Kamini.id / Bibir Hitam / Yuk, Lihat Cara Tepat Menggunakan Lipstik untuk Bibir Hitam!

Yuk, Lihat Cara Tepat Menggunakan Lipstik untuk Bibir Hitam!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bukan hanya kulit yang dapat menghitam karena hiperpigmentasi. Faktanya, bibir pun dapat terkena dampak dari produksi melanin berlebih ini. Bibir hitam juga dapat dipengaruhi oleh gaya hidup ataupun karena kesalahan memilih produk pewarna bibir.

Bila dibiarkan, bibir hitam akan semakin mengganggu penampilan, utamanya bagi para wanita. Tapi jangan khawatir, terdapat beberapa langkah yang dapat ditempuh pemilik bibir hitam untuk mengembalikan warna alami bibir yang pink.

Warna Lipstik yang Cocok untuk bibir Hitam

Sebenarnya warna lipstik apapun bisa dipilih untuk pemilik bibir hitam asalkan digunakan dengan cara yang tepat. Namun, terdapat beberapa warna yang cocok digunakan pada bibir hitam sekalipun, tanpa perlu mengeluarkan tenaga ekstra dalam mengaplikasikannya. Berikut adalah warna-warna yang dimaksud.

1. Coklat Tua

lipstik coklat tua (Copy)

* sumber: stylecaster.com

Warna-warna tua memang cocok digunakan untuk pemilik bibir hitam karena warna tersebut dapat menutupi hiperpigmentasi dengan baik. Pilihan warna seperti deep brown atau cocoa adalah warna terbaik bagi pemilik bibir hitam dan dapat dipadukan dengan makeup look apapun.

2. Plum

lipstik plum (Copy)

* sumber: www.aromibeauty.com

Sesuai dengan namanya, plum memang merepresentasikan warna buah plum. Plum merupakan warna ungu dengan semburat abu kecoklatan ataupun ungu kemerahan. Warna ini bisa digunakan hampir semua skintone, tak terkecuali pada bibir yang hitam. Warna yang memiliki kesan bold dan anggun ini juga tepat dipilih pemilik bibir hitam.

3. Warna Merah yang Pigmented

lipstik maroon (Copy)

* sumber: desmon.sandy-projekt.org

Warna merah yang pigmented juga dapat dipilih oleh pemilik bibir hitam. Sebut saja cherry red, deep red dan merah maroon adalah shade merah tua yang pigmented sehingga bisa menyamarkan kesan hitam pada bibir. Warna-warna tersebut juga masih merupakan kategori bold.

4. Mauve

Mauve (Copy)

* sumber: www.fabbag.com

Memang kebanyakan warna-warna pucat hanya membuat warna bibir yang tidak merata nampak semakin jelas. Namun ada satu warna agak pucat yang cocok digunakan pemilik bibir hitam. Adalah Mauve, warna yang memadukan proporsi tepat antara ungu, pink, abu-abu, dan coklat. Proporsi warna tersebut menjadikan lipstik berwarna mauve akan terlihat cantik pada bibir hitam.

5. Fuchsia Pink

Fuschia Pink Lipstick (Copy)

* sumber: gorgeouslyflawed.com

Jangan kira kamu tidak bisa menggunakan shade warna pink sama sekali bila bibirmu hitam. Ada satu warna dari shade pink yang cocok, kok, sekalipun digunakan pada pemilik bibir hitam. Benar, warna yang dimaksud adalah fuschia pink.

Warna ini memiliki kesan bright namun sangat pigmented, sehingga dapat menyamarkan kesan hitam pada bibir. Selain itu, warna ini akan membuat gigimu nampak lebih putih. Warna yang sangat memikat apalagi bila penggunanya tersenyum.

6. Dark Peach

Dark peach (Copy)

* sumber: www.gazzed.net

Warna-warna dark peach juga tetap bisa dipilih apabila kamu sangat ingin menggunakan lipstik peach tapi takut memperjelas bibirmu yang hitam. Warna-warna dark peach cenderung lebih pigmented dibandingkan warna-warna peach terang. Sehingga kamu tak perlu mengkhawatirkan soal bibir yang hitam.

Cara Menggunakan Lipstik pada Bibir Hitam

Walau hanya terdapat beberapa warna yang benar-benar cocok untuk bibir hitam, tetapi pemilik bibir hitam tetap bisa menggunakan warna-warna lipstik lain. Dengan catatan, harus digunakan dengan langkah yang tepat. Berikut adalah langkahnya.

1. Selalu Eksfoliasi

* sumber: www.beautylish.com

Langkah ini tidak spesifik perlu dilakukan hanya untuk pemilik bibir hitam. Tetapi mempersiapkan bibir dengan eksfoliasi sepertinya perlu dilakukan untuk semua bibir terutama bibir yang kering. Singkirkan sel-sel kulit mati pada bibir sebelum mengaplikasikan pewarna bibir.

Langkah ini tak hanya membuat bibir menjadi lebih halus, namun bisa memberikan tampilan pewarna bibir semakin terlihat indah dan halus.

2. Lembabkan Bibir

Lembabkan Bibir Anda Cara Memakai Lipstik yang Benar

* sumber: themocracy.com

Setelah menyingkirkan sel-sel kulit mati penyebab bibir kering dan pecah-pecah, jang lupa untuk mengaplikasikan pelembab bibir seperti lip balm. Melembabkan bibir memang sangat penting demi memberikan hidrasi pada bibir dan menghindarkan bibir dari kekeringan. Pelembab bibir juga secara otomatis akan berperan sebagai lip primer yang dapat membuat pewarna bibir semakin terlihat standout.

3. Gunakan Lip Primer bila Perlu

mengaplikasikan lip liner (Copy)

* sumber: www.dailymail.co.uk

Penggunaan lip primer memang opsional. Tetapi bila kamu ingin menyamarkan garis-garis pada bibir agar semakin menampakkan kesan halus, you have to give it a go. Lip primer dapat menyempurnakan tampilan pewarna bibir yang kamu gunakan.

4. Conceal? Harus!

concealer untuk bibir

* sumber: www.sarahnajafi.com

Setelah mempersiapkan bibir, langkah esensial yang harus dilakukan pemilik bibir hitam sebelum menggunakan lipstik tentu saja adalah meminimalisir kesan hitam pada bibir. Langkah ini bisa ditempuh dengan bantuan concealer atau foundation.

Akan lebih baik lagi bila kamu menggunakan concealer yang memang spesifik digunakan pada bibir atau sering disebut lip concealer. Sebab lip concealer telah disempurnakan formulasinya mengikuti karakteristik bibir. Sementara concealer atau foundation biasa hanya diformulasikan untuk kulit wajah, padahal ada perbedaan karakteristik antara kulit bibir dan kulit area wajah yang lain.

5. Beri garis pada Bibir

cara mengaplikasikan liip liner (Copy)

* sumber: www.maybelline.com

Langkah esensial selanjutnya adalah dengan memberikan garis luar pada bibir. Gunakan lip liner untuk mempertegas garis bibir. Lip liner juga dapat menimbulkan ilusi khusus yang membuat orang lebih memperhatikan ketegasan bentuk bibir dibandingkan warna bibirmu yang hitam. Menarik, bukan?

Sedikit tambahan untuk pemilik bibir hitam, pilihlah lip liner dengan tone warna yang sama dengan lipstik yang akan kamu gunakan. Perhatikan pula cara penggunaan lip liner yang benar.

Gunakan lip liner untuk membingkai lipstik mengikuti garis tertinggi pada bibir atas terlebih dahulu. Setelah itu, ulangi sampai ke dalam bibir hingga kedua garis dalam bertemu dan membentuk huruf X. Selesai membingkai bibir atas, bingkai bibir bagian bawah mengikuti garis tepi bibir. Dengan bingkai tersebut bibir juga akan terlihat lebih penuh.

6. Aplikasikan Lipstik

Primer Sebelum Memakai Lipstik

* sumber: www.rd.com

Setelah membingkai bibir, saatnya mengaplikasikan lipstik yang telah kamu pilih. Jangan segan untuk mengaplikasikan lipstik dalam jumlah yang cukup banyak, kamu juga diperbolehkan untuk layering lipstik bila dirasakan warna lipstik belum pop up dengan sempurna

Sebaiknya pilih lipstik dengan matte finish untuk pemilik bibir hitam. Sebab, lipstik glossy dan cream tidak dapat berpadu baik dengan concealer dan cenderung mudah terhapus. Selain itu, trik lain agar didapatkan coverage yang sempurna adalah dengan mengaplikasikan lipstik menggunakan kuas. Trik ini juga bertujuan agar warna lipstik dapat merata dengan baik.

7. Beri Sentuhan Glossy bila Mau

gunakan lipgloss (Copy)

* sumber: www.fashionncare.com

Untuk memberikan kesan glossy pada bibir, kamu bisa mengaplikasikan lip gloss setelahnya. Cukup aplikasikan dengan cara di tekan-tekan lembut dan ulangi hingga muncul kesan glossy pada bibirmu. Hindari penggunaan dengan cara diulas.

Itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan pemilik bibir hitam dalam menggunakan lipstik. Memang tidak mudah, akan tetapi bisa diikuti dengan baik, bisa membuat warna lipstik terlihat indah dan maksimal menutupi bibir yang hitam.

Kamu juga bisa membaca tips memilih warna lain yang cocok untuk bibir hitam. Kamini juga memiliki rekomendasi produk lipstik untuk bibir hitam. Dan apabila kamu memiliki tips khusus lain dalam menggunakan lipstik bagi pemilik bibir hitam, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *