Kamini.id / Concealer / 10 Langkah Cara Menggunakan Concealer yang Benar

10 Langkah Cara Menggunakan Concealer yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Concealer adalah produk kosmetik yang dapat menyamarkan flek hitam atau jerawat. Tak hanya itu saja, concealer juga bermanfaat untuk menutupi kantung mata sehingga wajah terlihat lebih segar.

Singkatnya, concealer ini menawarkan manfaat untuk menutupi ketidaksempurnaan pada kulit wajah. Jika dahulu concealer hanya dipakai oleh para make up artist, kini telah banyak wanita yang menggunakan concealer untuk merias diri sendiri.

Untuk memaksimalkan riasan wajah Anda, gunakan beberapa cara menggunakan concealer berikut ini. Trik make up dengan concealer ini bisa Anda aplikasikan sebelum menggunakan kosmetik lainnya pada wajah.

10 Langkah Cara Menggunakan Concealer Yang Benar

1. Jangan Lupa Menggunakan Foundation

Foundation

Concealer memang bertugas untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah Anda. Akan tetapi, concealer tidak bisa diaplikasikan ke seluruh wajah layaknya alas bedak (foundation). Jadi, sebaiknya gunakan foundation terlebih dahulu sebelum Anda melakukan cara menggunakan concealer selanjutnya.

Ratakan foundation Anda ke seluruh bagian wajah. Hindari menggunakan concealer lebih dulu dari foundation, karena concealer akan hilang jika tercampur dengan foundation. Namun, jika Anda menggunakan foundation dalam bentuk bubuk, maka Anda diperkenankan untuk memakai concealer terlebih dahulu.

2. Kombinasikan Dua Warna Concealer

cara menggunakan concealer

Sama seperti foundation, concealer juga menyediakan beberapa pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan warna kulit Anda. Agar riasan wajah terlihat lebih menarik, jangan ragu untuk mengombinasikan dua warna concealer.

Warna concealer yang pas untuk highlight adalah warna yang dua kali lebih terang dari warna kulit Anda. Efek highlight ini bisa diaplikasikan pada dahi, dagu, dan tulang hidung. Sementara itu, concealer dengan warna yang lebih gelap dapat menjadi countour untuk membuat wajah lebih tirus, hidung terlihat lebih mancung, dan tulang pipi lebih tinggi.

3. Pilih Warna Concealer yang Cocok untuk Masalah Anda

concealer jerawat

Concealer adalah solusi untuk menutupi ketidaksempurnaan di wajah Anda. Akan tetapi, beda warna concealer, beda pula manfaatnya. Maka dari itu, untuk hasil riasan yang lebih maksimal, pilih warna concealer yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.

Sebagai contoh, warna hijau bermanfaat untuk menutupi jerawat. Concealer berwarna peach bermanfaat untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata. Sementara itu, warna kuning dapat meratakan warna kulit yang tampak tidak rata.

4. Gunakan Concealer Di Bagian Bawah Mata

concealer di bawah mata

Fungsi utama dari concealer adalah menutupi kantung mata atau mata panda. Cara memakai concealer di bagian bawah mata yang benar adalah gambar segitiga di bawah mata Anda. Kemudian, ratakan concealer secara merata. Teknik ini tidak hanya dapat menutupi lingkaran hitam di bawah mata dengan sempurna, tetapi juga akan membuat wajah terlihat lebih kencang.

Cara memakai concealer stick untuk menutupi bagian bawah mata adalah dengan membuat beberapa titik-titik sehingga membentuk segitiga, lalu ratakan dengan cara memutar kuas, bukan menggoreskan kuas ke samping.

5. Manfaatkan Concealer untuk Menutupi Jerawat Di Wajah

Mengatasi jerawat

Cara menggunakan concealer untuk menutupi jerawat sebenarnya hampir sama ketika Anda mengombinasikan dua shade foundation yang berbeda. Gunakan concealer berwarna hijau untuk menutupi jerawat baru atau bekas jerawat. Usapkan concealer dengan kuas yang bersih agar bakteri di jerawat tidak menyebar ke bagian kulit wajah lainnya.

Untuk finishing, gunakan concealer dengan warna senada dengan warna kulit Anda. Aplikasikan concealer dengan warna senada ini untuk menutupi concealer berwarna hijau. Kombinasi dua warna concealer ini akan menutupi jerawat dengan sangat sempurna.

6. Pakai Concealer Di Bagian Tubuh Selain Wajah

Jerawat di Punggung

Mungkin Anda mengira bahwa concealer hanya tercipta untuk menutupi kekurangan pada wajah saja. Apabila Anda ingin mencoba lebih jauh, concealer ternyata juga bisa dipakai untuk menutupi ketidaksempurnaan pada bagian tubuh lainnya, lho.

Misalnya, Anda ingin memakai pakaian dengan potongan dada yang rendah, tapi Anda kurang percaya diri dengan jerawat di dada. Nah, gunakan concealer untuk menutupi jerawat di dada dengan cara yang sama ketika Anda menggunakan produk kosmetik ini untuk menutupi jerawat di wajah.

Agar concealer menutupi jerawat di dada lebih lama, bubuhkan setting powder. Cara ini juga berlaku ketika Anda hendak memakai concealer untuk menutupi jerawat yang ada di punggung.

7. Concealer Orange atau Peach untuk Mata Panda

concealer untuk mata panda

Kurang tidur atau aktivitas sehari-hari yang sangat melelahkan membuat banyak wanita memiliki lingkaran hitam di mata atau yang lebih dikenal dengan mata panda. Anda tidak mungkin membiarkan lingkaran hitam di mata tersebut begitu saja saat Anda hendak menemui relasi atau tampil di depan banyak orang, bukan?

Yuk, tutupi mata panda Anda dengan concealer berwarna orange atau peach. Kedua warna ini cukup efektif untuk menutupi bayangan gelap pada kulit wajah. Saat mengaplikasikan concealer untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, gunakan jari manis Anda. Karena jari manis adalah jari yang lebih mudah dikontrol dibanding jari-jari tangan yang lainnya.

8. Buat Ilusi Bibir Tebal

concealer untuk bibir

Tertarik untuk memiliki bibir yang tebal dan penuh seperti Kylie Jenner? Anda tidak perlu membeli lipstik official yang dijual oleh model sekaligus sosialitas tersebut yang dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah. Cukup gunakan concealer untuk membuat ilusi bibir tebal yang nampak seperti bibir Kylie Jenner.

Cara menggunakan concealer untuk menciptakan ilusi bibir tebal adalah oleskan concealer di bagian tengah bibir, lalu ratakan dengan jari telunjuk Anda. Selanjutnya, oleskan lipgloss berwana nude untuk menciptakan ilusi bibir tebal dan penuh.

9. Gunakan Brush untuk Meratakan Concealer

brush concealer

Saat mengoleskan concealer pada kulit wajah, Anda memang disarankan untuk menggunakan jari manis. Akan tetapi, untuk meratakan concealer sebaiknya gunakan brush khusus. Brush akan meratakan concealer dengan sempurna, sehingga tidak ada retakan atau kerutan yang terbentuk karena penggunaan concealer.

Setelah meratakan concealer dengan brush, tempelkan tisu untuk menyerap sisa concealer di wajah. Penggunaan tisu ini penting saat Anda mengenakan concealer di bagian bawah mata. Karena bagian tersebut umumnya meninggalkan retakan atau bercak-bercak tidak merata setelah mengaplikasikan concealer.

10. Finishing dengan Menggunakan Bedak

Setelah Anda menggunakan foundation dan concealer pada wajah, jangan lupa untuk melakukan finishing dengan bedak yang biasa Anda pakai. Bedak akan menjaga agar concealer tetap awet dan tidak mudah luntur saat terkena keringat.

Finishing dengan menggunakan bedak akan membuat tekstur concealer jadi lebih lembut, sehingga ketidaksempurnaan pada wajah akan tertutupi dengan baik dan wajah terlihat sempurna. Setelah memakai bedak, Anda dapat mengaplikasikan produk kosmetik lain, seperti blush-on, eye shadow, dll.

Concealer diciptakan untuk membuat wajah kita terlihat sempurna. Cara menggunakan concealer di atas akan membantu Anda untuk memaksimalkan fungsi concealer. Concealer sendiri terdiri dari 4 jenis yang berbeda, yakni Liquid Concealer dengan tekstur cair, Stick Concealer yang penggunaanya seperti memakai lipstik, Cream Concealer, dan Color Correction Concealer.

Anda bisa memilih jenis concealer yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Atau jika bingung, Anda bisa menyimak ulasan kami mengenai merk concealer yang bagus dan recommended di artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *