Ini Dia 7 Cara Ampuh Menghadapi Pacar yang Keras Kepala

Ditulis oleh Risyof Mario - Diperbaharui 10 April 2020

Hubungan yang dilandasi oleh cinta adalah sebuah proses harmonisasi antara 2 karakter yang berbeda. Terkadang dalam prosesnya, seringkali keduanya berbenturan hingga menimbulkan pertengkaran. Ego lah yang sering menjadi sumber masalah hingga salah satu atau bahkan keduanya keras kepala untuk menerima pendapat yang lain.

Jika Anda mengalami hal seperti ini dengan pasangan, anda tidak perlu khawatir. Bukan Anda saja yang mengalaminya. Banyak pasangan diluar sana yang berusaha untuk mencari jalan keluar dari masalah ini. Kamini juga akan membantu Anda melalui artikel tentang cara menghadapi pasangan yang keras kepala ini.

7 Cara Menghadapi Pacar yang Keras Kepala

1. Memahami Pasangan

Memahami Pasangan

* sumber: www.powerofpositivity.com

Seperti yang telah diungkapkan diatas, sepasang kekasih adalah 2 orang yang berbeda. Jadi, cara masing-masing dalam melihat sebuah masalah pasti akan berbeda pula. Daripada mencoba untuk menilai pasangan Anda, cobalah untuk memahaminya. Ingat bahwa saat Anda memutuskan untuk terikat dalam sebuah hubungan berarti Anda sudah siap untuk mengatasi perbedaan diantara kalian berdua dan juga siap untuk berkorban.

2. Gunakan Pendekatan Positif

Gunakan Pendekatan Positif

* sumber: www.pinterest.com

Kunci utama dalam mengatasi pasangan yang keras kepala adalah dengan menghindari kekerasan. Bertengkar atau berteriak bukanlah penyelesaian yang baik. Yang terpenting untuk Anda lakukan adalah bersikap tenang agar Anda dapat membicarakan masalah yang dihadapi dengan kepala dingin. Tak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan melalui diskusi yang baik.

3. Tentukan Cara Menyelesaikan Masalah

Tentukan Cara Menyelesaikan Masalah

* sumber: designtaxi.com

Hindari keinginan untuk bertengkar dengan pasangan, terlebih saat Anda tidak setuju dengan pendapatnya. Belajarlah untuk mengontrol emosi Anda. Daripada bertengkar, belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik dulu dan buka pikiran untuk hal hal yang belum Anda mengerti.

4. Bersabarlah

Bersabarlah

* sumber: www.roarspirit.com.au

Tunggu saat yang tepat untuk mengungkapkan maksud Anda. Hal ini berarti Anda harus tahu kapan pasangan Anda dalam kondisi tenang. Belajarlah menunggu karena ini adalah bagian dari proses untuk memahami pasangan Anda. Pahami bahwa saat orang yang keras kepala cenderung mengalami “Tuli sementara” di mana pendapat yang mereka terima adalah pendapat mereka sendiri.

5. Jangan Beri Perhatian

Jangan Beri Perhatian

* sumber: www.wanderlustworker.com

Ini adalah tips paling penting untuk menghadapi pasangan yang keras kepala. Jika Anda memberikan perhatian pada sifat keras kepala pasangan Anda, justru pasangan Anda akan terus bersikap seperti itu. Dengan mengabaikan sifatnya yang keras kepala, hal ini akan membuatnya berpikir tentang sikapnya terhadap Anda.

6. Berdiskusilah

Berdiskusilah

* sumber: www.catholicmatch.com

Sebaiknya bicarakan mengenai sikap keras kepala yang pasangan Anda miliki bersama sama. Cobalah untuk mencari sumber permasalahannya dan lihat perubahannya. Anda dapat menjelaskan dengan baik pada pasangan Anda bahwa perubahan sikapnya yang keras kepala itu sangat penting agar hubungan kalian berjalan dengan baik.

7. Teguh Pendirian

Teguh Pendirian

* sumber: unbridlingyourbrilliance.com

Salah satu alasan kenapa sifat keras kepala menjangkiti seseorang adalah orang orang disekitar mereka cenderung tidak mampu melawan. Hal ini membuat orang yang keras kepala tersebut selalu mendapatkan keinginannya.

Jika pasangan Anda mulai terlihat emosional, bersabarlah dan tunggu hingga dia merasa tenang. Tapi jangan penuhi keinginannya. Jika Anda mengikutinya, dia akan berpikir bahwa dia dapat mengatur Anda untuk mendapatkan keinginannya dengan mudah.

Teguh pada pendirian berarti tetap mempertahankan pendapat Anda dan memberikan argumen yang logis bahwa pendapat Anda penting untuk didengarkan. Jangan pertahankan pendapat Anda dengan bersikap agresif. Sikap ini hanya akan memprovokasi pasangan Anda yang sudah dalam posisi defensif.

Cara Mengalahkan Ego Pasangan yang Keras Kepala

  • Mulai dengan Pujian
Mulai dengan Pujian

* sumber: www.davidwygant.com

Salah satu alasan seseorang menjadi keras kepala adalah karena mereka tidak mau terlihat salah. Mereka berpikir bahwa mereka tahu cara terbaik dalam melakukan sesuatu sehingga mereka sensitif saat diberitahu bahwa ada cara lain yang lebih baik. Mereka menganggap hal tersebut sebagai ancaman; walau Anda mungkin tidak bermaksud seperti itu.

Jadi saat Anda menghadapi pasangan yang keras kepala, cobalah untuk memberinya pujian. Pastikan Anda mengungkapkan pujian itu dengan tulus.

  • Hargai Pendapatnya
Hargai Pendapatnya

* sumber: www.wikihow.com

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi keras kepalanya pasangan Anda adalah dengan menunjukkan bahwa idenya sangat bagus. Jangan buat dia beranggapan bahwa pendapatnya jelek atau tidak masuk akal (walaupun sebenarnya Anda berpikir seperti itu).

Ulangi pendapatnya dan tunjukkan bahwa Anda melihat sisi baik dari pendapatnya. Dengan cara ini, dia dapat melihat bahwa Anda menghargai pendapatnya. Hasilnya, dia akan lebih terbuka dalam mendengarkan dan menerima pendapat Anda

  • Jangan Tunjukkan Kesalahannya
Jangan Tunjukkan Kesalahannya

*

Hal terakhir yang ingin didengar orang yang keras kepala adalah pendapat mereka yang salah. Hal ini justru akan membuatnya menutup diri dari pendapat lain yang lebih baik. Ungkapkan bahwa pendapatnya sangat baik dan Anda sudah mempertimbangkannya dengan matang.

Ungkapkan pula bahwa pendapatnya mungkin tepat dalam waktu dan kondisi yang berbeda. Tapi sekarang, Anda ingin menjalankan pendapat Anda sendiri. Pilih kata kata yang tepat saat berdiskusi dengannya. Jangan sampai dia menangkap maksud yang berbeda dari pendapat Anda.

  • Tunjukkan Pendapat yang Menguntungkan Kalian
Tunjukkan Pendapat yang Menguntungkan Kalian

* sumber: frederickcounselinginc.com

Orang yang keras kepala cenderung berpikir bahwa pendapatnya dapat membuat dirinya lebih baik. Jika Anda ingin sedikit menghancurkan egonya, cobalah untuk mengatakan bahwa pendapatnya dapat merugikannya. Dengan cara ini, dia akan cenderung menyerah dan mulai mendengarkan Anda.

  • Buat Mereka Yakin Bahwa Ide Anda Berasal Darinya

Buat Mereka Yakin Bahwa Ide Anda Berasal Darinya

Cara yang ini mungkin cukup sulit dilakukan. Tapi jika Anda berhasil melakukannya, Anda sendiri akan kaget dengan hasilnya pada pasangan Anda yang keras kepala. Buatlah dia berpikir bahwa pendapat Anda berasal darinya saat kalian sedang berbicara. Pasangan Anda akan merasa bangga dengan hal ini dan menganggap bahwa ide hebat tersebut berasal darinya.

Selain itu, Anda juga sebaiknya mempersiapkan alasan yang kuat dan masuk akal jika Anda ingin membuat pasangan Anda memahami pendapat Anda. Jika pasangan Anda benar benar peduli dengan Anda, dia dapat terbujuk untuk mendengar pendapat Anda dan kenapa hal itu sangat penting untuk Anda.

Menghadapi orang yang keras kepala memang bukanlah hal yang mudah. Mengatakan bahwa dia keras kepala adalah hal terakhir yang ingin didengarnya. Jika Anda sampai mengatakan hal ini didepan pasangan Anda, dia akan menutup diri dan cenderung lebih sulit untuk berubah.

Api takkan pernah mampu dipadamkan dengan api juga. Dinginkan keras kepalanya pasangan Anda dengan sabar dan kepala dingin. Perlahan, dia akan mulai memahami pentingnya untuk mendengarkan pendapat sekitarnya, khususnya Anda sebagai pasangannya.

Sekuat apapun Anda mencoba merubah pasangannya Anda, hanya pasangan Anda sendiri yang dapat memutuskan apakah dia ingin berubah atau tidak. Jadi jangan terburu buru dalam melakukannya. Jadilah sosok yang memahami kelebihan dan kekurangan pasangan. Biarkan perubahan berjalan dengan natural.

Apakah artikel ini membantu? Atau Anda sudah pernah mengalami hal ini dengan pasangan Anda? Atau Anda punya cara tersendiri untuk mengatasi masalah ini? Silakan bagi pengalaman dan tips Anda di kolom komentar ya.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram