Kamini.id / Cat Rambut / 10 Cara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan dengan Mudah

10 Cara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Anda suka iseng mewarnai rambut sendiri di rumah? Memang, bergonta-ganti warna rambut sendiri memang fun dan mudah. Tapi, tidak jarang cat rambut menempel di bagian tubuh Anda, seperti leher, telinga, dan yang pastinya adalah di tangan.

Atau, jika Anda bekerja di salon, tentunya Anda sering mendapatkan pelanggan yang ingin mengecat rambutnya. Walaupun Anda sudah berhati-hati, tapi pasti ada sedikit cat yang menempel pada tangan Anda. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena Kamini punya cara menghilangkan cat rambut di tangan dengan cepat. Berikut adalah beberapa benda dan cara yang bisa Anda ikuti:

1. Detergen

detergen Cara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan

* sumber: www.flickr.com

Cara menghilangkan cat rambut di tangan yang pertama dari Kamini adalah dengan menggunakan detergen. Kami sarankan untuk menggunakan detergen cair, karena detergen bubuk biasanya akan terasa panas jika terkena tangan.

Tuangkan sedikit detergen cair pada bagian tangan yang terkena noda. Gosok tangan Anda hingga cat luntur dan terhapus. Jika langkah pertama kurang dapat membersihkan cat dari tangan, coba ulang lagi dengan tambahan detergen yang lebih banyak.

Catatan: usahakan menggunakan detergen yang bebas zat pewarna dan pewangi untuk menghindari terjadinya iritasi kulit.

2. Sabun Cuci Piring

Sabun Pencuci Piring

Bahan kedua yang bisa Anda manfaatkan dalam cara menghilangkan cat rambut di tangan adalah sabun cuci piring. Sama seperti detergen, sabun cuci piring juga berkhasiat untuk mengangkat noda. Anda bisa menghilangkan bekas cat rambut di telapak tangan menggunakan sabun cuci piring, yang pasti ada di setiap rumah.

3. Pasta Gigi

Pasta gigi Cara Mengkilapkan Kuku

Selain bisa membuat gigi menjadi bersih, ternyata pasta gigi juga bisa mengangkat noda cat rambut dari tangan Anda, loh! Pasta gigi sangat efektif untuk menghilangkan cat, apalagi jika catnya masuk ke dalam kuku-kuku Anda. Caranya, bubuhkan pasta gigi pada bagian tangan Anda yang terkena cat, lalu gosoklah menggunakan tangan atau sikat gigi yang lembut.

Untuk pembilasan, sebaiknya gunakan air hangat daripada air dingin. Pasta gigi mengandung bahan-bahan yang dapat mengangkat kotoran serta sel kulit mati dari tangan Anda. Makanya, pasta gigi bisa mengangkat bersih noda cat rambut di tangan Anda.

4. Baby Oil atau Olive Oil

Baby Oil atau Olive Oil

Dua jenis minyak ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan cat rambut di tangan. Oleskan minyak bayi atau minyak zaitun pada tangan Anda, lalu biarkan semalaman. Cara ini sangat aman, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Minyak-minyak ini dengan perlahan akan menguraikan cat rambut sekaligus melembabkan kulit Anda.

Caranya adalah dengan menuangkan minyak zaitun atau minyak bayi ke bola kapas, kapas kecantikan, atau waslap. Lalu, siapkan juga sarung tangan atau kaos kaki untuk membungkus tangan Anda. Hal ini harus Anda lakukan, karena minyak akan mengotori seprai kasur kalau tangan Anda tidak dibungkus.

5. Make Up Remover

Make Up Remover

* sumber: www.bestproducts.com

Jika Anda sering menggunakan make up, Anda pasti punya pembersih make up alias make up remover. Nah, benda ini dapat digunakan juga dalam cara menghilangkan cat rambut di tangan. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, langkah ini sangat dianjurkan. Kenapa? Karena, make up remover didesain untuk digunakan pada wajah, mata, dan bibir.

Pertama-tama, tuangkan make up remover pada kapas kecantikan atau bola-bola kapas. Lalu, tekan-tekan bagian tangan yang terkena cat menggunakan kapas tersebut. Akan lebih bagus lagi jika Anda mendiamkan kapas itu di atas noda cat selama beberapa saat sebelum Anda gosok. Jika dirasa noda cat mulai larut, gosoklah cat hingga hilang.

6. Penghapus Cat

Penghapus Cat

* sumber: www.realmilkpaint.com

Cara menghilangkan cat rambut di tangan yang satu ini mungkin agak ekstrim. Yaitu, dengan menggunakan penghapus cat atau sering disebut juga sebagai thinner. Jika Anda pemilik jenis kulit yang sensitif, lebih baik hindari cara nomor 6 ini.

7. Hair Spray

Hair Spray

Anda punya hair spray di rumah? Hair spray bisa dimanfaatkan juga untuk menghapus cat rambut dari tangan Anda. Semprotan rambut ini dapat menguraikan ikatan cat rambut dengan kulit Anda. Hal ini dikarenakan hair spray mengandung alkohol. Tapi, karena tugas hair spray adalah membuat rambut kering dan kaku, maka hal tersebut berlaku juga pada kulit Anda.

Untuk itu, jangan langsung semprotkan hair spray pada kulit Anda, tapi semprotkan pada kapas. Semprotkan hair spray secukupnya pada kapas, lalu usap-usap tangan Anda yang terkena noda cat menggunakan kapas tersebut. Jangan lupa untuk membilas tangan Anda menggunakan air hangat sesudahnya, ya.

8. Soda Kue

Soda Kue baking soda

Soda kue dikenal memiliki banyak manfaat. Selain untuk membuat makanan, baking soda atau soda kue juga merupakan benda yang bisa digunakan untuk bersih-bersih. Dan, tentunya, soda kue dapat bekerja aktif untuk menghilangkan noda cat dari tangan Anda juga.

Caranya adalah dengan mencampurkan soda kue dengan detergen cair dengan perbandingan 1:1, aduk rata. Soda kue bersifat abrasif, sehingga mampu menggosok sel kulit mati dari kulit Anda yang terkena noda cat. Sedangkan detergen dapat menarik molekul cat rambut dan membersihkan kulit dengan mengangkat cat tersebut.

9. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly

Biasanya petroleum jelly digunakan untuk melembutkan kulit. Tapi, ternyata benda ini juga dapat digunakan untuk mengangkat noda cat dari kulit Anda, loh. Caranya adalah dengan menggosokkan petroleum jelly pada tangan Anda dengan gerakan memutar.

10. Abu Rokok

Abu Rokok

* sumber: www.recycleforwales.org.uk

Nah, akhirnya kita sampai di cara menghilangkan cat rambut di tangan yang ke-10. Biasanya benda ini dibuang dan dianggap remeh. Tapi, ternyata abu rokok bisa digunakan dalam cara menghilangkan cat rambut di tangan. Caranya adalah dengan membuat larutan abu rokok dan air.

Siapkan mangkuk kecil yang telah berisi abu rokok. Lalu, teteskan air sedikit demi sedikit, karena yang kita butuhkan adalah pasta abu rokok, jadi jangan sampai campurannya terlalu encer, ya. Setelah pasta abu rokok jadi, gunakan bola kapas untuk membubuhkan pasta pada tangan Anda. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci tangan Anda menggunakan sabun hingga bersih.

Ya, itu dia sepuluh cara menghilangkan cat rambut di tangan dari Kamini. Langkah-langkah ini dapat digunakan untuk semua jenis cat rambut, baik itu cat rambut permanen sekalipun. Tips agar cat rambut bisa hilang dengan cepat dari tangan Anda adalah dengan bertindak cepat sebelum cat mengering atau meresap lebih jauh ke dalam kulit Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!