kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Tubuh / 10 Cara Menghilangkan Bekas Luka agar Kembali Percaya Diri

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka agar Kembali Percaya Diri

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 26 Januari 2021

Setiap orang tentu tidak menginginkan adanya bekas luka pada tubuhnya. Namun, terkadang kita mengalami hal-hal di luar dugaan yang menyebabkan tubuh terluka dan meninggalkan bekas. Kecelakaan, jerawat, atau gigitan serangga merupakan hal yang dapat meninggalkan bekas luka.

Bekas luka menjadi bagian dari proses penyembuhan pasca terluka. Biasanya, bagian kulit yang terluka akan mengalami trauma. Kemudian, untuk membantu proses penyembuhan, tubuh akan mengeluarkan protein kolagen. Dalam fase ini pasokan darah ke jaringan yang terluka akan meningkat. Hal inilah yang menyebabkan bekas luka menjadi terangkat.

Bagi beberapa orang bekas luka dianggap mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak nyaman hingga menurunkan kepercayaan diri. Apalagi jika bekas luka berada di bagian tubuh yang dapat terlihat jelas oleh orang lain.

Untuk mengembalikan rasa percaya diri, kamu bisa mencoba 10 cara di bawah ini untuk menghilangkan bekas lukamu. Mau tahu apa saja caranya? Yuk baca sampai habis penjelasan berikut ini!

1. Konsultasi ke Dokter

 

cara menghilangkan bekas luka_Konsultasi ke Dokter

*

Cara paling aman yang bisa ditempuh untuk mengembalikan kulit mulusmu ialah dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Kamu bisa mengunjungi dokter spesialis kulit yang dekat dengan rumahmu.

Dengan melakukan konsultasi, kamu bisa mengetahui jenis bekas luka seperti apa yang kamu miliki. Sehingga dokter kulit akan fokus pada pemeriksaan fisik untuk melihat perawatan mana yang cocok untuk kamu.

Umumnya, selepas konsultasi dokter akan menuliskan resep obat, krim, atau salep yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka. Dokter pun akan memberi beberapa saran lainnya agar kulitmu kembali ke keadaan semula.

2. Gunakan Sunscreen

cara menghilangkan bekas luka_Gunakan Sunscreen

Seperti yang diketahui, sunscreen bisa membantu untuk melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari. Bekas luka baru biasanya akan sangat sensitif terhadap sinar UVA dan paparan sinar matahari bisa membuat bekas luka menjadi menggelap.

Menggunakan sunscreen untuk menghilangkan bekas luka memang tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, apalagi jika tidak dilakukan secara tertatur. Tetapi, setidaknya dengan mengoleskan sunscreen yang memiliki kandungan SPF bisa mengurangi perbedaan warna antara area luka dan kulit lainnya.

3. Pakai Gel Proaktif

cara menghilangkan bekas luka_Pakai Gel Proaktif

* sumber: id.carousell.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cara lain yang bisa kamu tempuh untuk menghilangkan luka ialah dengan mengoleskan gel pada kulitmu. Tetapi, kamu tidak boleh sembarangan mengoleskan gel. Kamu harus memerhatikan kandungan yang terdapat pada gel yang akan digunakan.

Gel yang memiliki kandungan bahan proaktif, seperti aloe vera, cepalin, dan allantoin merupakan salah satu jenis obat yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka. Gel tersebut bisa melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa membuat area luka menjadi menghitam.

Agar hasilnya maksimal, jika kamu hendak berpergian ke luar rumah, oleskan gel tersebut setengah jam sebelumnya. Dan bagi kamu yang memiliki aktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama atau harus berkegiatan di dalam air, disarankan untuk mengoleskan kembali gel ini setiap dua jam.

4. Coba Tretinoin

cara menghilangkan bekas luka_Coba Tretinoin

 

Vitamin A sudah terkenal manfaatnya yang bagus untuk merawat kulit. Salah satu krim yang memiliki kandungan vitamin A ialah Tretinoin atau Retin-A ini.

Dengan adanya kandungan vitamin A di dalamnya membuat Tretinoin mampu menghilangkan bekas luka. Tidak hanya itu, krim ini pun sekaligus membantu pertumbuhan kulit baru dengan mendorong pembentukan kolagen yang diketahui berperan untuk menutup jaringan parut bekas luka.

Jika kamu hendak menggunakan krim yang memiliki kandungan Tretinoin di dalamnya, sebaiknya oleskan saat malam hari sebelum tidur. Sebab, kulit yang diolesi krim tersebut akan menjadi lebih sensitif saat terkena paparan sinar matahari.

5. Konsumsi Antibiotik Minum

cara menghilangkan bekas luka_Konsumsi Antibiotik Minum

* sumber: cms.sehatq.com

Jika bekas luka yang kamu miliki ialah disebabkan oleh jerawat, dari yang sedang hingga parah, kamu dapat mengonsumsi obat antibiotik minum untuk mengurangi bakteri dan melawan peradangan  dari dalam tubuh.

Jika sebelumnya kamu sudah konsultasi dengan dokter, biasanya dokter akan memberikan resep obat antibiotik seperti tetrasiklin. Pastikan kamu meminum antibotik sesuai dengan resep dokter ya!

6. Pakai Krim Khusus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Alternatif lain yang bisa kamu coba ialah mengoleskan krim. Umumnya, krim yang digunakan untuk menghilangkan bekas luka terbagi menjadi dua, yaitu bleaching cream dan tanning cream.

Untuk memudarkan bekas luka gunakanlah bleaching cream, sedangkan jika ingin menggelapkan bekas luka yang warnanya putih atau lebih terang dari warna kulit kamu bisa memilih jenis tanning cream.

Eits, perlu diperhatikan ya. Kamu tidak boleh sembarang menggunakan krim penghilang bekas luka. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dan harus sesuai dengan rekomendasi dokter, mulai dari jenis, dosis, cara menggunakannya, hingga jangka waktu penggunaannya supaya kulitmu aman.

7. Terapi Laser

cara menghilangkan bekas luka_Terapi Laser

* sumber: www.klikdokter.com

Cara yang satu ini terbilang cukup menguras dompet. Meskipun demikian, laser menjadi salah satu pilihan bagus untuk memperbaiki bekas luka. Laser bekerja dengan membakar jaringan bekas luka sehingga kulit baru bisa tumbuh dan menggantikan kulit lama yang terluka.

Karena memerlukan peralatan yang tidak sembarangan, sebaiknya lakukan terapi laser di klinik yang sudah terpercaya dan petugas medis yang sudah terlatih. Sebab, jika keliru menggunakan laser bisa membahayakan kulit.

Menghilangkan bekas luka menggunakan laser tidak bisa jadi dalam satu kali kedatangan. Kamu harus rajin kembali ke klinik untuk beberapa rangkaian perawatan sampai bisa menghilangkan bekas luka secara keseluruhan.

8. Gunakan Salep

 

cara menghilangkan bekas luka_Gunakan Salep

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salep ini mungkin sudah familiar bukan di telingamu? Ya, obat yang satu ini pun bisa membantumu untuk menghilangkan bekas luka yang ada di tubuh.

Sebelum pergi untuk membeli salep sebaiknya kamu paham terlebih dahulu jenis luka yang dimiliki. Setelah itu lihat kandungan yang ada di dalamnya. Salep yang baik memiliki kandungan zat yang mempu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka, seperti asam glikolat, asam salisilat, retinol, vitamin C, dan vitamin E.

Penggunaan salep bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bekas luka. Tetapi, kamu memang perlu bersabar untuk mendapatkan hasil yang optimal. Bila menggunakan salep hasilnya masih belum memuaskan, kamu bisa pergi ke dokter spesialis kulit untuk konsultasi lebih lanjut.

9. Silicone Sheet

cara menghilangkan bekas luka_Silicone Sheet

* sumber: foryoumedical.en.made-in-china.com

Bagi kamu yang memiliki bekas luka yang menonjol, Sillicone sheet bisa menjadi solusinya. Sillicon sheet dapat menempel pada kulit dengan baik. Bahkan, teknologi silikonnya berfungsi untuk menghidrasi, melembutkan, dan menyamarkan bekas luka.

Untuk saran pemakaian sebaiknya digunakan secara teratur pada bekas luka, 12 jam sehari dalam waktu tiga bulan. Memang memerlukan waktu yang lama, tetapi itulah usaha yang bisa dilakukan agar hasilnya maksimal.

10. Scrub

cara menghilangkan bekas luka_Scrub

* sumber: cdn.medcom.id

Tidak banyak yang tahu bahwa scrub pun bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada tubuhmu, lho. Kamu hanya perlu menggosok kulit dengan spons yang sudah dibasahi air. Langkah ini biasa disebut dengan eksfoliasi.

Eksfoliasi dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat luka menjadi cepat sembuh. Tapi, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab ya setelah melakukan eksfoliasi agar kulitmu tidak menjadi kering. Selain itu, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi. Sebab, hal ini bisa saja membuat kulit kamu menjadi merah dan mengalami iritasi.

Nah, itulah cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk menghilangkan bekas luka pada tubuhmu. Tidak semua yang disarankan bisa cocok dengan kulitmu. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu agar tidak memperburuk keadaan.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram