Kamini.id / Bau Sepatu / 10 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kaki yang Wajib Dicoba

10 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kaki yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bau kaki adalah masalah yang kerap dialami oleh masyarakat. Meskipun terlihat sepele, namun bila terus dibiarkan akan sangat mengganggu, bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri kita dalam pergaulan.

Dalam istilah medis, bau kaki sendiri dikenal dengan Bromodosis. Dimana kelenjar yang ada pada kaki memproduksi keringat lebih banyak sehingga menyebabkan bau kaki yang disebabkan keringat dan bakteri.

Nah, bila kamu termasuk orang yang mengalami masalah bau kaki. Kali ini Kamini akan membahas 10 Cara ampuh menghilangkan bau kaki yang wajib untuk dicoba. Seperti apa itu? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Mencuci Kaki

Mencuci Kaki

Bau kaki umumnya terjadi pada orang-orang yang beraktivitas menggunakan sepatu tertutup dalam kurun waktu yang lama. Hal inilah yang memicu produksi keringat pada kaki jauh lebih banyak. Seperti yang kita ketahui bau kaki sendiri biasanya muncul akibat sejumlah bakteri yang menempel.

Nah, untuk mengeliminasi bakteri yang menempel tersebut. Kamu bisa melakukan rutinitas mencuci kaki sebelum atau setelah memakai sepatu. Cara ini memang dianggap paling efektif oleh orang-orang dalam mengurangi bau tak sedap pada kaki.

2. Memakai Kaos Kaki yang Menyerap Keringat

Memakai Kaos Kaki yang Menyerap Keringat

* sumber: www.harapanrakyat.com

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan menggunakan kaos kaki yang mudah menyerap keringat. Pada dasarnya keringat yang tidak terserap baik oleh kaos kaki dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dengan cepat.

Bakteri yang menempel pada kaki inilah yang akhirnya membentuk asam organik yang menimbulkan bau menyengat saat terhirup di udara. Untuk itu penggunaan kaos kaki yang menyerap keringat pun sangat dianjurkan.

Selain bertujuan membuat kaki tetap dalam kondisi kering, hal itu juga dapat mencegah sejumlah bakteri menempel pada kaki. Umumnya bahan kaos kaki yang memiliki daya serap keringat yang baik adalah dari bahan katun dan Wool.

3. Manfaatkan Kopi

Manfaatkan Kopi

Selanjutnya cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau pada kaki adalah dengan menggunakan kopi. Kopi sendiri diketahui mengandung antioksidan yang mampu mengangkat sel kulit mati serta menetralisir bau kaki.

Caranya pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu mencampur kopi yang telah dihaluskan dengan minyak kelapa. Kemudian mengoleskannya pada telapak kaki yang telah dicuci bersih. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Selain cara tersebut kamu juga bisa menggunakan kopi untuk menghilangkan bau pada sepatu dengan cara membungkus kopi bubuk dengan beberapa lembar tisu. Kemudian ikat bagian ujung tisu dengan benang. Simpan kopi yang dibungkus dengan tisu tersebut dalam sepatu agar bau yang ada pada sepatu terserap dengan baik oleh kopi.

4. Spray Penghilang Bau Kaki

Spray Penghilang Bau Kaki

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Bila kamu termasuk orang yang suka dengan cara yang mudah dan praktis. Kamu juga bisa menggunakan spray penghilang bau kaki yang dijual di pasaran. Spray penghilang bau kaki sendiri biasanya mengandung bahan aktif untuk menghilangkan bakteri dan anti jamur.

Caranya sendiri cukup mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan spray pada bagian kaki yang bau setelah melakukan aktivitas yang dirasa mengundang banyak keringat. Selain penggunaannya yang praktis. Spray penghilang bau juga memberi sensasi dingin yang bisa membuat kaki lebih segar.

5. Memotong Kuku

Memotong Kuku

* sumber: m.mommyasia.id

Kuku juga bisa menjadi tempat favorit bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Hal inilah yang tanpa disadari dapat memicu timbulnya bau kaki yang tidak sedap. Nah, untuk mencegah hal tersebut. Kamu juga harus rajin memotong kuku.

Selain kuku, kulit mati yang terdapat pada kaki pun bisa menjadi pemicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa membuat kaki bau. Oleh karena itu, kedua hal tersebut pun harus kamu perhatikan secara serius.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Kaos Kaki dengan Mudah

6. Sering Mengganti Kaos Kaki

Sering Mengganti Kaos Kaki

* sumber: diingklik.net

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan sering mengganti kaos kaki. Seperti yang telah dibahas di atas bahwa kaos kaki bisa menjadi salah satu penyebab utama munculnya bakteri yang dapat memicu bau pada kaki.

Pemakaian kaos kaki yang berlangsung lama memang dapat membuat kaos kaki lembab. Nah, bila hal tersebut dibiarkan terus menerus. Maka bakteri yang menempel pada kaos kaki akan semakin menumpuk. Hal tersebut tentu bisa sangat mengganggu, bahkan bisa berbahaya pada kesehatan kaki.

7. Rajin Mencuci Sepatu

Rajin Mencuci Sepatu

* sumber: blog.kliknclean.com

Bau kaki memang bisa disebabkan karena berbagai faktor. Selain karena produksi keringat yang berlebih, salah satu hal yang juga erat kaitannya dengan bau pada kaki adalah sepatu yang tidak terawat alias kotor.

Bakteri sendiri memang lebih suka bersarang di tempat yang kotor, sehingga tak heran bila sepatu bisa menjadi penyebab utama bau kaki. Nah, untuk mengatasi hal tersebut. Maka kamu pun harus rajin mencuci sepatu. Seperti kita ketahui air sendiri mampu mengeliminasi sejumlah besar bakteri yang menempel pada tubuh maupun benda sehingga hal tersebut pun kerap masyarakat lakukan.

8. Merendam Kaki dengan Air Hangat

Merendam Kaki dengan Air Hangat

* sumber: www.minews.id

Selanjutnya kamu juga bisa menghilangkan bau kaki dengan rutin merendam kaki dengan air hangat yang dicampur sedikit garam. Air garam sendiri memang dianggap baik untuk merawat kaki karena memiliki sejumlah manfaat seperti melancarkan sirkulasi peredaran darah, mengatasi kaki pecah-pecah dan juga mencegah pertumbuhan bakteri.

Cara yang dilakukan pun cukup mudah. Kamu hanya perlu melarutkan ½ sendok garam ke dalam wadah yang berisi air hangat. Setelah itu, rendam kaki selama 10-20 menit. Nah, lakukan hal tersebut secara rutin untuk benar-benar menghilangkan bau pada kaki.

9. Bedak Anti Bakteri

Bedak Anti bakteri

* sumber: www.verywellhealth.com

Nah, selain digunakan untuk menghilangkan bau pada ketiak. Bedak anti bakteri juga bisa menghilangkan bau pada kaki. Bedak anti bakteri sendiri biasanya sering digunakan adalah yang memiliki kandungan aktif asam salisilat. Dimana bahan tersebut berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri serta mencegah penyumbatan pori-pori kulit oleh sel-sel kulit mati.

Seperti yang kita ketahui bahwa kedua hal tersebut memang bisa menjadi penyebab munculnya bau kaki yang menyengat. Bila hal tersebut dibiarkan tanpa ada penanganan. Hal tersebut akan membuat masalah yang mungkin bisa membuat kamu dan orang yang ada di sekitar terganggu.

10. Menjemur Sepatu di Bawah Terik Matahari

Menjemur Sepatu di Bawah Terik Matahari

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan rajin menjemur sepatu di bawah terik matahari. Kondisi sepatu yang lembab memang bisa menjadi tempat ideal untuk bersarangnya sejumlah bakteri dan jamur.

Nah, sinar matahari sendiri mengandung sinar ultraviolet atau sinar UV yang mampu menonaktifkan sejumlah mikroorganisme, seperti bakteri, virus, dan protozoa yang bisa menimbulkan sejumlah masalah pada kaki. Cara ini memang umum dilakukan oleh masyarakat untuk menghilangkan aroma tak sedap akibat kondisi lembab.

Demikianlah 10 Cara ampuh menghilangkan bau kaki yang wajib dicoba. Bau kaki memang bisa menjadi hal yang sangat mengganggu, bahkan memalukan bagi sebagian orang. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, cara-cara di atas pun bisa kamu lakukan sendiri diri rumah. Semoga informasi yang telah Kamini bahas di atas bisa menjadi solusi bagi kamu yang sedang mengalami masalah bau kaki.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020