Kamini.id / Perawatan Tubuh / 7 Cara Alami Menghilangkan Daki yang Sudah Menghitam

7 Cara Alami Menghilangkan Daki yang Sudah Menghitam

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Agustus 2019

Adanya daki yang menempel di kulit tubuh bahkan wajah memang amat sangat mengganggu penampilan. Daki biasanya membuat kulit kita tampak kusam dan kehilangan kecantikannya. Banyak orang yang rela membeli produk perawatan tubuh yang mahal untuk mengatasi masalah ini.

Tapi tahukah kamu, kalau ternyata daki yang membandel bisa dihilangkan dengan bahan alami. Nah, Kamini akan membahas tentang cara menghilangkan daki yang sudah menghitam dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut. Penasaran, gimana caranya? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini!

1. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

* sumber: www.stylecraze.com

Salah satu bahan alami yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan daki yang sudah menghitam adalah kulit jeruk. Caranya tergolong mudah, kamu hanya perlu meremukkan kulit jeruknya sampai jadi bubuk.

Kemudian, campurkan bubuk kulit jeruk tersebut dengan yoghurt yang tidak memiliki rasa tertentu alias plain yoghurt. Campurkan keduanya sampai berbentuk pasta. Jika sudah, kamu tinggal oleskan racikan pasta kulit jeruk dan yoghurt ke badanmu. Jangan lupakan bagian leher, ya.

Nah, kalau sudah, tunggulah selama kurang lebih 20 menit. Setelahnya, gosok kulitmu seperti ketika kamu menggosok lulur dari tubuh. Jika tak ada yoghurt, kamu juga boleh hanya memakai bubuk kulit jeruk yang dicampur dengan airnya, lalu oleskan langsung ke tubuh dan lehermu secara merata.

2. Teh Hijau

Selanjutnya, ada teh hijau. Ya, teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk merontokkan daki yang sudah menghitam di kulit. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu mencampurkan satu sampai dua kantung teh hijau ke dalam sebuah wadah, lalu tambahkan beberapa sendok teh madu. Campurkan kedua bahan tadi hingga menjadi pasta yang cukup kental.

Setelahnya, oleskan pasta teh hijau ke tubuhmu secara merata. Diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Kemudian, gosok perlahan-lahan dengan jari tanganmu yang sebelumnya sudah dibasahi, ya.

3. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

* sumber: pixabay.com

Kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun alias olive oil untuk membersihkan daki yang menempel di kulitmu. Nah, Kamini akan membahas cara menggunakan campuran minyak zaitun dan beberapa bahan lainnya untuk mengangkat daki dari kulit dengan mudah.

  • Minyak Zaitun dan Gula

Campurkan beberapa sendok makan minyak zaitun (gunakan extra-virgin olive oil) dan beberapa sendok teh madu di dalam sebuah wadah. Kemudian tambahkan air jeruk secukupnya. Oleskan campuran minyak zaitun ke kulit tubuhmu, lalu gosok dengan tangan menggunakan gerakan melingkar. Jika sudah selesai, bilas dengan menggunakan air bersuhu hangat.

  • Minyak Zaitun yang Dihangatkan

Selain dicampur dengan gula, kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun yang sudah dihangatkan sebelumnya. Setelahnya, oleskan minyak zaitun dan gosokkan ke kulit secara perlahan.

Diamkan olesan minyak zaitun tersebut selama dua puluh menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih. Selanjutnya, kamu boleh mandi seperti biasa. Usahakan untuk mandi dengan menggunakan air hangat, ya.

  • Minyak Zaitun dan Garam

Minyak zaitun dan garam juga bisa kamu andalkan untuk mengusir daki dari kulit kamu. Caranya, campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 2:1, kemudian aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan ke tubuh dan leher kamu dan gosok perlahan. Jika sudah selesai, kamu tinggal bilas dengan air bersih.

  • Minyak Zaitun dan Oatmeal

Selain bisa dikonsumsi sebagai menu diet sehat, oatmeal juga dapat kamu jadikan scrub untuk mengangkat daki dari tubuh dengan cepat. Cukup campurkan oatmeal dan minyak zaitun, kemudian oleskan ke kulit kamu menggunakan jari tangan dengan gerakan melingkar.

Jika sudah, tunggu racikan campuran minyak zaitun dan oatmeal-nya mengering di kulit kamu tadi. Lalu, bilas dengan menggunakan air hingga bersih, ya.

4. Kopi

Giling Kopi cara membuat kopi hitam yang mantap

* sumber: www.colourbox.com

Kalau kamu punya bubuk kopi di rumah, kamu bisa mencampurnya dengan beberapa bahan untuk dijadikan scrub perontok daki yang sudah menghitam. Nah, Kamini akan membahas cara membuat scrub dari bubuk kopinya buat kamu. Let’s check this out!

  • Kopi dan Minyak Almond

Cara membuat scrub dari bubuk kopi dan minyak almond ini tergolong mudah. Cukup siapkan tiga sendok makan bubuk kopi, satu sendok makan minyak almond, madu dan gula pasir bertekstur halus ke dalam sebuah wadah sampai berbentuk pasta.

Kemudian, aplikasikan ke kulit tubuhmu, terutama di bagian-bagian lipatannya seperti siku. Lalu tunggu selama kurang lebih sepuluh menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat.

  • Air Seduhan Kopi

Nggak cuma kopi bubuk yang dicampur bahan-bahan seperti minyak almond atau madu, kamu juga bisa memanfaatkan air seduhannya untuk dijadikan scrub atau lulur badan yang bisa memusnahkan daki yang membandel. Caranya, seduh bubuk kopi dengan menggunakan air bersuhu hangat.

Lalu, oleskan air seduhan kopinya ke seluruh tubuh kamu atau bagian kulit yang berdaki saja. Setelah itu biarkan air seduhan kopinya mengering di kulitmu. Jika sudah kering, gosoklah bubuk kopinya sampai daki yang ada di kulit ikut terkelupas.

Eits, tapi hati-hati saat menggosoknya, ya. Jangan gosok terlalu keras. Nah, setelahnya kamu hanya perlu membilas tubuh dengan air bersih, kemudian mandi. Mudah sekali, bukan? Cara ini bisa kamu lakukan kalau kamu nggak punya stok minyak almond di rumah.

  • Ampas Kopi dan Garam

Selain air seduhan kopi dan campuran bubuk kopi dengan minyak almond, kamu juga bisa mencampurkan ampas kopi dan garam untuk disulap menjadi scrub peluruh daki. Ya, cukup campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 2:1, lalu oleskan ke kulitmu. Setelah daki rontok, langsung bilas dengan air bersih.

5. Buah Pepaya

cara menghilangkan daki yang menghitam pepaya

* sumber: 2.bp.blogspot.com

Nah, cara lain untuk membasmi daki yang menghitam dari kulit adalah dengan menggunakan buah pepaya. Caranya mudah, kok. Cukup haluskan buah pepayanya sampai menjadi jus. Kemudian beri tambahan madu dan oleskan langsung ke kulit yang berdaki.

Setelah itu, tunggu sampai masker buah pepayanya mengering di kulit kamu. Jika sudah kering, gosok-gosok kulitmu secara perlahan. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

6. Lidah Buaya

cara menghilangkan daki yang sudah menghitamLidah Buaya

Bukan cuma mengatasi masalah di rambut, lidah buaya alias aloe vera juga terkenal ampuh untuk mengatasi segala jenis masalah yang menimpa kulit wajah maupun tubuh kita, termasuk masalah daki yang membandel.

Caranya, cukup siapkan satu buah lidah buaya. Sebelum mengaplikasikan gel lidah buaya di kulit, usahakan untuk menghilangkan daki terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, ambil gel dari lidah buaya yang telah dipotong atau dikupas sebelumnya.

Oleskan gel lidah buaya secukupnya pada kulit yang berdaki. Lalu tunggu selama setengah hingga satu jam sampai olesan tersebut kering. Jika olesan lidah buayanya sudah kering, bilas kulit kamu dengan menggunakan air dingin.

7. Mentimun

cara menghilangkan daki yang sudah menghitam Mentimun

Mentimun yang punya segudang manfaat untuk kecantikan kulit juga bisa kamu andalkan, nih. Caranya, haluskan mentimun dengan menggunakan blender. Namun, jangan sampai benar-benar halus, ya. Kemudian, oleskan mentimunnya pada bagian kulit kamu yang banyak dakinya.

Setelah itu, tunggu sampai masker mentimunnya kering. Terakhir, bilas dengan menggunakan air sampai kulitmu bersih kembali.

Nah, sampai di sini pembahasan Kamini tentang cara menghilangkan daki yang sudah menghitam menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Gimana, kamu tertarik untuk mencoba semua racikan dari bahan-bahan yang ada di atas untuk melenyapkan daki yang membandel dari kulitmu?

Oh ya, kalau kamu punya cara lain untuk memusnahkan daki di kulit, silakan langsung sampaikan di kolom komentar yang tersedia. Dan kalau kamu ingin menghilangkan daki yang ada di ketiak, bisa ikuti cara di artikel ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar