Kamini.id / Ketiak / 10 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen

10 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Perempuan identik dengan kulit wajah yang terawat bersih, rambut hitam legam dan panjang, kulit tubuh mulus. Adanya bulu di tubuh mereka akan sangat mengganggu, terutama bulu ketiak. Maka dari itu, kali ini kamini.id akan mengulas cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen.

Kebanyakan perempuan sangat memperhatikan penampilannya, terutama di hadapan lawan jenis yang disukai. Selalu ingin tampil maksimal di setiap keadaan, sesuatu yang memang sangat wajar sekali. Itulah mengapa mereka teliti sekali terhadap setiap detail tubuh mereka, salah satu yang cukup sering dibahas adalah ketiak.

Ketiak adalah bagian tubuh yang tersembunyi, ditumbuhi rambut dan mempunyai peran yang cukup besar untuk berkontribusi pada bau tak sedap pada tubuh. Selain itu, bulu ketiak juga akan sangat mengganggu penampilan ketika kita mengenakan tanktop dan sejenisnya.

Lalu apakah perempuan tak boleh mempunyai bulu ketiak? Well, tentu saja ini selera masing-masing ya. Tapi bagi Anda yang risih dengan keberadaan bulu ketiak yang dianggap tidak feminin itu, yuk simak cara menghilangkan bulu ketiak permanen berikut ini.

Faktor Tumbuhnya Bulu Ketiak

cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen

Sebelum membahas berbagai tips menghilangkan bulu ketiak, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab tumbuhnya bulu-bulu pada ketiak tersebut. Bah berikut adalah beberapa faktor penyebabnya:

  • Faktor hormon

Setiap orang memiliki hormon yang hampir berbeda antara satu dan lainnya, hormon inilah yang berperan mempengaruhi orang memiliki bulu ketiak atau tidak.

  • Tingkat seksualitas

Seseorang yang mempunyai keinginan seksualitas tinggi pada umumnya mempunyai bulu ketiak yang cukup lebat dibandingkan dengan mereka yang biasa-biasa saja. Keep on mind ya, poin ini tidak sepenuhnya benar karena hanya mengacu pada kebanyakan orang yang mengalami.

  • Memasuki masa pubertas

Ketika memasuki masa pubertas, berbagai hormon mulai mengalami peningkatan. Salah satu efeknya adalah tumbuhnya rambut di beberapa bagian tubuh termasuk ketiak.

  • Faktor keturunan

Faktor keturunan juga dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dari bulu ketiak, apakah itu lebat, tipis, cepat, ataupun lambat.

  • Kebiasaan mencukur bulu ketiak

Meskipun masih mengundang banyak perdebatan, namun banyak yang menganggap jika terlalu sering mencukur bulu ketiak akan membuatnya tumbuh lebih cepat dari sebelumnya.

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen

Sebenarnya ketiak dapat terlihat bersih jika kita mencukurnya dengan rutin. Namun banyak orang yang malas untuk melakukannya secara terus menerus sehingga mereka lebih memilih untuk menghilangkannya secara permanen. Nah berikut adalah beberapa cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen tersebut:

1. Pepaya Tumbuk

masker pepaya

Buah yang satu ini memang dikenal baik berkhasiat untuk tubuh. Hal ini didukung dengan fakta bahwa pepaya mengandung enzim papain yang bekerja secara aktif untuk menghambat pertumbuhan bulu rambut manusia secara alami dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Pepaya sangat bagus untuk membuat kulit tubuh dan ketiak tampak mulus dan sehat alami, tanpa ditumbuhi bulu-bulu. Oh ya good readers, kandungan alami pepaya yang sangat ramah di kulit ini sangat direkomendasikan terutama untuk Anda yang mempunyai kulit yang cukup sensitif.

Treatment menggunakan buah ini pun cukup mudah, Anda hanya tinggal menyiapkan buah pepaya yang masih mentah. Haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Tambahkan bubuk kunyit secukupnya, lalu campurkan hingga merata.

Aplikasikan pada ketiak Anda. Diamkan selama 20 menit atau hingga tumbukan pepaya tadi mengering. Bilas ketiak Anda dengan air. Perawatan rutin seminggu dua kali akan membuat ketiak Anda terbebas dari bulu secara permanen.

2. Ramuan Kunyit

manfaat kunyit putih

Selain bagus digunakan bersama-sama dengan buah pepaya, ternyata kunyit mampu bekerja efektif sendirian dengan bantuan sedikit susu. Kandungan kunyit yang antiinflasi dan antibakteri pun sangat bagus untuk Anda yang khawatir dengan efek samping penggunaannya.

Cara menghilangkan rambut ketiak dengan kunyit sangat mudah. Pertama-tama ambil bubuk kunyit secukupnya lalu tambahkan sedikit susu. Aduk rata lalu aplikasikan ke ketiak Anda. Tunggu hingga kering lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

3. Waxing Tepung Jagung

Tepung Jagung

Salah satu cara cepat untuk menghilangkan bulu ketiak adalah dengan waxing. Nah proses waxing juga bisa dilakukan dengan cara tradisional. Pertama-tama siapkan tepung jagung (maizena) sebanyak 4 sdm, 3 butir telur, gula pasir 3 sdm, dan sepotong kain.

Campurkanlah ketiga bahan tersebut hingga merata kemudian oleskan di atas kulit ketiak. Setelah itu tempelkan kain di atasnya lalu diamkan hingga mengering. Setelah kering, cabut kain tersebut seperti ketika Anda melakukan proses waxing.

4. Jintan Putih

Jintan Putih

Jika Anda merasa bulu ketiak selalu tumbuh dengan cepat setelah dicukur, maka ramuan jintan putih ini sangat cocok untuk Anda coba. Caranya haluskan 20 butir jintan putih dan 3 butir kapur barus. Setelah itu campurkan keduanya beserta perasan air jeruk secukupnya. Oleskanlah ramuan ini ke kulit ketiak setelah dicukur agar proses pertumbuhan bulunya menjadi lambat.

5. Merica

Merica

Cara selanjutnya adalah merontokkan bulu ketiak secara permanen dengan bantuan merica. Pertama-tama siapkan bahan berupa 10 butir merica, 3 butir kapur barus, dan 1 sdm minyak tanah. Campurkan ketiga bahan tersebut secara merata lalu oles ke area ketiak setiap akan tidur malam.

6. Mencukur Bulu Ketiak

Cara satu ini tentunya sudah familiar buat Anda untuk urusan menghilangkan bulu-bulu. Namun dalam mencukur bulu ketiak terdapat beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar hasilnya maksimal.

Berikut adalah tips mecukur bulu ketiak untuk menghilangkannya:

  1. Pastikan kulit ketiak Anda bebas dari bintik-bintik akibat cara mencukur sembarangan
  2. Gunakan krim cukur yang Anda sukai, aplikasikan secara merata di atas bulu ketiak Anda
  3. Minimalisir terbentuk ruam dengan menarik kencang kulit ketiak ketika mencukurnya
  4. Lakukan dari bagian bawah menuju atas secara perlahan
  5. Gunakan air hangat untuk membersihkannya
  6. Pastikan tidak ada bulu ketiak yang ketinggalan untuk dicukur
  7. Taburkan bedak bayi jika terdapat ruam

7. Mencabut Bulu Ketiak

Mencabut Ketiak

Selain mencukur, Anda juga dapat menyingkirkan bulu ketiak dengan cara mencabutinya. Proses pencabutan ini bisanya menggunakan bantuan pinset. Anda harus mampu menahan rasa sakit ketika bulu tersebut tercabut satu persatu. Selain itu pastikan juga pencabutan dilakukan dengan benar agar tidak menyebabkan ketiak menjadi hitam.

8. Waxing

Waxing

Jika mencabut bulu ketiak satu persatu dirasa membuang-buang waktu, maka Anda dapat mencoba teknik waxing untuk mencabutnya secara sekaligus. Teknik waxing ini sangatlah efektif karena mampu mencabut bulu hingga akar-akarnya. Namun ingat, teknik ini bisa menyebabkan iritasi jika kulit Anda tergolong sensitif. Walaupun demikian cara menghilangkan bulu ketiak dengan waxing sangat digemari.

9. Krim Perontok

Veet Hair Removal Cream Krim Perontok Bulu

Teknologi dan pengetahuan yang semakin diperbarui membuat industri kecantikan pun semakin kreatif. Salah satunya adalah kehadiran krim perontok bulu ketiak. Jadi Anda tidak perlu susah-susah meramunya sendiri dengan bahan-bahan alami dan serangkaian prosesnya. Anda cukup membeli krim perontok ini lalu aplikasikan pada kulit ketiak.

Dengan pemakaian teratur, pada umumnya kulit ketiak Anda akan terbebas dari bulu ketiak yang membuat risih. Namun Anda harus memastikan bahwa krim perontok yang Anda gunakan tersebut tidak membuat kulit ketiak Anda iritasi. Pasalnya alih-alih ketiak mulus, justru merah atau berjamurlah yang timbul akibat salah pemilihan produk.

10. Bedak Bayi

bedak bayi

Jika Anda tak cukup percaya diri dengan cara kerja krim perontok, Anda bisa gunakan bedak bayi yang tentunya lebih aman untuk semua tipe kulit karena diproduksi khusus untuk kulit bayi. Penggunaan bedak bayi sebelum mencukur akan mengurangi resiko akibat salah mengaplikasikan alat cukur Anda.

Tapi pastikan kulit ketiak Anda benar-benar kering ketika menggunakannya. Hal ini sangat penting untuk memaksimalkan kinerja alat cukur di taburan bedak bayi Anda. Pasalnya jika basah atau lembab, maka bedak tersebut justru akan menggumpal di sana.

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Lainnya

Selain kesepuluh cara yang telah dijelaskan di atas, Kamini tahu cara menghilangkan bulu ketiak yang lainnya. Beberapa di antaranya menggunakan bahan alami namun ada juga yang berupa treatment tertentu. Berikut caranya:

11. Mentimun

Mentimun

Cara menghilangkan bulu ketiak secara alami adalah dengan menggunakan mentimun. Sayuran ini biasanya dipakai jadi masker wajah, tapi mentimun juga bisa dipakai untuk merontokkan bulu ketiak, loh!

Caranya, campurkan parutan mentimun dengan perasan jeruk nipis, aduk rata. Setelah itu, oleskan pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah, bersihkan ketiak menggunakan air hangat.

12. Lemon

Lemon

Selain mentimun, lemon adalah benda dari alam lainnya yang dapat digunakan untuk merontokkan bulu ketiak. Pasalnya, perpaduan perasan lemon, madu, dan gula dapat membuat rambut ketiak rontok serta menghambat pertumbuhan bulu seanjutnya.

13. Kapur sirih

Kapur Sirih

Kapur sirih merupakan resep turun-temurun nenek moyang untuk merawat ketiak. Kapur sirih mengandung kavinol, zat samak, karkavol, dan kadinen yang dapat menjaga kesehatan kulit. Benda ini juga berfungsi sebagai perontok bulu ketiak sekaligus mencerahkan kulit ketiak.

Anda perlu menyampurkan 1 sdm kapur sirih dengan perasan lemon hingga membentuk pasta. Nanti akan terasa hangat ketika pasta kapur sirih ditempelkan pada ketiak Anda. Ada pula kemungkinan terjadinya alergi untuk orang yang kulitnya sensitif.

14. Threading

Threading

* sumber: www.youtube.com

Cara threading adalah merontokkan bulu ketiak menggunakan benang. Hal ini biasanya ada di klinik kecantikan, salon ketiak, dan spa. Jika Anda ingin melakukannya sendiri di rumah juga bisa, karena sudah banyak video tutorialnya di YouTube.

15. Laser

Laser

Laser ketiak adalah cara merontokkan bulu ketiak yang terakhir. Proses ini tentu tidak bisa Anda lakukan sendiri di rumah, tapi harus ke klinik kecantikan khusus. Laser ketiak membutuhkan seorang ahli di bidangnya. Perawatan ini dapat benar-benar menghilangkan bulu ketiak secara menyeluruh dan merata. Akan tetapi tentu saja anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk harganya yang mahal.

Dengan ketelatenan dan kesabaran dalam merawat tempat tersembunyi tapi berpengaruh signifikan tersebut, maka Anda bisa mulai mengucapkan selamat tinggal pada bulu ketiak yang bikin gak pede tersebut.

Semoga tips dan cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen di atas sedikit banyak membantu Anda untuk tampil maksimal ya, Good Readers! Be happy, be gorgeous! Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

13 pemikiran pada “10 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen”

  1. Untuk yang pepaya, sebelumnya ketiak di cukur?

  2. Hi .. Aku sih lebih simple perawatan di Klinik Kecantikan ZAP, Harganya terjangkau.. dan tentu saja ga ada rasa sakitnya itu loh..

    • Zap lamaaaaaaaaa bgt aku udh treatmen 4 kali perasaan bknya tambah cerah malah tambah menghitam.nyesel jdnya

  3. Ada cara alami lain yang bahannya lebih simple nggak..?

  4. Apa ada cara alami lain yang bahannya lebih simple..?

  5. Kta y sih klo mencukur ama mncbut itu bisa menyebabkan kanker

  6. Bulu ketek gue terlalu lebat dan panjang, itu bikin risi. Apalagi bau keteknya itu lohhh

  7. Dengan cara mengunakan buah pupaya lebih simpel dan muda

  8. Apa bulunya akan hilang permanen,, dan tidak tumbuh lagi ??

  9. Infonya sangat membantu, apa bulunya benar2 akan hilang permanen ??

Tinggalkan komentar