Kamini.id / Perawatan Wajah / Beragam Cara Efektif Menghilangkan Bruntusan di Dahi

Beragam Cara Efektif Menghilangkan Bruntusan di Dahi

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Oktober 2019

Salah satu masalah kulit wajah yang banyak dialami wanita adalah bruntusan. Biasanya bruntusan terjadi di bagian dahi dan tentunya akan sangat mengganggu penampilanmu. Bentuknya yang kecil-kecil tersebut membuat wajahmu terlihat kasar. Bruntusan dipicu oleh pertumbuhan bakteri yang menyumbat pada pori-pori wajah.

Tidak hanya jerawat, bruntusan juga dapat terjadi akibat cacar air, alergi, terpapar zat kimia, atau kulit terbakar. Namun jangan khawatir, ada banyak cara menghilangkan bruntusan di dahi. Mulai dari cara alami hingga cara medis. Berikut Kamini akan membagikan beberapa cara efektif untuk menghilangkan bruntusan di dahimu.

1. Kompres dengan Es Batu

Kompres dengan Es Batu

* sumber: review.bukalapak.com

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menghilangkan bruntusan adalah mengompresnya dengan es batu. Selain memberikan efek segar, es batu juga dapat mengecilkan pori-pori wajah dan meratakan bruntusan di dahi. Caranya cukup gunakan segenggam es batu dan masukkan ke dalam handuk atau waslap.

Lalu kompreskan ke dahi selama 10 menit. Disarankan menggunakan kompres es batu setiap pagi hari sebelum mencuci wajah. Jika kamu tidak memiliki es batu, kamu bisa menggunakan air dingin sebagai gantinya. Lakukan secara rutin sampai bruntusanmu hilang.

2. Lemon

Lemon

* sumber: www.thefashionspot.com

Lemon sangat populer digunakan sebagai bahan perawatan wajah yang efektif. Lemon juga bisa membantu kamu menghilangkan bruntusan di dahi. Kandungan vitamin C pada  lemon tidak hanya berkhasiat untuk mencerahkan wajah, tapi juga mengandung antiseptik dan anti-inflamasi.

Caranya iris lemon secukupnya dan gosokkan secara lembut pada bruntusan di dahi. Cukup gunakan sebanyak 1-2 kali seminggu. Cara yang satu ini sebaiknya tidak disarankan untuk kulit sensitif karena akan menimbulkan rasa perih.

3. Cuka Apel

Cuka Sari Apel

* sumber: thefast800.com

Cuka apel telah populer digunakan oleh para beauty vlogger untuk menghilangkan jerawat. Kamu juga bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bruntusan di dahi. Cuka apel mengandung asam asetat yang berkhasiat untuk menghilangkan peradangan dan infeksi kulit. Penggunaan cuka apel cocok untuk kamu yang memiliki bruntusan parah.

Sebaiknya gunakan cuka apel sebagai toner dengan cara mencampurkan air ke dalam botol yang kosong. Tuang toner cuka apel ke kapas dan diamkan selama beberapa menit. Lalu bilas dengan air bersih. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya buat campuran cuka apel dengan takaran air yang lebih banyak.

4. Masker Putih Telur

Masker Putih Telur

* sumber: www.onecountry.com

Mungkin kamu sudah mengenal manfaat masker putih telur untuk mengencangkan wajah. Tetapi putih telur juga bisa menghilangkan bruntusan di dahi. Kandungan enzim tertentu dapat menghilangkan jerawat dan membantu proses penyembuhan sel kulit. Selain itu putih telur juga membantu mengatasi noda sekaligus menyegarkan kulit.

Caranya ambil putih telur lalu kocok sampai berbusa dan kaku. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan gunakan pelembab. Lakukan cara ini sebanyak 1-2 kali sehari.

5. Oatmeal

Oatmeal

* sumber: nakita.grid.id

Oatmeal tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi juga bermanfaat untuk menghilangkan bruntusan di dahi. Oatmeal mengandung sifat anti-inflamasi dan efektif untuk kulit sensitif. Caranya blender oatmeal yang telah dicampur dengan air hangat. Lalu oleskan oatmeal ke dahi dan diamkan selama 10-15 menit hingga kering.

Lalu bersihkan wajah sambil dipijat dengan lembut. Sebaiknya lakukan secara rutin sampai bruntusan di dahi menghilang.

6. Gel Lidah Buaya

Gel Lidah Buaya

* sumber: plantshop.ae

Saat ini telah banyak produk gel lidah buaya dari luar negeri maupun lokal. Biasanya digunakan sebagai perawatan wajah maupun tubuh. Gel lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di dahi. Kandungan anti jamur, anti bakteri, anti-inflamasi, dan emolien dalam gel lidah buaya yang membuatnya efektif untuk menghilangkan bruntusan.

Kamu bisa menggunakannya sebagai pelembab atau dipakai sebagai sleeping mask. Jika tidak punya produk gel lidah buaya, kamu bisa mengambil gel dari tanaman lidah buaya.

7. Masker Tomat

Masker Tomat

* sumber: kynguyenlamdep.com

Tomat dikenal sebagai bahan alami yang ampuh menghilangkan jerawat termasuk bruntusan di dahi. Tomat mengandung asam alami yang dapat membasmi bakteri. Kamu bisa menggunakan dua cara untuk mengaplikasikan tomat. Yang pertama dengan cara diblender sampai halus dan oleskan pada wajah.

Atau cukup iris beberapa bagian tomat dan tempelkan di dahi. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih. Sebaiknya lakukan sebanyak dua kali sehari.

8. Asam Salisilat

Asam Salisilat

* sumber: beautifullyalive.org

Selain beberapa bahan alami yang telah disebutkan, kamu juga bisa menggunakan cara medis dengan mengoleskan asam salisilat. Asam salisilat dapat kamu temukan dalam produk perawatan wajah yang dijual di pasaran.

Tetapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan jangan gunakan dalam waktu yang lama atau lebih dari yang dianjurkan oleh dokter.

9. Benzoil Peroksida

Benzoil Peroksida

* sumber: www.stylecraze.com

Obat medis lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bruntusan di dahi adalah benzoil peroksida. Obat tersebut dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kelebihan minyak di wajah. Caranya oleskan pada area dahi yang mengalami bruntusan.

Sebaiknya gunakan perawatan wajah yang mengandung benzoil peroksida sekitar 2,5 persen sampai 10 persen dan ikuti petunjuk pemakaian sesuai kemasan.

10. Gunakan Skin Care dengan Benar

Gunakan Skin Care dengan Benar

* sumber: vivaglammagazine.com

Salah satu penyebab kulit bruntusan adalah penggunaan skincare yang salah. Padahal menggunakan produk skin care harus benar supaya tidak menimbulkan masalah pada kulit. Sebaiknya gunakan skin care yang tepat sesuai jenis kulitmu.

Mulai dari rutin menggunakan double cleansing yaitu cairan pembersih dan facewash. Lalu gunakan toner, serum, pelembab, dan masker sesuai kebutuhanmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar