10 Cara Menghibur Pacar yang Sedang Menangis, Pasti Ampuh!

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 12 Agustus 2021

Menghadapi pacar yang sedang menangis memang membutuhkan kesabaran dan tidak semua orang bisa melakukannya. Ada sikap dan kalimat yang harus diucapkan, tapi ada juga yang sebaiknya dihindari agar tidak memperkeruh suasana.

Menghibur bukan berarti harus melucu atau melontarkan candaan. Hal ini justru sebaiknya dihindari, apalagi bila pacarmu menangis karena masalah yang sangat berat.

Bercanda di saat yang tidak tepat malah akan membuatnya semakin kesal. Kalau kamu kebetulan menghadapi situasi seperti ini dan mengetahui pacarmu sedang menangis, lakukan 10 cara yang telah Kamini rangkum ini.

1. Tenangkan dengan Kontak Fisik

cara menghibur pacar yang sedang menangis_kontak fisikSumber: pixabay.com

Hal pertama yang harus dilakukan saat pacar sedang menangis adalah menenangkannya. Menenangkan berbeda dengan menyuruhnya diam. Menenangkan berarti membiarkan dia menangis dan menumpahkan kesedihannya, tapi emosinya tetap terkontrol karena dia tahu bahwa kamu ada di sana menemaninya.

Saat menenangkan, kamu tidak perlu mengucapkan apapun, tapi lakukan kontak fisik bila perlu. Kontak fisik yang dimaksud bisa dengan menggenggam dan mengusap tangannya, mengelus kepala atau rambut, bisa juga dengan mengusap punggungnya perlahan-lahan.

2. Tanyakan Masalahnya, tapi Jangan Memaksa

cara menghibur pacar yang sedang menangis_Tanyakan Masalahnya, tapi Jangan MemaksaSumber: pixabay.com

Saat tangisnya agak mereda, kamu bisa menanyakan permasalahan yang sedang dia hadapi. Tanyakan dengan nada suara dan bahasa yang lembut. Tunjukkan sikap yang menandakan bahwa kamu siap mendengarkan keluh kesahnya.

Bertanya tentang masalahnya adalah salah satu cara untuk menunjukkan kepedulianmu. Akan tetapi, jangan pernah memaksa pacarmu untuk bicara atau segera mengungkapkan masalahnya. Mereka memilih diam bukan berarti tidak percaya padamu, tapi terkadang mereka hanya butuh waktu sebelum memutuskan untuk berbicara. Jadi, sebaiknya tunggu saja.

3. Jadi Pendengar yang Baik

cara menghibur pacar yang sedang menangis_Jadi Pendengar yang BaikSumber: pixabay.com

Saat pacarmu akhirnya memutuskan untuk bicara, jadilah pendengar yang baik. Artinya, dengarkan semua keluh kesahnya tanpa menghakimi sedikit pun. Kamu tidak perlu memberi komentar apalagi merasa sok tahu dengan masalah pacarmu.

Diam dan dengarkan dia bercerita. Biarkan dia meluapkan semua isi hatinya dengan bebas dan jangan pernah memotong pembicaraannya. Kalau dia bertanya atau meminta pendapat, barulah kamu boleh memberikan pandangan dengan sebijak-bijaknya.

4. Beri Minum, Tisu, atau Apapun yang Dibutuhkan

cara menghibur pacar yang sedang menangis_Beri Minum, Tisu, atau Apapun yang DibutuhkanSumber: pixabay.com

Saat pacar sedang menangis, pastikan dia merasa nyaman dan mendapatkan semua yang dia butuhkan. Beri dia minum agar merasa lebih tenang, kamu juga bisa menyodorkan tisu atau saputangan untuk mengusap air matanya. Bahkan bila perlu, kamu bisa memberinya camilan atau makanan favoritnya agar dia merasa lebih baik.

Setiap orang punya caranya tersendiri agar bisa lebih tenang. Ada yang merasa baikan setelah makan sesuatu, ada juga yang merasa lebih tenang setelah meneguk minuman hangat. Jadi, tugasmu adalah memberikan barang atau fasilitas apapun yang dia butuhkan.

5. Yakinkan bahwa Kamu Selalu Ada Untuknya

cara menghibur pacar yang sedang menangis_Yakinkan bahwa Kamu Selalu Ada UntuknyaSumber: pixabay.com

Pacar yang sedang menangis atau sedih pasti membutuhkan seseorang yang bisa selalu ada di sisinya. Sebagai kekasih yang perhatian, kamu harus bisa menjadi sosok yang bisa diandalkan. Katakan padanya kalau kamu akan selalu mendampinginya apapun yang terjadi.

Katakan juga kalau kamu siap memberikan bantuan apapun yang dia perlukan. Hal ini akan membuatnya merasa tidak sendirian, merasa seolah-olah ada penopang dalam hidupnya. Dengan demikian, dia juga akan lebih kuat dan percaya diri dalam menghadapi masalahnya.

6. Katakan Bahwa Dia Hebat dan Kuat

cara menghibur pacar yang sedang menangis_Katakan Bahwa Dia Hebat dan KuatSumber: pixabay.com

Pacar yang sedang sedih hingga menangis berarti sedang berada di titik terendah. Dia akan merasa sangat down, tidak berdaya, dan merasa begitu lemah. Di saat-saat seperti ini dia butuh penyemangat dan kamu sebagai pacar harus bisa menjadi sosok tersebut.

Jangan pernah menyebutnya cengeng atau semacamnya karena hal itu justru akan memperburuk keadaan. Sebaliknya, katakan bahwa dia adalah orang yang hebat dan kuat karena bisa bertahan sejauh ini menghadapi masalahnya. Hal ini juga bisa menjadi sugesti positif baginya agar dia tidak terlalu terpuruk dalam kesedihan.

7. Jangan Meremehkan Masalahnya

cara menghibur pacar yang sedang menangis_Jangan Meremehkan MasalahnyaSumber: pixabay.com

Salah satu kesalahan fatal ketika menghadapi seseorang yang sedang down adalah menyalahkan atau meremehkan masalah yang sedang dia hadapi. Hal ini hanya akan membuatnya semakin terpuruk dan dia tidak akan percaya lagi padamu. Akibatnya, dia tidak mau terbuka dan malas membicarakan masalahnya.

Hindari perkataan atau kalimat-kalimat semacam ini:

"Gitu aja kok nangis, sih?"

Atau

"Jangan cengeng, masih banyak yang lebih menderita daripada kamu."

Ingatlah bahwa setiap orang punya kapasitas atau kemampuan sendiri-sendiri dalam menghadapi masalah. Ibarat anak sekolah, kita tidak mungkin berkata pada anak SD bahwa pelajaran mereka sangat mudah dan mengatakan kalau anak SMA lebih 'menderita' karena pelajarannya jauh lebih sulit.

8. Ajak ke Tempat Favoritnya

cara menghibur pacar yang sedang menangis_Ajak ke Tempat FavoritnyaSumber: pixabay.com

Salah satu cara ampuh untuk menghibur pacar yang sedang menangis adalah mengajaknya mengunjungi tempat favorit. Misalnya bioskop untuk nonton film, ke toko buku kalau dia suka membaca, atau ke tempat manapun yang dia suka. Pergi ke tempat-tempat favoritnya bisa sangat menghibur dan memperbaiki mood-nya yang sedang hancur.

Tapi sebaiknya jangan langsung membawanya pergi begitu saja, ya! Tunggulah sampai tangisnya mereda, setelah itu baru ajak dia pergi. Tanyakan padanya soal tempat mana yang ingin ia kunjungi dan katakan kalau kamu siap mengantar sekaligus menemaninya ke mana saja.

9. Tawarkan Bantuan

cara menghibur pacar yang sedang menangis_Tawarkan BantuanSumber: pixabay.com

Saat pacar menangis karena suatu masalah dan sudah curhat padamu, jangan terburu-buru memberikan solusi padanya. Seseorang yang curhat tentang masalahnya belum tentu menginginkan solusi, tapi bisa jadi hanya butuh teman bicara yang mau mendengarkan keluh kesahnya.

Kecuali dia memang minta bantuan, kamu boleh memberikan pendapat dan solusi untuknya. Tapi bila dia tidak memintanya, yakinkan saja bahwa kamu selalu siap untuk membantu. Cobalah bertanya padanya tentang apa yang dia butuhkan. Katakan dengan kalimat yang menenangkan, misalnya: "aku ada di sini, aku bisa bantu apa? Kamu butuh sesuatu? Bilang sama aku."

Tapi ingat, jangan memaksakan bantuan bila dia memang tidak menginginkannya. Cukup katakan bahwa kamu selalu siap bila dia sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan.

10. Beri Motivasi dan Sugesti Positif

cara menghibur pacar yang sedang menangis_Beri Motivasi dan Sugesti PositifSumber: pixabay.com

Usahakan untuk selalu memberikan dukungan sekaligus motivasi pada pacarmu apabila sedang menghadapi suatu masalah. Dorong dia untuk menyelesaikan masalahnya, bukan menyuruhnya menghindar apalagi melupakannya.

Berikan juga sugesti positif berupa kata-kata yang memotivasi, misal: "Aku tahu kamu mampu, kamu pasti bisa mengatasinya" atau "kamu udah hebat banget bisa sejauh ini, tinggal sedikit lagi. Pasti bisa, kok." Atau kalimat lain yang sesuai dengan kondisi/masalah yang dia hadapi.

Nah, begitulah cara menghibur pacar yang sedang menangis atau saat mengalami masalah berat. Jika kamu menghadapi situasi yang sama dan pacarmu sedang sedih, cobalah cara-cara di atas untuk menenangkannya.

Tapi kalau kamu punya pengalaman lain soal menghibur pacar, silakan share pengalamanmu di kolom komentar, ya! Kalau kamu ingin tahu fakta menarik soal menangis, mampir juga ke artikel Fakta Menarik di Balik Wanita yang Suka Menangis ini.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram