Kamini.id / Flek Hitam / 10 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Cepat dan Mudah

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Cepat dan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mau banyak, mau sedikit, yang namanya flek hitam pasti sangat mengganggu penampilan. Mungkin kamu pernah mencoba menutupi flek hitam dengan make up, mungkin hingga berlapis-lapis foundation dan concealer. Tapi, apa yang terjadi di balik semua makeup tersebut? Flek hitam tetap bertengger manis di sana, tidak pergi, dan tidak juga memudar.

Flek hitam atau bintik gelap atau dark spot merupakan kulit yang berubah warna karena suatu hal. Biasanya hanya beberapa bagian kulit saja yang berubah warna, dan itu bisa terjadi di mana saja, yaitu di wajah, lengan, punggung, atau bahumu.

Walaupun namanya flek hitam, noda ini tidak selalu berwarna hitam, loh! Warna yang dihasilkan dark spot bisa saja berwarna coklat, merah, abu-abu, tergantung pigmentasi kulit setiap orang.

Meskipun saat ini di pasaran banyak dijual bedak wajah yang bagus untuk menutupi flek hitam, namun alangkah baiknya jika flek hitam yang mengganggu ini benar-benar menghilang dari kulitmu.

Kamini telah mengumpulkan cara-cara menghilangkan flek hitam menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. So, hampir semuanya menggunakan bahan-bahan alami, jadi dijamin aman. Tapi, sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab terjadinya flek hitam.

Penyebab Munculnya Flek Hitam

1. Sinar Matahari

Sinar Matahari

Penyebab flek hitam yang paling utama adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Jika kamu menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, apalagi di bawah sinar matahari langsung tanpa menggunakan tabir surya sama sekali, siap-siap saja untuk mendapatkan flek hitam bermunculan di wajah.

2. Hormon

Penyebab Flek Hitam

* sumber: www.vivantskincare.com

Penyebab flek hitam yang selanjutnya adalah perubahan hormonal. Biasanya hal ini dialami oleh wanita, karena fluktuasi produksi estrogen dan progesteron saat wanita hamil, menggunakan pil KB, atau mengalami menopause dapat menyebabkan produksi melanin yang tidak merata. Hal inilah yang menyebabkan munculnya dark spot.

3. Facial Hair Removal

Facial Hair Removal

* sumber: geekyget.com

Mencukur bulu wajah memang tidak terlalu lazim dilakukan oleh orang-orang Indonesia, tapi tidak menutup kemungkinan ada saja orang yang melakukannya. Biasanya para wanita yang tidak suka memiliki kumis yang terlalu kentara suka mencukurnya.

Begitu pula dengan bulu di dahi dan pipi yang jika terlalu lebat cukup menyulitkan untuk menggunakan make up. Dan, biasanya para wanita yang akan menikah suka dicukur terlebih dahulu bulu di wajahnya supaya pangling.

Nah, pencukuran rambut wajah dengan cara apapun itu, baik itu pakai alat cukur, wax, tweez, krim, semuanya dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Mungkin kamu tidak akan merasakan rasa sakit yang kentara, hanya perih-perih sedikit ketika kamu baru selesai cukuran. Tapi, jika peradangannya semakin parah, bisa saja muncul bekas luka atau pigmentasi kulit terganggu yang berpotensi menjadi flek hitam.

4. Jerawat / Luka

Jerawat / Luka

Penyebab flek hitam yang selanjutnya adalah jerawat, bekas jerawat, dan bekas luka pada wajah. Bekas luka ini bisa berevolusi menjadi bintik gelap, bahkan ada juga yang jadi bopeng (kulit yang seakan-akan berlubang/menjorok ke dalam).

5. Usia

Usia cara menghilangkan flek hitam

* sumber: wikybrew.com

Seiring bertambahnya usia, sel kulit tidak bereproduksi semudah dan secepat ketika masa muda. Karena tidak bisa meregenerasi kulit secara cepat lagi, makanya wajar jika flek hitam bermunculan di wajahmu.

Ya, itulah beberapa faktor penyebab munculnya flek hitam pada tubuh, khususnya pada wajah. Untuk memudarkan flek hitam yang disebabkan hormon dan usia mungkin agak sulit, tapi bukan berarti kamu menyerah begitu saja. Yuk, ketahui cara menghilangkan flek hitam dengan bahan-bahan yang ada di rumah dalam waktu singkat ala Kamini.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

1. Bersihkan Wajah dengan Tepat

cara menghilangkan flek hitam_Jangan malas membersihkan kulit wajah Cara Mencegah Wajah Berminyak

Basic step namun dapat memberikan perubahan signifikan pada kesehatan kulit, tentu saja membersihkan wajah dengan tepat. Maksudnya tepat di sini adalah dengan meyakinkan dirimu bahwa wajah benar-benar bersih dari debu, kotoran, bakteri dan sisa makeup yang kamu gunakan selama beraktivitas. Karena bila tidak, kotoran yang masih tertinggal di wajah dapat menjadi penyebab berbagai masalah kulit, tak terkecuali memperparah flek hitam.

Sangat disarankan untuk double cleasing bila ingin mendapatkan wajah yang bersih optimal. Tetapi apabila kamu bukan penggemar double cleansing, kamu bisa menggunakan gentle toner yang menggantikan peran second cleanser. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah.

2. Exfoliating Toner bila Perlu

cara menghilangkan flek hitam_gunakan exfoliation toner (Copy)

* sumber: medium.com

Trik jitu cara menghilangkan flek hitam adalah dengan mempercepat laju regenerasi sel-sel kulit mati pada area tersebut. Salah satu langkah aman yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan exfoliating toner. Tapi perlu digaris bawahi, exfoliating toner sebaiknya hanya digunakan oleh pemilik kulit normal cenderung berminyak. Karena mild exfoliatior dalam formulasi toner dapat menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

3. Jangan Lewatkan Pelembab

cara menghilangkan flek hitam_jangan lupa pelembab (Copy)

* sumber: www.epiphanydermatology.com

Never skip your moisturizer! Tak peduli dalam keadaan kulit apapun. Apalagi bila kamu merasa kulit terasa kering dan rapat setelah membersihkan wajah.

Gunakan pelembab yang menghidrasi bila jenis kulitmu berminyak dengan klaim oil-free dan non-comedogenic. Sementara bagi kulit kering, jauhi pelembab dengan kandungan alkohol. Akan lebih baik bila pemilik kulit kering hanya memilih produk-produk pelembab no frills tanpa bahan tambahan apapun agar kemampuan melembabkan lebih intens pada kulit. Sementara untuk pemilik kulit sensitif, hindari pelembab dengan paraben, silikon, alkohol dan pewangi. Sebisa mungkin jauhi ingredients tersebut. Jenis kulit sensitif juga dapat memilih pelembab no frills.

4. Gunakan Produk Pencerah

cara menghilangkan flek hitam_gunakan produk pencerah (Copy)

* sumber: blogs.webmd.com

Benar, bila kamu kerepotan mencari produk dengan klaim khusus mencerahkan flek-flek hitam, you could go for ‘lightening’ or ‘brightening’ claims. Biasanya produk-produk ini juga cukup efektif dalam menyamarkan flek-flek hitam. Bahkan dengan penggunaan rutin dan berkelanjutan, warna kulit akan kembali merata dan cerah. Beberapa kandungan dalam skincare yang dapat membantu mencerahkan adalah vitamin C, licorice exctract, kojic acid, azelaic acid, ektrak betakaroten atau ekstrak pomegranat.

5. Produk Khusus Lebih Baik Lagi

cara menghiangkan flek hitam

Sebenarnya mencari produk dengan klaim khusus mencerahkan noda hitam atau flek hitam cukup sulit dicari. Sebab, memang kebanyakan klaim mencerahkan flek hitam akan dipadukan dengan klaim-klaim mencerahkan lain. Tapi jangan khawatir, bila kamu tak keberatan mencari, kamu tetap bisa menemukan produk-produk khusus untuk menghilangkan flek hitam, kok Produk ini akan berfokus pada menhilangkan flek-flek hitam yang menganggu penampilanmu.

6. Sunscreen? Of Course!

* sumber: www.allure.com

Seperti dikutip dari laman SELF  “at the end of the day, prevention-with sunscreen is the key”. Benar, sunscreen adalah superpower yang diperlukan dalam menghadang sinar UVA dan UVB  yang menjadi villain kulit. Selain menyebabkan kulit kusam, paparan sinar UV ini tentu akan memperparah keadaan flek hitam. Lagi-lagi, adalah sia-sia bila kamu menggunakan produk skincare apapun untuk memperbaiki masalah kulit apabila tak melengkapinya dengan proteksi dari sunscreen.

7. Eksfoliasi Sangat Penting

face scrub

* sumber: www.womanandhome.com

Penggunaan produk eksfoliasi seperti facial srub boleh-boleh saja dilakukan demi mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Tapi perlu diingat, sebaiknya langkah ini hanya dilakukan oleh pemilik kulit normal-kering atau normal-berminyak. Kulit sensitif sangat tidak disarankan menggunakan physical exfoliation seperti scrub.

Pilihan chemical exfoliation seperti chemical peeling sebenarnya yang paling aman untuk dipertimbangkan. Tetapi alangkah lebih baik lagi untuk mengonsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan chemical peeling yang beredar di pasaran.

8. Samarkan dengan Makeup

Campuran Base Makeup

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan penampakan flek hitam tentu saja menyamarkannya dengan makeup. Gunakan concealer, foundation dan bedak untuk menyamarkan flek hitam secara instan. Jangan ragu untuk build up produk-produk kompleksi tersebut pada area flek-flek hitam. Yang terpenting jangan sampai membuat kesan crack ataupun cakey paada area tersebut. Stay natural!

9. Jaga Nutrisi

Selalu jaga asupan nutrisi hairanmu. Janganlah hanya membenahi permasalah dari luar, kamu juga wajib memperbaikinya dari dalam. Sebab, kekurangan nutrisi dapat menghambat regenerasi kulit. Terutama bila kamu kekurangan asupan vitamin C. Menurut sebuah publikasi dalam NCBI, vitamin C bekerja dengan cara mendorong penyembuhan luka dengan menstimulasi pertumbuhan sel-sel baru. Karena itulah vitamin C sangat baik dalam regenerasi kulit.

10. Jangan Ragu untuk Konsultasi

cara menghilangkan flek hitam_konsultasi

* sumber: www.insider.com

Last but not least, jangan pernah ragu untuk mengonsultasikan masalah kulit apapun pada dokter atau dermatologist. Tak terkecuali untuk masalah flek hitam. Bila kamu sudah mencoba berbagai cara namun tak melihat perkembangan apapun, sebaiknya berkonsultasi saja pada dokter. Mereka akan mengidentifikasi permasalah kulitmu lebih tepat dan lebih teliti, dan tentu saja treatment yang dianjurkan pun akan lebih efektif.

Nah, itulah 10 cara menghilangkan flek hitam dengan mudah ala Kamini. Ternyata tidak sulit untuk mengembalikan kulit jadi mulus seperti waktu muda dulu, kan? kamu bahkan bisa melakukan beberapa treatment-nya sendiri. Selain semua cara di atas, apakah kamu punya trik lainnya untuk menghilangkan flek hitam? Silahkan tinggalkan di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. sangat brmanfaat. trimakasih byk y

  2. cara yangter baik menhilangkan noda hitam karena faktor usia atau karena sinar matahari. Diantara smua bahan bahan itu , bahan apa yang paling ampuh ?
    Papaya atau lemon ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!