Kamini.id / Ketiak / 10 Cara Menghaluskan Kulit Ketiak yang Tebal dan Kasar

10 Cara Menghaluskan Kulit Ketiak yang Tebal dan Kasar

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Agustus 2019

Kulit ketiak Anda terlihat hitam dan terasa kasar? Sebenarnya wajar saja, karena ketiak merupakan area lipatan kulit dan tertutup. Tapi, tentunya ketiak yang gelap dan kasar bukan bagian dari favorit semua orang. Apalagi jika sedang ingin menggunakan pakaian tanpa lengan, ketiak kasar tentunya sangat mengganggu penampilan, kan?

Ketiak merupakan bagian tubuh yang biasanya tertutupi, namun beberapa wanita suka mengenakan pakaian terbuka sehingga memperlihatkan ketiak mereka. Nah, yang akan jadi masalah adalah jika ketiak berwarna hitam atau kasar. Selain itu ketiak juga merupakan bagian tubuh yang paling parah dalam menyebabkan bau badan. Tentu hal itu sangat mengganggu sekali dan membuat tidak nyaman.

Selain mengganggu rasa percaya diri, ketiak yang kasar sangat menganggu karena terasa seperti ada sesuatu seperti batu kerikil di ketiak Anda. Namun, jangan malah jadi down, karena Kamini akan memberi tahu Anda cara menghaluskan kulit ketiak menggunakan bahan-bahan alami. Berikut diantaranya:

1. Gula

gula cara menghaluskan kulit ketiak

* sumber: www.tophealthremedies.com

Cara menghaluskan kulit ketiak dengan cara alami dari Kamini dibuka oleh gula. Sebagaimana diketahui, gula bertekstur butiran kecil yang tidak menyakiti kulit tapi tetap mampu bekerja sebagai scrub. Untuk menjadikan gula sebagai scrub alami, Anda perlu menyiapkan beberapa item lainnya seperti madu dan lemon.

Campurkan 2 sdm gula, sedikit perasan lemon, dan 1 sdm madu. Aduk rata bahan-bahan tersebut, lalu gosokkan pada ketiak Anda. Gosok selama 5 menit atau sesuka Anda, lalu diamkan selama 20 – 30 menit atau hingga scrub mengering. Setelah kering, gosok lagi scrub dari ketiak hingga rontok, lalu bilas menggunakan air bersih.

2. Tepung Gram (Besan)

Tepung Gram (Besan)

* sumber: ohmyveggies.com

Tepung gram dikenal juga sebagai tepung besan. Dalam Bahasa Inggris, tepung gram disebut juga sebagai chickpea flour. Tepung ini dibuat dari kacang-kacangan yang berasal dari negara India. Selain digunakan untuk membuat makanan, tepung ini bisa Anda manfaatkan untuk menghaluskan kulit ketiak.

Caranya, campur 2 sdm tepung gram, satu sdt bubuk kunyit, satu sdm yoghurt tanpa rasa, dan sedikit perasan lemon. Aduk rata bahan-bahan itu sampai berbentuk adonan pasta. Oleskan adonan tadi ke ketiak Anda secara merata, lalu diamkan hingga kering (sekitar 30 menit). Jika sudah, bilas ketiak menggunakan air hangat.

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Selain berguna untuk menyamarkan bekas luka dan kecantikan rambut, lidah buaya juga dapat membuat kulit ketiak jadi lebih lembut. Cara menghaluskan kulit ketiak menggunakan aloe vera adalah dengan mengoleskan langsung gel lidah buaya pada ketiak. Setelah itu, pijat lembut ketiak Anda selama 10 menit, kemudian diamkan. Tunggu gel meresap/mengering sekitar 15 menit, lalu bilas.

4. Yoghurt

Yoghurt

Siapa yang suka minum yoghurt? Selain menyehatkan, ternyata yoghurt dapat bekerja dengan baik untuk menghaluskan kulit ketiak, loh! Caranya adalah dengan mencampur plain yoghurt dengan bubuk kulit jeruk kering.

Campuran tersebut langsung dioleskan pada ketiak yang kering dan bersih. Diamkan selama 20 – 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Perawatan ini sangat aman dan dianjurkan untuk dilakukan setiap hari.

5. Minyak Telur

Minyak Telur

* sumber: www.pakladies.com

Minyak telur atau egg oil adalah minyak yang didapatkan dari telur ayam (biasanya telur ayam kampung). Caranya adalah dengan menggoreng kuning telur (tanpa minyak), goreng hingga kuning telur mengeluarkan minyak dengan sendirinya.

Kumpulkan minyak tersebut di dalam wadah stainless steel, jangan lupa untuk menutup rapat wadah tersebut. Minyak ini dapat bertahan hingga 3 bulan. Ingat, minyak ini hanya bisa digunakan untuk keperluan kecantikan saja, bukan untuk dikonsumsi, ya!

Kandungan Omega 3 di dalam telur dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan menendang sel kulit mati, sehingga menciptakan tampilan kulit yang lebih cerah. Cara menggunakan minyak telur adalah dengan mengoleskannya pada ketiak sebelum tidur. Besok paginya, bilas ketiak Anda menggunakan air, atau minyak juga dapat hilang ketika Anda mandi.

6. Tawas

Tawas cara menghilangkan jenggot

* sumber: trendydamsels.com

Perpaduan tawas, perasan lemon, dan kunyit merupakan home remedies yang sangat baik untuk membuat ketiak jadi lebih cerah dan mulus. Ramuan ini juga dapat menghilangkan bau ketiak yang tak sedap, loh! Campurkan bubuk tawas, air lemon, dan bubuk kunyit. Aduk rata, lalu oleskan pada ketiak. Diamkan pasta tawas tadi selama 20 – 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

7. Bubuk Cendana

Bubuk Cendana

* sumber: www.indiamart.com

Anda tahu pohon cendana? Pohon ini terkenal karena memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Salah satunya adalah dalam bidang kecantikan, yaitu untuk mencerahkan kulit. Siapkan bubuk cendana, Anda dapat menemukannya di Bukalapak melalui link ini.

Cara menggunakannya sangat mudah, campurkan bubuk cendana dengan air mawar, aduk rata. Balurkan pasta cendana pada ketiak Anda, diamkan hingga kering (±20 menit). Selain dapat menghaluskan kulit ketiak, bubuk cendana juga berkhasiat menghilangkan bau ketiak, loh!

8. Tepung Beras

Tepung Beras

Anda mungkin sudah sering mendengar home made scrub yang dibuat dari beras. Kalau begitu, kenapa Anda tidak mencoba membuatnya sendiri? Tumbuk kasar beras secukupnya, setelah itu campurlah dengan cuka. Aduk rata hingga membentuk pasta tebal, lalu oleskan pada ketiak. Usahakan mandi terlebih dahulu menggunakan air hangat supaya pori-pori ketiak terbuka.

Ketika pasta beras sudah agak mengering, gosok ketiak Anda seperti sedang luluran. Kemudian bilas kembali ketiak Anda menggunakan air hangat. Selain dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit, pasta beras dan cuka dapat menghilangkan burket alias bau ketiak juga, loh.

9. Pasta Gigi

Pasta Gigi

* sumber: www.youtube.com

Mungkin cara menghaluskan kulit ketiak yang ke-9 ini merupakan yang paling absurd yang pernah Anda baca. Tapi, cara ini terbukti efektif untuk membuat kulit ketiak lebih halus dan cerah, kok. Semua ini akibat kandungan zinc dan peppermint pada pasta gigi yang mampu menghaluskan sekaligus mencerahkan.

Anda bisa langsung mengoleskan pasta gigi pada ketiak atau pun mencampurnya terlebih dahulu dengan lemon atau jeruk nipis. Gosok terus pasta gigi selama 10 – 15 menit, jangan berhenti menggosok selama itu. Jika dirasa sudah selesai, bilas ketiak Anda menggunakan air bersih.

10. Daun Sirih

daun sirih

Minyak atsiri dari sirih mengandung betiephenol, pati, diatase, gula, seskuiterpen, zat samak, dan kavikol yang berfungsi untuk membabat habis kuman, jamur, dan bekerja sebagai anti-oksidan. So, daun sirih merupakan benda yang tepat untuk mengatasi ketiak kasar dan kusam.

Cara menghaluskan kulit ketiak dengan daun sirih sangatlah mudah. Anda cukup mengulek beberapa lembar daun sirih hingga lembut, sisihkan. Tumbuk pula segenggam beras, sisihkan. Campur kedua bahan tersebut hingga rata, lalu lumurkan pada ketiak setiap sebelum Anda mandi.

Tunggu hingga kering, lalu gosok-gosok ketiak Anda hingga pasta daun sirih rontok semua. Jangan lupa untuk membilas ketiak menggunakan air bersih.

Ya, bagaimana, apakah 10 cara menghaluskan kulit ketiak dari Kamini ini dapat membantu Anda? Baca juga artikel kami mengenai cara agar ketiak bebas bulu. Apakah Anda tahu tips lainnya untuk menghaluskan kulit ketiak? Jika Anda tahu, jangan lupa meninggalkan sesuatu di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. Terimakasih ,, infonya bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *