10 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dengan Mudah

Seiring bertambahnya usia, tingkat elastisitas kulit manusia pun akan mengendur. Jika sudah begitu, kulit, terutama kulit wajah akan menunjukkan kerutan-kerutan tanda penuaan. Biasanya kerutan ini sangat terlihat di area mata, garis senyum, dan dahi.

Anda tidak perlu khawatir karena ada cara-cara menghilangkan kerutan di dahi. Kamini akan memberi tahu Anda 10 caranya. Tapi, sebelum itu, ketahuilah beberapa faktor penyebab terbentuknya kerutan di dahi. Karena, selain faktor usia, ada juga faktor-faktor lainnya.

Penyebab Kerutan di Dahi

1. Sering Mengerutkan Dahi & Menyipitkan Mata

Sering Mengerutkan Dahi & Menyipitkan Mata

* sumber: www.istockphoto.com

Penyebab kerutan di dahi yang pertama adalah karena Anda sering mengernyitkan alis, menyipitkan mata, dan mengerutkan dahi. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda ingin fokus melihat sesuatu, apalagi jika Anda memiliki masalah mata minus atau plus.

Hal ini juga dapat terjadi ketika Anda bingung, terkejut, keheranan, atau sedang berpikir. Secara tidak disadari, gerakan simpel sehari-hari ini dapat menimbulkan kerutan di area dahi.

2. Gaya Hidup Tak Sehat

Gaya Hidup Tak Sehat

Zaman sekarang rasanya sulit menemukan orang yang benar-benar menjalani hidup sehat. Makanan cepat saji, minuman bersoda dan beralkohol, rokok, hingga polusi merupakan santapan kita sehari-hari. Jarang olahraga dan tidur tidak cukup juga dapat mempengaruhi kerutan di dahi, loh.

3. Sinar Matahari

Sinar Matahari

* sumber: www.shutterstock.com

Semua orang pasti setuju kalau cahaya matahari sekarang sudah tidak bersahabat. Jika dulu matahari pagi merupakan nutrisi yang bagus untuk tubuh kita, sekarang, sih, sama-sama saja jahatnya. Untuk Anda yang aktif berkegiatan di luar ruangan, sangat wajib menggunakan yang namanya sunscreen alias tabir surya agar kulit Anda dapat terlindungi dari bahaya sinar matahari.

4. Kosmetik

Kosmetik

* sumber: www.pennmedicine.org

Penyebab kerutan di dahi yang selanjutnya adalah karena salah kosmetik. Setiap orang memiliki resistansi yang berbeda-beda terhadap kosmetik tertentu. Walaupun Anda memiliki kulit berminyak, belum tentu Anda cocok dengan krim for oily skin dari suatu merk, padahal orang lain dengan kulit berminyak cocok menggunakannya.

Selain itu, jika Anda careless mengenai keamanan kosmetik yang digunakan, salah-salah malah merusak kulit Anda, loh. Misalnya seperti krim pemutih wajah yang tidak terdaftar di BPOM, menggunakan make up kadaluarsa, atau menggunakan make up yang ada kandungan bahan berbahayanya.

5. Stres

Hindari stres berlebihan

Usia muda bukan berarti tidak memiliki hal yang membuat kita stres, kan? Ketika stres, kita akan lebih sering termenung dan berpikir keras. Disadari atau tidak, dahi kita akan mengkerut ketika sedang stres. Untuk itu, hindarilah hal-hal yang sekiranya dapat membuat Anda stres.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab kerutan di dahi. Sekarang, mari ketahui cara menghilangkan kerutan di dahi dengan mudah, berikut penjelasannya.

10 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi

1. Senam Wajah

Senam Wajah

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang pertama adalah dengan melakukan senam wajah. Tapi, fokuskan pada bagian dahi saja, ya. Dengan melatih otot kening, maka kulit di area kening akan jadi lebih kencang dan elastis, sehingga tidak mudah berkerut. Kalaupun sudah terlanjur berkerut, senam wajah seperti ini akan menguranginya.

2. Krim Anti-aging

Krim Anti-aging

* sumber: www.nydailynews.com

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang ke-2 adalah dengan selalu menggunakan krim anti-aging. Pasti merk skin care dan kosmetik kesayangan Anda mengeluarkan produk anti-aging, kan? Anda bisa menggunakannya untuk perawatan kulit sehari-hari.

Krim anti-aging mengandung retinol (bentuk hewani Vitamin A), Vitamin C, alpha-hydroxy acids (AHA), dan kandungan-kandungan lainnya yang sangat dibutuhkan kulit agar tetap prima. Jadi, gunakan moisturizer anti-aging sebagai pelembab wajah sehari-hari sebelum Anda menggunakan make up, ya.

3. Masker Wajah

Masker Putih Telur untuk Wajah Berjerawat

Seperti skin care dan make up yang sudah banyak memiliki label anti-aging, masker juga ada yang khusus untuk meremajakan kulit yang sudah menunjukkan tanda penuaan. Anda bisa menggunakan masker berbentuk krim, sheet, peel off, atau apa pun jenis masker favorit Anda, asal yang memiliki keterangan "anti-aging"nya.

4. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly

Kerutan di jidat pria maupun wanita bisa juga muncul karena kulitnya kering dan tidak ternutrisi dengan baik. Setiap Anda habis mencuci wajah, yaitu sebelum dan sesudah beraktivitas, aplikasikan petroleum jelly secukupnya pada dahi Anda. Ingat, secukupnya saja, ya, jangan banyak-banyak. Apalagi kalau Anda mau pergi beraktivitas dan akan mengaplikasikan make up.

Petroleum Jelly sebenarnya agak sulit diserap minyak karena konsistensinya terlalu kental. Sehingga Anda harus mengaplikasikannya secara tipis-tipis sambil dipijat agar dapat meresap ke dalam kulit dengan baik. Petroleum jelly akan menutrisi kulit di area dahi, sehingga keelastisitasannya akan kembali dan membuatnya jadi kencang serta kenyal seperti muda dulu.

5. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

* sumber: www.stylecraze.com

Sama seperti petroleum jelly, minyak zaitun juga termasuk dalam cara menghilangkan kerutan di dahi. Massage dahi Anda ke arah atas dan arah luar menggunakan minyak zaitun. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Biarkan minyak semalaman tanpa perlu dibilas. Besok paginya, barulah Anda cuci muka seperti biasa agar minyak luntur.

6. Jeruk

Jeruk cara menghilangkan kerutan di dahi

* sumber: food.ndtv.com

Segala jenis citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk-jeruk lainnya mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Bukan cuma Vitamin C, semua jeruk juga mengandung Vitamin E yang mana sangat dibutuhkan kulit.

Cara menghilangkan kerutan di dahi dan menjaga agar tidak keriput adalah dengan menggunakan jeruk sebagai masker. Anda bisa mencampur tepung jagung dengan perasan air jeruk atau pun langsung menempelkan jeruk di dahi Anda.

7. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman "monster" karena khasiatnya bisa berguna untuk apa saja, baik itu untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya terkenal sangat baik untuk kulit karena dapat menstimulan regenerasi kulit sekaligus melembutkan kulit. Cocok banget untuk masalah kerutan di dahi yang sedang Anda alami, kan?

Gosokkan lidah buaya pada kening Anda, lalu diamkan hingga gel lidah buaya meresap. Setelah itu, cuci kening Anda menggunakan air hingga bersih. Dengan rutin melakukan perawatan ini, kulit dahi Anda akan jadi lebih kencang sekaligus lembut. Perawatan ini cocok juga dilakukan untuk mencegah kulit keriput pada remaja.

8. Diet Sehat

Diet Sehat

* sumber: www.healthline.com

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang ke-8 adalah dengan menjaga pola makan Anda. Lakukanlah diet seimbang dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan dan minuman yang bergizi akan meningkatkan kandungan anti-oksidan pada tubuh, sehingga kulit pun akan terhindari dari radikal bebas. Dengan begitu, kulit Anda akan segar dan kencang seperti waktu remaja dulu.

9. Olahraga Teratur

Olahraga di kantor

Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi, tubuh Anda harus bergerak untuk jadi sehat seutuhnya. Jika Anda tidak suka berolahraga atau tidak punya waktu untuk melakukannya, Anda bisa olahraga ringan seperti jogging pada pagi hari atau stretching dan yoga.

10. Botox

Botox

* sumber: www.numbskin.com

Jika Anda mencari cara menghilangkan kerutan di dahi yang instan, ada salah satu caranya, yaitu botox. Memang, perawatan menggunakan bahan natural jauh lebih aman, tapi hasil yang diberikan tentu memakan waktu.

Jika Anda ingin buru-buru, pergilah ke dokter kecantikan profesional untuk mendapatkan suntikan botox. Ingat, harus pergi ke tempat yang sudah mendapatkan izin, ya, jangan pernah Anda melakukannya di tempat abal-abal!

Nah, itulah 10 cara menghilangkan kerutan di dahi versi Kamini. Buat Anda yang belum mengalami pengenduran kulit pun bisa melakukan cara-cara di atas sebagai pencegahan. Selain cara diatas, Anda juga bisa mencoba cara lainnya untuk menyamarkan sekaligus menghilangkan kerutan di kening seperti perawatan dengan setrika wajah. Tertarik? Share opini Anda di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram