Inilah Cara Menggunakan Pinset Komedo dengan Benar

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Punya masalah dengan komedo? Anda pasti gemas sekali ingin mengeluarkan semua komedo itu agar tidak mengganggu penampilan bukan? Banyak sekali cara yang bisa dilakukan, mulai dari Cara Menghilangkan Komedo hingga Masker Penghilang Komedo.

Tapi, kadang kita tak punya waktu banyak untuk maskeran dan tek-tek-bengek lainnya. Cara yang paling praktis dan cepat untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan pinset komedo. Ada beberapa macam pinset komedo yang bisa Anda gunakan. Setiap macamnya memiliki fungsi berbeda. Yuk, kenalan dengan semuanya bareng Kamini.

Macam-macam Pinset Komedo

Macam-macam Pinset Komedo

Pinset komedo dikenal juga dengan sebutan acne & blackhead extractor tool. Bentuknya bermacam-macam, loh, bukan cuma yang seperti pinset sungguhan doang! Setidaknya ada lima macam bentuk pinset komedo, yang mana setiap bentuknya memiliki tujuan yang berbeda-beda walaupun intinya sama: yaitu menghilangkan masalah-masalah dari wajah Anda.

Baik itu komedo (blackhead & whitehead), acne breakout, bahkan milia (benjolan putih kecil di bawah mata dan sekitar hidung). Berikut adalah deskripsi dan instruksi untuk semua bentuk, ukuran, dan sudut pinset komedo untuk perawatan wajah Anda.

1. Pimple Lancet Tool

Pimple Lancet Tool

Pimple lancet tool adalah "pisau bedah" untuk jerawat. dibuat untuk memecah whitehead dengan menusuk pori-pori menggunakan lancet (sisi yang tajam seperti jarum). Biasanya benda ini memiliki dua sisi, yang satu tajam dan satu lagi membentuk lingkaran atau oval yang bernama loop. Nah, setelah itu, ambil komedo dengan menggunakan loop. Tapi, banyak juga yang cuma single-ended tanpa sisi lingkaran.

Alat ini juga bisa digunakan untuk mengambil milia. Anda bisa membaca langkahnya di artikel Cara Aman Menghilangkan Milia. Tapi, jika Anda ragu menggunakan lancet, ada baiknya mengunjungi dokter kulit atau ahli kecantikan yang berpengalaman di bidang ini. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kesalahan yang bisa memicu timbulnya jaringan parut.

2. Extractor Stick

Extractor Stick

Extractor stick alias tongkat ekstraktor merupakan alat untuk mengangkat komedo. Fungsinya untuk menghilangkan komedo yang sulit dijangkau. Dengan tekanan lembut pada area yang diinginkan, extractor stick akan melepaskan sebum yang terperangkap dan membersihkan pori-pori Anda. Selanjutnya, gunakan loop berbentuk lingkaran untuk menekan komedo keluar. (Yep, produk ini biasanya dual-ended).

3. Curette Shaped Extractor

Curette Shaped Extractor

* sumber: hudabeauty.com

Curette shaped extractor merupakan alat untuk "memeras" komedo agar keluar. Ujung oval yang cukup panjang dan agak datar pada alat ini berfungsi untuk menekan komedo dan mengeluarkan komedo yang matang. Loop dengan ujung yang rata akan meminimalkan memar dan iritasi kulit. Makanya, tool ini merupakan favorit di kalangan ahli kecantikan.

4. Dual Loop Extractor

Dual Loop Extractor

Dual loop extractor atau twins tool merupakan pinset komedo yang paling banyak ditemukan di mana-mana. Anda bisa menemukannya di swalayan juga, loh. Alat ini seperti "standar"-nya pinset komedo walaupun sebenarnya alat ini berfungsi sebagai penyingkir komedo serta jerawat.

Namanya juga dual/twins, alat ini pasti punya dua ujung yang masing-masing ujungnya berbeda bentuk. Alat ini sangat pas buat mengeluarkan blackhead kecil-kecil yang sulit dijangkau. Cara pakainya juga mudah, cukup tekan di area yang diinginkan, dan komedo pun akan keluar melalui lubang kecil di tengah alat yang seperti mangkuk. Kalau ujung yang satu lagi (yang lingkaran pipih) itu berguna untuk mengambil jerawat atau komedo yang besar-besar.

5. Blackhead Tweezer

Blackhead Tweezer

* sumber: www.youtube.com

Nah, ini dia si pinset komedo a.k.a blackhead tweezer. Sesuai namanya, tweezer, alat ini berguna untuk memetik, menangkap, dan menarik komedo keluar dari pori-pori kulit Anda. Bentuknya tidak seperti pinset biasa yang cuma lurus dan agak runcing, ya.

Blackhead tweezer ini berbentuk melengkung yang memiliki ujung yang tajam, seperti kail pancingan, ya? Alat ini akan dengan lembut menyodok dan mengekstrak komedo dengan ujung yang tajam, sementara secara bersamaan meremas pori-pori dan menarik komedo keluar. Alat ini cocok digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung, dagu dan dahi.

Bahan yang Diperlukan

Itu tadi macam-macam pinset komedo yang umum digunakan. Tapi, dalam praktik mengeluarkan komedo sendirian tanpa bantuan orang lain yang profesional, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Sekarang kita bahas dulu bahan-bahan yang akan Anda butuhkan untuk prosedur ini. Berikut daftarnya:

  • Ekstraktor blackhead/whitehead yang disterilkan. Jadi alat-alat di atas tadi harus disterilkan dulu sebelum dipakai, ya! Cara simpelnya direndam pakai air mendidih selama beberapa detik saja, lalu tunggu alat jadi dingin dulu sebelum dipakai.
  • Handuk basah hangat atau steamer. Jadi, sebelum memencet-mencet pori-pori kulit, sebaiknya buka dulu pori-porinya dengan cara menghangatkan kulit. Anda bisa menggunakan uap atau pun menempelkan kulit dengan handuk basah hangat.
  • Alcohol cotton pads, untuk pra-injeksi (karena menusuk kulit dengan alat kecil seperti pinset komedo pun sama saja dengan injeksi).
  • Sarung tangan steril. Wow! Ternyata untuk mengeluarkan komedo dari kulit juga membutuhkan tangan yang terhindar dari bakteri. Hal ini jarang sekali dipikirkan oleh orang-orang, karena mereka berpikir ya tinggal pakai saja alatnya. Padahal ketika Anda membuka pori-pori, selain alat komedo benda lainnya yang langsung kontak dengan kulit wajah adalah jari tangan Anda sendiri. Yang mana jika tidak terjamin kebersihannya, maka akan membuat kotoran dan bakteri masuk ke dalam pori-pori kulit wajah.

Cara Praktiknya

Sekarang, mari bahas bagaimana cara menggunakan pinset komedo ini. Pertama-tama, Langkah pertama untuk menghilangkan komedo adalah menghangatkan area kulit yang diinginkan. Langkah ini akan membuat komedo jadi lebih lunak dan lebih mudah terambil dengan pinset komedo. Anda bisa menggunakan handuk yang sebelumnya dicelup ke air panas, atau siram wajah Anda dengan air hangat, tapi cara yang terbaik adalah men-steam alias menguap wajah Anda.

Langkah kedua adalah dengan mengenakan sarung tangan karet supaya lebih steril. Dengan mengenakan sarung tangan, Anda menjaga bakteri dari tangan Anda agar tidak mempengaruhi area yang akan Anda rawat.

Langkah ketiga adalah menerapkan alkohol ke daerah komedo berada. Gunakan alcohol swab (tisu alkohol sekali pakai) atau rendam kapas dengan alkohol medis (bukan alkohol lainnya, ya!). Karena, alcohol swab dan alkohol medis dibuat khusus untuk "menganastesi" kulit sebelum ditusuk-tusuk ringan seperti ketika akan mengambil komedo. Oleskan alkohol ini pada area yang diinginkan sebelum "ditusuk" dengan pinset komedo.

Langkah keempat adalah mendisinfeksi pinset komedo dengan alkohol. Ini penting terutama jika alat itu sebelumnya pernah digunakan dan disimpan. Kalau tidak ada alkohol, rendam saja pinset komedo di air mendidih. Jangan lupa tunggu pinset mendingin dulu sebelum dipakai ke kulit, ya, kalau tidak nanti kulit Anda melepuh!

Langkah kelima, tekan area hidung yang diinginkan dengan jari, lalu pencet komedo keluar menggunakan pinset. Jangan dipaksa, tekan pelan-pelan saja. Kalau dipaksa yang ada kulit Anda bisa terluka. Jangan pencet di area yang sama berkali-kali karena gemas komedonya tidak keluar-keluar.

Langkah keenam sekaligus terakhir adalah mengaplikasikan toner wajah sebagai P3K untuk kulit yang baru saja dirawat. Jangan lupa juga untuk selalu bersihkan kulit Anda dengan benar menggunakan pembersih yang tepat sebelum menggunakan pinset komedo. Anda tidak mau kotoran, debu, bakteri, dan sisa makeup malah masuk ke pori-pori kulit Anda, bukan?

Pastikan memilih pinset komedo yang berbahan dasar stainless steel dan sudah diuji secara dermatologis. Ini sangat penting, karena pinset akan Anda gunakan berulang kali, langsung skin-contact, bahkan menembus kulit Anda. Bayangkan kalau Anda menggunakan pinset yang asal-asalan yang mudah karatan, tentunya tidak sehat untuk kulit Anda.

Jangan memberi terlalu banyak tekanan ketika menggunakan pinset komedo, karena akan membuat kulit memerah dan merusaknya. Intinya, pinset komedo merupakan cara mengeluarkan komedo dengan lembut. Jika tidak bisa dikeluarkan dengan cara lembut, maka komedo Anda memang tidak bisa dirawat menggunakan metode ini. Jangan dipaksakan, ya! Gunakan cara lainnya seperti krim jerawat topikal (asam salisilat), masker, atau pergi ke profesional.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram