Kamini.id / Merawat Sepatu / Cara Menghilangkan Bekas Lem di Sepatu dengan Mudah

Cara Menghilangkan Bekas Lem di Sepatu dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Agustus 2019

Kalau kamu menemukan bekas lem di sepatumu ketika sehabis direparasi atau bahkan dari stiker yang dicopot sehabis membeli sepatu baru, pasti sangat menyebalkan bukan? Apalagi bila sepatu yang kamu miliki tersebut harganya tidak murah.

Nah, tenang, kamu nggak usah khawatir. Kamini punya ragam cara menghilangkan bekas lem di sepatu yang sangat mudah untuk dipraktikkan sendiri di rumah. Ingin tahu, cara apa saja yang bisa kamu gunakan? Yuk, simak langsung saja pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Lem dari Sepatu Kulit

* sumber: pixabay.com

Galau karena sepatu kulit kesayangan kamu terkena lem dan sulit untuk dibersihkan? Kamini punya cara untuk menghilangkan bekas lem atau residu stiker dari sepatu kulit. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya.

1. Pakai Penghapus Pensil

Zaman sekolah dulu, mungkin kamu pernah menggunakan pensil yang dilengkapi dengan penghapus kecil di bagian bawahnya untuk menulis. Nah, tahukah kamu, ternyata penghapus tersebut bukan hanya bisa dipakai untuk menghapus tulisanmu.

Ya, penghapus yang ada pada pensil mampu meluruhkan bekas lem yang menempel dari bahan kulit juga, lho. Nah, kalau kamu punya sepatu kulit yang terkena bekas lem, siapkan sebuah pensil berpenghapus tadi.

Kemudian hapus lem kering yang menempel pada bagian sepatu kulitmu secara perlahan, dengan gerakan yang sama seperti saat kamu menghapus tulisan di bukumu. Cara ini tergolong mudah dan murah. Gimana, tertarik untuk mencoba sendiri di rumah?

2. Selai Kacang

Selai kacang yang punya citarasa lezat juga bisa kamu pakai untuk menghapus bekas residu stiker atau lem pada sepatu/sol sepatu kulit milikmu, lho. Caranya mudah. Cukup siapkan selai kacang yang kamu punya di dapur, lalu ambil sedikit selai dengan menggunakan sendok makan.

Setelahnya, oleskan selai yang ada pada sendok ke bagian sepatu yang terkena lem atau residu stiker. Oleskan dengan jari tanganmu secara merata sampai lemnya tertutup dengan selai. Jika sudah, tunggulah selama kurang lebih sepuluh menit.

Nah, selesai menunggu selama sepuluh menit, bersihkan selai kacang dari sepatu dengan menggunakan tisu. Dan selamat, sepatumu kini bebas dari sisa lem atau residu stiker yang menempel!

3. Larutan Sabun Mandi

Kamu juga bisa memanfaatkan sabun mandi untuk membersihkan lem dari sepatu. Caranya, campurkan sabun mandi dengan air bersuhu hangat kuku, kemudian buat busa yang cukup banyak dengan menggunakan tanganmu.

Setelah itu, kikis lem yang menempel secara perlahan dengan tangan atau alat lainnya yang tidak merusak bahan sepatu. Kemudian, oleskan busa sabun dengan menggunakan spons. Ingat, hanya busanya saja, ya.

Setelah selesai, gunakan lap yang bersih untuk mengelap sepatumu. Jika bekas lem masih belum terhapus, ulangi prosesnya sampai selesai. Oh ya, kamu juga bisa gunakan cara ini untuk membersihkan lem dari sepatu dengan bahan suede.

Cara Lainnya untuk Menghilangkan Lem dari Sepatu

Line Boat Loafer

Selain beberapa cara di atas, Kamini akan membagikan informasi mengenai cara lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan atau menghilangkan lem dari sepatu kamu. Ingin tahu, cara apa saja yang bisa kamu gunakan? Yuk, simak langsung saja ulasan di bawah ini!

1. Gunakan Pembersih Cat Kuku

Kamu punya pembersih kutek alias cat kuku dengan aseton di rumah? Gunakanlah produk pembersih tersebut untuk membersihkan lem yang menempel di sepatu kamu. Sebelum menggunakannya untuk membersihkan lem dari sepatu, coba aplikasikan dulu cairan pembersih kuku dengan menggunakan lap yang bersih ke area yang tak terlihat dari sepatumu dan tunggu selama sepuluh menit.

Jika tidak ada efek buruk yang ditimbulkan, mulailah untuk membersihkan bekas lem di sepatu dengan menggunakan cara yang sama. Setelahnya, pakailah sikat gigi bekas untuk menghapus sisa lem sampai bersih. Jika telah selesai, gunakan kain bersih untuk mengeringkan sepatu kamu.

2. Pakai Cuka

Selain memakai cairan pembersih cat kuku, kamu juga bisa mengandalkan cuka yang kamu simpan di dapur untuk menghilangkan bekas lem yang menempel di sepatu. Caranya, teteskan satu hingga tiga tetes cuka pada bagian sepatu yang terkena lem.

Kemudian diamkan sampai lem yang kering mulai menjadi lunak. Jika sudah, congkel lem yang sudah lunak tersebut dengan menggunakan tanganmu.

3. Gunakan Sikat Gigi Bekas

Cara lain yang bisa kamu pakai untuk menghapus lem di sepatu adalah dengan memanfaatkan sikat gigi bekas yang bulunya masih cukup bagus. Pertama-tama, rendam sepatu dalam wadah berisi air cuka selama kurang lebih tiga menit.

Lalu, gosoklah bagian sepatu yang terkena lem dengan memakai sikat gigi. Ingat, gosok secara perlahan. Jangan menggosok sepatu terlalu keras agar sepatu kamu tidak rusak. Gosoklah sampai lemnya luntur. Kalau sudah, cucilah sepatu kamu seperti ketika kamu mencuci baju yang kotor dengan menggunakan air juga sabun cuci.

4. Pakai Benda Tajam

Manfaatkan benda tajam seperti pisau dapur atau pisau lipat yang kamu punya untuk menghilangkan lem di sepatu. Congkel lem yang mengering secara perlahan sampai tidak tersisa. Hati-hati saat mencongkelnya, ya. Jangan terlalu keras kalau tak ingin sepatu kamu jadi rusak.

5. Manfaatkan Jasa Laundry Sepatu

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan jasa laundry sepatu terbaik yang ada di tempat tinggalmu. Terlebih, bila kamu takut merusak sepatu kamu jika melakukan semua step di atas secara mandiri atau terlalu banyak lem yang menempel dan terlalu sulit bagi kamu untuk membersihkannya sendiri.

Cara Membersihkan Noda Kuning dari Sneakers atau Sepatu Kets

cara membedakan sepatu Vans asli dan palsu

Selain cara menghilangkan lem dari sepatu kulit, kamini juga akan membahas tentang cara membersihkan atau menghilangkan noda kuning dari sneakers kesayangan kamu. Khususnya, untuk sneakers berwarna putih. Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini untuk mengetahui caranya.

1. Siapkan Tisu dan  Wadah Berisi Air

Nah, sebelum mulai membersihkan lem kuning dari sneakers, siapkanlah tisu dan wadah berisi air bersih. Untuk jenis tisu yang digunakan, sebaiknya pilihlah tisu toilet, ya. Setelahnya, celupkan tisu ke dalam wadah berisi air hingga basah secara merata.

2. Bungkus Sneakers dengan Menggunakan Tisu

Jika sudah, kamu bisa langsung membungkus sneakersnya dengan menggunakan tisu yang telah dibasahi tadi. Jangan hanya bungkus dengan satu lapisan. Ada baiknya kamu bungkus semua bagian sepatu dengan beberapa lapis tisu hingga tak ada bagian sepatu yang nampak.

3. Biarkan Lapisannya Kering

Setelah semua bagian sepatu terbungkus tisu dengan rapi, biarkan tisunya mengering selama dua belas jam atau seharian penuh. Kalau sudah, kamu bisa membuka kembali seluruh lapisan tisunya dan sepatumu kembali bersih seperti sedia kala.

Nah, sampai di sini pembahasan Kamini mengenai cara menghilangkan bekas lem di sepatu, beserta informasi menarik lainnya seputar cara menghilangkan noda kuning pada sneakers atau sepatu kets kamu.

Gimana, tertarik untuk mencoba semua caranya sendiri di rumah? Oh ya, kalau kamu punya informasi tentang cara menghilangkan bekas lem di sepatu atau tips lainnya tentang membersihkan sepatu, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar yang tersedia.

Nah, untuk kamu yang punya masalah permen karet yang menempel pada alas sepatu, kamu bisa mendapatkan solusi terbaiknya di artikel 10 Cara Ampuh Menghilangkan Permen Karet di Alas Sepatu ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar