Cara Menggunakan Setrika Uap Yang Baik dan Benar

Pakaian yang baru saja dicuci, terutama jika dicuci dalam mesin cuci, akan menjadi kusut. Untuk melicinkan pakaian agar terlihat rapi Anda bisa memanfaatkan setrika. Dewasa ini, ada berbagai jenis setrika pakaian yang dijual di pasaran, salah satunya adalah setrika uap. Setrika uap dirasa lebih cepat dan efektif dalam mengeringkan pakaian.

Sayangnya, banyak orang yang mengira bahwa cara menggunakan setrika uap itu menyusahkan, sehingga masih banyak orang yang memilih untuk menggunakan setrika biasa. Lantas, benarkah menggunakan setrika uap itu merepotkan?

Cara Mencuci Agar Pakaian Tidak Kusut

Cara menggunakan setrika uap tidak akan merepotkan jika Anda mengetahui cara menggunakannya. Akan tetapi, sebelum kita mencari tahu cara memakai setrika uap untuk melicinkan pakaian, Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk menjaga pakaian tidak terlalu kusut saat dicuci.

  • Cuci dengan Teknik Anti Kusut

Pakaian bisa dicuci dengan menggunakan teknik anti kusut. Teknik ini akan membuat pakaian tidak terlihat terlalu kusut. Apabila Anda mencuci dengan menggunakan tangan, gunakan papan penggilasan saat mengucek pakaian. Hindari mengucek pakaian terlalu keras agar pakaian tidak kusut.

Namun, bila Anda menggunakan mesin cuci, Anda bisa memasukkan pakaian ke dalam kantong pencucian khusus (yang biasa dipakai untuk meletakkan pakaian dalam). Kantong ini mencegah pakaian tergulung dengan pakaian lainnya, sehingga pakaian tidak akan terlalu kusut.

  • Gunakan Pelembut Pakaian

pelembut pakaian

Pelembut pakaian memiliki manfaat untuk membuat tekstur pakaian menjadi lebih halus dan lembut. Apabila pakaian sudah terasa lembut, maka tingkat kekusutan pakaian pun akan berkurang. Setelah mencuci pakaian dengan deterjen, rendam pakaian di dalam softener selama 15 menit. Bilas dengan air bersih, lalu jemur pakaian tersebut.

  • Tidak Memeras Pakaian

Tahukah Anda bahwa memeras pakaian adalah penyebab utama mengapa pakaian menjadi kusut. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak memeras pakaian, sebaiknya jika bahan pakaian memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam mesin pengering, maka keringkan pakaian tersebut di dalam dryer. Jika tidak, gantungkan saja pakaian dan biarkan mengering secara alami.

  • Jemur Pakaian dengan Hanger

menjemur pakaian

Pastikan Anda menjemur pakaian dengan hanger jika tidak ingin pakaian tersebut terlalu kusut. Gantungkan hanger di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, tapi tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Sebelum menjemur, bentangkan pakaian dan licinkan dengan tangan bagian-bagian yang terlihat kusut.

Cara Mempercepat Proses Pengeringan Cucian

Sebelum mempelajari cara menggunakan setrika uap, pastikan terlebih dahulu pakaian sudah dalam keadaan setengah kering. Karena pakaian yang basah akan membuatnya susah untuk dilicinkan dan meninggalkan bau apak yang tak sedap. Berikut adalah tips untuk mempercepat proses pengeringan pakaian sebelum dilicinkan dengan setrika uap:

  • Kibaskan pakaian terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam mesin pengering. Tips ini akan membantu untuk mengurangi kekusutan pada pakaian yang hendak dikeringkan
  • Pilih siklus pengeringan yang tidak terlalu lama, yakni sekitar 5 menit saja. Karena setelah dikeringkan dengan mesin, pakaian tetap harus dijemur di ruang dengan sirkulasi udara yang baik sampai setengah kering

Cara Menggunakan Setrika Uap

setrika uap

Pakaian yang setengah kering dan agak lembab sangat baik untuk dilicinkan dengan setrika uap. Berbeda dengan ketika Anda memakai setrika biasa, pakaian harus dalam keadaan benar-benar kering. Masih belum tahu cara memakai setrika uap secara tepat? Ikuti cara menggunakan setrika uap yang benar berikut ini:

  1. Buka tangki yang terdapat pada setrika uap, lalu isi dengan air bersih secukupnya. Saat mengisi tabung setrika dengan air, Anda harus memastikan bahwa setrika dalam keadaan off dan tidak sedang terhubung dengan arus listrik. Hal ini mencegah korsleting listrik yang dapat membahayakan diri sendiri
  2. Tutup tangki hingga rapat dan nyalakan setrika uap. Atur suhu setrika sesuai dengan label petunjuk perawatan pakaian yang tertera di pakaian yang hendak disetrika
  3. Tunggu beberapa saat sampai setrika panas. Sembari menunggu setrika Anda panas, letakkan pakaian di atas papan setrika
  4. Licinkan pakaian dengan setrika uap. Untuk menghasilkan uap, tekan fitur penguapan maka setrika akan menyemprotkan uap panas ke bagian baju yang kusut. Jangan membiarkan setrika terlalu lama berada di atas pakaian jika Anda tidak ingin pakaian tersebut hangus terbakar
  5. Setelah selesai menggunakan setrika uap, matikan arus listrik dari setrika dan keluarkan sisa air dari tangki secara hati-hati. Biarkan tangki setrika tersebut terbuka sampai bagian dalamnya kering. Kemudian, simpanlah setrika uap di tempat yang kering dan bersih
  6. Pakaian yang baru disetrika dengan setrika uap sebaiknya dijemur terlebih dahulu, karena pakaian tersebut menjadi lembab karena semprotan uap setrika. Simpan ke dalam lemari jika pakaian sudah benar-benar kering

Tips Membeli Setrika Uap

Karena ada begitu banyak merk setrika uap yang dijual bebas di pasaran, Anda tentu akan sedikit kebingungan ketika harus memilih merk setrika yang tepat. Berikut adalah tips penting sebelum Anda membeli setrika uap:

  • Pilih Permukaan Anti Lengket

Pilih bagian bawah setrika yang terbuat dari stainless steel atau aluminium. Karena material ini adalah material anti lengket. Di samping itu, stainless steel adalah bahan yang dapat mengantarkan panas dengan baik. Memilih setrika dengan material anti lengket ini bisa memudahkan proses menyetrika pakaian, mengingat ada beberapa bahan pakaian yang mudah melekat jika terkena panas.

  • Pilih Setrika dengan Bobot yang Nyaman

Setrika yang terlalu berat akan membuat Anda mudah letih, sedangkan setrika yang terlalu ringan juga terasa kurang nyaman. Solusinya, pilih setrika dengan bobot yang nyaman, yakni sekitar 0,5 – 1 kilogram. Setrika uap dengan bobot yang nyaman tentu akan mempercepat proses melicinkan pakaian.

  • Pilih Setrika dengan Kabel yang Sedikit Panjang

cara menggunakan setrika uap

Kabel setrika yang terlalu pendek akan membuat setrika mudah tertarik dari arus listrik saat digunakan. Akan tetapi, kabel yang terlalu panjang juga membuat ribet saat Anda menyetrika pakaian. Oleh karena itu, pilih setrika dengan panjang yang cukup. Kabel setrika yang sedikit panjang akan memudahkan pergerakan Anda ketika menyetrika pakaian.

  • Beli Setrika dengan Merk yang Terjamin

Jangan tergiur dengan setrika uap yang dibandrol dengan harga murah walaupun kualitas merknya kurang terjamin. Pilih setrika dengan merk yang terjamin. Bahkan, jangan ragu untuk membeli setrika uap dari merk yang berani memberikan garansi lebih lama.

Selain merk, perhatikan pula daya listrik yang dibutuhkan oleh setrika, karena Anda pun harus menyesuaikan dengan ketersediaan daya listrik di tempat tinggal Anda untuk menghindari korsleting karena daya setrika Anda terlalu besar.

Selain perlu mengetahui cara menggunakan setrika uap yang benar, Anda juga harus mengenali jenis setrika uap yang dibutuhkan. Karena saat ini setrika uap tidak hanya hadir dengan bentuk setrika biasa, tetapi ada pula setrika uap portable yang bisa menyetrika pakaian langsung dalam keadaan digantung di hanger.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram