Kamini.id / Membersihkan Daki / 10 Cara Menghilangkan Daki di Badan dengan Bahan Alami

10 Cara Menghilangkan Daki di Badan dengan Bahan Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Keberadaan daki di badan bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Lebih lagi jika daki tersebut membentuk flek hitam di leher, ketiak, atau bagian tubuh lainnya yang tidak tertutup pakaian. Daki sendiri terbentuk karena penumpukan keringat dan kotoran. Cara menghilangkan daki di badan gampang-gampang susah, tapi Anda bisa mengandalkan beberapa bahan alami.

Ada bahan-bahan alami yang dapat membantu Anda menghilangkan daki di badan. Selain lebih hemat, memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menghilangkan daki juga jauh lebih bagus untuk kesehatan kulit Anda. Yuk, cari tahu bahan-bahan alami untuk menghilangkan daki yang sudah dirangkum Kamini ini.

10 Cara Menghilangkan Daki di Badan dengan Bahan Alami

1. Kacang Almond

almond

Biasanya kacang almond dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kue. Akan tetapi, kacang almond ternyata bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan daki di badan. Yang Anda butuhkan adalah serbuk almond atau Anda bisa juga menumbuk kacang almond sendiri.

Apabila serbuk almond telah siap, campurkan dengan madu murni. Setelah itu, oleskan campuran almond dan madu ini ke kulit yang berdaki. Sambil dioleskan, Anda juga bisa menggosok dan memberi pijatan ringan untuk mengangkat daki dari kulit. Biarkan pasta almond dan madu ini mengering, lalu bilas dengan air hangat.

2. Kopi

Kopi

Bukan hanya sekedar nikmat untuk diminum, ternyata kopi juga bisa membantu Anda menghilangkan tumpukan daki di kulit. Gunakan bubuk kopi yang sudah digiling sendiri atau Anda bisa membeli kopi hitam yang sudah siap diseduh.

Pertama, Anda harus membasahi kulit dengan air terlebih dulu. Kemudian, usapkan bubuk kopi ini ke kulit Anda secara merata. Gosokkan bubuk kopi di kulit Anda sampai daki terkelupas. Lakukan setiap hari sampai daki di kulit benar-benar hilang. Pada perawatan ini kopi bertindak sebagai scrubbing alami untuk mengangkat daki dan sel kulit mati.

3. Minyak Zaitun

minyak zaitun

Sulit membersihkan daki di beberapa lipatan tubuh, seperti di leher, ketiak, siku, dan selangkangan? Tenang saja, Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk mengangkat daki di lipatan kulit tubuh. Namun, hangatkan minyak zaitun terlebih dahulu sebelum dipakai untuk membersihkan daki.

Ketika minyak zaitun sudah dihangatkan, oleskan di lipatan tubuh yang berdaki. Kemudian, diamkan selama 20 menit dan sesudah itu Anda bisa menggosok kulit dengan jari. Daki yang kehitaman maupun tidak kehitaman akan terlepas dengan mudah setelah diolesi dengan minyak zaitun. Sesudah proses pembersihan daki, mandilah dengan air hangat dan gunakan lotion atau pelembab setelah mandi.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Pembentukan daki juga dapat disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Cara menghilangkan daki di badan dengan bahan alami yang satu ini adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Sejak dulu hingga sekarang, lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang sangat bermanfaat.

Ambil lidah buaya yang masih segar, lalu potong menjadi dua bagian dan ambil gel lidah buayanya saja. Gosokkan gel lidah buaya ke kulit sambil diberi pijatan lembut selama 20 menit. Sesudah itu, Anda bisa mandi dengan sabun seperti biasa. Treatment dengan lidah buaya ini sebaiknya dilakukan setiap hari agar tubuh Anda bebas daki.

5. Kentang

Gunakan Kentang

Pernahkah terpikir dalam benak Anda bahwa kentang bisa menolong Anda untuk mengangkat daki yang membandel di kulit? Ada 2 cara untuk memanfaatkan kentang sebagai bahan alami untuk mengangkat daki. Cara yang pertama adalah dengan menghaluskan kentang menggunakan blender, lalu pakai sebagai masker di kulit Anda selama 15 menit, dan bilas dengan air bersih.

Sementara itu, cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencampur air lemon dengan jus kentang, lalu letakkan pasta ini ke bagian lipatan kulit yang menghitam karena daki. Apabila sudah 15 menit, gosok secara perlahan lalu bilaslah dengan air bersih.

6. Pepaya

masker pepaya

Murah dan bisa digunakan berkali-kali. Mungkin kedua alasan tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin memanfaatkan pepaya sebagai bahan alami penghilang daki. Bagaimana bisa pepaya menjadi salah satu bahan yang dapat mengangkat daki di kulit? Enzim papain di dalam pepaya dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus membuat kulit jadi nampak cerah bercahaya.


Yang harus Anda lakukan adalah menghaluskan buah pepaya dengan blender. Setelah itu, masukkan madu secukupnya ke dalam jus pepaya yang sangat kental itu. Lumuri kulit tubuh Anda dengan jus pepaya ini dan biarkan hingga mengering. Bila jus pepaya sudah kering di kulit Anda, bilas dengan air hangat sambil digosok-gosok perlahan.

7. Tepung Kacang Panjang

Tepung Kacang Panjang

Tidak banyak yang tahu bahwa tepung kacang panjang dapat digunakan sebagai pelengkap cara menghilangkan daki di badan. Tepung kacang panjang dibuat dari biji kacang panjang. Anda dapat memperoleh jenis tepung ini pasar tradisional atau toko bahan-bahan kue.

Cara penggunaan tepung ini adalah dengan mencampur tepung kacang panjang sebanyak 2 sendok makan dan air 1 sendok makan saja. Bila memungkinkan tambahkan sedikit bubuk kunyit agar ramuan ini lebih berkhasiat dalam mengangkat daki. Gosokkan pasta ini sebagai scrub ke bagian-bagian tubuh yang dirasa penuh daki. Setelah 15 menit, bilas sampai bersih dengan air.

8. Strawberry

strawberry

Buah dengan kulit yang sedikit kasar ini ternyata dapat Anda gunakan sebagai scrub alami penghilang daki, lho. Anda harus menghaluskan buah strawberry terlebih dulu, bisa dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah itu, tambahkan campuran madu ke dalam jus strawberry Anda.

Cara penggunaan jus buah strawberry ini sama dengan bahan-bahan lainnya, yakni dengan melumuri kulit dengan jus ini. Gosokkan pada kulit karena bagian kasar pada strawberry ini akan mengangkat daki dari kulit Anda. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas kulit Anda dengan air bersih.

9. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Kandungan vitamin C yang terdapat pada kulit jeruk ternyata dapat mengangkat daki yang membandel sekaligus mencerahkan kulit Anda. Namun, untuk menggunakan kulit jeruk ini diperlukan sedikit usaha untuk mengolahnya terlebih dahulu sebelum dipakai. Pertama, jemur kulit jeruk tanpa terpapar sinar matahari secara langsung.

Sesudah kulit jeruk kering, giling hingga menjadi bubuk dan tambahkan sedikit susu bubuk. Sebelum dioleskan ke kulit, tambahkan sedikit air agar menjadi pasta kental. Oleskan pasta dari kulit jeruk ini sebagai masker di tempat-tempat yang berdaki dan biarkan sampai kering sebelum dibilas dengan air.

10. Beras

Beras

Ada yang mengatakan bahwa air beras bisa membersihkan daki. Namun, ternyata tidak semudah itu. Anda bisa memanfaatkan beras sebagai penghilang daki alami, tetapi Anda harus menyangrai beras putih dulu dan tumbuk sampai menjadi bubuk.

Setelah menjadi bubuk, teteskan air perasan jeruk nipis dan aduk hingga merata. Oleskan pasta bubuk beras ini seperti memakai lulur, lalu gosok dengan ujung jari Anda sampai daki benar-benar terangkat.

10 cara menghilangkan daki di badan ini sangat murah dan menggunakan bahan-bahan yang mudah Anda dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, tak ada salahnya mencoba bahan-bahan alami ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Kalau bisaa tuliskan cara membuat dan mempergunakannya yaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020