Kamini.id / Bekas Luka / 10 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Cepat

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Luka yang mengering umumnya akan terasa sangat gatal. Karena rasa gatal tersebut, luka tersebut kerap kali digaruk dan akhirnya menimbulkan bekas yang menghitam. Bekas luka akibat gatal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan terutama apabila terletak di bagian kulit yang selalu terbuka seperti wajah dan kaki.

Untuk mengatasi bekas luka ini, Anda mungkin akan menggunakan salep penghilang bekas luka. Namun, apakah Anda sudah mencoba menghilangkan bekas luka di kaki dengan alami? Jika belum, yuk, intip cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami berikut.

Salep mungkin menjanjikan dapat menghilangkan bekas luka secara cepat. Akan tetapi, hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena untuk menghilangkan bekas luka di kaki maupun bagian tubuh lainnya tentu perlu waktu dan kesabaran

Berikut ini Kamini akan mengulas beberapa cara menghilangkan bekas luka, khususnya yang terletak di kaki, dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cara ini dapat diaplikasikan untuk berbagai usia, mulai dari anak kecil maupun orang dewasa:

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami

1. Putih Telur

putih kuning telur

Cara yang satu ini memang sedikit ‘menyiksa’, karena Anda harus menggunakan putih telur mentah yang baunya amis. Namun, cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan noda bekas luka di kaki. Kandungan protein dalam telur berfungsi untuk meregenerasi bekas luka di kulit.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan putih telur di bagian bekas luka dan diamkan hingga kering dan terasa kaku. Kemudian, bilaslah kaki Anda dengan air bersih. Lakukan secara rutin hingga kulit Anda kembali normal seperti semula.

2. Jeruk Nipis

cara mengatasi anyang anyangan jeruk nipis

Buah yang satu ini memang berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka maupun menyembuhkan penyakit secara alami. Caranya cukup mudah, iris jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian dalam jeruk nipis tersebut ke bekas luka.

Jika bekas luka masih basah, maka cara ini akan terasa sedikit perih. Setelah didiamkan selama beberapa saat, Anda bisa membilasnya dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin hingga bekas luka memudar.

3. Madu

madu

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan minuman yang berasal dari lebah ini. Madu murni memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan dan juga kulit kita, termasuk untuk meregenerasi sel dan menghilangkan bekas luka.

Cara pengaplikasiannya adalah oleskan madu murni pada bekas luka. Diamkan selama 20-30 menit sembari melakukan aktivitas lainnya. Setelahnya, bilas dengan air hangat dan gunakan madu setiap hari sampai bekas luka hilang.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Sejak dulu lidah buaya telah dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyuburkan rambut dan mengatasi luka bakar. Namun, khasiat lidah buaya tidak terbatas sampai disitu saja. Pasalnya, tumbuhan bernama aloe vera ini juga dapat dipakai untuk menghilangkan bekas luka.

Caranya, gunakan dua batang lidah buaya dan ambil dagingnya. Aplikasikan gel lidah buaya ke bekas luka di kaki. Biarkan gel mengering di kaki Anda sebelum dibilas dengan air. Apabila Anda melakukan cara ini setiap hari selama 2-3 minggu, niscaya kaki Anda akan segera bersih dari bekas luka.

5. Mengkudu

buah mengkudu

Salah satu cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan mudah dan hemat adalah menggunakan buah mengkudu. Caranya, parut buah mengkudu hingga halus, agar lebih mudah Anda bisa menggunakan blender. Setelah itu, balurkan jus mengkudu ini di bekas luka yang ada di kaki dan bagian tubuh lainnya. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bersihkan sisanya dengan air.

6. Teh Hijau

teh hijau

Sudah jadi rahasia umum jika teh hijau menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan imun hingga membakar lemak. Kali ini, teh hijau akan digunakan sebagai penghilang bekas luka alami yang cukup ampuh.

Anda hanya memerlukan ampas teh hijau bekas. Celupkan kain atau handuk ke dalam ampas teh hijau. Selanjutnya, gosokkan kain atau handuk itu ke noda bekas luka. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu bahwa lukanya sudah dibersihkan.

7. Minyak Zaitun

oles minyak zaitun

* sumber: www.irishexaminer.com

Minyak yang satu ini sering dikonsumi oleh orang-orang yang menganut pola makan eat clean dan diet sehat. Ini wajar mengingat minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng kelapa sawit yang dianggap kurang sehat.

Namun, tahukah Anda bahwa jika mengoleskan minyak zaitun ke bekas luka, maka bekas tersebut akan hilang secara perlahan tapi pasti. Minyak zaitun memiliki tekstur yang dapat meresap ke dalam kulit. Oleskan minyak ini ke bekas luka, selanjutnya minyak ini akan diserap oleh kulit dan bekas luka akan memudar dengan cepat.

8. Daun Mint

daun mint

Daun dengan aroma mentol ini sering diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan bau badan. Daun ini memiliki aromatherapy dan beberapa khasiat untuk kulit, salah satunya adalah menghilangkan bekas luka.

Caranya, tumbuk beberapa lembar daun mint hingga lembut, lalu tempelkan sendiri ke kulit yang ternoda bekas luka. Gosokkan scrub  daun mint ini selama beberapa menit. Lalu lanjutkan dengan meletakkan tumbukan daun mint ini di bekas luka.

9. Air Kelapa

Air Kelapa Muda

Nah, cara selanjutnya ini cukup mudah dan tidak mengganggu. Anda hanya perlu membasuh kaki yang terkena bekas luka dengan air kelapa. Kemudian, diamkan air kelapa selama beberapa saat dan jangan dibilas terlebih dahulu. Basuhlah kaki dengan kelapa minimal 2 kali dalam seminggu untuk mempercepat proses penyembuhan bekas luka.

10. Mentimun

cara menghilangkan bekas luka di kaki Mentimun

Mentimun kerap kali digunakan sebagai masker penyegar wajah. Akan tetapi, buah segar yang satu ini juga efektif digunakan sebagai penghilang bekas luka alami. Cara menggunakannya pun mudah yakni dengan memotong timun menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, tumbuk mentimun sampai halus dan lulurkan di kaki Anda. Masker mentimun di kaki ini harus didiamkan selama semalaman.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Lainnya

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda bisa juga menggunakan produk pabrik, loh. Ada banyak sekali produk yang ditujukan untuk menyamarkan bahkan menghilangkan bekas luka di kaki. Berikut di antaranya:

11. Mederma

Mederma

Mederma merupakan merk obat penghilang bekas luka yang mujarab. Produk ini berbentuk gel yang cepat meresap ke dalam kulit dan meninggalkan sensasi adem. Anda dapt menggunakan Mederma pada seluruh bagian tubuh, baik itu di tangan, di kaki, atau pun di leher dan di wajah. Anda bisa membeli Mederma secara online melalui Bukalapak di link ini.

12. Bio Oil

Bio Oil

Punya masalah di kaki seperti bekas luka dan stretchmarks? Bio Oil bisa mengatasinya. Bio Oil merupakan minyak yang dapat menyamarkan bekas luka dengan sempurna. Selain itu, Bio Oil akan menjaga kadar air di dalam kulit dan mengisi ulang minyak alami kulit. Bio Oil dapat Anda temukan pada situs Bukalapak di link ini. Harga produk ini cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 70 ribu-an saja.

13. Melanox

Melanox

Selain kedua produk di atas, Melanox juga punya kualitas yang bagus. Melanox bertekstur krim yang mudah diserap dan tidak meninggalkan sensasi lengket pada kulit. Melanox bekerja untuk melawan hiperpigmentasi dan memudarkan flek hitam. Anda bisa membeli Melanox secara online di Melanox lewat link ini.

14. Dermovate Ointment

Dermovate Ointment

Kalau yang satu ini merupakan obat penghilang bekas luka yang sangat terkenal secara global. Dermovate Ointment adalah salep yang dapat menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh luka bakar, luka goresan, atau jerawat.

Salep ini memang dipercaya sebagai produk penghilang bekas luka yang mengganggu penampilan Anda. Salep ini bisa Anda beli secara online melalui Bukalapak di link ini.

15. Beauty Facial Extreme Stretch Mark Repair Cream

Beauty Facial Extreme Stretch Mark Repair Cream

Selain Dermovate Ointment, ada satu lagi merk penghilang bekas luka pada kaki, yaitu Beauty Facial Extreme Stretch Mark Repair Cream. Krim ini mengandung allantoin yang diformulasikan untuk bekas luka atau stretch mark baru maupun lama. Selain itu, produk ini juga dapat mengurangi risiko perubahan warna pada kulit karena bekas luka.

Krim yang dapat digunakan pria maupun wanita ini dapat digunakan pada seluruh bagian kulit tubuh kecuali wajah. Beauty Facial Extreme Stretch Mark Repair Cream tidak mengandung parfum dan bisa menembus bagian kulit terdalam untuk mengobati bekas luka. Cari tahu produk penghilang luka lainnya pada artikel Merk Obat Penghilang Bekas Luka.

Apakah Anda memiliki masalah dengan bekas luka yang susah hilang? Yuk, atasi dengan cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami di atas. Jika Anda memiliki tips dan trik lainnya, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Pakai Obat penghilang bekas luka dan keloid LiquidRx skin aid yang sudah teruji dan terbukti bisa menghilangkan bekas luka dan keloid secara bertahap dan pasti.

  2. Tapi gua coba cara ini gak berhasil juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019