Keep Calm, Ini Dia 10 Cara Menghadapi Pacar yang Egois

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 10 April 2020

Punya pacar egois, tapi kamu masih ingin tetap menjaga hubungan agar langgeng? Wah, itu artinya kamu harus lebih banyak bersabar dan pandai menempatkan diri saat menghadapi pacarmu yang egois. Pasalnya, jika kamu tidak sabar dalam menghadapi si dia yang egois, maka kamu akan sering bertengkar dan hubungan kalian pun rentan putus.

Masih bingung mencari cara menghadapi pacar yang egois? Keep calm karena Kamini memiliki 10 tips untuk menghadapi pacarmu yang memiliki sikap egois. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas tipsnya satu persatu.

10 Cara Menghadapi Pacar yang Egois

1. Lebih banyak mengalah

Lebih banyak mengalah Cara Menghadapi Pacar yang Egois

Saat kamu memutuskan untuk mempertahankan hubungan dengan pacarmu yang egois, maka kamu harus lebih banyak bersabar. Selain bersabar, cara menghadapi pacar yang egois adalah dengan lebih banyak mengalah.

Jika kamu merasa bahwa kamu sanggup memahami sikapnya yang egois, maka mengalah bukan suatu hal yang sulit. Di samping itu, hubungan yang kamu jalani dengan si dia memang harus seimbang, kalau dia sudah memiliki sikap egois, maka kamu lah yang harus mengalah. Lagi pula mengalah demi orang yang kita kasihi tidak akan terasa berat kok.

2. Turuti kemauannya

Turuti kemauannya

Ingin menghindari pertengkaran dengan pacarmu yang egois? Mudah saja, kamu hanya perlu menuruti kemauannya. Saat kamu menuruti keinginannya, maka kalian akan terhindar dari pertengkaran. Sikap egois dalam dirinya hanya muncul ketika keinginannya tidak terpenuhi.

Apabila kamu sanggup dan tidak keberatan untuk menuruti semua keinginannya, maka tak ada masalah yang berarti. Si dia jadi makin mencintaimu dan kamu pun tidak perlu capek-capek bertengkar dengan si dia. As simple as that!

3. Bicarakan secara baik-baik

Bicarakan secara baik-baik

Kalau kamu sudah mulai merasa terganggu dengan sikap kekasihmu yang egois, maka sudah saatnya kamu untuk membicarakan hal ini dengan si dia. Ketika si dia mulai meminta sesuatu yang di luar jangkauanmu dan bersifat memaksa, coba katakan padanya bahwa kamu merasa kurang nyaman dengan sikap egoisnya.

Berikan si dia pengertian bahwa keegoisannya tersebut dapat membawa dampak buruk terhadap hubungan kalian. Kamu tidak perlu emosi saat mengatakan semua hal ini. Namun, kamu tetap harus tegas agar dapat menyampaikan poinnya kepada si dia. Semua kembali lagi pada tanggapan pacarmu, entah ia mengerti atau justru malah berbalik marah padamu.

4. Ingatkan dia ketika egois

Ingatkan dia ketika egois

Setelah membicarakan tentang keberatanmu mengenai sikap si dia yang egois, maka cara menghadapi pacar yang egois selanjutnya adalah mengingatkan dia ketika bersikap egois. Pasalnya, seseorang sering tidak sadar ketika melakukan kesalahan.

Apabila kamu sudah membahas tentang sikap egoisnya, kamu dapat mengingatkan dia ketika mulai bersikap egois dan terkesan menuntut kamu untuk melakukan sesuatu yang ia inginkan. Dengan mengingatkan saat si dia sedang egois, maka pacarmu akan mengetahui di mana letak keegoisannya selama ini.

5. Puji dia saat melakukan hal positif

Puji dia saat melakukan hal positif

Ketika pacarmu sedang melakukan hal positif, maka jangan ragu untuk memuji pacarmu tersebut. Biarkan dia tahu bahwa kamu selalu mengapresiasi semua perbuatan positifnya. Dengan begitu, ia merasa yakin bahwa dia juga memiliki sisi positif selain sikapnya yang egois.

Pujilah dia mulai dari hal-hal kecil sampai hal yang besar. Pujian tulus dari kekasih akan membuat dia jadi merasa lebih dihargai dan menjadi percaya diri. Seiring berjalannya waktu, ia akan sadar bahwa sikapnya yang selama ini egois hanya akan menyakiti hati pasangan yang setia sepertimu.

6. Buat dia merasa bersalah

Buat dia merasa bersalah

Pacarmu memiliki sikap egois yang sudah sangat akut? Saatnya membuat tindakan yang bisa membuat dia sedikit berubah, yakni membuat dia merasa bersalah. Seorang yang egois tidak memiliki empati untuk memikirkan perasaan orang lain. Bahkan, sikap egois juga bisa merugikan dan membuat jengkel orang lain.

Pikirkan orang lain yang pernah menjadi korban keegoisan pacarmu, kemudian katakan kerugian atau kejengkelan orang-orang tersebut terhadapnya. Minta si dia untuk memposisikan diri pada orang-orang yang menjadi korban keegoisannya, termasuk kamu. Tegaskan bahwa ia harus memikirkan orang lain jika ingin diperlakukan dengan baik.

7. Kontrol diri, jangan terpancing emosi

Kontrol diri, jangan terpancing emosi

Cara menghadapi pacar yang egois memang harus memiliki kesabaran ekstra. Jika kamu masih ingin mempertahankan hubungan dengan si dia, cobalah untuk mengontrol diri agar tidak terpancing emosi. Keegoisan pacarmu memang bisa membuatmu mudah terpancing emosi. Akan tetapi, ingatlah bahwa kamu harus bersabar.

Emosi tidak akan menghentikan keegoisan pacarmu, justru malah memancing pertengkaran. Kontrol diri sendiri dan berilah pengertian pada pacarmu yang egois. Kamu bisa membicarakan ketidaknyamananmu terhadap sikapnya yang egois saat kepala sedang dingin.

8. Bersikap cuek

Bersikap cuek

Ketika kamu sudah merasa jenuh dengan sikap egois pacarmu, bersikap cuek saja terhadapnya. Kamu bisa tetap memberinya perhatian dan kasih sayang, tapi ketika sikap egoisnya muncul, bersikaplah cuek kepadanya.

Bila kamu bisa memenuhi permintaannya, maka kamu bisa mengalah dan menuruti keinginannya. Namun, ketika kamu tidak dapat menyanggupi keinginannya dan sikap egoisnya keluar, pasang saja sikap acuh tak acuh. Walaupun dia marah-marah, santai saja dan tetap cuek agar lama-lama si dia merasa capek sendiri.

9. Kurangi frekuensi bertemu

Kurang frekuensi bertemu

Selama si dia masih belum bisa mengubah sikapnya yang egois, cara terbaik untuk menghadapinya adalah mengurangi frekuensi bertemu. Pasalnya, setiap bertemu dengan si dia, kamu menjadi kesal karena sikap egoisnya. Mintalah waktu untuk sendiri terlebih dahulu saat si dia masih tidak dapat memahami ketidaknyamananmu dalam menghadapi sikapnya yang egois.

Saat kamu meminta waktu untuk “sendiri” coba pikirkan terlebih dahulu mengenai kelanjutan hubunganmu dan si dia. Apabila kamu semakin merasa tidak nyaman dan tidak bahagia dengan sikapnya yang semakin egois, mungkin saatnya untuk memikirkan bahwa perpisahan adalah jalan yang terbaik untuk kamu dan dia.

10. Minta dia untuk introspeksi diri

Minta dia untuk introspeksi diri

Sudah bersikap cuek dan mengurangi frekuensi bertemu, tapi sikap pacarmu tak kunjung berubah? Come on, saatnya untuk meminta si dia introspeksi diri sendiri. Tegaskan kepadanya bahwa hubungan kalian semakin tidak sehat jika dia tidak bisa mengendalikan sikapnya yang egois.

Berikan waktu kepadanya untuk introspeksi diri. Pun begitu dengan dirimu sendiri yang juga harus melakukan introspeksi diri. Cobalah untuk tidak saling berhubungan selama beberapa hari ke depan untuk memikirkan masa depan hubunganmu dan si dia. Jika si dia masih ingin mempertahankan hubungan dengan kamu, maka dia akan mengubah sikap egoisnya itu.

10 cara menghadapi pacar yang egois ini bisa menjadi pedoman bagi kamu yang sudah stres dan kesulitan saat harus menghadapi pacar dengan sikap yang egois. Intinya, kamu juga harus mengutamakan kebahagiaan dirimu sendiri. Jika pacarmu semakin egois dan tidak pernah memahami situasimu, sudah saatnya kamu berpikir bahwa mungkin dia bukan orang yang tepat untukmu.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram