Kamini.id / Jerawat / 8 Cara Menghilangkan Jerawat di Telinga yang Mudah Dilakukan

8 Cara Menghilangkan Jerawat di Telinga yang Mudah Dilakukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Desember 2019

Jerawat memang sangat mengganggu. Bukan hanya bisa mengurangi rasa percaya diri, jerawat juga tak jarang menimbulkan rasa perih dan sakit pada kulit. Jerawat memang masalah kulit yang umum terjadi pada semua orang terlebih pada remaja dan orang dewasa.

Selain makanan, stres dan perubahan hormon juga bisa memicu timbulnya jerawat. Rajin menggunakan produk perawatan kulit saja belum cukup. Ada baiknya, Anda juga menjaga asupan makanan dan istirahat yang cukup.

Jerawat bisa muncul dibagian tubuh manapun, terutama yang paling banyak memiliki kelenjar minyak. Masalah kulit ini bisa terjadi di wajah, punggung, leher, dada dan juga telinga. Jerawat di telinga sendiri dipicu oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya yaitu tidak menjaga kebersihan telinga dan sering menggunakan earphone yang kotor.

Hal lain yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada telinga yaitu alergi terhadap shampo atau produk rambut lain, juga karena faktor hormon. Selain itu, jerawat pada telinga juga bisa muncul karena adanya bakteri.

Bisa jadi Anda tidak teliti atau tidak rajin membersihkan telinga. Sebagai tindakan pencegahan, cobalah untuk memperhatikan kebersihan telinga. Bersihkan area telinga secara rutin untuk mencegah berkembangnya bakteri.

Jika jerawat sudah terlanjur muncul, sangat tidak disarankan untuk memencet-mencet jerawat tersebut. Karena hal itu bisa membuat bakteri menyebar ke area lain dan terjadi iritasi bahkan peradangan. Sebaiknya gunakan cara-cara dan bahan-bahan yang aman untuk menghilangkan jerawat.

Sebelum berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah untuk menghilangkan jerawat pada telinga. Cara-cara ini cukup mudah untuk dilakukan dan juga ampuh jika dilakukan dengan baik dan benar. Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Yuk, simak uraiannya.

1. Kompres Air Hangat

Kompres Air Hangat

* sumber: www.everydayhealth.com

Jika terjadi jerawat seperti bintik-bintik yang bernanah, Anda bisa coba mengompresnya dengan air hangat. Suhu yang timbul dari kompresan air hangat bisa membawa nanah dari jerawat naik ke permukaan kulit. Setelah itu biasanya jerawat tersebut langsung mengempes dan mengering.

Namun, perhatikan saat cairan dari jerawat tersebut keluar. Agar area telinga lain tidak terkena bakteri, cuci dengan cepat namun tetap hati-hati. Tentu saja untuk menghindari terjadinya iritasi di area sekitar jerawat.

2. Gunakan Witch Hazel

Gunakan Witch Hazel

* sumber: victoriasglamour.com

Witch Hazel adalah sejenis tanaman yang bisa kita jumpai di daratan Amerika. Biasanya bagian dari tanaman ini seperti daun, kulit kayu dan rantingnya diproses sedemikian rupa untuk membuat obat. Saat ini pun banyak produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan witch hazel sebagai campuran atau bahan utamanya.

Banyak manfaat yang terkandung dalam witch hazel, salah satunya mengatasi peradangan jerawat. Terdapat bahan kimia yang terkandung di dalamnya yang disebut dengan tanin. Jika diaplikasikan pada kulit, bahan kimia inilah yang membantu melawan bakteri, memperbaiki kulit yang rusak, dan mengurangi pembengkakan pada kulit.

Witch hazel sendiri bisa kita temukan dalam produk-produk skincare yang tersedia di pasaran. Baik dalam bentuk toner maupun moisturizer. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. untuk penggunaan toner, tuangkan pada kapas lalu usapkan ke area telinga yang berjerawat.

Namun jika anda lebih cocok dengan produk perawatan kulit yang bertekstur cream, Anda bisa gunakan moisturizer yang memiliki kandungan witch hazel di dalamnya.

3. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Berdasarkan penelitian, tea tree oil mengandung anti bakteri alami yang dapat mengurangi minyak berlebih dan bakteri pemicu timbulnya jerawat. Tea tree oil juga membantu memperbaiki kulit yang kemerahan dan mengalami peradangan akibat jerawat.

Tea tree oil bisa Anda gunakan dengan cara dituangkan ke kapas atau cotton bud. Kemudian oleskan pada daerah telinga yang berjerawat, yang sudah dibersihkan sebelumnya. Seperti bahan lain, tea tree oil juga harus digunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide

* sumber: www.prevention.com

Benzoyl peroxide merupakan obat luar yang digunakan untuk mengatasi jerawat baik jerawat ringan maupun sedang. Penggunaan obat ini biasanya dibarengi dengan perawatan jerawat lainnya. Ketika diaplikasikan pada kulit, benzoyl proxide akan mengurangi bakteri kotor pemicu jerawat.

Pengurangan bakteri tersebut biasanya terlihat saat kulit kita kering dan terkelupas. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun, hindari penggunaan benzoyl peroxide secara berlebihan, karena bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan iritasi.

5. Rubbing Alcohol

Rubbing Alcohol

* sumber: www.stylecraze.com

Alkohol dipercaya sebagai bahan yang mampu membuat jerawat kering lebih cepat. Selain itu sifat antiseptik dalam alkohol juga membantu membunuh bakteri yang ada pada kulit. Namun, tidak disarankan untuk menggunakan alkohol pada jerawat secara terus menerus.

Penggunaan alkohol yang terlalu sering pada jerawat bisa menimbulkan iritasi kulit dan ruam. Untuk cara penggunaan, Anda bisa gunakan cotton bud atau kapas yang telah dicelup alkohol sebelumnya pada jerawat yang terdapat pada telinga.

6. Krim Antibiotik

Krim Antibiotik

* sumber: www.healthline.com

Krim atau salep yang mengandung antibiotik juga bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan jerawat pada telinga. Anda bisa dapatkan krim ini di apotek terdekat. Namun tidak semua jenis jerawat boleh diobati dengan antibiotik. Semua itu tergantung pada seberapa parah jerawat tersebut, usia, dan riwayat kesehatan Anda.

Penggunaan antibiotik pun harus berdasarkan anjuran dokter. Tidak diperbolehkan menggunakan krim antibiotik sembarangan, karena bisa menimbulkan efek samping. Selain itu, penggunaan antibiotik pada jerawat juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Beberapa antibiotik bisa mengganggu kehamilan dan janin.

7. Produk yang Mengandung Salicylic Acid

Produk yang Mengandung Salicylic Acid

* sumber: ourmedilife.com

Belakangan ini salicylic acid cukup populer sebagai bahan dari berbagai produk skin care. Sama seperti benzoyl peroxide, salicylic acid atau asam salisilat ini juga dapat membantu menghilangkan jerawat pada kulit. Namun, jenis asam ini bekerja lebih baik dalam membersihkan pori-pori sehingga tidak menyumbat kotoran pada kulit.

Jika jerawat pada telinga bentuknya kecil seperti bruntusan, Anda bisa gunakan asam salisilat sebagai obatnya. Anda bisa temukan salicylic acid dalam wujud lotion, krim, dan cairan pembersih khusus wajah. Gunakan secara rutin untuk hasil yang lebih baik.

8. Produk yang Mengandung Vitamin A

Produk yang Mengandung Vitamin A

* sumber: www.cozzoo.com

Vitamin A mengandung antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Vitamin A bisa kita temukan pada buah-buahan dan sayuran hijau. Pada obat, kita bisa temukan kandungan vitamin A pada obat minum dan obat oles.

Produk-produk yang mengandung vitamin A ini juga sering disebut dengan retinol atau retinoid. Untuk menghilangkan jerawat dengan vitamin A, obat oles memberikan solusi yang lebih menjanjikan. Jika kita bandingkan, produk Vitamin A yang dikonsumsi secara langsung memerlukan pengawasan dokter karena bisa menimbulkan efek samping lain.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan jerawat pada telinga. Silahkan gunakan cara yang menurut Anda paling baik bagi kondisi kulit. Pernahkah Anda mengalami timbulnya jerawat pada telinga? Silahkan bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar yang tersedia. Untuk atasi jerawat di leher, baca artikel cara menghilangkan jerawat di leher ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *