Inilah Langkah-langkah Menggunakan Masker Wajah dengan Benar

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 19 Desember 2020

Menggunakan masker wajah adalah cara yang paling cepat, mudah, dan murah untuk memanjakan kulit. Masker dapat membantu mengatasi masalah kulit tertentu, seperti kulit kering, kusam, berminyak, atau berjerawat. Masker bisa juga menjadi waktu bersantai karena aroma dan sensasinya menenangkan. Anda bisa membeli aneka macam masker, tinggal pilih saja hari ini Anda mau pakai masker tanah liat, lumpur, gel, sheet mask, atau masker DIY yang dibuat sendiri?

Masalahnya adalah, Anda bisa saja membuat kesalahan dalam menggunakan masker. Untuk mendapatkan berbagai manfaat kulit, Anda perlu menerapkan masker secara efektif. Yup, ada urutan yang benar untuk memakai masker. Ingin tahu seperti apa? Simak terus pembahasan Kamini di bawah ini. (Boleh sambil dipraktikkan, yuk!)

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

face mask masker wajah

* sumber: stylecaster.com

Kesalahan yang paling sering dilakukan orang-orang adalah tidak memikirkan masalah kulit mereka sebelum memilih masker. Karena orang berpikir kalau semua masker sama saja. Apakah Anda termasuk seperti itu juga? Jika Anda memilih sabun muka dan pelembab sesuai dengan tipe kulit, lalu kenapa Anda asal-asalan dalam memilih masker?

Kalau kulit Anda kering, pilihlah hydrating mask. Kalau kulit Anda berminyak, pilih mattifying mask. Kalau ingin menghilangkan tanda penuaan, pakai anti-aging mask. Jangan asal pilih masker karena direkomendasikan oleh beauty vlogger favorit Anda, karena masalah kulit orang lain belum tentu sama seperti Anda.

2. Dinginkan Masker

Masker kulkas

Pernah melihat orang yang menyimpan skincare mereka di dalam kulkas? Bukannya tidak bertujuan, loh. Kadang ada masker yang bahannya mudah rusak, dan memang harus disimpan di dalam kulkas ketika kemasannya sudah dibuka. Namun, selebihnya jika Anda menggunakan masker yang dibeli di toko, tujuan mendinginkan masker supaya terasa enak saja saat dipakai.

3. Bersihkan Wajah

Cuci Muka dengan Sabun yang Ringan

Jangan langsung plok pakai masker tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Kalau tidak, Anda sama saja menimpa kotoran, minyak, dan bakteri di kulit dengan masker. Jadi, sebelulm pakai masker Anda harus membersihkan wajah dari riasan dan kotoran, cuci muka, baru deh lanjut ke step berikutnya.

4. Exfoliate

scrubbing wajah lulur

* sumber: acnes.com.vn

Setelah mencuci muka, usahakan untuk meng-exfoliate wajah terlebih dahulu. Eksfoliasi akan mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang bersembunyi di pori-pori kulit. Sehingga masker bisa terserap lebih baik ke dalam kulit. Anda bisa membeli face scrub di swalayan ataupun membuat masker sendiri dari gula, oat, atau kopi.

5. Buka Pori-pori

uap hidung

Setelah melakukan eksfoliasi, langkah yang paling tepat adalah dengan membuka pori-pori wajah. Caranya adalah dengan menyiapkan air panas di dalam mangkuk atau baskom, lalu hadapkan wajah Anda di atas mangkuk supaya uapnya mengenai wajah Anda. Pakai handuk besar untuk menutupi kepala agar uap panas tidak kabur ke mana-mana. Tidak perlu lama-lama, steam wajah Anda selama 2 - 5 menit saja.

Ada pula alat face steamer yang bisa Anda beli secara online di Shopee lewat link ini. Alternatifnya, Anda bisa mengompres wajah dengan waslap atau handuk hangat. Atau, kalau Anda lagi malas-malasnya, mandi saja dengan air hangat kalau mau maskeran.

6. Pakai Toner

toner

* sumber: www.womenshealthmag.com

Hal ini jarang diketahui banyak orang, jadi beruntung lah Anda yang sudah tahu sekarang. Setelah wajah bersih dari kotoran dan sel kulit mati, pori-pori sudah terbuka, akan lebih mantul lagi kalau Anda menggunakan toner sebelum mengaplikasikan masker. Anda bisa memakainya langsung atau dengan cara menuangkan toner ke kapas terlebih dulu. Sama seperti cara memakai pelembab yang benar, aplikasikan toner ke arah atas, ya.

7. Pastikan Tangan Bersih

Pastikan Tangan dalam Kondisi Bersih

Mengaplikasikan masker dengan tangan sah-sah saja. Tapi, ingat-ingat apakah tangan Anda habis dipakai menggaruk kaki? Atau makan gorengan? Atau mengelap debu dari televisi? Sangat penting untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memakai masker wajah. Anda tidak mau kotoran, debu, minyak, dan bakteri dari tangan berpindah ke muka Anda, kan?

8. Gunakan Alat-alat Bersih

DIY Facial Masker Alat-alat

Atau untuk cara yang lebih higienis dan tangan Anda tidak berantakan oleh masker, gunakanlah alat. Sebenarnya soft-bristle brush saja sudah cukup, tapi ada kalanya Anda membutuhkan mangkuk, sendok takar, dan sendok pengaduk juga. Biasanya alat ini sudah dijual dalam bentuk set. Anda bisa membelinya di Bukalapak melalui link berikut.

9. Pakai Seperlunya

Mud Mask masker lumpur

* sumber: helloglow.co

Ketika memakai masker yang berbentuk tube atau jar, seringkali kita dibingungkan dengan takaran yang benar. Berbeda dengan masker sachetan yang sudah pasti ukurannya pas. Tapi, Anda tak perlu bingung lagi. Intinya, sih, Anda tidak perlu pakai masker tebal-tebal, karena lapisan super tebal tidak akan berpengaruh. Cukup aplikasikan satu lapisan masker saja, and you're ready to go.

10. Coba Mix

masker innisfree clay

* sumber: www.pamper.my

Pernah berpikir untuk memadukan beberapa masker dalam satu pemakaian? Dengan cara mencampur mereka atau memakainya masing-masing di area berbeda? Kalau belum maka cobalah sekarang!

11. Jangan Dipakai Terlalu Lama

Sheet Mask

* sumber: www.sk-ii.com

Sebenarnya hampir di semua produk masker pasaran sudah tertera waktu yang diidealkan. Ada kalimat seperti "diamkan masker selama 15 menit" di keterangan produknya. Namun, kadang kita abai dan menggunakan masker selama yang kita inginkan.

Padahal, setiap jenis masker memiliki waktu yang berbeda-beda untuk dipakai dan dilepaskan. Lama waktu penggunaan masker juga bergantung pada jenis kulit yang Anda miliki. Basically, hampir semua masker membutuhkan waktu 15 menit sebelum diangkat. Tapi, jika di keterangan produk ada waktu yang dianjurkan, maka ikuti saja.

Khusus untuk penggunaan clay mask, jangan tunggu sampai tanah liatnya mengering. Hapus segera ketika masker masih agak basah. Semakin lama Anda memakai masker bukan berarti kulit Anda jadi semakin bagus. Jika Anda takut kelupaan, set timer di ponsel Anda.

12. Angkat Masker

Angkat Masker peel off

Setelah melalui waktu yang tepat, berarti saatnya Anda untuk melepas masker. Jika Anda pakai sheet mask, Anda bisa melepasnya begitu saja. Jika yang dipakai adalah peel-off mask, cara melepasnya adalah mulai dari bawah (rahang) ke atas (dahi).

Jika Anda pakai masker cair, gel, clay, atau lumpur, siapkan waslap hangat lalu angkat masker dengan cara seperti mencubit masker ke arah atas. Bersihkan masker dengan teliti, jangan sampai ada yang tertinggal di area yang dalam seperti lekukan mata, hidung, bibir, dan rambut.

13. Pakai Toner + Pelembab

Inilah Langkah-langkah Menggunakan Masker Wajah dengan Benar 37

* sumber: www.rd.com

Setelah selesai maskeran bukan berarti Anda bisa berleha-leha. Pakai pelembab dan toner terlebih dulu. Penggunaan masker tertentu bisa membuat kulit jadi kering, seperti masker tanah liat misalnya. Maka itu, segera setelah mengangkat masker, aplikasikan toner dulu lalu dilanjut dengan pelembab wajah.

Kata kuncinya adalah konsisten. Kadang orang menganggap masker sebagai special treatment yang hanya dipakai sebelum ada acara penting, seperti kalau besok mau menikah, hajatan, pesta, kencan, wisuda, dan semacamnya. Makanya orang berpikir kalau masker itu tidak perlu (atau bahkan tidak bisa) dinikmati setiap hari.

Padahal, masker itu semakin sering dipakai maka semakin banyak manfaatnya untuk kulit. Untuk mengetahui waktu yang paling tepat seberapa sering Anda memakai masker adalah dengan membacanya di balik kemasan masker tersebut. Soalnya waktu yang dianjurkan bisa berbeda untuk berbagai macam masker.

Khusus bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan masker Naturgo, ketahui dulu cara pakai yang benar seperti yang dijelaskan dalam artikel Kamini berjudul Tutorial Cara Menggunakan Masker Naturgo. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram