Cara Menggunakan Conditioner Rambut yang Baik dan Benar

Ditulis oleh Linda

Menggunakan conditioner setelah keramas punya sejuta manfaat, loh. Beberapa di antaranya adalah menjaga kelembaban alami rambut, membuat rambut menjadi lembut dan mengilap, dan membuat rambut menjadi lebih mudah diatur.

Sekarang ini ada banyak sekali produk conditioner. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, carilah conditioner yang paling cocok untuk rambut Anda. Caranya adalah dengan mengetahui jenis rambut dan problem rambut Anda.

Jika Anda telah mendapatkan conditioner yang tepat, Anda harus tahu cara mengaplikasikannya dengan benar. Karena, sebagus apa pun conditioner-nya, jika cara menggunakannya salah, tidak akan memberikan manfaat yang berarti untuk rambut Anda, malah bisa sebaliknya.

Maka dari itu, Kamini akan memberitahu Anda cara menggunakan conditioner rambut yang baik dan benar. Yuk, simak panduannya berikut ini!

Manfaat Menggunakan Conditioner

Masih malas menggunakan conditioner? Mungkin kamu belum tahu manfaat penting menggunakan conditioner sebagai perawatan rambutmu. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin menggunakan conditioner:

  • Menjaga Kelembaban Rambut

Lakukan Perawatan Tambahan dengan Produk Khusus

Conditioner adalah produk perawatan terbaik untuk rambut kering. Produk ini bekerja dengan memberikan kelembaban ekstra untuk rambut kering. Kamu bisa mulai menggunakan conditioner pada rambut keringmu sebelum kerusakannya bertambah parah.

  • Menjaga Kelembutan Rambut

Menjaga Kelembutan Rambut

Siapa bilang conditioner hanya dirancang untuk merawat rambut kering? Conditioner juga berfungsi untuk menjaga kelembutan rambut. Rambutmu jadi lebih lembut dan tidak kusut saat disisir jika kamu merawatnya dengan conditioner.

  • Menjaga Kesehatan dan Kilau Alami Rambut

Menjaga Kesehatan dan Kilau Alami Rambut

Pernah punya rambut yang kusam dan seperti tak terurus? Masalah tersebut sejatinya bisa diatasi dengan conditioner. Produk ini memang diformulasikan untuk mengembalikan kesehatan dan kilau alami rambut. Bahkan, kamu bisa memakai conditioner hanya untuk menjaga kesehatan rambut jika rambutmu tidak bermasalah.

  • Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

Rambut kusut sehingga sulit disisir lama-lama bisa memicu kerontokan, lho. Jadi, rawatlah rambutmu dengan menggunakan conditioner. Tak hanya mengatasi rambut kusut saja, conditioner juga akan membuat rambut mengembang sempurna sehingga mudah diatur.

  • Menutrisi Rambut Sehingga Jadi Lebih Kuat

Menutrisi Rambut Sehingga Jadi Lebih Kuat

Cegah kerontokan rambut dengan menggunakan conditioner sebagai perawatan rambut sehari-hari. Conditioner akan menjadikan rambutmu lebih kuat, baik akar maupun batangnya.

Jenis-jenis Conditioner

 

Ada beberapa jenis conditioner yang bisa Anda temukan saat ini. Berbagai conditioner ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Deep Conditioning Treatment Conditioner

Deep Conditioning Treatment Conditioner

Merupakan conditioner bilas yang bersifat sangat intense. Conditioner ini dapat memperbaiki rambut rusak karena bahan kimia seperti cat rambut, pelurus rambut, pengeriting rambut, dan sebagainya.

  • Acidic Rinses Conditioner

Acidic Rinses Conditioner

Kondisioner jenis acidic rinses terbuat dari bahan-bahan yang mengandung keasaman yang cukup tinggi dengan pH yang rendah, seperti buah jeruk atau cuka apel. Acidic rinses conditioner dapat membuat rambut Anda menjadi lebih bersinar, lembut, dan mudah diatur.

  • In-Between Shampo Conditioners

In-Between Shampo Conditioners

Pemakaian kondisioner yang satu ini berbeda dengan kondisioner kebanyakan. Jadi, setelah Anda keramas dan menggunakan kondisioner ini, Anda harus keramas lagi.

Hal ini dikarenakan kandungan di dalam kondisioner tersebut seperti minyak, moisturizer, dan mentega, sehingga Anda harus keramas lagi untuk menghilangkan efek terlalu oily-nya. Kondisioner jenis ini bermanfaat untuk melindungi rambut Anda dari polusi.

  • Color Added Conditioner

Color Added Conditioner

Kondisioner yang satu ini biasanya digunakan untuk rambut yang diwarnai. Jika rambut Anda diwarnai, gunakanlah kondisioner jenis ini karena dapat membantu menjaga warna cat rambut Anda agar tahan lama dan tidak cepat pudar.

  • Leave-in Conditioner

Leave-in Conditioner

Conditioner jenis leave-in adalah jenis kondisioner yang paling praktis karena Anda tidak perlu membilasnya lagi. Biasanya conditioner ini digunakan saat setelah keramas dan keadaan rambut masih setengah kering. Tapi Anda dapat juga memakainya saat rambut telah kering total, hanya saja jangan terlalu banyak untuk menghindari oily look. 

Conditioner jenis ini dapat melindungi rambut Anda dari kerusakan akibat penggunaan hair dryer, pelurus atau pengeriting rambut, dan peralatan rambut lainnya yang bersifat panas. Temukan leave-in conditioner terbaik di artikel merk conditioner tanpa bilas.

Cara Menggunakan Conditioner

Setelah mengetahui manfaat menggunakan conditioner berikut jenis-jenis conditioner, sekarang simaklah cara menggunakan conditioner yang baik dan benar:

1. Keramas 

Keramas cara memakai masker rambut

Sebelum menggunakan conditioner, pastikan bahwa Anda telah selesai keramas dan telah membilas rambut Anda sampai bersih, ya. Usahakan menggunakan air dingin saat keramas, karena air dingin dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau daripada keramas dengan menggunakan air hangat.

Setelah membilas rambut, peras air di rambut Anda atau keringkan rambut Anda menggunakan handuk khusus rambut. Tapi jangan sampai kering total, hanya sampai airnya tidak terlalu banyak berada di rambut saja. Hal ini dilakukan karena conditioner tidak akan menempel dengan baik jika rambut masih terlalu basah.

2. Tuangkan Conditioner 

tuang conditioner

Nah, langkah selanjutnya dalam menggunakan conditioner yang baik dan benar adalah dengan menuangkan conditioner secukupnya pada telapak tangan. Jangan terlalu banyak, dan jangan terlalu sedikit juga. Anda dapat mengira-ngira banyaknya conditioner sesuai dengan kondisi rambut Anda, seberapa tebal, seberapa panjang, dan seberapa kerusakan yang ada pada rambut Anda.

3. Aplikasikan Conditioner dengan Benar

Terdapat beberapa cara dalam mengaplikasikan conditioner, sesuai dengan masalah rambut masing-masing.

  • Rambut Berminyak

cara menggunakan conditioner

Jika rambut Anda berminyak, hanya aplikasikan conditioner pada ujung rambut saja. Ujung rambut merupakan rambut yang lebih tua daripada rambut yang berada di dekat akar. Hal ini membuat ujung rambut cenderung lebih kasar, terlihat rusak, dan bercabang karena lapisan minyak alaminya sudah terkikis.

Berbeda dengan rambut yang berada di dekat akar rambut yang masih memiliki minyak alami sebagai pelindung. Jika Anda mengaplikasikan conditioner dari akar rambut, malah akan membuat rambut Anda semakin berminyak, dan hal itu akan memicu datangnya ketombe. Maka dari itu untuk problem rambut berminyak, gunakanlah conditioner hanya pada ujung rambut.

  • Rambut Kering, Kasar, Rusak, dan Diwarnai

merawat rambut kering

Jika rambut Anda seperti keterangan yang ada di atas, maka cara menggunakan conditioner yang benar adalah pada seluruh permukaan rambut. Ingat, hanya rambut saja, bukan kulit kepala dan akar rambut, ya.

Gunakanlah jari Anda untuk mengaplikasikan conditioner. Sisir rambut Anda menggunakan jari, dari ujung, lalu ke atas, lalu ke ujung lagi. Lakukan hingga conditioner merata pada seluruh permukaan tengah hingga ujung rambut. Anda juga boleh menggunakan sisir untuk mengaplikasikannya, hanya saja gunakan yang giginya jarang-jarang agar tidak membuat rambut Anda menyangkut pada sisir.

Beli conditioner terbaik untuk rambut keringmu dengan memperoleh rekomendasinya di artikel conditioner untuk rambut kering.

4. Tunggu

Tunggu

Diamkan conditioner selama beberapa menit, lama waktunya tergantung jenis conditioner-nya. Ada yang hanya perlu ditunggu selama satu menit, ada juga yang bisa dibilas setelah menunggu tiga menit. Namun, agar conditioner lebih meresap, Anda dapat menunggu hingga 10-15 menit. Sambil menunggu, Anda bisa melakukan kegiatan yang lain seperti mandi, sikat gigi, atau mencuci muka.

5. Bilas dan Keringkan

Keramas dengan Air Biasa

Bilas rambut hingga bersih lalu keringkan menggunakan handuk khusus rambut. Cara mengeringkannya jangan digosok, tapi dengan menekan-nekan rambut secara lembut. Jangan gunakan hair dryer, biarkan rambut kering secara alami, atau kalau mau lebih cepat gunakan kipas angin.

Itulah cara menggunakan conditioner yang baik dan benar dari Kamini. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari conditioner. Jika Anda bingung memilih conditioner terbaik untuk rambutmu, kunjungi artikel rekomendasi merk conditioner yang bagus ini untuk merawat rambutmu.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram