Kamini.id / Jerawat / 10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Jerawat di Area Leher

10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Jerawat di Area Leher

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Oktober 2019

Jerawat bukan hanya masalah kulit bagi remaja, itu bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi semua orang. Terutama jika kamu mengalami jerawat di leher, akan lebih menyusahkan apalagi jika sudah terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Jerawat di leher biasanya di alami oleh orang yang sering berkeringat banyak dan sangat aktif secara fisik yang membuat keringat cenderung menumpuk di daerah leher. Jerawat di leher biasanya berwarna merah, nyeri dan mudah teriritasi oleh pakaian. Jerawat leher tidak berbeda dengan jenis jerawat lainnya dan umumnya disebabkan oleh penumpukan minyak pada permukaan pori-pori.

Faktor-faktor tertentu dapat berkontribusi untuk jerawat leher seperti menggosok pakaian, menggosok rambut dan kebersihan yang buruk. Tapi kamu jangan khawatir, karena jerawat di leher dapat diatasi dengan beberapa cara ampuh yang akan Kamini bahas di sini.

1. Bersihkan Lehermu dengan Benar

Bersihkan Lehermu dengan Benar

* sumber: www.today.com

Cara terbaik untuk menghilangkan jerawat di leher adalah mencuci atau membersihkannya. Coba gunakan sabun mandi lembut yang mengandung bahan asam salisilat dan berlabel non-comedogenic atau bebas minyak. Produk-produk yang mengandung non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori kulitmu. Sehingga membantu menghilangkan jerawat di leher.

Selain itu pastikan juga sabun yang digunakan bebas alkohol supaya tidak mengiritasi lehermu. Sebaiknya gunakan secara teratur supaya terhindar dari jerawat yang timbul kembali. Saat mandi, sebaiknya oleskan sabun dengan jari-jari kamu.

Hindari penggunaan waslap atau spons yang dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk jerawat. Gosok lehermu dengan lembut dan bilas dengan baik. Lalu keringkan dengan handuk bersih.

2. Gunakan Lotion yang Mengandung SPF

Jerawat di Leher

* sumber: www.facetofeet.com

Gunakan lotion atau krim untuk menghilangkan jerawat. Krim yang mengandung benzoil peroksida dapat menghilangkan jerawat hanya dalam satu atau dua hari. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lotion yang mengandung SPF lebih ringan yang tidak akan menyumbat pori-pori . Karena tabir surya biasa dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Kebanyakan orang menggunakan lotion hanya pada wajah, tetapi mengoleskannya di leher juga sangat penting untuk mengatasi jerawat.

3. Ubah Perawatan Rutinmu

Ubah Perawatan Rutinmu

* sumber: beardstyle.net

Perawatan rutin setiap hari memang sangat dibutuhkan. tetapi bulu di wajah dan rambut kamu mungkin berkontribusi pada timbulnya jerawat di leher. Jenggot dapat menahan bakteri dan minyak yang dapat membuat area leher rawan berjerawat. Sebaiknya keramas jenggot dan lakukan eksfoliasi kulit secara teratur dengan lulur eksfoliasi khusus pria.

Ini akan membersihkan jenggot dan menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Jika kamu masih mengalami jerawat leher, pilih produk pisau cukur yang baik dan gunakan krim cukur yang dibuat untuk kulit sensitif.

4. Hindari Kebiasaan Menyentuh Leher

Hindari Kebiasaan Menyentuh Leher

* sumber: www.aquiziam.com

Mungkin kamu memiliki kebiasaan menyentuh leher atau menggaruknya. Padahal tanganmu mengandung beberapa bakteri jahat meskipun kamu sudah mencuci tangan. Ketika tangan kamu menyentuh kulit, kotoran dan bakteri akan menyerap ke dalam kulit di leher.

Kebanyakan jerawat disebabkan oleh kotoran dan penumpukan bakteri, sehingga kamu harus segera menghentikan kebiasaan menyentuh leher.

5. Kenakan Pakaian yang Dapat Membuat Kulit Bernapas

Kenakan Pakaian yang Dapat Membuat Kulit Bernapas

* sumber: fashionbulb.com

Jerawat di leher kamu mungkin hasil dari acne mechanica. Acne mechanica adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh tekanan, panas, dan gesekan pakaian, helm, atau tali ransel. Mungkin kamu tidak menyadari jika pakaian atau aksesori yang menempel di bagian kepala bisa berkontribusi menimbulkan jerawat di leher.

Untuk membantu menghilangkan jerawat, mulailah hindari mengenakan pakaian berkerah ketat, syal, pakaian turtleneck yang dapat mengiritasi jerawat. Kamu bisa mengenakan atasan yang memungkinkan area leher bernapas seperti kaos.

6. Teh Hijau dan Garam Laut

Teh Hijau dan Garam Laut

* sumber: www.naturalbeautyworkshop.com

Teh hijau telah terbukti untuk mengurangi produksi minyak berlebih bahkan hingga 50 persen. Selain itu teh hijau juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mengobati jerawat di leher dengan campuran teh hijau dan garam. Caranya seduh secangkir teh hijau organik dan campurkan dengan satu sendok makan garam laut.

Campur kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta dan oleskan ke leher lalu diamkan selama lima menit hingga mengering. Lalu bilas leher dengan air hangat sampai bersih. Setelah itu oleskan pelembab ke leher untuk menghindari jerawat bertambah parah. Lakukan perawatan ini sekali sehari dan jangan menerapkannya lebih dari sekali karena akan membuat kulitmu kering.

7. Pasta Putih Telur

Pasta Putih Telur

* sumber: www.wikihow.com

Putih telur mengandung sifat anti-bakteri dan penyembuhan yang memungkinkan kamu lebih cepat sembuh dari jerawat leher. Kamu hanya membutuhkan 1 butir putih telur, satu sendok teh jus lemon segar, dan setengah sendok makan madu. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk dan kocok dengan garpu hingga berbusa.

Setelah membentuk pasta, oleskan di leher menggunakan jari-jari tangan atau menggunakan bola kapas. Biarkan selama 15 menit hingga mengering. Bilas dengan air hangat dan mandi sampai bersih. Setelah itu gunakan pelembab non-comedogenic untuk menyempurnakan perawatan ini.

8. Gunakan Asam Salisilat

Asam Salisilat

* sumber: beautifullyalive.org

Jika jerawat lehermu masih mengganggu, sudah saatnya menggunakan obat jerawat yang ampuh yaitu asam salisilat. Penelitian menunjukkan bahwa asam salisilat sangat efektif dalam mengobati jerawat ringan hingga sedang. Selain itu juga lebih mudah bereaksi pada kulit dibandingkan dengan benzoil peroksida.

Pastikan memilih produk perawatan jerawat yang tidak menghilangkan bahan aktifnya supaya asam salisilat dapat bekerja efektif untuk menghilangkan jerawat di leher.

9. Aspirin

Aspirin

* sumber: www.stylesgap.com

Aspirin mungkin terdengar cukup aneh untuk obat jerawat di leher. Tapi sebenarnya aspirin mengandung zat yang sangat mirip dengan bahan asam salisilat yang banyak ditemukan dalam obat jerawat. Obat yang satu ini bekerja dengan cara yang sama, memiliki efek anti-inflamasi untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat.

Cara yang tepat untuk menggunakan aspirin untuk menyembuhkan jerawat yaitu dicampur dengan satu sendok makan air hangat untuk membuat pasta. Atau mengoleskannya di leher dan diamkan selama lima menit hingga mengering lalu bilas sampai bersih.

10. Pertimbangkan Suntikan Steroid

Pertimbangkan Suntikan Steroid

* sumber: www.lifealth.com

Jika berbagai cara rumahan tidak membuat jerawat leher sembuh, kamu perlu periksa ke dokter untuk mempertimbangkan suntikan steroid. Karena dapat dengan cepat mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan jerawat.

Tetapi perawatan ini memiliki efek samping yang dapat menyebabkan penipisan kulit, peningkatan sensitivitas terhadap cahaya. Bahkan untuk sementara waktu dapat membuat lemak di bawah kulit kamu menjadi atrofi, sehingga membuat area kulit tersebut terlihat cekung.

Penting bagi kamu untuk merawat kulit di leher supaya tidak membuat jerawat leher semakin parah. Untungnya jerawat dapat diobati dengan sistem perawatan yang kuat khususnya untuk pria. Dokter kulit merekomendasikan untuk tidak memencet jerawat karena menyebabkan bakteri dan mikroba lain yang membuat infeksi jerawat.

Jika kamu tahu cara lain menghilangkan jerawat di leher, silahkan beri tahu kami di kolom komentar. Atasi juga jerawat yang berada di area ketiak dengan cara-cara yang terdapat dalam artikel cara mengatasi jerawat di ketiak.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar