Cara Menggunakan Pensil Alis yang Benar untuk Pemula

Tren melukis alis memang sedang sangat digemari saat ini. Bahkan, sejumlah orang mengaku tidak percaya diri saat harus keluar rumah tanpa melukis alisnya terlebih dahulu. Cara menggunakan pensil alis sebenarnya mudah, hanya saja Anda memerlukan ketelitian saat melukis alis. Karena jika tidak hati-hati, alis akan tampak terlalu tebal atau tidak simetris satu sama lain.

Kali ini, Kamini akan mengajak Anda untuk melukis alis dengan teknik yang paling dasar untuk pemula. Karena tidak semua orang memahami cara melukis alis yang benar. Padahal, bentuk alis yang simetris akan menambah nilai plus untuk riasan wajah Anda. Yuk, cari tahu cara menggunakan pensil alis yang tepat di sini!

Cara Menggunakan Pensil Alis yang Benar

1. Siapkan Alis

Siapkan Alis

* sumber: www.xojane.com

Sebelum alis siap digambar, Anda harus menyiapkannya terlebih dahulu. Layaknya sebuah kanvas yang harus dalam keadaan bersih untuk dapat dilukis, alis pun seperti itu.

Pertama-tama, hapus makeup Anda terlebih dahulu (jika Anda menggunakannya). Walaupun Anda tak pakai riasan, tetap saja Anda harus membersihkan area alis dari kotoran dan debu. Anda bisa juga mencuci muka terlebih dahulu supaya area alis benar-benar bersih total.

Tapi, langkah ini hanya berlaku jika Anda tipe orang yang suka menggambar alis terlebih dahulu sebelum menggunakan riasan wajah, ya! Jika Anda lebih suka menggunakan foundation terlebih dahulu baru menggambar alis, maka Anda bisa melewati langkah tadi. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah mengkondisi alis dengan menggunakan brow conditioner.

Sama seperti kondisioner rambut, fungsi kondisioner alis adalah untuk melembabkan, menutrisi, melembutkan rambut alis, pokoknya tugas kondisioner alis adalah untuk menyiapkan alis Anda sebelum dilukis.

Sejauh ini belum banyak produk conditioner alis yang beredar di pasaran. Setahu author baru Benefit, RevitaBrow, Orphica, dan Billion Dollar Brows. Kalau Anda tahu merk conditioner alis lainnya bisa beritahu kami di kolom komentar, ya!

Sebenarnya ada nama lain dari brow conditioner, yaitu brow primer, karena fungsi kondisioner ini sama seperti face primer yaitu untuk menyiapkan media sebelum dirias. Selain dapat melembabkan, brow conditioner juga dapat membuat alis Anda nampak penuh. Cocok nih buat yang alisnya botak-botak! Kalau Anda tidak punya brow primer, petroleum jelly bisa kok dijadikan penggantinya.

2. Rapikan Alis

Rapikan Alis cara menggunakan pensil alis

* sumber: www.shawnaptm.com

Langkah ke-2 dalam cara menggunakan pensil alis adalah dengan merapikannya. Setelah Anda mengkondisi alis, maka alis Anda akan jadi lebih mudah diatur. Manfaatkan lah momen ini untuk merapikan alis Anda.

Caranya terserah Anda, apakah ingin mencukur, mencabut, memotong, atau hanya menyisirnya saja. Yang jelas, mau tebal, tipis, atau botak sekalipun, rambut alis wajib dirapikan sebelum Anda mulai dibentuk. Jika Anda mau menyisirnya saja, alat yang perlu Anda siapkan adalah sikat alis.

Sisir alis Anda ke bawah, langkah ini akan menunjukkan garis terluar alis bagian atas dan juga menunjukkan jika ada rambut alis yang panjangnya tak rata. Anda bisa menggunting rambut alis hingga panjangnya sama rata.

Jika sudah, jangan lupa kembalikan alis dengan menyisirnya lagi ke arah atas, tapi jangan sampai rambutnya berdiri, ya. Maksudnya adalah, masukkan kembali rambut alis ke tempatnya (di dalam frame alis Anda).

3. Pilih Jenis Pensil Alis

Pilih Jenis Pensil Alis

Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis pensil alis yang dijual di pasaran? Hanya saja, jenis yang paling umum adalah pensil alis biasa yang terbuat dari kayu layaknya sebuah pensil tulis. Pensil ini biasanya dipakai untuk membentuk alis natural.

Selanjutnya, ada eyebrow powder yakni sejenis eye shadow untuk alis. Eyebrow powder sebaiknya dipakai untuk alis tebal yang sudah terbentuk. Atau, gunakan produk ini sebagai isian alis ketika Anda sudah membentuknya dengan eyebrow gel.

Eyebrow gel yang bentuknya hampir sama dengan gel eyeliner ini merupakan jenis pensil alis yang selanjutnya. Keunggulan eyebrow gel dibandingkan dengan jenis pensil alis lain adalah sifatnya yang waterproof. Ada lagi eyebrow tint atau eyebrow tattoo yang serupa dengan liquid eyeliner. Jenis penebal alis yang satu ini dapat bertahan dalam waktu yang lama (sekitar 7 hari).

Maskara alis (brow mascara) juga salah satu produk penebal alis yang dapat mencerahkan dan meratakan warna alis. Benda ini sama seperti maskara bulu mata, hanya saja dipakainya di alis.

Sebelum menggunakan maskara alis Anda sangat disarankan untuk lebih dulu menggunakan pensil alis terlebih dahulu untuk membentuk alis Anda. Anggaplah produk ini sebagai finishing touch, bukan sebagai pewarna inti untuk alis.

4. Tentukan Bentuk yang Diinginkan

Tentukan Bentuk yang Diinginkan

Langkah ke-4 dalam cara menggunakan pensil alis adalah dengan menentukan bentuk yang Anda inginkan. Ada banyak sekali bentuk alis yang bisa Anda buat. Tidak perlu disesuaikan dengan bentuk alis alami Anda pun bisa. Semuanya terserah pada mood Anda kali ini mau membuat alis yang seperti apa, jangan batasi kreativitas Anda.

5. Tentukan Titik Awal dan Akhir

Tentukan Titik Awal dan Akhir

* sumber: www.marieclaire.co.uk

Setelah menentukan bentuk alis yang diinginkan, sekarang saatnya "memahat" alis Anda! Untuk mendapatkan alis yang define, gunakan rumus 3 langkah. Pertama, dengan sikat alis/pensil alis Anda, posisikan di samping cuping hidung. Setelah itu, tandai garis awal alis Anda yang selurusan dengan pensil alis. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui batas alis Anda.

Kedua, miringkan sikat/pensil alis Anda melewati tengah mata. Langkah ini adalah untuk melihat batas lengkungan alis. Jangan lupa beri tanda juga di sana. Terakhir, geser sikat/pensil alis ke ekor mata. Hal ini dilakukan agar Anda tidak menggambar alis yang terlalu panjang. Beri tanda juga di titik akhir alis. Jika sudah, maka tugas Anda selanjutnya adalah membingkai alis.

6. Bingkai Alis

Bingkai Alis

Setelah menentukan titik awal dan akhir, kini saatnya Anda membingkai alis. Cara untuk membentuk alis yang tebal dan rapi adalah gambar garis yang nantinya akan menjadi tepian alis terlebih dahulu.

Gambar lah garis yang menjadi batas bagian bawah alis terlebih dahulu. Selanjutnya, bentuk garis yang agak tebal di bagian atas alis. Langkah ini seharusnya mudah karena Anda sudah menandai titik-titik tepiannya tadi dengan langkah di atas.

7. Isi/Warnai Alis

Isi/Warnai Alis 

Cara menggunakan pensil alis yang selanjutnya sangatlah mudah dan menyenangkan, karena Anda hanya perlu mewarnai bagian dalam alis saja. Anda bisa menggunakan pensil alis, brow gel, brow powder, apa pun itu yang Anda inginkan. Akan lebih baik jika Anda mengisi alis pada bagian ekor terlebih dahulu dnegan cara mengarsir ke atas (mengikuti arah tumbuh rambut).

Setelah itu, maju terus ke tengah alis hingga ke bagian depan alis. Tebalkan bagian ekor alis menggunakan pensil alis yang Anda gunakan. Jangan lupa sapu sedikit alis pakai brow brush supaya arsiran alisnya nampak lebih natural. Sisakan bagian depan alis (jangan diisi), karena kita akan menggambar helaian rambut alis di sana.

8. Gambar "Helaian" Rambut Alis

* sumber: www.youtube.com

Ini dia maksud dari menggambar helaian alis. Banyak orang yang salah dengan membiarkan warna alis tebal dari ujung ke ujung. Padahal, alis yang bagus itu yang bagian depannya samar-samar. Cara membuatnya adalah dengan menyisakan bagian depan tanpa diwarnai oleh pensil alis. Tapi, Anda bisa menyikat alis Anda ke arah depan, jadi bagian depan alis tetap terkena warna walau pun samar.

Setelah itu, gambar garis-garis ke atas pada bagian tersebut. Langkah ini berguna untuk membuat ilusi helaian rambut asli. Lalu, lengkapi alis Anda menggunakan brow mascara. Caranya adalah dengan menggerakkannya ke atas (untuk alis bagian depan) dan menggerakannya ke samping bawah untuk sisa alis Anda.

9. Bersihkan dengan Concealer

Bersihkan dengan Concealer

Anda suka melihat orang yang alisnya terlalu kaku dan tidak rapi? Kemungkinan besar hal itu disebabkan karena orang tersebut tidak "membersihkan" alis mereka setelah dibuat. Membersihkan di sini adalah dengan menutupi kulit di area alis menggunakan concealer.

Sebagaimana telah diketahui orang-orang kalau concealer berguna untuk menutupi noda pada kulit. Nah, sekarang tugas concealer adalah menutupi kekurangan alis Anda supaya jadi lebih define.

Gunakanlah concealer jenis liquid atau cream supaya lebih mudah dibaurkan. Aplikasikan concealer menggunakan kuas. Jangan lupa untuk meratakan concealer menggunakan kuas/sponge, ya.

Kesalahan yang Menyebabkan Alis Tidak Sempurna

Tebalkan Alis Anda Cara Menggunakan Pensil Alis

Pernahkah Anda mengalami situasi di mana panjang alis kiri tidak sesuai dengan alis kanan? Atau Anda menebalkan alis terlalu tebal sehingga nampak seperti rumput laut? Nah, setelah Anda mempelajari cara menggunakan pensil alis yang benar, sangat penting bagi Anda untuk turut mencermati beberapa kesalahan yang dapat mengakibatkan bentuk alis terlihat tidak sempurna berikut ini.

  • Kebiasaan Mencabut atau Mencukur Bulu Alis

Hal ini nampaknya sepele, karena sebagian besar wanita yang mahir menggunakan make up pasti pernah mencukur alisnya. Bahkan, mereka cenderung mencukur alis setiap hari agar dapat memiliki alis yang tipis. Akan tetapi hal tersebut sangat tidak dibenarkan.

Idelanya bulu alis akan membutuhkan waktu 3 minggu untuk bertumbuh. Jika Anda mencukur alis setiap hari, maka dapat dipastikan bahwa bentuk alis akan berantakan dan tidak nampak rapi meskipun sudah digambar dengan pensil alis.

  • Menggunakan Pinset Tumpul

Selain mencukur, ada beberapa orang yang lebih senang mencabut bulu alis dengan memakai pinset. Namun, tahukah Anda bahwa pinset yang tumpul tidak akan mencabut bulu alis hingga ke akarnya. Alhasil, pertumbuhan bulu alis menjadi tidak merata dan membuat alis sulit digambar. Cobalah untuk menggunakan pinset yang tidak tumpul agar bulu alis dapat tercabut hingga ke akar.

  • Alis Terlalu Melengkung

Beberapa wanita ingin model alis yang melengkung karena dianggap dapat membuat wajah nampak lebih dewasa. Akan tetapi, alis yang terlalu melengkung membuatnya tampak tidak alami. Sebaiknya pastikan lengkungan alis sesuai dengan bentuk aslinya. Jangan terlalu membuatnya nampak melengkung agar alis terlihat lebih natural.

Itulah serba-serbi cara menggunakan pensil alis yang benar dari Kamini. Cara-cara yang dibagikan oleh Kamini ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang baru saja ingin memulai menebalkan alis. Jika tidak mau terlalu repot, Anda juga bisa menggunakan cetakan alis untuk membantu dalam membentuknya.

Solusi lain agar alis terlihat lebih tebal dengan bentuk yang sempurna tanpa perlu menggambarnya setiap hari adalah dengan melakukan sulam alis di salon kecantikan atau klinik profesional. Kalau Anda, lebih suka gambar alis sendiri atau mentatonya ke salon?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram