Kamini.id / Bekas Luka / 8 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Cepat

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapapun pasti menginginkan kulit tubuhnya mulus tanpa ada luka sekalipun, entah itu pada pria maupun wanita. Namun pada kenyataannya itu tidaklah mungkin, karena pastinya setiap orang akan memiliki luka maupun bekas luka di masa kecilnya walaupun hanya sedikit. Nah, untuk mengobati luka pasti akan bisa sembuh dengan obat luka, tetapi bagaimana untuk bekasnya?

Cara menghilangkan bekas luka baik itu di bagian tangan, wajah, kaki, atau kulit yang lainnya ini sangatlah mudah, asal kamu bisa teratur dan telaten mengobatinya. Bekas luka yang ada di tempat tersembunyi mungkin ini tidak akan menjadi masalah. Namun bagaimana jika luka itu terdapat pada wajah kita yang selalu terbuka?

Hal ini semakin menjadi rumit jika bekas luka tersebut terdapat pada seorang wanita yang selalu tampak ingin cantik di depan setiap orang. Seorang wanita pasti selalu mengutamakan penampilan pakaian dan wajah ketimbang yang lainnya. Apalagi di bagian wajahnya, ini akan sangat sensitif jika bagian ini telah terkena luka dan membekas.

Nah, untuk mengobati bekas luka apalagi di bagian wajah ini akan membutuhkan perhatian yang khusus dalam penanganannya. Sehingga jika kamu salah menanganinya, maka wajah akan semakin memburuk dan bahkan bisa rusak.

bekas luka di wajah

Kebanyakan orang yang terkena luka sering sekali menggunakan bahan seperti pasta gigi, minyak atau margarine untuk dijadikan cara alternatif termudah dalam mengatasi luka bakarnya. Namun, cara ini bukanlah solusi yang tepat. Pasalnya di dalam pasta gigi sendiri terdapat zat kimia yang sering digunakan dalam deterjen maupun pemutih.

Jika penangananmu saja dari awal sudah salah maka ini akan sangat berdampak buruk pada kulit yang terkena luka tersebut. Banyaknya produk kecantikan, baik itu untuk bekas luka, pemutih kulit, atau yang lainnya ini tidak akan memastikan bahwa produk tersebut akan cocok untuk kulit. Malah bukan tidak mungkin akan berdampak buruk di jangka panjangnya.

cara menghilangkan luka di wajah

 

Nah, untuk mempermudahmu dalam mengobati luka bakar atau luka gores di wajah , berikut ini akan diberikan beberapa cara menghilangkan bekas luka di wajah ataupun area lain yang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi sebelum itu, sebaiknya kita mengenali jenis-jens bekas luka tersebut terlebih dahulu agar penanganan yang dilakukan bisa tepat. Simak ya!

Jenis Bekas Luka

Dengan mengetahui jenis-jenis bekas luka, kamu mungkin dapat mengurangi penampilan bekas luka tersebut tanpa perlu khawatir akan memperparahnya. Berikut adalah beberapa jenis bekas luka (scars) seperti dikutip dari laman Stanford Health care.

1. Keloid

jenis bekas luka_keloid

* sumber: www.elsevier.es

Bekas luka satu ini biasanya sangat menonjol ke atas seolah-olah seperti kelebihan daging. Bekas luka yang terbentuk juga melebihi area yang terkena luka. Keloid sendiri sebenarnya adalah kelebihan kolagen yang terbentuk pada kulit setelah penyembuhan luka. Luka bekas operasi atau jerawat biasanya merupakan keloid.

2. Parut Hipertrofik

jenis bekas luka_hipertrofik

* sumber: www.elsevier.es

Sedikit berbeda dengan keloid, parut hipertropik (hypertrophyc scars) tidak terlalu nampak menonjol juga tak melebihi area kulit yang terluka. Parut hipertropik juga cenderung lebih lambat terbentuk dibandingkan keloid. Bekas luka satu ini juga cenderung lebih mudah sembuh secara alami dibandingkan keloid walaupun memakan waktu hingga bertahun-tahun.

3. Contracture

jenis bekas luka_conctracture

* sumber: www.elsevier.es

Pembentukan bekas luka conctractureΒ dapat menarik tepi kulit di sekitar luka, sehingga luka dan area kulit sekitarnya akan terasa ketat. Contracture juga bisa menyulitkan pergerakan area yang luka karena bisa mempengaruhi otot dan sendi. Luka jenis ini sangat memerlukan penanganan dari dokter.

4. Bekas Luka Atrofik

jenis bekas luka_artrofik

* sumber: www.elsevier.es

Selain ketiga jenis bekas luka di atas, ada pula bekas luka atrofik. Bekas luka ini terjadi ketika kulit tidak dapat meregenerasi jaringannya dengan tepat, sehingga membentuk sebuah lekukan seperti lubang. Bekas luka ini sangat sering terjadi setelah cacar air atau jerawat. Cara memperbaiki luka ini tentu saja dengan mengisi lubang tersebut sehingga kembali rata dengan area kulit lain. Akan tetapi, penyembuhan atrofik sebaiknya diserahkan pada dokter kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Untuk luka-luka seperti artofik, keloid atau contracture sebaiknya segera dikonsultasikan pada dokter karena akan cukup suit dihilangkan oleh sendiri. Tetapi, apabila jenis luka yang terbentuk adalah hipertrofik atau bahkan bekas lukamu belum berumur lama, kamu dapat mengurangi penampakan bekas luka dengan cara-cara berikut ini.

1. Segera Atasi

cara menghilangkan bekas luka_atasi segera (Copy)

* sumber: www.healthxchange.sg

Ketika kamu terluka, segeralah cuci luka tersebut, kemudian teteskan antispetik. Jangan sampai kamu mendiamkannya lama-lama, karena bisa menimbulkan infeksi dan peradangan yang semakin parah. Pembentukan bekas luka juga akan diminimaisir bila kamu segera mengobati lukamu.

2. Jaga Tetap Bersih

cara menghilangkan bekas luka_jaga tetap bersih (Copy)

* sumber: www.freepik.com

Layaknya kulit area lain, bekas luka juga perlu dijaga agar tetap bersih dari berbagai kotoran dan bakteri. Gunakanlah sabun yang lembut dan air dalam membersihkannya. Langkah ini juga sangat berguna dalam meminimalisir penampakan bekas luka.

3. Harus Lembab

Melewatkan Pelembab Wajah

* sumber: www.lorealparisusa.com

Benar, jangan pernah kamu membiarkan bekas luka menjadi terlalu kering. Kulit yang kering akan membuat bekas luka semakin sulit tersamarkan. Oleh karena itu, kamu harus rutin mengoleskan pelembab seperti ointment atau petroleum jelly pada bekas luka ini. Bahan pelembab tersebut juga dapat membuat kualitas kulit semakin baik.

4. Gunakan Topical Agents

Pilih Pelembab yang Tepat

* sumber: www.sheknows.com

Sudah banyak produk-produk yang dapat membantu menyamarkan penampakan bakas luka dan tak membuatnya semakin parah. Produk-produk ini sering juga disebut sebagai topical atau obat oles. Beberapa bahan yang digunakan pada obat oles penghilang bekas luka ini diantaranya silicone gel, hyaluronic acid, Centella asiatica, vitamin C, vitamin E dan masih banyak lagi.

Produk-produk ini sangat mudah didapatkan baik over the counter ataupun berdasarkan resep dokter. Kamu boleh-boleh saja kok menggunakan produk khusus penghilang bekas luka ini. Tetapi, bila produk tidak memberikan hasil positif pada bekas luka, sebaiknya segera dikonsultasikan pada dokter.

5. Pijat Lembut

cara menghilangkan bekas luka_pijat ringan (Copy)

* sumber: www.stephenmcculley.co.uk

Salah satu teknik yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan bekas luka hipertrofik adalah dengan melakukan pijatan lembut. Pijat lembut bekas luka tersebut menggunakan massage oil. Pijatan ini akan memperlancar sirkulasi darah dan memperbaiki elastisitas kulit pada area bekas luka. Bila kamu ingin mengetahui cara memijat luka yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter atau dermatologist.

6. Gunakan Sunscreen

cara menghilangkan bekas luka_pakai sunscreen (Copy)

* sumber: dermaflage.com

Bila luka sudah sembuh dan menjadi bekas luka, jangan biarkan begitu saja. Disamping kamu harus menjaga bekas luka tersbeut tetap bersih dan lembab, kamu juga perlu melindunginya dari paparan sinar matahari yang dapat memperburuk penampakan bekas luka karena hiperpigmentasi. Gunakan broad spectrum sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 khusus pada bekas luka. Jangan lupa pula untuk re-apply sunscreen 3-4 jam sekali juga kala kulit berkeringat atau basah.

7. Serahkan pada Ahli

cara menghilangkan kantung mata_konsultasi dokter (Copy)

* sumber: www.tribuneindia.com

Cara terakhir yang dapat kamu temput untuk mengembalika kulitmu yang sehat adalah dengan pergi menemui dokter atau dermatologist dan melakukan treatment yang disarankan. Beberapa in-clinic treatment yang bisa mereka lakukan untuk menghilangkan bekas luka hingga tuntas adalah dengan laser, skin filler, microdermabrasi, microneedling, atau operasi-operasi tertentu. Penanganan bekas luka pada ahli juga tak memakan waktu yang lama, lho.

8. Samarkan dengan Makeup

Bahan Dasar DIY Makeup

Bekas luka yang tak terlalu besar boleh kamu samarkan dengan makeup, kok. Kamu dapat menggunakan foundation atau concealer untuk menyamarkan warna bekas luka yang tak merata dengan kulit. Walau mungkin makeup tak dapat menyamarkan tekstur kulit bekas luka tersebut. Pokoknya, jangan ragu untuk mengaplikasikan makeup pada bekas luka di wajah.

Langkah-langkah diatas dapat membantu kamu mengurangi penampakan bekas luka. Yang terpenting adaah kamu perlu konsisten mengikuti langkah-langkah tersebut. Untuk mengobati luka bekas jerawat, kamu juga bisa mengikuti tips dan trik yang telah kami berikan di artikel ini. Semoga informasi cara menghilangkan bekas luka di wajah ini dapat bermanfaat bagi kamu semua.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

25 Responses

  1. Cara tersebut memang benar.

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bisa dengan menggunakan obat penghilang bekas luka LiquidRx skin aid.

    Terbukti bisa menghilangkan bekas luka dan keloid baik yang sudah lama atau masih baru, hilang bersih dalam seminggu…

    1. Pak kloe pakek lidah buaya bisa hilang gak .?..saya uda coba blum ada perkembangannya dok .
      Gmna ya caranya lagi dok ?.
      Bisa gak dok kloe kita sesudah pkek mentimun terus pakek lidah buaya ……setelah itu pakek madu asli lagi dok .

  2. Trimah ksih atas tips ny, akn sya cba πŸ™‚

  3. bisa hilang gak
    saya puyak bekas luka di bagi wajah, udah lama belum hilang

  4. untuk luka yang audah sangat lama dan kuka tersebut sdah kering,pakai apa bos penggobatan nya

  5. goresan d wajah pakek ap bos ngilngin nya

    1. Menghilangkan bekas luka lama di wajah

  6. dok saya sudah mrnggunakan lidah biaya tpi luka saya blm hilang”..luka pnya saya luka baru dok yang hbis kering terus mengelupas mjdi ptih..tolong solusinya dok

  7. pak saya sudah menggunakan lidah biaya tpi luka saya blm hilang”..luka pnya saya luka baru pak yang hbis kering terus mengelupas mjdi ptih..tolong solusinya pak

  8. luka yg sudah lama kering dan membekas di bagian pipi ( istilah dlm bhs jawanya belong) ini bisa hilang apa g’ dok. kalau bisa solusinya gimana

    1. Kami sarankan agar langsung periksa ke dokter. Terima kasih. πŸ™‚

  9. aku punya bekas luka yg udah putih gimana cara untuk menghilangkan nya

    1. Berikut link untuk artikel Kamini terkait bekas luka. https://kamini.id/?s=bekas+luka
      Jika tidak menemukan yang dicari, kami sarankan untuk periksa dan konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Terima kasih sudah berkunjung ke laman Kamini. πŸ™‚

  10. ku punya bekas luka yg udah putih gimana cara untuk menghilangkan nya? Awalnya kulit diwajah samping bibir ngelupas kering gitu kayak ganti kulit. Nah trs saya garuk sehingga menjadi lecet,lalu berdarah dan berkoreng. Stlh kering saya kelupas koreng nya, dan brdarah lagi. Dan skrg udh gak berkoreng tp kulitnya berbekas memerah agak putih gitu. Gmn cara menghilangkannya yah? Sudah pake salep apapun hasilnya tetep seperti itu. Terimakasi

    1. Kami sarankan untuk konsultasi dengan dokter kulit. Terima kasih. πŸ™‚

  11. Asslamualaikum wr.wb maaf mengganggu apakah luka bekas jahitan bisa hilang

    1. Kami sarankan untuk konsultasi dengan dokter. Terima kasih.

  12. Saya udh bulan bulan tp luka nya blm juga ilang,tolong kasih solusinya donk

    1. Jangan ditunda lagi, segera periksa ke rumah sakit. Semoga cepat sembuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juli 2020