairspray yang bagus untuk mengunci tatanan rambut keritingmu.

Cara Menggunakan Alat Catok Keriting (Curly)

Cara Menggunakan Alat Catok Keriting (Curly)

Sejatinya, produsen alat catok telah menyediakan jenis catokan yang memang dirancang untuk mengeriting rambut. Alat catok keriting ini bentuknya mirip seperti tabung kecil dan panjang. Desain tabung ini dirancang untuk memudahkan penggunanya saat menggulung rambut. Alat catok ini juga dilengkapi dengan plat untuk menghasilkan suhu panas dan penjepit rambut.

Alat catok keriting ini hanya bisa dipakai untuk mengeriting rambut, tidak bisa untuk meluruskan rambut. Berikut adalah panduan cara menggunakan alat catok keriting yang benar:

  • Apabila rambutmu sulit dikeriting, semprotkan sedikit hairspray ke rambutmu sebelum mencatok.
  • Panaskan alat catok dengan mengatur suhu yang rendah atau sedang. Tunggu 3-5 menit sebelum kamu mulai memakai alat catok tersebut. Sambil menunggu catokannya panas, jepit rambut bagian luar ke atas dengan penjepit rambut. Sisakan bagian rambut yang dalam yang akan dicatok.
  • Jepit bagian atas rambut dengan alat catok curly, lalu gulung rambutmu dengan alat catok tersebut. Untuk arah menggulung rambut ini sebenarnya sesuai selera saja. Saat gulungannya sudah mencapai ujung rambut, tunggu 5-10 detik sebelum melepaskan rambut dari alat catok.
  • Setelah selesai mencatok semua bagian rambutmu, semprotkan lagi hairspray secukupnya agar rambut keritingmu ini lebih awet.

Penggunaan alat catok lurus untuk mengeriting rambut memang jauh lebih mudah dibanding memakai alat catok keriting. Namun, hal tersebut kembali lagi pada masing-masing selera karena memang sebagian wanita lebih suka mengeriting dengan alat catok curly-nya.

Panduan menggunakan alat catok rambut ini semoga bisa memberikan manfaat bagimu yang memang ingin menata rambut sendiri dengan alat catok. Catokan memang tidak memberi paparan bahan kimia seperti saat smoothing atau curlying. Namun, suhu panas yang dihasilkan oleh alat catok juga berpotensi merusak rambut.

Selain rutin merawat rambut dan menggunakan serum sebelum mulai mencatok, kamu harus memastikan bahwa alat catokmu memang berkualitas. Pilih catokan yang bagus dan berkualitas untuk memberikan hasil terbaik. Beli catok rambut secara online di Bukalapak melalui link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *