10 Langkah Menggunakan Krim Malam yang Baik dan Benar

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 10 April 2020

Kulit kita menyerap bahan aktif lebih baik pada malam hari daripada pada siang hari. Selain itu, daya regenerasi sel kulit juga jauh lebih tinggi pada malam hari, lebih tepatnya ketika kita tidur. Maka itulah night cream tercipta. Krim malam akan membuat kulit jadi lebih cantik dan sehat pada keesokan pagi Anda terbangun.

Semua itu karena krim malam dapat memperbaharui sel-sel kulit, mencegah jaringan kulit dari kerusakan, serta menghidrasi kulit. Sehingga keesokan harinya Anda akan mendapatkan wajah yang plumpy dan bersih. Akan tetapi, jika Anda tidak tahu prosedur yang tepat untuk menggunakan krim malam, maka belum tentu Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Atau, parahnya malah berbalik arah menjadi merugikan Anda.

Anda tidak mau sampai itu terjadi, kan? Makanya, ikutilah cara menggunakan krim malam yang benar yang akan Kamini bahas di bawah ini.

1. Cuci Muka

mencuci membilas wajah muka

Pertama-tama sebelum Anda mengaplikasikan krim malam, tentu wajah Anda harus bersih terlebih dahulu. Hapus makeup juga jika Anda menggunakannya sebelumnya. Ini sangat penting, jangan sampai Anda membiarkan kotoran di wajah Anda lalu menimpanya dengan krim malam. Mengharapkan mendapatkan wajah yang cantik keesokan paginya tapi Anda melakukannya asal-asalan? Tidak mungkin terjadi.

2. Toner

Menjadi toner alami

* sumber: www.today.com

Setelah mencuci muka, jangan langsung pakai krim malam, tapi pakailah toner terlebih dahulu. Toner berfungsi sebagai pembersih tambahan. Toner akan mengangkat sisa kotoran yang tidak terbawa makeup remover dan sabun muka. Dan, toner memiliki kandungan yang melembabkan wajah, di mana kelembaban wajah dapat menghilang ketika Anda mencuci muka.

3. Serum

Serum

* sumber: www.dermstore.com

Setelah menggunakan toner, sekarang waktunya Anda pakai serum. Walaupun berupa minyak, serum sangat mudah diserap kulit. Inti dari skincare adalah memakai yang paling ringan terlebih dahulu baru ke yang paling berat. Makanya sebelum pakai krim malam, Anda harus pakai serum terlebih dahulu, bukan krim baru serum.

4. Eye Cream

Eye Cream

* sumber: intothegloss.com

Walaupun namanya krim malam dan memang diperuntukkan buat wajah, bukan berarti bisa dipakaikan pada semua bagian wajah. Pasalnya ada beberapa area yang membutuhkan perhatian berbeda, seperti mata. Area mata punya krimnya sendiri, yaitu eye cream.

Eye cream dipakai pada kelopak mata, kantung mata, dan area sekitar mata dekat tulang pipi. Eye cream memiliki fungsinya tersendiri, jadi Anda tidak bisa menggantinya dengan krim malam sekalipun. Jadi, untuk area mata Anda harus memakaikan eye cream,

5. Hangatkan Tangan

10 Langkah Menggunakan Krim Malam yang Baik dan Benar 9

* sumber: www.effegifood.com

Krim malam dingin yang sebelumnya sudah Anda simpan terlebih dahulu di kulkas memang terdengar menggiurkan. Bayangkan sejuknya wajah Anda ketika krim malam diaplikasikan. Akan tetapi, bukan begitu cara kerja yang betul. Krim malam akan jauh lebih cepat diserap kulit jika dalam suhu normal kulit kita.

Jadi, cara menghangatkan krim malam adalah dengan mengambil krim seperlunya lalu ditaruh di telapak tangan Anda. Tunggu selama 3 - 5 detik sebelum diaplikasikan ke wajah. Ingat, ya, skincare yang lain boleh Anda simpan di kulkas supaya awet dan ada sensasi sejuk ketika dipakai. Tapi, jangan lakukan yang sama terhadap krim malam, ya, karena krim malam lebih bagus dipakai ketika hangat dengan suhu tubuh kita.

6. Ambil Seperlunya

Ambil krim wajah

* sumber: tortoisegirl.wordpress.com

Kesalahan paling umum yang dilakukan banyak orang adalah mengambil krim sebanyak yang mereka inginkan. Padahal, Anda tidak perlu krim yang terlalu banyak dalam satu kali pemakaian. Untuk memudahkan, gunakan "metode lima titik". Tuang ke, atau ambil krim malam dengan jari Anda.

Lalu oleskan krim malam Anda dengan cara menitik-nitikkan jari Anda di dahi, hidung, dagu, dan kedua pipi Anda (lima titik). Setelah krim ada di lima titik wajah Anda, massage wajah Anda agar krim malam terserap ke dalam kulit.

7. Aplikasikan ke Atas

Aplikasikan krim wajah

* sumber: www.musely.com

Sebarkan krim malam yang tadi sudah berada di lima titik wajah Anda. Lakukan dengan gerakan melingkar ke atas untuk memijat krim ke kulit Anda. Semuanya harus dengan gerakan ke atas dan ke luar, hanya di bagian hidung saja yang diratakan dengan gerakan ke bawah.

Setelah semua krim malam dipijat ke kulit Anda, lihat lagi wajah Anda apakah kiranya masih ada spot yang kurang kena krim atau tidak. Jika menurut Anda masih membutuhkan produk tambahan, lakukan sekali lagi. Setelah terbiasa Anda akan tahu sendiri takaran krim yang pas untuk satu kali pemakaian.

8. Leher

10 Langkah Menggunakan Krim Malam yang Baik dan Benar 13

* sumber: blog.milkandhoneyspa.com

Seringkali terlewat, padahal leher sama pentingnya dengan wajah. Karena ketika tanda-tanda penuaan kulit mulai muncul, yang paling terlihat imbasnya adalah wajah dan leher. Untuk itu, selain wajah Anda, aplikasikan krim malam pada leher juga. Cara mengaplikasikannya sama seperti wajah, yaitu dengan gerakan ke atas tapi tak perlu melingkar, cukup lurus saja.

9. Tidur 8 Jam

tidur

* sumber: www.dreams.co.uk

Beauty sleep bukanlah mitos. Peneliti telah menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan tidur cukup akan terlihat "kurang menarik". Beberapa malam tanpa waktu tidur yang cukup sudah bisa membuat wajah terlihat lebih jelek, karena terlihat kuyu dan kusam. Belum lagi jika ditambah lingkar mata hitam, mata panda, dan mata yang tidak berbinar. Untuk itu, get your beauty sleep dengan tidur malam selama 8 jam.

10. Minum Sebelum Tidur

Minum air putih Sebelum Tidur

* sumber: mitte.co

Jangan lupa minum air sebelum tidur juga. Manfaatnya ada banyak, loh. Seperti menghidrasi tubuh, membantu tidur jadi lebih nyenyak, membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi), serta membakar kalori. Otomatis dengan segudang manfaat ini kulit Anda akan terlihat lebih segar juga keesokan paginya.

Biarkan krim malam melakukan sihir mereka saat Anda tidur nyenyak. Setelah mengetahui cara menggunakan krim malam yang benar, Kamini berharap Anda mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi dari krim malam yang Anda gunakan. Jangan pernah skip krim malam Anda, ya, cuma butuh beberapa menit untuk mendapatkan wajah yang cantik keesokan harinya, kok!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram