Kamini.id / Memutihkan Kulit / 10 Cara Menghilangkan Bekas Gatal yang Menghitam di Kulit

10 Cara Menghilangkan Bekas Gatal yang Menghitam di Kulit

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Gatal merupakan sensasi terbakar, panas, dan bengkak yang muncul di kulit. Karena itu, orang yang sedang mengalaminya akan memiliki keinginan untuk menggaruk kulit yang terasa gatal. Rasa gatal ini bisa terjadi dimana saja, baik itu wajah, leher, ketiak, lengan, perut, bokong, paha, kaki, dll yang terbungkus kulit.

Gatal disebabkan oleh banyak hal. Misalnya ketika tergigit serangga, terkena kuman, jamur, bakteri, atau virus. Ada juga yang merasa gatal karena alergi terhadap suatu hal seperti alergi bulu hewan, udara, debu, makanan, dan lain sebagainya. Selain karena faktor eksternal, gatal juga bisa datang ketika Anda stres, memiliki beberapa penyakit, atau jika Anda memiliki kulit yang super kering.

Ketika sensasi gatal melanda, jari-jari rasanya tak dapat direm untuk menggaruk-garuk kulit. Kebiasaan yang disengaja maupun tak disengaja ini dapat merusak jaringan kulit, loh! Karena, setelah digaruk, luka di kulit akan semakin dalam dan meninggalkan bekas luka hitam yang sulit hilang. Tapi, kini Kamini akan berbagi dengan Anda cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam. Yuk, disimak!

10 Cara Menghilangkan Bekas Gatal yang Menghitam

1. Teh

Teh

Teh merupakan bahan yang tidak diduga-duga dapat mencerahkan kulit. Padahal, pada kenyataannya, kulit Anda dapat menjadi lebih cerah dengan menggunakan teh. Begitu pula dengan area kulit yang menghitam karena terluka.

Cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam dengan teh adalah cukup mengompres area kulit yang menghitam dengan teh celup sisa (teh yang sudah pernah diseduh). Gosok-gosok kulit Anda sesaat sebelum menempelkannya di kulit. Diamkan teh selama 10 – 15 menit sebelum diangkat.

2. Lemon

lemon

Cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam yang selanjutnya adalah dengan lemon. Buah yang satu ini memang sering dipakai untuk kecantikan karena mengandung Vitamin C tinggi, sehingga dapat membantu membuat kulit terlihat lebih cerah dan ternutrisi.

Kandungan Vitamin C di dalam lemon dapat melawan pigmentasi kulit, sehingga warna hitam pada kulit akan memudar seiring berjalannya waktu. Anda cukup menggosok kulit dengan potongan buah lemon selama beberapa menit. Lalu, biarkan sari-sari lemon selama 20 menit agar terserap oleh kulit. Setelah itu, bilas kulit hingga bersih. Cara ini ampuh untuk menghilangkan bekas luka gatal di kaki maupun di selangkangan.

3. Bawang Merah

Bawang Merah

Masih pada pembahasan cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam dengan cara yang alami, kali ini cobalah menggunakan bawang merah. Mungkin beberapa orang tidak suka dengan bau atau sensasi panas ketika menggunakan bawang merah. Akan tetapi, jika Anda benar-benar ingin menghilangkan bekas luka dari kulit, Anda harus tahan.

Bawang merah dapat mengangkat sel kulit mati, yaitu sel kulit berwarna gelap yang menumpuk di atas sel kulit baru. Dengan terangkatnya sel kulit mati, senantiasa kulit Anda pasti akan terlihat lebih cerah. Anda bisa menggosok-gosokkan potongan bawang merah pada area kulit yang menghitam. Atau, Anda bisa menghaluskan bawang terlebih dulu dan menempelkannya pada area yang diinginkan.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Luka bekas garukan baik yang belum kering hingga yang sudah tinggal bopeng saja dapat disembuhkan dengan lidah buaya. Tanaman ini memiliki khasiat menenangkan kulit yang terluka dan mencerahkan kulit yang menghitam karena bekas luka. Anda tinggal menggosokkan gel lidah buaya di paha, tangan, wajah, leher, atau di mana pun yang ada bekas luka menghitamnya.

5. Madu

Madu

Selain lidah buaya, cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam secara alami lainnya adalah menggunakan madu. Khasiat madu dan lidah buaya pun tidak terlalu berbeda, yaitu dapat bekerja sebagai penyembuh kulit yang luka dan gatal.

Madu akan memperbaiki jaringan kulit rusak sekaligus membuatnya terlihat lebih cerah. Cara melakukan treatment ini adalah dengan membalurkan madu pada area yang dibutuhkan. Diamkan hingga madu meresap atau mengering. Setelah itu, bilas hingga bersih.

6. Baking Soda

Baking Soda cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam

* sumber: www.leaf.tv

Baking soda adalah bahan untuk membuat kue. Tapi, baking soda sering digunakan juga untuk membersihkan aksesoris, membersihkan ruangan seperti dapur, kamar mandi, dan lain-lain. Tidak hanya itu, baking soda juga sering dimanfaatkan dalam kecantikan kulit karena dapat mencerahkannya.

Baking soda akan mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga area kulit yang menghitam dapat tergantikan dengan sel kulit baru yang warnanya lebih cerah dan teksturnya lebih halus.

Anda perlu mencampurkan 1 sdt baking soda dengan sedikit air hingga membentuk adonan pasta kental. Oleskan pasta baking soda ke area kulit yang dibutuhkan. Diamkan beberapa saat hingga pasta mengering, setelah itu bilas kulit hingga bersih.

7. Minyak

Bio-Oil Minyak

Di atas tadi adalah cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam menggunakan bahan natural. Jika Anda merasa kerepotan jika harus meracik bahan-bahan terlebih dahulu, Anda bisa juga menggunakan produk penghilang bekas luka pabrikan. Produk ini hadir dalam beberapa jenis. Kali ini Kamini akan membahas yang bentuknya minyak terlebih dahulu.

Ya, ada banyak sekali produk penghilang bekas luka karena gatal maupun hal lain yang berupa minyak. Biasanya produk seperti ini dapat digunakan untuk menyamarkan luka yang berwarna hitam, stretch marks, hingga bekas luka timbul.

Karena berbentuk minyak, produk seperti ini lebih mudah diserap oleh kulit dan membuat kulit terasa lebih lembab. Anda dapat membeli produk serupa di Bukalapak melalui link ini.

8. Gel

Gel cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam

* sumber: www.pharmacyonline.com.au

Selain minyak, banyak pula produk penghilang bekas luka yang berbentuk gel. Biasanya produk ini digunakan pada luka yang lebih serius seperti bekas luka keloid dan tumor jinak. Tapi, Anda bisa juga menggunakan produk ini untuk menyamarkan warna kulit yang menghitam akibat bekas gatal biasa. Anda dapat membeli produk serupa secara online di Bukalapak lewat link ini.

9. Krim

Krim cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam

Minyak penghilang bekas luka menawarkan kecepatan diserap kulit. Produk berbentuk gel menawarkan rasa sejuk. Sedangkan produk yang berbentuk krim menawarkan sensasi lembab.

Biasanya penghilang bekas luka berbentuk krim mengandung bahan-bahan seperti aloe vera, jojoba oil, hingga vitamin-vitamin yang mampu menyamarkan bekas luka sekaligus menutrisi kulit. Beli produk seperti ini secara online di situs belanja Bukalapak lewat link ini.

10. Sabun

Sabun

* sumber: www.naturalliving.ae

Selain minyak, gel, dan krim, ada pula produk penghilang bekas luka yang berbentuk sabun. Sebenarnya sabun ini lebih kepada sabun kecantikan yang mampu meratakan warna kulit sekaligus mencerahkannya. Biasanya sabun seperti ini mengandung bahan-bahan pencerah seperti alfa arbuthin dan Vitamin C. Anda dapat membeli sabun pencerah bekas luka di Bukalapak lewat link ini.

Ya, itulah sepuluh cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam ala Kamini. Ada cara menggunakan bahan alami dan juga menggunakan produk pabrikan. Terserah Anda lebih suka menggunakan cara yang mana. Asal menggunakannya secara teratur, kulit Anda yang menghitam karena bekas luka gatal akan terlihat lebih cerah lebih cepat. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *