Cara Menggunakan Vitamin Rambut yang Baik dan Benar

Dewasa ini, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis vitamin rambut yang dijual mulai harga ribuan sampai dengan jutaan rupiah. Bentuk vitamin rambut yang dijual di pasaran berbeda-beda, ada yang bentuk kapsul, serum, sampai dengan spray. Beda jenis, beda pula cara pengaplikasiannya, lho.

Vitamin rambut bukan hanya dipakai pada rambut rusak. Kamu yang memiliki rambut normal pun bisa memakai vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambutmu. Kamini akan memberikan panduan mengenai cara menggunakan berbagai jenis vitamin rambut yang benar. Yuk, silakan disimak!

Vitamin Rambut Kapsul

Vitamin Rambut Kapsul

Jenis vitamin rambut yang satu ini menjadi tren di beberapa tahun terakhir. Vitamin ini dikemas dalam kapsul bening dan berwarna pink, kuning, biru, dll. Berbeda dengan kapsul obat, di ujung kapsul vitamin ada bagian yang nampak memanjang. Bagian ujung yang memanjang inilah tempat kamu memotong kapsul ini agar isinya bisa diaplikasikan ke rambut.

Cara memakai vitamin rambut kapsul ini sangat mudah. Ikuti petunjuk berikut ini untuk menggunakan vitamin rambut berbentuk kapsul:

  • Cuci Rambut Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengaplikasikan vitamin rambut adalah membersihkan rambutmu dari minyak dan kotoran terlebih dahulu. Cucilah rambutmu menggunakan shampo, lalu bilas sampai busa shamponya hilang.

  • Keringkan Rambut

Setelah keramas, keringkan rambutmu terlebih dahulu. Untuk mempercepat proses pengeringan rambut, gunakan hair dryer. Namun, keringkan rambut 90 persen saja alias jangan terlalu kering.

  • Aplikasikan Vitamin Rambut

Potong ujung vitamin rambut kapsul dengan gunting, lalu tuangkan isinya ke seluruh bagian rambut. Ratakan vitamin ini dengan jari-jari tanganmu. Pastikan seluruh bagian rambut sudah terjangkau oleh vitamin rambutmu.

  • Diamkan Selama Beberapa Saat

Vitamin rambut kapsul ada yang harus dibilas, ada pula yang tidak perlu dibilas. Kalau vitamin yang kamu pakai perlu dibilas, diamkan selama beberapa saat agar meresap ke dalam rambut dan pori-pori kulit kepala. Kemudian, bilas rambutmu dengan air sampai benar-benar bersih.

Jika kamu ingin menggunakan vitamin rambut kapsul, sebaiknya jangan gunakan conditioner setelah keramas. Usai membilas rambutmu dari sisa shampo, segeralah mengeringkan rambut untuk mengaplikasikan vitamin rambut ini.

Vitamin Rambut Spray

Vitamin Rambut Spray

Selain vitamin rambut yang berbentuk kapsul, ada pula vitamin rambut dengan bentuk semprot. Sebagian besar vitamin rambut semprot dipakai sebelum kamu menata rambut dengan hair dryer atau alat catok. Namun, ada pula yang bisa digunakan setelah kerama, seperti cara memakai vitamin rambut kapsul di atas.

Apabila kamu membeli vitamin rambut spray yang harus dipakai sebelum melakukan hair srtyling, simak cara penggunaannya berikut ini:

  • Pastikan Rambut dalam Kondisi Bersih

Sebelum mengaplikasikan vitamin rambut semprot, pastikan rambutmu dalam kondisi bersih terlebih dahulu. Cuci rambutmu dengan shampo dan biarkan rambut kering sebelum mengaplikasikan vitamin rambut. Namun, ada juga vitamin rambut semprot yang bisa langsung dipakai ketika rambut masih dalam kondisi basah.

  • Semprot ke Rambut dengan Jarak 15cm

Semprotkan vitamin ke rambut dengan jarak 15cm dari rambutmu. Jangan terlalu dekat agar vitamin tersebut bisa menjangkau bagian rambut lebih banyak. Ratakan vitamin rambut dengan jari-jari tanganmu.

  • Mulai Styling Rambut

Sebagian besar vitamin rambut spray memang dirancang untuk melindungi rambut saat kamu melakukan styling dengan hair dryer atau catokan. Apabila vitamin sudah disemprotkan ke rambut, silakan mulai proses styling-nya.

Apakah vitamin rambut semprot hanya bisa dipakai sebelum styling rambut? Tentu saja tidak. Kamu bisa memakai vitamin ini hanya untuk perawatan biasa. Sebagian besar vitamin rambut spray tidak memerlukan dibilas. Namun, agar kamu lebih aman saat memakainya, sebaiknya baca petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan, ya!

Dapatkan vitamin rambut semprot yang terbaik dengan memilih produk yang kami rekomendasikan di artikel vitamin rambut spray yang bagus.

Vitamin Rambut Gel atau Krim

Vitamin Rambut Gel

 

Selain vitamin rambut bentuk kapsul dan spray, ada juga vitamin rambut berbentuk gel dan krim. Sama seperti ketika menggunakan kedua jenis vitamin rambut lainnya, kamu harus memastikan rambutmu dalam kondisi bersih.

Yuk, langsung saja intip panduan menggunakan vitamin rambut gel atau krim yang benar:

  • Keramas Terlebih Dahulu

Kenapa sih harus keramas dulu sebelum memakai vitamin rambut? Rambutmu harus dalam kondisi bersih sebelum mengaplikasikan vitamin rambut. Kotoran dan minyak berlebih di rambut hanya akan menghambat penyerapan vitamin ke dalam pori-pori kulit kepala dan rambutmu. So, cuci dulu rambutmu dengan shampo, ya!

  • Aplikasikan ke Seluruh Bagian Rambut

Yang membedakan vitamin rambut berbentuk gel dan krim dengan vitamin rambut lainnya adalah vitamin ini bisa langsung diaplikasikan ke rambutmu. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot mengeringkan rambut.

  • Beri Pijatan Ringan

Agar vitamin rambutmu lebih cepat merasa ke kulit kepala, berikan pijatan ringan setelah kamu mengaplikasikannya. Pijatan ringan juga memberikan efek relaksasi kepadamu yang sedang penat atau lelah.

  • Bilas atau Tidak?

Langkah yang terakhir ini harus sesuai dengan vitamin yang kamu gunakan. Bacalah petunjuk penggunaan pada kemasan vitamin rambut yang kamu pakai. Sebagian besar vitamin rambut gel atau krim mengharuskanmu untuk membilas rambut. Akan tetapi, ada pula yang tidak perlu dibilas.

Jenis vitamin rambut ini memang kurang umum di pasaran. Namun, cara penggunaan vitamin rambut gel atau krim ini hampir sama dengan cara memakai conditioner.

Vitamin Rambut Oral

Vitamin Rambut Oral

Tahukah kamu bahwa jenis vitamin rambut tidak hanya terbatas pada produk yang dipakai di luar saja? Ternyata ada juga vitamin rambut oral alias vitamin rambut yang harus diminum oleh penggunanya. Bentuk vitamin ini bermacam-macam, ada yang berbentuk tablet, kapsul, atau sirup.

Sebagai contoh, vitamin rambut oral yang cukup tren di pasaran adalah SugarBearHair Vitamins. Tak tanggung-tanggung, produk ingin meng-endorse Kylie Jenner untuk mengenalkan vitamin ini ke seluruh negara di dunia.

Jika kamu ingin mengkonsumsi vitamin oral, alangkah baiknya jika kamu membaca petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan. Pasalnya, aturan pakai setiap merk vitamin rambut oral tentu berbeda-beda.

Tips Menggunakan Vitamin Rambut yang Aman

Tips Menggunakan Vitamin Rambut yang Aman

* sumber: m.wintersjason.abatasa.co.id

Tertarik untuk menggunakan vitamin rambut? Ya, kamu memang harus mulai menggunakannya untuk menjaga kesehatan rambutmu, apalagi jika kamu sering melakukan styling yang melibatkan suhu panas dan bahan kimia.

Agar kamu merasa aman dan nyaman saat memakai vitamin rambut, silakan simak tips berikut ini:

  • Pilih vitamin rambut yang aman. Pastikan vitamin tersebut sudah terdaftar di BPOM atau badan kesehatan terpercaya lainnya (jika kamu memakai produk dari luar negeri).
  • Gunakan secara teratur agar kamu bisa memperoleh hasil yang optimal.
  • Selalu baca petunjuk penggunaan vitamin tersebut karena pada dasarnya setiap merk vitamin memberikan aturan pemakaian yang berbeda-beda.

Cara menggunakan berbagai jenis vitamin rambut yang kami bagikan ini belum tentu sesuai dengan produk yang kamu pakai. Jadi, tak ada salahnya jika kamu mengecek ulang petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan vitamin rambutmu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram