Kamini.id / Kosmetik Bibir / Tips dan Cara Menggunakan Lip Gloss Agar Lebih Tahan Lama

Tips dan Cara Menggunakan Lip Gloss Agar Lebih Tahan Lama

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Juni 2019

Lip gloss mampu memberikan efek berkilau pada bibirmu. Apalagi saat ini sudah banyak produk lip gloss warna yang bisa dipakai mewarnai bibir tanpa harus menambahkan lipstik. Sayangnya, efek glossy yang ditawarkan lip gloss ini umumnya tidak mampu bertahan lama. Bahkan, jika kamu menggunakan bibirmu untuk makan dan minum, efek glossy dari lip gloss akan langsung memudar.

Bagaimana sih caranya membuat lip gloss lebih tahan lama di permukaan bibir? Nah, buat tampilan lip gloss jadi lebih awet dengan beberapa tips dan panduan dari Kamini berikut ini, yuk!

Tips Pemilihan dan Penggunaan Lip Gloss

Sebelum membahas cara menggunakan lip gloss, kamu wajib mengetahui tips-tips penting yang harus diperhatikan kala memilih dan mengaplikasikan lip gloss. Tips ini akan membantumu mempertahankan keawetan lip gloss di permukaan bibir.

  • Pilih Jenis Sheer

Sama seperti lipstik, lip gloss juga tersedia dalam beberapa varian. Bahkan, varian ini juga menentukan kepekatan warna yang ditawarkan. Namun sekali lagi, lip gloss bukanlah lipstik. Sepekat apapun warna yang ditawarkan lip gloss pasti tidak akan mampu menyembunyikan warna asli bibirmu.

Mengingat lip gloss tidak bisa memberikan full coverage untuk menutup warna bibir, jadi lebih baik pilih lip gloss jenis sheer. Jenis yang satu ini menawarkan warna yang tipis dan nyaris transparan. Keuntungan memakai lip gloss sheer sudah jelas, kamu pasti bisa mengombinasikannya dengan lipstik warna apapun.

  • Sesuaikan dengan Warna Kulit

* sumber: medium.com

Pada dasarnya, lip gloss bisa langsung dipakai di bibir tanpa perlu menambahkan lipstik. Pasalnya, lip gloss sudah mengandung warna meskipun tidak pigmented. Nah, kalau kamu ingin merias wajah natural ala wanita Korea, kamu bisa menggunakan lip gloss saja tanpa tambahan lipstik.

Pilih lip gloss yang warnanya sesuai dengan warna kulit. Bila kulitmu putih, pilih lip gloss dengan warna pink atau beige. Sementara jika warna kulitmu medium, ada lip gloss warna pink mawar, berry, dan mauve. Untuk si pemilik kulit gelap atau sawo matang, gunakan lip gloss berwarna plum, merah, atau cokelat.

  • Pakai di Bagian Tengah Bibir

* sumber: www.shutterstock.com

Salah satu perbedaan antara lip gloss dan lip balm terletak pada efek glossy yang ditawarkan. Lip balm tidak memberikan efek glossy sepekat lip gloss karena hanya mengandung pelembab alami. Sementara untuk lip gloss memang mengandung sedikit banyak minyak untuk menghasilkan efek berkilau pada bibir.

Ketika kamu ingin menggunakan lip gloss, aplikasikan di bagian tengah bibir saja. Hindari pemakaian lip gloss di seluruh permukaan bibir karena hasilnya akan terlihat over. Kamu tidak ingin disangka habis makan gorengan, kan?

  • Hindari Mengecap Bibir Setelah Pakai Lip Gloss

* sumber: www.shutterstock.com

Sebagian orang pasti akan mengecap bibir ketika selesai memoleskan lipstik. Gerakan tersebut memang dipercaya dapat meratakan warna lipstik. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku ketika kamu ingin meratakan lip gloss.

Usai mengenakan lip gloss di bagian tengah bibir, hindari mengecap bibir untuk meratakannya. Pasalnya, tindakan ini bisa membuat lip gloss nampak terlihat menggumpal di bagian bibir terluar. Jika ingin meratakan lip gloss sebaiknya gunakan kuas aplikator atau dengan jari yang sudah dibersihkan sebelumnya.

  • Kurang Cocok untuk Pemilik Bibir Tebal

Tren bibir tebal bervolume ala Kylie Jenner memang sedang digandrungi. Tak heran jika banyak wanita yang rela merogoh kocek untuk melakukan filler demi mendapatkan tampilan bibir yang lebih bervolume. Namun, jika kamu adalah salah seorang pemilik bibir tebal agaknya kamu kurang cocok mengaplikasikan lip gloss.

Pada dasarnya, lip gloss mampu menciptakan efek bibir tebal dan bervolume. Jadi, bibir yang sudah tebal akan semakin terlihat tebal ketika dipoles dengan lip gloss. Apabila pemilik bibir tebal tetap ingin menggunakan lip gloss sebaiknya gunakan sedikit di bagian tengah bibir saja.

Cara Menggunakan Lip Gloss yang Benar

Lip gloss tersedia dalam bentuk roll on, aplikator, dan lipstik. Bagi pemula yang ingin mencoba memakai lip gloss Kamini merekomendasikan lip gloss yang dilengkapi dengan aplikator. Selain proses pengaplikasiannya lebih mudah, aplikator tersebut juga berfungsi untuk meratakan lip gloss di permukaan bibir.

Nah, masih bingung mengenai cara memakai lip gloss yang benar agar tampilannya tidak terlalu over? Yuk, simak panduan lengkapnya berikut ini!

1. Pemakaian Lip Gloss

* sumber: www.videoblocks.com

Lip gloss bisa langsung dipakai seperti ketika kamu memakai lipstik. Jika tidak ingin menghasilkan tampilan lip gloss yang berlebihan, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Keringkan permukaan bibir terlebih dahulu dengan tisu bersih. Pastikan tidak ada air liur yang masih membasahi permukaan bibir.
  • Buka sedikit bibirmu hingga menciptakan celah, lalu usapkan lip gloss di bagian tengah bibir. Jangan terlalu dalam saat mengaplikasikan lip gloss agar tidak tertelan.
  • Gunakan aplikator atau tangan untuk meratakan lip gloss. Berbeda dengan lipstik yang dipakai hingga ke tepi bibir, lip gloss hanya dipakai di bagian dalam bibir saja. Memberikan lip gloss pada tepi bibir hanya akan menambahkan kesan glossy yang over.

2. Pemakaian Lip Gloss Agar Lebih Tahan Lama

Mau lip gloss terlihat lebih tahan lama sehingga kamu tak perlu melakukan retouch? Mudah saja. Berikut adalah cara menggunakan lip gloss yang tepat agar lebih tahan lama:

  • Keringkan bibir terlebih dahulu dengan tisur bersih.
  • Usapkan bedak tabur secukupnya di permukaan bibir. Ratakan bedak tabur ini agar tidak menciptakan tampilan yang terlalu terang untuk bibirmu.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan menambahkan lip gloss ke seluruh permukaan bibir.

Bila kamu menggunakan bedak tabur sebagai primer untuk mempertahankan lip gloss di permukaan bibir, maka pilih lip gloss dengan warna-warna yang cerah untuk menyamarkan bekas bedak yang terdapat poada bibirmu.

3. Pemakaian Lip Gloss dengan Lipstik

* sumber: www.dior.com

Ingin mengombinasikan lip gloss dengan lipstik? Tentu saja bisa. Asalkan jenis lipstiknya bukan glossy (karena akan menimbulkan kesan berminyak yang sangat parah), maka kamu memadukan lip gloss dengan lipstik.

  • Ambil tisu dan keringkan permukaan bibir terlebih dahulu.
  • Oleskan foundation setipis mungkin pada area bibir. Foundation berfungsi untuk mengikat warna lipstik serta menjaga lip gloss agar lebih tahan lama.
  • Setelah foundation mengering, segera bentuk bibir dengan menambahkan lip liner di setiap tepi dan sisi bibir. Garis dari lip liner ini juga bisa menjadi batas penggunaan lip gloss agar tidak terlalu mencolok.
  • Aplikasikan lipstik ke permukaan bibir seperti ketika biasa Anda memakainya.
  • Tunggu 2-5 menit sampai lipstik di bibir lebih kering, lalu oleskan lip gloss di bagian tengah bibir. Ratakan lip gloss pelan-pelan dengan memakai aplikator.

Cara menggunakan lip gloss ternyata semudah itu, ya? Kamu bisa langsung memakai lip gloss di bibir polosmu atau mengobinasikan lip gloss dengan lipstik warna favoritmu. Kunjungi artikel merk lip gloss yang bagus dan tahan lama untuk memperoleh produk yang kamu cari saat ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar