Cara Menghilangkan Bleaching Rambut yang Efektif dan Tepat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 21 Juni 2021

Bleaching adalah teknik pewarnaan rambut kimiawi untuk menghilangkan helai warna rambut. Proses pemutihan rambut ini dimulai dengan zat alkali yang membuka kutikula rambut. Berikutnya adalah agen oksidatif yang menembus korteks rambut dan melarutkan melanin rambut, yaitu pigmen warna alami pada rambut. Semakin lama bleaching dilakukan, semakin terang warna rambut yang didapat. 

Warna rambut bisa menjadi kuning atau kemerahan tergantung pada warna alaminya yang kemudian akan berubah menjadi pirang platinum setelah proses bleaching selesai. Pewarna yang tersisa setelah proses bleaching juga harus benar-benar dibersihkan dari rambut agar tidak membahayakan kesehatan helaian rambut dan kulit kepala.

Lalu, bagaimana jika kamu ingin warna rambut agar kembali? Adakah cara menghilangkan bleaching rambut? Jawabannya tentu saja ada.

Cara Menghilangkan Bleaching Rambut

Kamu harus tahu bagaimana cara menghilangkan bleaching secara efektif dari rambutmu sehingga kerusakan yang diakibatkan produk pemutih tersebut tidak akan terlalu parah. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan bleaching rambut sepenuhnya.

1. Perawatan Rambut

cara menghilangkan bleaching rambut_Perawatan Rambut

Perawatan rambut ini dilakukan dengan mencuci rambut menggunakan air hangat. Cara ini adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan bleaching dari rambutmu. Siapa pun yang menggunakan bleaching, harus mengetahui berapa lama produk akan menempel pada rambut. 

Jika kamu ingin menghilangkan bleaching dari rambutmu, cukup pergi ke kamar mandi dan gunakan air hangat untuk menghilangkan produk secara menyeluruh dari rambut dan kulit kepala. Dengan cara ini, kamu dapat menghilangkan bleaching bahkan sebelum efek merusaknya mulai terlihat.

2.  Menggunakan Shampo Ringan untuk Mencuci Rambut 

cara menghilangkan bleaching rambut_Menggunakan Shampo Ringan untuk Mencuci Rambut

Setelah kamu selesai membilas bleaching dari rambut secara menyeluruh, sekarang saatnya menggunakan sampo lembut untuk membersihkan rambut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bleaching benar-benar hilang. 

Ada banyak sampo ringan berkualitas tinggi yang tersedia di pasaran yang bisa kamu coba. Mencoba sampo alami, bebas dari paraben, wax, dan bahan kimia berbahaya lainnya juga bisa menjadi salah satu pilihan. Cara membersihkan bleaching dengan shampoo adalah seperti berikut:

  • Basahi rambutmu sepenuhnya dengan air hangat atau air dengan suhu sedang.
  • Tuangkan sampo ke telapak tangan dan oleskan pada rambut.
  • Pijat rambut dan kulit kepala dengan lembut menggunakan ujung jari. Pastikan kamu tidak agresif saat memijat.
  • Bilas sampo secara menyeluruh dengan air hangat.

3. Perawatan Deep Conditioning

cara menghilangkan bleaching rambut_Perawatan Deep Conditioning

Seperti yang telah diketahui, bleaching bisa merusak rambut secara permanen bila tidak dilakukan dengan tepat. Dalam situasi seperti itu, deep conditioning pada rambut bisa sangat berguna. Proses ini dapat membantu menghilangkan sisa bleaching dari rambut secara efektif, sekaligus memperbaiki kerusakan akibat zat kimia.

Kamu bisa memilih untuk melakukan perawatan deep conditioning dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:

  • Gunakan deep conditioner atau masker rambut pada rambut yang basah segera setelah mandi.
  • Biarkan minimal 25-30 menit.
  • Bilas kondisioner dari rambut secara menyeluruh dengan air hangat secukupnya.

Kamu bisa memilih untuk membeli masker rambut deep conditioning yang dijual bebas di pasaran. Sekarang, karena kamu mengetahui pentingnya deep conditioning, inilah saatnya untuk mulai memasukkannya pada perawatan rambutmu.

4. Perawatan dengan Keratin

cara menghilangkan bleaching rambut_Perawatan dengan Keratin

Kamu mungkin menyadari bahwa keratin, protein yang ditemukan di rambut kita bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut. Keratin berfungsi dalam membantu perbaikan sel-sel rambut yang rusak sekaligus menjaga kekuatan sel-sel rambut itu sendiri.

Menggunakan keratin juga merupakan cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bleaching rambut. Prosedur perawatan keratin pun terbilang cukup sederhana. Pertama, aplikasikan serum pada rambut. Selanjutnya, gunakan catokan rambut untuk meluruskan rambut yang telah dibleaching.

Saat proses meluruskan, keratin diresapkan ke dalam folikel rambut dengan panas dari alat pelurus rambut. Perawatan dengan keratin memerlukan waktu antara satu hingga dua bulan, bergantung pada seberapa sering kamu keramas.

5. Gunakan Masker Rambut & Vitamin Rambut

Untuk perawatan rambut, kamu bisa gunakan masker rambut karena masker rambut memiliki kandungan bahan-bahan yang bisa memperbaiki kerusakan rambut. Penggunaan masker rambut juga dapat menghilangkan bleaching kalau kamu rutin memakainya satu minggu sekali.

Masker rambut yang bisa kamu gunakan bergantung pada kebutuhan juga jenis rambut. Pastikan kamu memilih masker rambut yang dibutuhkan rambutmu sebelum membelinya. Selain itu, gunakan juga vitamin rambut sesudah keramas supaya kebutuhan nutrisi rambut bisa terpenuhi.

Kebutuhan nutrisi rambutmu yang terpenuhi dapat membantu mempercepat hilangnya rambut yang dibleaching. Akan tetapi vitamin rambut mempunyai efek samping, jadi perhatikan penggunaannya supaya rambut tidak tambah rusak. 

Cara Lain Menghilangkan Bleaching

Selain dari cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Masih ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bleaching rambut. Berikut ini beberapa caranya:

1. Asupan Makanan yang Seimbang

cara lain menghilangkan bleaching rambut_Asupan Makanan yang Seimbang

Cara terbaik untuk menghilangkan bleaching rambut adalah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang. Bleaching bisa hilang jika kamu memberi rambutmu asam lemak omega-3 esensial, protein, dan zat besi. 

Ini akan memastikan pertumbuhan rambut yang sehat dan memperbaiki kerusakan. Asam lemak omega-3 dapat membantumu menumbuhkan rambut secara efektif dan lebih cepat. Karena kandungan nutrisi tersebut tidak diproduksi oleh tubuh, kamu perlu makan lebih banyak ikan untuk mendapatkan hasil yang sama.

2. Kurangi Frekuensi Keramas

cara menghilangkan bleaching rambut_Kurangi Frekuensi Keramas

Cara lain untuk menghilangkan bleaching yaitu dengan mengurangi frekuensi keramas. Karena bleaching punya efek merusak, sering mencuci rambut bisa menambah kerusakan tersebut. Hal ini akan menghilangkan minyak alami dari rambut, bahkan dapat membuat rambut menjadi rapuh dan mulai patah. 

Jadi, kamu harus membatasi keramas menjadi 2-3 kali dalam seminggu. Pada saat yang sama, kamu dapat melakukan deep conditioning untuk membantu rambut pulih dari efek bleaching yang merusak.

3. Suplemen Vitamin

cara menghilangkan bleaching rambut_Suplemen Vitamin

Suplemen keratin dan Vitamin B dapat membantu menumbuhkan rambut lebih cepat. Bahan-bahan ini akan memastikan pertumbuhan rambut yang sehat sekaligus memperkuatnya pada saat yang bersamaan. Jika kamu melihat ada efek alergi ringan karena bleaching, pastikan kamu berkonsultasi dengan doktermu. 

Perawatan untuk Rambut Menggunakan Hair Toner

Bleaching berjalan seiring dengan pewarnaan. Jika dilakukan dengan tepat, kamu dapat mengubah warna rambutmu sesuai keinginan. Namun, jika dilakukan dengan tidak benar, hal ini dapat merusak rambutmu dengan hasil warna yang tidak diinginkan. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, disarankan agar kamu menggunakan hair toner untuk melawan bleaching. Hair tonic adalah produk yang bertanggung jawab untuk memperbaiki atau menyesuaikan warna rambutmu. 

Tambahkan hair toner setelah perawatan pewarna rambut. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan warna rambutmu. Hair toner adalah produk yang sempurna untuk menciptakan tampilan akhir terbaik.

Meskipun hair toner banyaknya digunakan untuk rambut pirang, rambut berwarna cokelat dan merah juga bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaannya. Hair toner seharusnya hanya berfungsi jika rambutmu di-bleaching atau diwarnai sebelumnya. 

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional sebelum menggunakan produk hair toner pada rambut yang di-bleaching. Selain itu, proses penggunaan hair toner dan bleaching juga sangat rumit. Jika dilakukan dengan tidak benar, rambutmu malah bisa rusak.

Bagaimana Cara Kerja Hair Toner?

Bagaimana Cara Kerja Hair Toner

Hair toner atau toner rambut tersedia dalam dua bentuk. Pertama adalah produk yang digunakan di salon dan diaplikasikan setelah rambut di-bleaching. Produk rambut jenis ini memungkinkan penata rambut menyesuaikan warna rambutmu dari akar hingga ujung.

Sementara toner rambut jenis kedua bisa kamu temukan pada produk perawatan rambut, utamanya untuk perawatan warna rambut di salon.

Apa pun bentuknya, toner rambut digunakan untuk menambahkan kilau alami pada rambutmu. Produk ini juga dapat melembutkan rambut dan melindungi folikel dari kerusakan. Namun, fungsi utamanya adalah menyeimbangkan warna rambutmu dari akar hingga ujung.

Sekarang, kamu pastinya sudah memiliki gambaran yang lengkap tentang mengapa kamu harus menjauhi bleaching rambut. Namun, jika sudah terlanjur, kamu bisa memilih beberapa cara yang sudah dijelaskan pada artikel ini untuk bisa menghilangkan bleaching rambut sepenuhnya.

Kiat-kiat ini akan membantumu dalam jangka panjang, tetapi kamu harus bersabar. Itu karena untuk bisa melihat hasilnya pada rambut, membutuhkan waktu. Hanya beberapa saja yang mungkin hasilnya bisa dilihat secara instan. Jadi, rawat dan lakukan rutinitas perawatan rambut secara rutin dan serius, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram