Guys, Ini Lho Cara Menggunakan Sabun Muka dengan Benar!

Kenapa mencuci muka? Karena kulit memproduksi minyak secara terus menerus, jika dibiarkan akan menumpuk dan bisa menyumbat pori-pori. Belum lagi ditambah kotoran, debu, polusi, makeup, dan bakteri. Semuanya harus diangkat dari wajah Anda jika ingin kulit wajah tetap sehat dan cantik.

Anda pikir mencuci wajah dengan air saat mandi saja cukup? Tidak. Mencuci wajah dengan air hanya akan menghilangkan 65% minyak dan kotoran, jadi Anda harus menggunakan sabun saat mencuci muka.

Namun, bila Anda tidak tahu cara mencuci muka dengan benar, sabun muka malah bisa menyebabkan kulit jadi kering, terasa gatal, iritasi, dan efek samping lainnya. Makanya, yuk, pelajari cara mencuci muka pakai sabun dengan benar bersama Kamini di sini!

1. Ikat Rambut

headband Ikat Rambut

* sumber: intothegloss.com

Mau rambutnya panjang ataupun pendek, orang biasanya tetap memiliki baby hair di garis rambut. Sabun muka seharusnya mencapai cukup dekat dengan garis rambut, tapi orang kadang mencuci muka sebatas dahi saja karena tidak ingin rambut jadi basah.

Padahal area wajah yang paling dekat dengan rambut merupakan yang paling rentan terkena jerawat. Maka dari itu, gunakanlah bando, bandana, jepit, atau ikat kepala apapun juga sebelum Anda mau mencuci muka. Benda-benda tersebut akan membantu menjaga rambut Anda tetap di atas, jadinya tidak akan kebasahan saat Anda cuci muka.

2. Cermin

Cermin

* sumber: www.thestablesco.com.au

Ini optional, tapi sebaiknya Anda mencuci muka di hadapan cermin. Kenapa? Ketika Anda mencuci muka tanpa cermin, maka Anda jadi "meraba-raba". Anda jadi tidak bisa melihat area mana yang kurang terkena sabun, lalu apakah masih ada kotoran yang menempel atau tidak, bagian mana yang kurang dipijat, dan sebagainya. Jadi, akan lebih baik jika Anda cuci muka sambil bercermin.

3. Hapus Makeup

Guys, Ini Lho Cara Menggunakan Sabun Muka dengan Benar! 3

* sumber: www.refinery29.com

Sebelum mencuci muka, Anda harus menghapus riasan wajah terlebih dahulu. Kadang ada orang yang malas, jadi langsung cuci muka begitu saja karena berpikir sabun dan air juga dapat mengangkat makeup. Padahal, riasan wajah tidak akan hilang dengan sempurna jika tanpa makeup remover.

4. Pilih Sabun

Sabun muka wajah face soap

* sumber: www.essentialayur.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ada banyak sekali merk sabun muka di pasaran, ada sabun muka khusus kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif, dan masih banyak lagi macamnya. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Jika kulit Anda kering dan sensitif, sebaiknya hindari sabun muka yang ada kandungan alkohol dan parfum. Karena, kedua bahan tambahan itu akan membuat kulit jadi kering dan iritasi. Jika kulit Anda berminyak dan mudah berjerawat, pilih sabun yang memiliki label non-comedogenic atau oil-free untuk mencegah jerawat dan breakout.

Jika Anda merasa tidak cocok dengan sabun muka yang ada di mini market dan swalayan, Anda bisa mempertimbangkan untuk pakai sabun organik. Sekarang sudah banyak yang menjual artisan soap yang bisa dipakai sebagai sabun mandi dan sabun wajah.

Sabun homemade ini dibuat dari bahan yang aman untuk kulit dan ramah lingkungan. Selain itu, Anda bisa mencari sabun yang benar-benar Anda butuhkan atau inginkan, seperti sabun lavender, mawar, charcoal, yogurt, susu, madu, oat, dan masih banyak lagi variannya. Dan, desain sabun artisan ini sangat cantik.

5. Temperatur Air

Air

* sumber: www.uua.org

Pernahkah Anda merasa kulit terasa kering dan ketat seperti ditarik-tarik setelah Anda mencuci muka? Jangan dulu salahkan sabun muka yang Anda pakai, karena siapa tahu masalahnya bukan itu. Bisa saja karena Anda salah mengatur temperatur air untuk mencuci dan membilas wajah.

Gunakan air suam-suam kuku untuk membasahi wajah Anda sebelum disabuni dan nanti ketika Anda bilas. Jika Anda pakai air panas, maka kulit Anda akan jadi kering. Belum lagi kalau airnya terlalu panas, yang akan menyebabkan kerusakan jaringan dan kapiler. Kulit Anda pun jadi terluka dan iritasi.

Sedangkan air dingin tidak bisa menghilangkan kotoran dan minyak dari wajah dengan sempurna. Untuk itu, gunakanlah air hangat yang tidak terlalu hangat, tapi menuju air suam-suam kuku.

6. Buat Busa

Busa sabun soap lather

* sumber: www.japantrendshop.com

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat busa terlebih dahulu. Seperti cara keramas yang benar, yaitu menuangkan sabun terlebih dahulu ke tangan alih-alih langsung ke kepala, Anda juga sebaiknya menuangkan sabun dulu ke tangan daripada langsung memakainya ke wajah.

Tuangkan sabun cair atau letakkan sabun batang ke telapak tangan Anda, beri sedikit air, lalu gosok hingga membuat busa yang cukup. Jika sudah jadi busa, baru deh oleskan ke wajah Anda yang sebelumnya sudah dibasahi terlebih dahulu.

7. Massage

massage wajah cuci muka busa

* sumber: acnes.com.vn

Untuk hasil terbaik, oleskan busa sabun ke seluruh wajah Anda dengan gerakan memutar menggunakan jari-jari Anda. Mulailah dari hidung, yang mana makeup paling banyak menumpuk, lalu pijat keluar menuju pipi, dagu, dahi, dan garis rambut Anda. Pijat lembut wajah Anda selama—paling tidak—setengah menit.

Pelan-pelan saja, ya. Pijatan yang benar akan membuat Anda merasa rileks. Menggosok wajah terlalu keras dapat menyebabkan robekan kecil pada jaringan halus kulit di sekitar mata dan hidung. Menggosok kulit dengan kasar juga akan memicu kulit jadi iritasi. Pastikan untuk memijat kulit Anda sampai ke garis rambut, supaya sisa makeup dan kotoran benar-benar tersingkirkan.

8. Pakai Alat

Alat cuci muka foreo

* sumber: deninamartin.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mencuci muka juga ada alatnya! Memperkenalkan facial spa massager, yaitu alat pencuci wajah yang dapat membantu membersihkan kulit dengan lebih bersih lagi. Alat ini tidak menggunakan kabel, mereka bekerja dengan kekuatan baterai.

Ketika dinyalakan, alat ini akan bergetar. Alat massager ini dapat mengangkat kotoran dengan lebih baik, meminimalisir tampilan jerawat serta ada yang anti keriput juga.

Selain massager yang seperti pada gambar di atas, ada pula yang bentuknya seperti brush. Nanti sikatnya berputar lembut ketika alatnya dinyalakan. Kalau Anda lebih suka spons yang tradisional juga tidak masalah.

9. Bilas

Bilas cuci muka

* sumber: sniperhorizon.wordpress.com

Cara membilas wajah juga ada seninya, loh. Seperti yang sudah Kamini bahas di atas, Anda harus menggunakan air suam-suam kuku untuk mencuci dan membilas wajah. Bilas hingga busa sabun benar-benar menghilang dari wajah Anda. Caranya, ambil air dengan kedua telapak tangan yang ditangkupkan, lalu percikkan air ke wajah Anda.

Untuk hasil yang lebih baik, bilaslah wajah seperti ketika Anda mencucinya. Jadi, saat membilas Anda juga sambil memijat kulit menggunakan jari-jari Anda. Fokus pada area di mana busa cenderung menumpuk, yaitu mata, hidung, alis, dan garis rambut. Pastikan tidak ada busa tersisa, karena bisa membuat kulit jadi kering dan mencetus breakout serta jerawat.

10. Keringkan Wajah

keringkan wajah handuk

* sumber: www.gettyimages.com

Terakhir, keringkan wajah Anda. Gunakan lah handuk bersih yang teksturnya lembut. Cara mengeringkan wajah yang benar adalah dengan menepuk-nepuk wajah, bukan menggosok wajah. Jika digosok, kulit Anda bisa jadi iritasi dan menimbulkan kerutan, hiiii.

Pastikan untuk mencuci muka dua kali setiap harinya, yaitu sebelum dan sesudah beraktivitas. Jangan pakai sabun mandi, sabun tangan, apalagi sabun deterjen untuk mencuci muka, ya. Kulit wajah lebih sensitif daripada area kulit lainnya, makanya Anda harus menggunakan sabun khusus wajah. Selamat mencoba!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram