Cara Tepat Menggunakan Hair Serum untuk Merawat Rambut

Ditulis oleh Linda

Seringkali orang kesulitan membedakan vitamin rambut dan hair serum. Apalagi hair serum juga dikemas dalam bentuk yang sama seperti vitamin rambut kapsul. Lantas, apa sih kelebihan dari hair serum? Mengapa kita harus merawat rambut dengan menggunakan serum?

Penggunaan hair serum juga tidak bisa sembarangan, lho. Pasalnya, cara penggunaan yang salah justru berisiko merusak rambutmu. Oleh karena itu, di kesempatan kali ini Kamini akan memberikan panduan menggunakan hair serum yang benar untuk merawat rambut. Namun sebelumnya kenali dulu manfaat dari hair serum agar kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi rambutmu.

Apa Itu Hair Serum?

Apa Itu Hair Serum

Sudah menggunakan shampo, conditioner, masker, sampai dengan creambath, tapi mengapa kita harus menggunakan hair serum juga? Apa sih istimewanya serum rambut ini? Hair serum adalah bagian dari produk perawatan rambut. Hair serum tidak hanya merawat dan melindungi rambut dari faktor-faktor yang dapat mengakibatkan kerusakan, tetapi juga bisa memperbaiki sejumlah masalah rambut.

Hair serum mengandung silikon yang dipercaya dapat melindungi rambut dari bahan kimia, paparan sinar matahari, sampai suhu panas yang dihasilkan alat styling. Itulah sebabnya hair serum lebih baik dipakai sebelum kamu menata rambutmu dengan alat styling.

Manfaat Hair Serum

Setiap produk perawatan rambut tentu menawarkan beragam manfaat bagi penggunanya, termasuk hair serum. Nah, apabila kamu belum mengetahui manfaat dari hair serum, ketahui manfaat-manfaatnya di bawah ini.

  • Melindungi Rambut dari Polusi dan Sinar Matahari

Rambut Terlalu Panjang

Tahukah kamu bahwa hair serum mengandung silikon, asam amino, dan ceramide? Fungsi silikon yang terdapat di hair serum adalah melindungi batang rambut dari polusi dan sinar matahari. Paparan sinar matahari terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan dan kekeringan pada rambut, lho.

  • Memperbaiki Kerusakan Rambut

Cara Praktis Menghilangkan Rambut Bercabang

Rambut kering, kusam, dan bercabang termasuk bentuk kerusakan rambut yang serius. Penggunaan hair serum ternyata dapat memperbaiki kerusakan tersebut. Apabila kamu menggunakan hair serum secara teratur, rambut yang semula kering, kusam, dan bercabang akan kembali sehat, segar, dan berkilau alami.

Kandungan asam amino dan ceramide di dalam hair serum merupakan lemak yang bekerja melumasi seluruh batang rambut sehingga mampu mengembalikan kesehatan rambut yang rusak.

  • Melembabkan Rambut

Produk Shampo Tidak Cocok

Kalau kamu sering melakukan styling dengan alat yang mengeluarkan suhu panas, rambut akan kehilangan minyak alaminya. Alhasil, rambut yang sangat kering dan mengembang.

Kehadiran hair serum mampu menjadi solusi untuk melembabkan rambut yang kering karena berbagai macam penyebab. Kelembaban rambut tetap terjaga dan dengan pemakaian yang tepat rambutmu tidak akan menjadi berminyak kok.

  • Mencegah Kerusakan Akibat Proses Styling

Terlalu Sering Mencatok Rambut

Tak hanya sekadar memperbaiki kerusakan rambut, hair serum juga bisa dipakai oleh pemilik rambut normal yang ingin mencegah kerusakan rambut. Tanpa kita sadari bahan kimia dan suhu panas saat proses styling justru merupakan penyebab utama kerusakan rambut. Oleh karena itu, jaga kesehatan rambutmu dengan memakai hair serum sebelum styling.

Melihat berbagai manfaat yang ditawarkan hair serum, sudah jelas bahwa serum dan vitamin rambut adalah dua produk berbeda yang juga menawarkan manfaat berbeda. Vitamin dipakai untuk menutrisi dan mencegah kerusakan rambut. Sementara hair serum bisa memperbaiki masalah rambut yang lebih kompleks.

Cara Menggunakan Hair Serum yang Benar

Pemakaian hair serum tidak bisa sembarangan, lho. Kalau kamu memakainya dengan cara yang kurang tepat alih-alih rambutmu jadi lebih sehat, yang ada justru rambutmu semakin berminyak atau mengalami jenis kerusakan rambut lainnya.

Apabila saat ini kamu baru ingin mencoba memakai hair serum, kenali dulu panduan cara menggunakan hair serum yang benar di sini:

  • Cuci Rambut Terlebih Dahulu

Bilas Sisa Hair Spa Sampai Bersih

Sebelum mengaplikasikan hair serum, pastikan rambutmu dalam kondisi bersih. Cucilah rambutmu dengan shampo dan bilas dengan air bersih. Hindari pengguaan conditioner jika kamu berencana memakai hair serum setelah keramas.

  • Tuangkan Serum dari Batang Sampai Ujung Rambut

Pakai Serum Sebelum Styling

Penggunaan hair serum tidak sama dengan cara memakai conditioner. Kamu tidak diperkenankan mengaplikasikan hair serum dari kulit kepala atau akar rambut karena hal tersebut bisa membuat kulit kepala jadi berminyak. Belum lagi efek buruk silikon dalam hair serum bisa memberikan dampak buruk bagi otak apabila dipakai secara berlebihan.

Cara aman memakai hair serum adalah mengaplikasikan dari batang sampai ujung rambut. Ratakan menggunakan jari-jarimu agar hair serum melapisi seluruh bagian batang rambutmu.

  • Biarkan Serum Mengering Tanpa Perlu Dibilas

Perawatan dengan Serum Rambut

Selain bisa dipakai dalam kondisi rambut basah, hair serum juga lebih praktis karena tidak perlu dibilas lagi dengan air bersih. Biarkan serum dan rambutmu mengering secara alami.

  • Lanjutkan Menata Rambut

Kurangi Penataan Rambut

Bolehkah menata rambut dengan alat styling setelah mengaplikasikan hair serum? Tentu saja boleh. Jika rambutmu masih basah, alat styling yang boleh dipakai adalah hair dryer. Akan tetapi, setelah rambutmu benar-benar kering, silakan memakai catokan lurus atau keriting untuk menata rambutmu.

Tidak seperti conditioner yang bisa dipakai setiap hari, hair serum hanya boleh dipakai dua minggu sekali atau sesuai petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan produk yang kamu pakai. Hindari penggunaan hair serum secara berlebihan untuk mencegah dampak buruk terlalu sering menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung silikon.

Do’s dan Don’t’s Memakai Hair Serum

Do’s dan Don’t’s Memakai Hair Serum

Ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan saat memakai hair serum. Untuk lebih mudahnya, Kamini sudah merangkumnya dalam daftar do’s dan don’t’s saat memakai hair serum.

Do’s

  • Untuk hasil yang lebih baik, aplikasikan hair serum ketika rambut masih basah. Namun, produk ini sejatinya juga bisa dipakai pada rambut kering yang sudah bersih.
  • Pastikan rambut dalam keadaan bersih saat memakai hair serum karena kotoran dan minyak yang masih menempel di rambut hanya akan menghambat proses penyerapan serum ke dalam rambut.
  • Pakai secara teratur sesuai petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan untuk memperoleh hasil yang lebih baik.
  • Aplikasikan hanya di batang rambut saja.

Don’t’s

  • Hindari mengaplikasikan hair serum setelah melakukan styling karena hal tersebut tidak akan memberi manfaat untuk rambutmu.
  • Hindari penggunaan di dekat kulit kepala.
  • Tidak perlu memijat kepala setelah memakai serum karena hal tersebut hanya akan membuat serum meresap ke dalam pori-pori kulit kepala.
  • Tidak memakainya setiap hari. Lakukan perawatan dengan hair serum seminggu atau dua minggu sekali saja. Lebih aman jika kamu memakainya sesuai dengan aturan pakai yang dianjurkan pada kemasan produknya.

Nah, itulah serba-serbi memakai hair serum dan manfaat dari produk perawatan rambut ini. Intinya, hair serum dapat memberikan rambut yang lebih sehat dan indah, tapi juga bisa merusak rambut jika dipakai berlebihan. Masih bingung memilih serum rambut yang terbaik? Tenang saja, kunjungi artikel hair serum yang bagus untuk mendapatkan referensi serum terbaik untuk merawat rambutmu.

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram