Cara Menggunakan Makarizo Rebonding System Sendiri di Rumah

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 20 September 2021

Sebagian wanita biasanya ingin memiliki rambut lurus. Pasalnya, rambut lurus lebih mudah dirawat bila dibandingkan dengan rambut keriting yang memerlukan perawatan ekstra supaya tidak kusut.

Tak hanya wanita, pria juga ada yang merasa tak suka dengan rambut keritingnya, sehingga memutuskan untuk melakukan treatment seperti rebonding. Kalau tidak ada waktu ke salon, atau ingin budget yang lebih murah, pakai saja Makarizo Rebonding System sendiri di rumah!

Tentang Makarizo Rebonding System

Jangan takut rebonding membuat rambut rusak, karena produk Makarizo ini mengandung hydrolyzed collagen yang berfungsi melindungi kutikula dan memberi nutrisi tambahan pada rambut. Sehingga, akan membantu mengurangi kerusakan rambut akibat hilangnya kolagen di rambut selama proses pelurusan rambut berlangsung.

Biasanya keratin rambut hilang selama proses pelurusan, nah, Makarizo menambahkan hydrolyzed keratin yang membantu melapisi permukaan rambut supaya rambut tetap sehat. Sedangkan kandungan conditioning agent di dalamnya dapat memberikan lapisan pada rambut, sehingga rambut tetap berkilau, lembut, dan lembab.

Makarizo juga menginfus produk ini dengan hydrolyzed milk protein yang menutrisi dan menjaga kelembaban alami rambut, sehingga rambut tampak lurus alami, lembut, sehat, dan berkilau.

Produk ini tidak mengandung Amonia, sehingga aromanya tidak mengganggu selama proses dan setelah pelurusan, yang membuatnya nyaman saat digunakan. Makarizo Rebonding System terbagi dalam dua langkah, yaitu Step 1 dan Step 2.

  • Step 1
Cara Menggunakan Makarizo Rebonding System Sendiri di Rumah 3

Step 1 adalah krim pelurusan rambut-nya. Untuk Step 1 ini ada beberapa varian yang bisa dipilih. Seperti Gold Edition untuk rambut keriting ikal/bergelombang, Anti Resistant untuk rambut diwarnai/bleach, Super Gold untuk rambut kribo/bertekstur tebal dan kasar, SSS untuk rambut keriting asli, dan Extremely Damaged untuk rambut yang rusak, kering, dan pernah diwarnai/bleach.

  • Step 2
Cara Menggunakan Makarizo Rebonding System Sendiri di Rumah 5

Sedangkan Step 2 adalah langkah selanjutnya yang wajib dipakai setelah kamu selesai rebonding dengan Makarizo Step 1. Produk ini diformulasikan khusus dengan hydrolyzed milk protein untuk menetralisir pH rambut agar kembali ke level normal.

Untuk Step 2 ada dua varian, yaitu Gel Neutralizer untuk rambut virgin alias belum terkena proses kimia, dan Milky Neutralizer untuk rambut yang telah mengalami proses kimia.

Cara Menggunakan Makarizo Rebonding System di Rumah

Buat yang ingin praktis dan tidak mau repot, biasanya akan langsung ke salon untuk meluruskan rambut oleh para ahli. Akan tetapi, itu akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Nah, buat yang ingin mengerjakannya sendiri di rumah menggunakan produk rebonding Makarizo, bisa lihat caranya berikut ini.

1. Cuci Rambut

Cara Menggunakan Makarizo Rebonding System Sendiri di Rumah 7

Basahi seluruh rambutmu, lalu gunakan sampo yang telah tersedia dalam kemasan Makarizo untuk mencuci rambut. Kalau tak ada, boleh pakai sampo apa saja. Asalkan, ingat, hindari penggunaan kondisioner setelahnya. Cuci dengan seksama, lalu bilas sampai bersih.

Kamu bisa ulang menggunakan sampo jika rambutmu sangat berminyak. Hal ini perlu dilakukan supaya krim rebonding bisa menyerap dengan baik ke dalam rambut. Sebaiknya, gunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambutmu, ya.

2. Keringkan Rambut

Setelah itu, keringkan rambutmu menggunakan handuk. Jangan digosok-gosok kasar, ya. Handuknya cukup ditekan-tekan dengan lembut ke rambut, karena guncangan kencang bisa membuat rambutmu rusak dan patah. Jika sudah tak ada air yang menetes, keringkan lagi rambut dengan hair dryer sampai setengah kering atau sekitar 70%.

3. Partisi Rambut

Pilih produk Makarizo Rebonding System Step 1 yang sesuai dengan jenis rambutmu. Lalu, bagi rambut menjadi 4-8 bagian, tergantung ketebalan rambutmu.

Gunakan sarung tangan dan siapkan sisir khusus cat rambut. Dengan menggunakan sisir itu, oleskan Makarizo Rebonding System Step 1 pada batang rambut selapis demi selapis.

Akan tetapi, sisakan 1 cm pangkal rambut dari kulit kepala untuk mencegah kulit kepala gatal atau perih akibat terkena krim pelurus. Langkah ini juga mencegah penumpukan krim. Untuk kulit kepala yang sensitif, bisa timbul kemerahan atau iritasi, jadi usahakan untuk berhati-hati, ya.

4. Diamkan Rambut & Cek Elastisitas

Setelah seluruh rambutmu diolesi Makarizo Rebonding System Step 1, diamkan rambut selama 10-20 menit. Lalu, cek elastisitas rambut dengan menarik 3-5 helai rambut.

Langkah ini bertujuan untuk mengetahui apakah krim sudah meresap sempurna atau belum. Jika rambut tidak kembali ke bentuk semula (keriting), maka kamu bisa melanjutkan proses berikutnya. Akan tetapi, jika rambut masih kembali kebentuk semula, tambahkan waktu resting 10 menit. Setelah itu cek elastisitas lagi. Dan ini terus berlaku kelipatan, ya.

5. Smoothing Rambut

Setelah yakin rambut tidak kembali ke bentuk semula, lakukan proses rebonding dengan menjepit rambut menggunakan jari tengah dan telunjuk hingga ke seluruh lapisan rambut. Lakukan bertahap dari letak rambut paling bagian ujung hingga bagian pangkal rambut.

Lakukan dari bagian rambut paling bawah ke bagian atas kepala. Gerakan jari dengan lembut, jangan ditekan atau ditarik. Hal ini untuk mencegah rambut rusak atau patah. Setelah merasa rambut sudah elastis, diamkan lagi rambut selama 3 menit saja.

6. Pembilasan Pertama

Setelah rebonding selesai, bilas rambut sampai bersih tanpa menggunakan sampo. Lebih baik dibilas menggunakan air hangat agar rambut lebih cepat bersih dari sisa-sisa krim pelurus. Keringkan rambut dengan menggunakan handuk dengan cara ditekan-tekan seperti awal tadi.

7. Catok Rambut

Lanjutkan dengan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut sampai 50% atau 70% kering. Kemudian semprotkan Makarizo Rebonding System Protection Spray sebelum proses pencatokan.

Makarizo Rebonding System Protection Spray mengandung phenyl trimethicone yang dapat membuat rambut yang di-rebonding tetap sehat dan berkilau. Jadi, rambut kamu akan lebih rentan dari kerusakan walau dicatok!

Sebelum mulai catok, bagi rambut menjadi 4-8 bagian, tergantung ketebalan rambut kamu. Catok rambut selapis demi selapis mulai dari bagian ujung hingga bagian pangkal rambut.

8. Proses Penetralan

Cara Menggunakan Makarizo Rebonding System Sendiri di Rumah 21

Belum selesai! Walaupun rambut sudah dicatok, kamu masih harus menetralkan rambut setelah menggunakan krim rebonding. Bagi lagi rambut menjadi 4-8 bagian, jepit menggunakan jepit yang lurus, jangan menggulung cara jepit rambutnya, ya.

Pilih Makarizo Rebonding System Step 2 yang sesuai dengan jenis rambutmu. Oleskan Step 2 ke batang rambut, selapis demi selapis dari bagian ujung hingga bagian pangkal rambut. Gunakan sisir khusus cat rambut agar produk lebih merata. Setelah seluruh rambut rata dengan krim Step 2, biarkan rambut terurai selama 15 menit.

9. Pembilasan Kedua dan Pemakaian Kondisioner

Cara Menggunakan Makarizo Rebonding System Sendiri di Rumah 23

Setelah itu, bilas rambut sampai bersih. Sebaiknya menggunakan air hangat lagi agar krim lebih mudah dibersihkan. Kemudian, gunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambutmu. Tidak usah menggunakan sampo lagi.

Usapkan kondisioner ke seluruh lapisan rambut, diamkan sekitar 5-10 menit supaya kondisioner lebih meresap ke dalam batang rambut. Lalu, bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Tips: basuh kembali dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori rambut yang terbuka karena penggunaan air hangat tadi.

10. Gunakan Rebonding System Care

Cara Menggunakan Makarizo Rebonding System Sendiri di Rumah 25

Gunakan Makarizo Rebonding System Vitamin Spray setelah kamu mengeringkan rambut. Produk ini berfungsi untuk memberi nutrisi tambahan setelah proses rebonding. Vitamin Spray ini juga akan membantu merawat kekuatan alami rambut sehingga tetap sehat, kuat, dan lembut. Terakhir, catok lagi rambut selapis demi selapis setelah rambut dibagi menjadi 4-8 bagian.

Demikianlah 10 langkah menggunakan Makarizo Rebonding System Step 1 dan Step 2 yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Setelah menggunakan produk ini, kamu tidak perlu menunggu 3 hari untuk bisa keramas setelah proses rebonding, karena itu cara yang cukup jadoel. Makarizo telah berinovasi dengan produknya hingga kamu bisa keramas di hari yang sama.

Jangan lupa menggunakan vitamin dan serum setiap kali akan mengeringkan rambut menggunakan hair dryer maupun saat akan mencatok rambut. Hal ini untuk mencegah rambutmu terlihat sangat kering dan kusam.

Lakukan juga perawatan rambut hair mask untuk mencegah kerusakan rambut dan membuat rebonding lebih tahan lama. Tapi, perlu kamu ketahui kalau rambutmu akan kembali ke bentuk semula tergantung dengan kecepatan pertumbuhannya. Jadi, jangan mudah kecewa, ya.

Hindari mengikat rambutmu, karena karet atau jepit akan meninggalkan bekas pada rambut. Gunakan juga sisir kayu, karena bahan kayu tidak menghasilkan listrik statis yang akan menarik rambut. Penggunaan sisir berbahan plastik pada rambut yang di-rebonding akan membuat rambut yang cenderung rapuh dan mudah patah.

Itu saja tips tambahan dari Kamini. Ternyata tidak terlalu repot juga, kan, rebonding sendiri di rumah? Asalkan kamu memiliki semua barang, peralatan dan waktu luang maka kamu bisa melakukan rebonding. Apakah kamu akan mencobanya sekarang?

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram