Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula

Eyeliner adalah produk kosmetik yang bermanfaat untuk mempertegas bentuk mata serta membuat mata terlihat lebih cantik. Polesan eyeliner ini sangat berpengaruh untuk mengubah penampilan seseorang. Seseorang bisa tampak lebih segar bahkan terlihat seperti orang yang berbeda hanya dengan menggunakan eyeliner.

Eyeliner adalah kosmetik wajib untuk make up wajah. Walaupun nampak mudah, tetapi sebenarnya cara menggunakan eyeliner tidak semudah yang Anda bayangkan, lho. Bagi pemula, memoles eyeliner pada mata dibutuhkan ketelitian dan hati-hati. Selain itu, ada trik-trik khusus untuk mengaplikasikan eyeliner pada mata sehingga membuat tampilan mata Anda terlihat jadi lebih menarik.

Sudah punya eyeliner tapi masih belum tahu cara menggunakannya dengan benar? Simak tips-tips yang akan diberikan oleh Kamini berikut ini.

Memilih Eyeliner

Kenali Jenis Eyeliner yang Cocok

* sumber: www.rebelcircus.com

Ingat, tidak semua jenis eyeliner cocok untuk mata Anda. Cobalah untuk mengenali jenis-jenis eyeliner terlebih dahulu. Saat ini, beberapa jenis eyeliner yang beredar di pasaran adalah pencil, liquid, pen, dan gel. Tapi tidak menutup kemungkinan akan ada wujud lain dari eyeliner.

1. Pencil Eyeliner untuk Pemula

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 78

Bukan tanpa alasan jika Kamini merekomendasikan pencil eyeliner ini untuk para pemula. Bagi Anda yang baru saja belajar teknik make up mata dengan eyeliner, maka jenis eyeliner pensil ini merupakan yang paling cocok untuk Anda. Selain mudah, eyeliner ini tidak akan meluber seperti jenis eyeliner lainnya. Tapi, kalau mau diluberkan sendiri juga bisa untuk menciptakan smudged look.

Eyeliner pensil ini cocok untuk riasan mata sehari-hari. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa formula pencil eyeliner ini tidak bisa bertahan dalam jangka lama, sehingga Anda perlu memolesnya lagi jika warnanya sudah memudar di mata. Eyeliner ini cocok untuk tampilan natural. Pencil eyeliner sangat mudah diaplikasikan karena semua orang sudah terbiasa menggunakan pensil untuk menulis, sehingga ada kesan familiar di diri Anda ketika memakai eyeliner pensil.

2. Coba Pen Eyeliner, Gampang Diaplikasikan!

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 80

Upgrade eyeliner Anda jadi pen eyeliner jika sudah terbiasa. Pen eyeliner ada yang berisi cairan maupun gel. Sangat mudah untuk membentuk garis lembut dan presisi. Anda juga akan merasa akrab dengan eyeliner tipe ini karena Anda sudah pernah memegang spidol sebelumnya di hidup Anda.

3. Liquid Eyeliner yang Fleksibel

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 82

Liquid eyeliner adalah eyeliner berbentuk cair yang diaplikasikan ke mata dengan menggunakan kuas. Jenis eyeliner ini sangat cocok untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan eyeliner. Warna dari eyeliner ini sangat pekat sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari maupun acara formal.

Namun, cara menggunakan eyeliner cair ini sedikit sulit, karena Anda harus berhati-hati jika tidak ingin cairan eyeliner ini meluber kemana-mana. Anda harus menunggu sampai eyeliner ini kering baru bisa membuka kelopak mata. Tapi, ada juga eyeliner cair yang cepat kering setelah diaplikasikan, jadi tergantung brand apa yang Anda gunakan.

Jika Anda berencana memakai liquid eyeliner, usahakan untuk memilih yang waterproof agar tidak mudah luntur dan meluber. Lalu, pilih-pilih juga berdasarkan bentuk aplikator brush-nya, karena ukurannya berbeda-beda. Jika Anda sudah sangat lihai, bisa pakai yang bulunya sangat tipis sekalipun. Jika belum lihai, gunakan aplikator yang bulunya agak tebal.

4. Gel Eyeliner untuk Dramatic Look

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 84

Untuk Anda yang sudah sangat profesional dalam hal makeup mata, gel eyeliner sangat cocok untuk Anda. Apakah Anda berencana menghadiri acara formal, seperti pesta, arisan, atau pertemuan penting? Nah, cobalah untuk menggunakan gel eyeliner. Soalnya, eyeliner gel mampu menciptakan look yang lebih dramatis. Jenis eyeliner ini tidak cair, tetapi bertekstur kental, seperti jelly.

Penggunaan eyeliner ini sebenarnya sangat mudah, apalagi jika dibandingkan dengan liquid eyeliner. Hanya saja ada trik-trik khusus agar riasan mata tampak sempurna dengan gel eyeliner. Anda harus menggunakan tipikal kuas yang runcing dan tipis untuk mengaplikasikan gel eyeliner. Selain itu, kuas tersebut juga harus dibersihkan setelah dipakai, tujuannya agar kuas bisa digunakan kembali untuk mengaplikasikan gel eyeliner secara maksimal.

5. Powder Eyeliner?

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 86

Anda mungkin jarang menemukannya di pasaran, tapi powder eyeliner adalah produk nyata. Eyeliner yang sangat underrated, padahal memudahkan siapa saja untuk mencapai eye look seperti apa pun juga. Formulanya do-it-all alias sangat serba guna. Eyeliner ini dapat mencapai look smudgy, bold, dramatik, apa pun yang Anda inginkan. Dan, produk ini bisa dipakai sebagai eyeshadow juga, bahkan maskara, woohoo!! Bentuknya kebanyakan compact tapi ada juga yang panjang dengan aplikator spons.

Cara Menyiapkan Tiap Eyeliner

1. Pencil Eyeliner

  • Raut Pensil

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 88

* sumber: www.chinahao.com

Tantangan menggunakan eyeliner pensil adalah harus sering diruncingkan. Gunanya untuk memudahkan pengaplikasian yang setipis mungkin dan memudahkan dalam menggambar wing. Tapi, jika Anda ingin tampilan smudged, pensilnya tidak runcing juga tidak apa-apa karena pada akhirnya akan diacak-acak dan dibaurkan juga. Anda bisa menggunakan rautan pensil khusus eyeliner, cutter atau pisau kecil juga bisa.

  • Hangatkan Pensil

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 90

* sumber: bethbenderbeauty.com

Langkah ini belum banyak diketahui orang-orang. Jika temperatur eyeliner tepat, maka pengaplikasiannya akan jauh lebih mudah. Tapi, tergantung juga pada setiap eyeliner. Jika teksturnya sudah cukup empuk, maka tidak perlu dihangatkan. Tapi jika teksturnya keras dan terasa sakit ketika diaplikasikan, maka sebaiknya hangatkan terlebih dahulu. Eyeliner pensil yang hangat akan membuat garis yang lebih pigmented, gelap, dan lembut.

Cara menghangatkan eyeliner adalah dengan menggunakan hairdryer dalam mode panas paling tinggi selama beberapa detik. Tapi, jangan langsung dipakai ke kelopak mata, ya. Goyangkan beberapa kali di telapak tangan Anda agar konsistensinya pas. Anda bisa juga membakar eyeliner menggunakan api walaupun cara ini agak rancu karena api dapat menggosongkan bagian kayu atau plastik dari pensil.

Eyeliner juga jadi terasa terlalu panas, sehingga Anda perlu waktu untuk menunggunya agak mendingin sebelum digunakan. Lalu, sebaliknya, jika eyeliner pensil terlalu lembut, dinginkan terlebih dahulu. Eyeliner yang dingin atau suhu normal akan menciptakan garis yang lebih lembut lagi dari eyeliner hangat, garis yang lebih tipis dan lebih ringan.

2. Pen Eyeliner

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 92

* sumber: www.sheknows.com

Tidak perlu banyak yang disiapkan untuk tipe eyeliner pen. Anda cukup membuka tutupnya dan pastikan isi eyeliner masih banyak. Kalau sudah mau habis pasti sangat kentara karena hasilnya akan saru (tipis). Kalau sudah begitu saatnya lembiru!

3. Liquid Eyeliner

  • Kocok Botol

Liquid Eyeliner

Cara mengaplikasikan eyeliner cair adalah dengan mengocok kemasan eyeliner terlebih dahulu untuk memastikan liner cair di dalam kemasan tercampur dengan baik. Pastikan tutupnya diamankan (dikencangkan) terlebih dahulu sebelum dikocok supaya isinya tidak keluar.

Jangan mengocok eyeliner terlalu lama, beberapa detik saja. Kalau sudah, putar tutup eyeliner atau gunakan kuas eyeliner yang diinginkan. Jika terlalu banyak eyeliner pada aplikator, sebaiknya disisihkan terlebih dahulu pada pinggiran botol atau menggunakan tisu.

4. Gel dan Powder Eyeliner

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 95

Untuk gel eyeliner, Anda perlu menyiapkan kuas aplikatornya, walaupun biasanya setiap produk sudah ada aplikator bawaan. Tapi, kadang Anda memiliki sikat kesayangan yang lebih enak dipakai, bukan? Mulai dari bentuk bulunya mau yang tipis lurus atau yang miring. Lalu panjang gagang sikatnya juga perlu dipertimbangkan, terserah Anda lebih suka yang gagangnya panjang atau pendek.

Langkah Mengaplikasikan Eyeliner

1. Taruh Jari Kelingking di Pipi

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 97

* sumber: www.birchbox.com

Untuk memudahkan, simpan jari kelingking Anda di pipi. Langkah ini menciptakan base buat Anda supaya tangan lebih kuat menahan eyeliner dan supaya eyeliner tidak geser.

2. Pegang Kulit Luar Ekor Mata

Tarik Kulit Luar Ekor Mata Eyeliner

* sumber: www.self.com

Kata kunci: pegang, bukan tarik, ya! Banyak orang yang salah menarik ekor mata terlalu jauh sehingga hasil eyeliner putus-putus dan panjang wing-nya tidak sama. Jadi cukup pegang saja (agak tarik ke atas sedikiiiiit saja) kulit di area ekor mata dengan tujuan untuk membuat kulit jadi tidak berkerut.

3. Gunakan Tape

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 100

* sumber: intothegloss.com

Jika ingin lebih mudah dan rapi tanpa perlu correction, gunakan eyeliner/eyeshadow tape. Produk ini tersedia di pasaran. Ada yang bentuknya plastik seperti ini atau ada juga yang berserat seperti kain. Atau, Anda bisa menggunakan selotip juga.

4. Gunakan Helper

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 102

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Anda mungkin sering melihat cetakan alis berseliweran di online shop. Tapi, sudahkah Anda tahu produk yang selanjutnya, yaitu eyeliner helper? Kedua produk ini sama konsepnya, yaitu cetakan yang memudahkan Anda mengaplikasikan makeup, dalam kasus ini eyeliner. Ada yang berupa eyeliner helper saja ada juga yang 2-in-1 dengan eyeshadow juga. Harganya mulai dari Rp 5.000 saja.

5. Mulai dari Tengah

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 104

* sumber: www.stylecraze.com

Selalu mulai dari tengah! Tempatkan brush di bawah kelopak mata atau lebih tepatnya pada garis bulu mata. Pokoknya eyeliner harus sedekat mungkin dengan bulu mata Anda, jangan sampai terlihat ada gap. Lalu, mulai gambar garis ke arah tepi luar (ekor mata.

6. Isi dan Wing!

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 106

* sumber: www.stylecraze.com

Lalu, gambar garis lainnya di bagian depan, satukan dengan garis tengah yang tadi sudah Anda buat. Jangan lupa buat ukuran wing yang diinginkan pada ekor mata. Berhati-hatilah saat menggambar wing karena di sinilah orang paling sering gagal. Lakukan sedikit demi sedikit agar wing tidak terlalu lebay, kecuali memang Anda ingin tampilan yang mencolok. Pastikan kedua sisi wing berukuran sama.

7. Rapikan Eyeliner

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 108

* sumber: www.thefinder.com.sg

Banyak orang frustasi dan akhirnya menghapus semua riasan mata mereka gara-gara eyeliner gagal. Padahal, kalau salah sedikit tinggal Anda koreksi menggunakan Q-tip atau cotton bud yang sudah diberi sedikit eye makeup remover. Itulah mengapa sebaiknya Anda jangan dulu mengaplikasikan makeup wajah, karena yang paling mungkin gagal adalah makeup mata. Kalau di mata gagal kan Anda tidak perlu ulangi semua wajah dari awal. Anda bisa juga menutup kesalahan eyeliner dengan concealer.

Tips Lanjutan

1. Pahami Trik Dasar Menggunakan Eyeliner

Pahami Trik Dasar Menggunakan Eyeliner

Sebelum Anda belajar menggunakan eyeliner untuk berbagai jenis riasan mata, Anda harus memahami trik dasar menggunakan eyeliner terlebih dahulu. Trik dasar menggunakan eyeliner ini sangat mudah, karena Anda hanya akan belajar menggambar garis pada kelopak mata.

Pertama, pejamkan mata terlebih dahulu, lalu hilangkan kerutan mata dengan menarik kelopak ke atas sementara bola mata melihar ke bawah. Kedua, sapukan eyeliner dalam sekali usapan dari bagian dalam mata sampai dengan luar (ekor mata). Apabila Anda merasa eyeliner kurang tebal, jangan ragu untuk menebalkan kembali garis yang sudah Anda buat sebelumnya.

2. Cara Membuat Rias Mata Natural

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 111

Kali ini, Kamini ingin mengajak Anda untuk mengenal cara menggunakan eyeliner untuk rias mata yang lebih nampak natural. Anda dapat menggunakan eyeliner jenis apa saja untuk membuat riasan natural ini.

Pertama, buat garis panjang tepat di atas bulu mata bagian atas. Anda hanya perlu mengaplikasikan eyeliner dalam satu kali usapan saja. Jika ingin memberi efek sedikit tebal, tebalkan garis satu kali saja. Ini adalah riasan yang simple sehingga cocok untuk pemula. Hasil riasan mata natural ini akan nampak lebih baik jika Anda menggunakan liquid eyeliner atau pen eyeliner.

3. Cara Membuat Smokey Eyes Look

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 113

* sumber: www.addictivecosmetics.co

Riasan smokey eyes tidak hanya cocok untuk Anda yang gemar berpenampilan gothic, tetapi rias mata smoked ini juga cocok untuk ke pesta. Sebelum Anda mengaplikasikan eyeshadow dengan warna-warna gelap pada kelopak mata, gunakan eyeliner terlebih dahulu.

Pertama, buat garis tipis sesuai bentuk mata, usahakan semua bagian mata tertutup oleh garis eyeliner. Pertebal garis pada bagian atas bulu mata dan bagian bawah bulu mata. Untuk membuat rias smokey eyes ini Anda bisa menggunakan segala jenis eyeliner, tapi gel eyeliner lebih cocok untuk membuat riasan mata ini.

4. Cara Membuat Double Winged Eyes

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 115

* sumber: thestylelookbook.com

Memberi sedikit efek “sayap” di tepi mata akan membuat mata terlihat lebih besar, lho. Riasan simple atau double winged eyes sebenarnya sangat cocok untuk mata sipit. Anda bisa menggunakan riasan mata ini untuk sehari-hari atau menghadiri acara formal.

Tips membuat simple winged eyes adalah buat garis di atas bulu mata dengan ketebalan medium, lalu tarik garis setinggi lipatan mata atas dengan eyeliner. Tarik garis landai dari ujung atas ke ujung bawah mata untuk memberi efek sayap. Beri sedikit garis tipis di tepi ekor mata.

Sementara itu, jika ingin membuat double winged eyes, tarik garis dengan ketebalan medium di bawah bulu mata, lalu jangan lupa memberik garis tipis di ekor mata bagian bawah.

5. Cara Membuat Eyeliner Gaya Korea

Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula 117

* sumber: www.youtube.com

Pernahkah Anda mengamati riasan mata girlband Korea? Eye makeup ala Korea sering kali membuat pemakainya terlihat lebih muda, segar, dan matanya terlihat lebih besar. Nah, kini Anda bisa menggunakan eyeliner untuk merias mata ala girlband dan aktris Korea.

Caranya, tarik garis dari ujung bagian mata dalam sampai dengan ekor mata dengan liquid eyeliner atau liquid pen eyeliner. Selanjutnya, gambar bagian bawah mata, dimulai dari sepertiga mata (dekat tengah bawah mata) sampai dengan keluar hingga sejajar panjangnya dengan alis. Gunakan gel eyeliner atau liquid eyeliner untuk bagian bawah mata. Tebalkan eyeliner bagian atas dan bawah dengan gel eyeliner.

6. Kreasikan Eyeliner

Kreasikan Riasan Mata dengan Liquid Pen Eyeliner

Korean eye make up atau cats eye adalah jenis riasan mata yang paling cocok untuk mata sipit. Selain cats eye, Anda bisa kreasikan eyeliner sesuai yang Anda inginkan, kok! Nah, Anda bisa berkreasi untuk membuat riasan mata unik seperti itu dengan menggunakan liquid pen eyeliner.

Ini adalah jenis eyeliner yang sangat mudah digunakan dan tidak terlalu mudah meluber. Itulah sebabnya mengapa eyeliner pen ini sangat direkomendasikan untuk pemula maupun yang pro. Pasalnya, Anda dapat menggunakan eyeliner ini untuk membentuk riasan sesuai bentuk mata dengan mudah. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa mencapainya dengan jenis eyeliner lain.

Nah, inilah cara menggunakan eyeliner bagi Anda yang masih pemula. Jangan ragu untuk menggunakan eyeliner, karena pengaruh eyeliner ini sangat besar untuk membuat riasan wajah Anda terlihat semakin sempurna. Jangan ragu juga untuk mencoba tester setiap eyeliner saat Anda berkunjung ke toko kosmetik agar Anda bisa menemukan eyeliner yang tepat. Ingin mendapatkan merk eyeliner yang bagus? Klik di sini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram