10 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Cepat dan Mudah

Mau banyak, mau sedikit, yang namanya flek hitam pasti sangat mengganggu penampilan. Mungkin kamu pernah mencoba menutupi flek hitam dengan make up, mungkin hingga berlapis-lapis foundation dan concealer. Tapi, apa yang terjadi di balik semua makeup tersebut? Flek hitam tetap bertengger manis di sana, tidak pergi, dan tidak juga memudar.

Flek hitam atau bintik gelap atau dark spot merupakan kulit yang berubah warna karena suatu hal. Biasanya hanya beberapa bagian kulit saja yang berubah warna, dan itu bisa terjadi di mana saja, yaitu di wajah, lengan, punggung, atau bahumu.

Walaupun namanya flek hitam, noda ini tidak selalu berwarna hitam, loh! Warna yang dihasilkan dark spot bisa saja berwarna coklat, merah, abu-abu, tergantung pigmentasi kulit setiap orang.

Meskipun saat ini di pasaran banyak dijual bedak wajah yang bagus untuk menutupi flek hitam, namun alangkah baiknya jika flek hitam yang mengganggu ini benar-benar menghilang dari kulitmu.

Kamini telah mengumpulkan cara-cara menghilangkan flek hitam menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. So, hampir semuanya menggunakan bahan-bahan alami, jadi dijamin aman. Tapi, sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab terjadinya flek hitam.

Penyebab Munculnya Flek Hitam

1. Sinar Matahari

Sinar Matahari

Penyebab flek hitam yang paling utama adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Jika kamu menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, apalagi di bawah sinar matahari langsung tanpa menggunakan tabir surya sama sekali, siap-siap saja untuk mendapatkan flek hitam bermunculan di wajah.

2. Hormon

Penyebab Flek Hitam
*

Penyebab flek hitam yang selanjutnya adalah perubahan hormonal. Biasanya hal ini dialami oleh wanita, karena fluktuasi produksi estrogen dan progesteron saat wanita hamil, menggunakan pil KB, atau mengalami menopause dapat menyebabkan produksi melanin yang tidak merata. Hal inilah yang menyebabkan munculnya dark spot.

3. Facial Hair Removal

Facial Hair Removal
*

Mencukur bulu wajah memang tidak terlalu lazim dilakukan oleh orang-orang Indonesia, tapi tidak menutup kemungkinan ada saja orang yang melakukannya. Biasanya para wanita yang tidak suka memiliki kumis yang terlalu kentara suka mencukurnya.

Begitu pula dengan bulu di dahi dan pipi yang jika terlalu lebat cukup menyulitkan untuk menggunakan make up. Dan, biasanya para wanita yang akan menikah suka dicukur terlebih dahulu bulu di wajahnya supaya pangling.

Nah, pencukuran rambut wajah dengan cara apapun itu, baik itu pakai alat cukur, wax, tweez, krim, semuanya dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Mungkin kamu tidak akan merasakan rasa sakit yang kentara, hanya perih-perih sedikit ketika kamu baru selesai cukuran. Tapi, jika peradangannya semakin parah, bisa saja muncul bekas luka atau pigmentasi kulit terganggu yang berpotensi menjadi flek hitam.

4. Jerawat / Luka

Jerawat / Luka

Penyebab flek hitam yang selanjutnya adalah jerawat, bekas jerawat, dan bekas luka pada wajah. Bekas luka ini bisa berevolusi menjadi bintik gelap, bahkan ada juga yang jadi bopeng (kulit yang seakan-akan berlubang/menjorok ke dalam).

5. Usia

Usia cara menghilangkan flek hitam
*

Seiring bertambahnya usia, sel kulit tidak bereproduksi semudah dan secepat ketika masa muda. Karena tidak bisa meregenerasi kulit secara cepat lagi, makanya wajar jika flek hitam bermunculan di wajahmu.

Ya, itulah beberapa faktor penyebab munculnya flek hitam pada tubuh, khususnya pada wajah. Untuk memudarkan flek hitam yang disebabkan hormon dan usia mungkin agak sulit, tapi bukan berarti kamu menyerah begitu saja. Yuk, ketahui cara menghilangkan flek hitam dengan bahan-bahan yang ada di rumah dalam waktu singkat ala Kamini.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

1. Lakukan Double Cleansing

cara menghilangkan flek hitam_Jangan malas membersihkan kulit wajah Cara Mencegah Wajah Berminyak

Flek hitam bisa timbul akibat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Karena itu, penting untuk membersihkan wajah dengan teliti terutama kalau kamu suka menggunakan makeup untuk sehari-hari. Makeup yang enggak dibersihkan dengan benar bisa menyumbat pori-pori dan membuat kotoran di wajah enggak terangkat sempurna.

Biar hal itu nggak terjadi, kamu perlu melakukan pembersihan dengan dua langkah atau double cleansing. Langkah pertama, kamu bisa menggunakan oil based cleanser atau pembersih wajah berbasis minyak (cleansing oil, cleansing balm, etc) ataupun micellar water untuk membersihkan sisa-sisa makeup dan sunscreen. 

Setelah itu, lanjutkan pembersihan dengan menggunakan water based cleanser atau sabun muka. Lakukan pembersihan seperti biasa dan jangan lupa dibilas dengan air bersih. Cara ini sangat efektif untuk membersihkan wajah dengan sempurna biar nggak ada kotoran yang tertinggal dan menyumbat pori-pori.

2. Rutin Melakukan Eksfoliasi

cara menghilangkan flek hitam_gunakan exfoliation toner (Copy)
*

Ternyata, cuci muka secara rutin aja enggak cukup untuk menghilangkan flek hitam lho! Sudah disinggung sebelumnya kalau salah satu penyebab flek hitam adalah penumpukan sel-sel kulit mati. Karena itu, cara lain yang juga sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan cara menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung chemical exfoliant (AHA/BHA/PHA) ataupun physical exfoliant (scrub,handuk,dll) secara rutin 1x seminggu ataupun 2-3x seminggu. Dengan melakukan eksfoliasi, sel kulit mati yang menumpuk bisa terangkat dan kulit bisa beregenerasi dengan lebih cepat dan lebih baik.

3. Gunakan Retinol

cara menghilangkan flek hitam_jangan lupa pelembab (Copy)

Retinol bisa dipakai untuk menghilangkan flek hitam? Bisa! Retinol memang lebih banyak direkomendasikan untuk perawatan anti aging karena kemampuannya meregenerasi kulit. Enggak cuma garis-garis halus di wajah yang bisa diatasi, flek hitam juga bisa teratasi. Retinol membantu mengembalikan kondisi kulit sehingga flek hitam bisa perlahan-lahan hilang.

4. Tambahkan Face Oil

Face Oil

Beberapa essential oil punya khasiat tertentu, salah satunya untuk menghilangkan flek hitam. Essential Oil atau minyak essensial yang bisa kamu coba untuk menghilangkan flek hitam adalah Tamanu Oil. Minyak Tamanu dikenal mempunyai kemampuan menyembuhkan. Karena itu, minyak ini bisa dioleskan ke bagian yang bermasalah untuk menghilangkan flek hitam.

5. Gunakan Serum dengan Bahan Pencerah

cara menghiangkan flek hitam

Menghilangkan flek hitam memang butuh kesabaran ekstra. Salah satu penyebab flek hitam lainnya adalah kandungan melanin yang berlebihan pada kulit. Untuk mengatasinya kamu bisa coba menggunakan serum yang mengandung bahan pencerah. Saat memilih serum pencerah ini, kamu perlu memperhatikan kandungannya.

Kandungan-kandungan yang bisa mencerahkan dan memudarkan flek hitam beberapa diantaranya adalah Alpha Arbutin, Gluthathione, Niacinamide, Licorice, dan Tranexamic Acid. Karena kandungan-kandungan tersebut tergolong kandungan aktif, penggunaannya perlu diseimbangkan dengan kandungan yang menangkan dan menghidrasi sehingga kulit nggak iritasi.

6. Hindari Paparan Langsung Sinar Matahari

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Cepat dan Mudah 11
*

Faktor utama yang menyebabkan timbulnya flek hitam adalah paparan sinar matahari. Kulit yang terpapar sinar matahari akan mudah menimbulkan kemerahan, kulit kering akibat hilangnya air dalam tubuh, serta menimbulkan hiperpigmentasi pada kulit. Karena itu, penting untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.

Kamu bisa menggunakan topi atau masker kalau kulit terpapar sinar matahari langsung. Hindari juga waktu-waktu saat matahari lagi terik-teriknya yakni di atas jam 9 pagi sampai jam 2 siang. Paparan matahari secara langsung bisa bikin flek hitam makin menonjol bahkan menimbulkan flek baru. Gunakan sunscreen jika memang kamu harus berkegiatan di luar.

7. Jaga Pola Makan

Pola Makan diet
*

Siapa bilang menjaga pola makan hanya perlu dilakukan untuk diet? Menjaga pola makan punya manfaat lainnya, salah satunya adalah menjaga kulit agar tetap sehat. Kulit yang sehat membuat segala produk skincare yang kita gunakan bisa bekerja dengan lebih efektif. Karena itu, jangan ragukan khasiat pola makan yang benar untuk kulit ya!

8. Re-Apply Sunscreen

Review somethinc sunscreen corrector serum_cara pakai_

Enggak cukup hanya dengan menggunakan sunscreen, flek hitam bisa sewaktu-waktu terpapar sinar matahari mengingat daya tahan sunscreen memang enggak terlalu lama. Makanya, kamu perlu re-apply sunscreen agar kulit tetap terlindungi. Re-apply sunscreen bisa dilakukan 2 sampai 3 kali. Tapi, kalau kamu lagi ada di dalam ruangan, kamu cukup re-apply sunscreen satu kali saja.

9. Treatment di Klinik Kecantikan

Peeling dan Facial Scrub Sendiri atau di Klinik
*

Terkadang, ada faktor-faktor lain yang menyebabkan flek hitam sulit hilang. Kalau sudah begini, kamu bisa minta bantuan dokter kecantikan di klinik. Kamu bisa melakukan berbagai treatment yang mereka tawarkan di klinik. Tapi, biasanya, biaya perawatan di klinik bisa cukup pricey. Jadi, jangan lupa persiapkan dulu budget yang dibutuhkan untuk treatment sebelum kamu berkunjung ke klinik ya!

10. Bersabar

sabar perempuan wanita
*

Terakhir, enggak ada proses yang instan. Jadi, bersabar aja ya! Jangan sampai tergiur untuk menggunakan krim abal-abal hanya karena kamu enggak sabar nungguin hasilnya. Daripada nantinya mukamu malah rusak, lebih baik bersabar sedikit lagi, kan?

Nah, itulah 10 cara menghilangkan flek hitam dengan mudah ala Kamini. Ternyata enggak sulit untuk mengembalikan kulit jadi mulus seperti waktu muda dulu, kan? kamu bahkan bisa melakukan beberapa treatment-nya sendiri. Selain semua cara di atas, apakah kamu punya trik lainnya untuk menghilangkan flek hitam? Silahkan tinggalkan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram