Kamini.id / Perawatan Mata / Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Akhir-akhir ini kamu selalu begadang? Kurang beristirahat? Atau mata kamu tidak pernah lepas dari komputer, laptop dan juga gadget kesayanganmu? Berhati-hatilah karena hal tersebut bisa menyebabkan adanya kantung mata atau sering juga disebut dengan mata panda. Jika sudah timbul, maka kamu  harus segera mengetahui cara menghilangkan mata panda secara alami.

Istilah kantung mata atau mata panda ini sudah tidak asing lagi bagi wanita. Adanya kantung mata akan membuat penampilan terlihat kusam, tua, dan yang pasti bagi kebanyakan kaum wanita tidak akan merasa percaya diri, karena menyebabkan penampilan menjadi kurang menarik.

Maka dari itu kali ini kamini.id akan membahas cara menghilangkan kantung mata secara alami. Namun sebelum membahasnya, ada baiknya mengetahui lebih dalam mengenai mata panda dan juga hal-hal yang menyebabkan timbulnya mata panda.

Penyebab Mata Panda

cara menghilangkan kantung mata secara alami

Kantung mata atau mata panda merupakan lingkaran hitam disekitar bawah mata. Kantung mata terjadi karena adanya penyumbatan pada sirkulasi darah di sekitar mata sehingga menyebabkan mata bengkak atau timbul lingkaran hitam di area mata. Lalu, apa sajakah penyebab kantung mata ini bisa terjadi? Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkannya:

  1. Kurang tidur atau tidak bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.
  2. Karena menangis yang terlalu lama.
  3. Terlalu banyak tidur pun bisa menyebabkan timbulnya kantung mata.
  4. Faktor genetik atau faktor keturunan.
  5. Pertambahan usia. Hal ini menyebabkan lingkar mata hitam akan semakin jelas terlihat dan karena semakin bertambahnya usia, kulit menjadi mengendur.
  6. Alergi
  7. Flu atau gangguan hidung lainnya.
  8. Ketidaknormalan pada pigmentasi kulit.
  9. Terkena paparan sinar matahari.
  10. Sering merokok atau minum alkohol dan pola hidup yang tidak sehat lainnya.
  11. Kekurangan zat besi.
  12. Kelelahan.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Setelah mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata, ada baiknya kamu berusaha untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Namun apabila kantung mata terlanjur sudah timbul ada beberapa cara untuk menghilangkan kantung mata secara alami. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk menghilangkannya.

1. Tidur yang Cukup

tidur

* sumber: www.dreams.co.uk

Pernahkah kamu memerhatikan wajahmu selekas bangun tidur? Bagaimana keadaanya? Apabila kamu mendapati keadaan wajah tidak fresh termasuk dengan kantung mata, ini berarti ada yang salah dengan tidurmu. Wajah menjadi salah satu indikator tidur yang berkualitas atau tidak. Termasuk keberadaan kantung mata.

Coba untuk perbaiki kembali pola tidurmu. Misalnya tidur selama 8-7 jam, atau menjadikan tidur lebih berkualitas dengan tidak memainkan ponsel dan gadget sebelum tidur.

2. Berhenti Menggosok Mata Terlalu Keras

cara menghilangkan kantung mata_jangan gosok mata (Copy)

* sumber: www.freepik.com

Kebiasaan manggosok mata terlalu keras juga dapat memperparah keadaan kantung mata. Karenanya, hindari kebiasaan mengosok mata ini. Selain itu, kebiasaan menggosok mata dapat menyebabkan pembuluh darah di area tersebut semakin terlihat, inilah yang mengantarkan pada terbentuknya mata panda. Tak mau kan kantong matamu jadi hitam juga?

3. Kompres Dingin

cara menghilangkan kantung mata_kompres dingin (Copy)

* sumber: www.randeye.com

Ketika terbangun dan mendapai area bawah matamu berkantung, kamu bisa segera mengompresnya dengan air dingin utuk menghentikan pembengkakan. Suhu dingin dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di area mata, sehingga kemerahan akan hilang. Cara langkah ini juga mneghidarkan dari terbantuknya lingkar hitam bawah mata.

Gunakan handuk yang telah direndam di air dingin lalu tempelkan pada mata utamanya bagian yang mengalami pembengkakan. Kamu juga dapat menggunakan sendok yang telah didiginkan di kulkas dan meletakkannya di area mata. Kamu akan merasakan sendiri perubahan yang signifikan setelah mengompres.

4. Hidrasi

cara menghilangkan kantung mata_hidrasi (Copy)

* sumber: www.bbcgoodfood.com

Seperti dikutip dari healthline, salah satu penyebab kantung mata adalah karena dehidrasi. Cukup masuk akal terutama bila kamu habis menangis pada malam sebelumnya. Tubuh memerlukan penganti asupan cairan. Bila kekurangan, salah satu indikasi yang ditunjukan adalah dengan munculnya kantung mata.

Setelah menangis, jangan lupa untuk minum air yang cukup demi menggantikan cairan yang keluar lewat air matamu. Bukan hanya saat menangis saja, kamu juga wajib meminum air setidaknya 7-8 gelas dalam sehari demi menghindari dehidrasi dan mencegah timbulnya masalah lain pada tubuh.

5. Bersihkan Makeup Sampai Tuntas

Malas Menghapus Makeup

* sumber: www.get-the-look.ca

Kebiasaan membersihkan makeup asal-asalan memang tak pernah menghindarkan kulit dari berbagai masalah. Bila kamu sudah merasa cukup tidur, meminum cukup air, tetapi masih mendapati mata berkantung, kemungkinan ada yang salah dengan caramu membersihkan makeup.

Eye makeup memang bagian yang paling sulit dibersihkan, sehubungan dengan kulit daerah mata yang lebih tipis dibandingkan dengan kulit lain. Membersihkan eye makeup yang salah dan tidak bersih dapat pula menjadi asal muasal kantung mata. Karena itu, bersihkan eye makeup sampai tuntas namun tetap delicate. Gunakan cotton bud pada area-area yang sulit dibersihan seperti upper dan under lash line, kemudian pada inner corner.

6. Perhatikan Asupan Makanan

Sulit Mengontrol Asupan Makanan

* sumber: www.astroupay.com

Apakah kamu pencinta makanan asin? Jangan kaget ya, karena salah satu kebiasaan yang mempengaruhi kentung mata adalah asupan natrium pada tubuh. Asupan natrium ini paling banyak berasal dari garam. Natrium dapat menyebabkan tubuh kelebihan air. Tubuh kemudian akan berusaha menyeimbangkan baik kandungan natrium maupun kadar air dalam sel, fenomena ini disebut sebagai water retention atau fluid retention.

Sayangnya, fluid retention dapat berkontribusi pada timbulnya kantung mata. Inilah mengapa kamu perlu berhati-hati dalam mengosumsi makanan. Perhatikan asupan garam harianmu. Bila keadaan kantung matamu semakin parah, kamu dapat mencoba mengurangi konsumsi garam.

7. Gunakan Produk Penghilang Kantung Mata

* sumber: www.byrdie.com

Hingga saat ini, sudah banyak produk skincare khusus mata. Tak terkecuali untuk menghilangkan kantung mata dan lingkar hitam. Cara singkat menghilangkan kantung mata adalah dengan menggunakan produk penghilang kantung mata. Baik eye cream ataupun eye mask.

Utamnya untuk eye mask, kamu bisa coba mendinginkannya terlebih dahulu dalam kulkas sebelum menggunakannya. Hal ini dapat membuat efek shooting dan calming dari eye mask semakin terasa. Sangat berguna dalam mengurangi pembengkakan.

8. Samarkan dengan Makeup

alis makeup eyebrow

* sumber: www.unreservedmedia.com

Bila kamu memiliki lingkar hitam, makeup menjadi cara yang tepat untuk mengurangi penampakan lingkar hitam dengan instan. Samarkan lingkar hitam dengan concealer dan bedak yang cukup. Jangan terlalu berlebihan ya, demi mengurangi crack. Kamu juga dapat mengoleskan eye cream terlebih dahulu untuk merawat lingkar hitam sekaligus.

Sedangkan sedikit makeup tricks untuk menyamarkan kantung mata adalah dengan memberi ilusi agar bagian mata yang lain lebih menonjol. Contohnya kamu bisa menggunakan bulu mata yang ‘wow’, atau dengan lebih menebalkan alis agar perhatian orang hanya tertuju pada alismu. Gunakan pula shimmer atau white eyeliner di area bawah mata agar perhatian orang tak tertuju pada kantung matamu.

9. Berolahraga

cara menghilangkan kantung mata_berolahraga (Copy)

* sumber: www.suara.com

Karena kantung mata juga disebabkan karena adanya masalah sirkulasi darah pada area bawah mata, maka kita harus memperlancar sirkulasi tersebut. Salah satu cara efektif yang dapat dilakukan adalah dengan berolahraga. Olahraga juga merupakan salah satu beauty tips terbaik dalam dunia kecantikan.

Kamu tak perlu berolahraga terlalu berat, tapi perlu rutin. Cukup habiskan 30 menit perhari dengan olahraga ringan seperti jogging misalnya. Kamu akan merasakan sendiri khasiat olahraga rutin tak terkecuali pada kecantikanmu.

10. Temui Dokter

cara menghilangkan kantung mata_konsultasi dokter (Copy)

* sumber: www.tribuneindia.com

Bila kantung matamu tak kunjung mengempis, atau malah semakin parah, misalnya dengan menunjukan reaksi alergi eperti merah, gatal dan sakit, segera temui dokter. Umumnya kantung mata sendiri tidak menunjukan indikasi apapun.

Tetapi bila kantung mata tidak bisa disembuhkan dalam jangka waktu yang cukup lama, kabar buruknya kemungkinan kantung mata tersebut tak bisa dipulihkan kecuali dengan jalan operasi. Oleh karena itu, jangan ragu utuk menemui dokter bila kantung matamu menunjukan gejala tersebut.

11. Gunakan bantal yang agak tinggi

cara mengecilkan perut buncit tidur

Gunakanlah bantal yang agak tinggi ketika kamu akan pergi tidur. Fungsinya adalah untuk memperlancar peredaran darah di sekitar mata dan mencegah penumpukan aliran darah di sekitar mata.

Mudah bukan cara menghilangkan kantung mata secara alami di atas? Berbagai cara tersebut bisa kamu lakukan sendiri di rumah karena bahan-bahan maupun langkah-langkahnya sangat mudah. Semoga info kali ini dapat membantu sehingga mata kamu pun dapat terlihat segar dan cantik. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Juli 2020