Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Januari 2019

Masa remaja adalah waktunya manusia mencari dan mengekspresikan diri. Ada beberapa orang yang memilih menampilkan dirinya yang berani dengan menindik tubuh mereka. Lokasi tindikan sendiri bisa dimana saja. Tidak hanya di telinga, ada juga orang yang memberikan tindikan di alis, bibir, pipi, hidung, punggung, dan pusar.

Akan tetapi, karena berbagai alasan, mungkin sekarang Anda sedang mencari tahu cara menghilangkan bekas tindik. Alasan seperti bosan, menyesal, sudah menua, akan melamar pekerjaan, atau akan menikah. Ada juga yang ingin menutup bekas tindik karena lubang tindikan terluka.

Nah, Bacaterus akan memberi tahu Anda 10 cara menghilangkan bekas tindik di berbagai tempat. Sebenarnya belum ada obat yang dapat membuat lubang tindikan menutup dengan sendirinya. Tapi, Anda bisa mengecilkan, menyamarkan, dan menutup lubang tindik dengan beberapa cara di bawah ini.

10 Cara Menghilangkan Bekas Tindik

1. Lepas Tindikan

Lepas Tindikan cara menghilangkan bekas tindik

* sumber: www.newswire.com

Sebelum Anda menghilangkan bekas tindik, Anda harus melepas tindikan terlebih dahulu, dong. Setelah tindikan dilepas, bersihkan lubang anting dengan menggunakan kapas yang dicelupkan pada larutan garam.

Anda bisa juga mencuci area bekas tindikan dengan sabun antiseptik. Namun, jangan sekali-kali Anda membersihkan lubang tindik dengan alkohol karena dapat menyebabkan luka, kulit kering, dan terasa perih.

2. Perhatikan Kondisi Bekas Tindik

Perhatikan Kondisi Bekas Tindik

Setelah lubang tindik dibersihkan, kondisi lubang bekas tindikan akan terlihat dengan baik. Cara menghilangkan bekas tindik yang pertama adalah dengan memastikan lubang tindik tidak dalam kondisi luka, radang, atau infeksi. Lubang anting yang terluka ditandai dengan adanya warna kemerahan, terlihat basah, dan mungkin adanya darah.

Tanda bekas tindikan yang sedang terjadi peradangan dan infeksi adalah adanya rona kemerahan, nyeri ketika lubang tindik dipencet/ditekan, adanya nanah, hingga demam. Jika begitu, tentu Anda membutuhkan penanganan antibiotik dari dokter untuk mengobati infeksinya terlebih dahulu.

3. Kompres Air Hangat

Kompres Air Hangat

* sumber: www.girlscosmo.com

Jika kondisi lubang bekas anting biasa saja dalam artian tidak sedang luka, radang, dan infeksi, maka Anda bisa melanjutkan perawatan menghilangkan bekas tindikan. Kompreslah area lubang tindik dengan air hangat. Walaupun tidak terlihat secara kasat mata, bekas tindik biasanya menimbulkan benjolan. Nah, benjolan ini berisi cairan yang terperangkap di bawah kulit.

Untuk itulah Anda harus mengompres area tersebut dengan air panas. Karena, suhu panas dapat mengeluarkan cairan yang berada di bawah kulit tersebut. Walaupun, tentu saja benjolan itu tidak akan langsung hilang dalam satu kali perawatan. Anda bisa melakukan langkah ini dalam beberapa menit setiap harinya.

4. Massage

Massage 

* sumber: www.livestrong.com

Cara menghilangkan bekas tindik yang selanjutnya adalah dengan memijat area lubang tindik. Pijat area bagian tubuh Anda yang ditindik, baik itu di telinga, alis, pipi, pusar, dan lain-lain. Tapi, mungkin akan sulit jika lokasi tindikannya ada di lidah. Jika tindikan berada di telinga, maka pijat seluruh daun telinga Anda menggunakan minyak kecantikan seperti olive oil, minyak jojoba, atau minyak Vitamin E.

5. Lembabkan

Lembabkan 

Setelah selesai dipijat, cara menghilangkan bekas tindik yang selanjutnya adalah dengan menjaga lubang tindik tetap lembab. Area lubang bekas tindikan tidak boleh kering karena dapat menyebabkan luka dan infeksi. Untuk itu, Anda perlu mengoleskan minyak kecantikan pada lubang tindikan setiap sehabis mandi dan saat mau tidur.

Area lubang tindik yang lembab akan membuat kulit di sekitarnya lebih lembut dan aliran darah pun jadi lebih lancar. Dengan rutin melembabkan bekas tindik, sel kulit mati yang menjadi pemicu pembengkakan lubang tindik pun akan terangkat. Minyak kecantikan yang direkomendasikan untuk mengecilkan lubang tindik adalah tea tree oil. Tapi, Anda bisa juga menggunakan minyak lainnya.

6. Krim

Krim cara menghilangkan bekas tindik

* sumber: www.leaf.tv

Cara menghilangkan bekas tindik yang selanjutnya adalah dengan menggunakan krim khusus, yaitu krim untuk mengobati bawasir. Untuk Anda yang belum tahu, bawasir atau Haemmorrhoid adalah pembuluh darah balik yang menonjol keluar dari permukaan kulit atau selaput lendir. Walaupun biasanya bawasir terjadi di dubur, tidak menutup kemungkinan penyakit ini muncul di area lainnya.

Anda bisa membeli krim bawasir di apotek. Jika tidak ada krim bawasir, Anda bisa menggunakan krim kecantikan seperti Holey Butt-R juga. Oleskan krim pada area tindikan sambil dipijat-pijat, lalu biarkan saja tanpa perlu dilap atau pun dibilas. Krim ini dapat membantu Anda merekatkan kembali lubang tindikan secara berkala.

7. Bahan Alami

Bahan Alami lemon madu

* sumber: www.naturallivingideas.com

Selain langkah dan cara di atas, Anda bisa juga menggunakan bahan alami. Pada cara menghilangkan bekas tindik kali ini, Anda membutuhkan lemon atau madu. Sari lemon dapat mengobati bekas lubang tindik yang terluka, apalagi jika terjadi benjolan di tulang rawan.

Cara menggunakannya, peras ½ buah lemon, lalu campur air dengan perbandingan 1:1. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan air lemon pada area lubang tindik. Lakukan 2 – 3 kali sehari sampai lubang tindik Anda sembuh.

Selain lemon, madu juga sangat baik digunakan untuk mengecilkan lubang tindik. Madu mengandung zat-zat penyembuh alami, makanya madu sering dipakai untuk menyembuhkan luka bakar dan untuk menyamarkan bekas luka. Anda bisa mengoleskan sedikit madu pada lubang telinga sebanyak 2 – 3 kali sehari.

8. Laser

Laser

Jika lubang tindik Anda sangat lebar, mungkin akan membutuhkan waktu lama jika melakukan cara menghilangkan bekas tindik di atas. Laser adalah salah satu treatment penutup lubang tindik yang cepat. Laser juga dapat dilakukan untuk menghilangkan keloid alias pertumbuhan daging keluar di lubang tindik.

9. Operasi

Dokter Bedah

Ada cara menghilangkan bekas tindik yang lebih cepat lagi dari laser, yaitu dengan dioperasi. Langkah ini merupakan yang termahal daripada cara-cara yang sudah Bacaterus bahas di atas. Cari tahu dimana rumah sakit atau klinik yang dokter bedahnya punya reputasi baik.

10. Obat Pereda Nyeri

Obat Pereda Nyeri

Jika Anda melalui langkah laser atau bedah, selama masa penyembuhan kemungkinan akan terjadi rasa sakit. Jika Anda merasakan sakit yang tak tertahankan paska treatment menutup lubang tindik, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri dengan dosis yang dianjurkan dokter.

Itulah 10 cara menghilangkan bekas tindik yang telah Bacaterus rangkum untuk Anda. Walaupun terlihat mudah, tubuh orang itu berbeda-beda, sehingga akan menghasilkan tingkat kesembuhan yang berbeda pula. Jika Anda ingin melakukan laser dan bedah, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan. Begitu pula ketika Anda ingin mengonsumsi obat pereda nyeri. Selamat mencoba!