Kamini.id / Ketombe / Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel dengan Mudah

Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kulit kepala sering gatal dan terdapat serbuk putih yang jatuh dari rambut? Itu tandanya rambutmu berketombe. Ketombe sendiri merupakan sel kulit mati yang mengelupas secara berlebihan di kulit kepala. Adanya sel kulit mati yang mengelupas dari kulit kepala memang wajar. Namun, hal tersebut jadi tidak wajar ketika jumlahnya semakin banyak dan nampak jelas di rambutmu.

Meskipun terlihat sepele, ketombe bisa membuat orang kehilangan rasa percaya diri, apalagi ketika orang tersebut menggunakan pakaian berwarna hitam. Remah-remah ketombe yang jatuh ke pakaian hitam tentu akan terlihat semakin jelas, bukan?

Untuk menghilangkan ketombe, kamu butuh cara perawatan dan produk yang ampuh. Kamini akan memberikan berbagai cara menghilangkan ketombe baik dengan produk perawatan rambut, bahan alami, sampai dengan tips perawatan rambut sederhana.

Cera Menghilangkan Ketombe dengan Mudah

Ketombe bukan masalah rambut yang serius. Kamu bisa mengandalkan sejumlah produk anti-ketombe yang banyak dijual di pasaran. Selain menggunakan produk khusus, perawatan rambut sehari-hari juga berkontribusi menghilangkan ketombe yang membandel, lho.

Agar ketombe di rambut cepat hilang, coba lakukan panduan perawatan rambut untuk menghilangkan ketombe berikut ini:

1. Atasi Rambut Berminyak

Atasi Rambut Berminyak

Ketombe bisa muncul pada rambut kering atau rambut berminyak. Akan tetapi, pemilik rambut berminyak lah yang paling berpotensi mengalami ketombe. Oleh karena itu, jika kamu memiliki jenis rambut berminyak, atasi dulu masalah rambut berminyakmu dulu. Baca artikel cara mengatasi rambut berminyak ini untuk tahu cara selengkapnya.

Apabila kamu ketombean dan rambutmu tergolong kering, saatnya kamu mencari cara untuk mengatasi rambut keringmu. Pakai shampo untuk rambut kering dan jangan lupa untuk turut menggunakan conditioner yang bagus untuk rambut kering.

2. Keramas Pakai Shampo Anti-Ketombe

Keramas Pakai Shampo Anti-Ketombe

Sangat mudah untuk menemukan shampo anti-ketombe di supermarket atau situs belanja online. Jika rambut ketombean, coba rutin mencuci rambutmu dengan shampo anti-ketombe. Carilah shampo yang paling sesuai dengan kebutuhanmu di artikel shampo penghilang ketombe.

Karena sudah cukup banyak shampo anti ketombe di luar sana, kamu mungkin akan kebingunan memilih mana yang lebih cocok dengan rambut dan kulit kepalamu. Tapi jangan khawatir, berikut adalah ingredients yang bisa kamu cari pada shampo-shampo tersebut berdasarkan kondisi rambut dan kulit kepala.

  • Zinc dan Sulfur: Kedua bahan ini merupakan ingredients yang sangat umum terdapat pada shampo anti ketombe. Karena itu cocok digunakan untuk semua karakteristik rambut terutama rambut normal dan berminyak. Baik zinc dan sulfur bekerja dengan mengurangi populasi jamur penyebab ketombe.
  • Asam Salisilat: Benar, bahan yang satu ini umumnya terdapat dalam produk jerawat, tetapi ternyata asam salisilat dapat mengurangi kulit kepala yang mengelupas. Shampo anti ketombe dengan kandungan asam salisilat sangat cocok untuk pemilik kulit kepala dan rambut yang kering.
  • Selenium Sulfida: Shampo dengan bahan ini juga cukup efektif dalam menghilangkan ketombe. Pasalnya, selenium sulfida sendiri memiliki sifat anti jamur yang sangat baik. Tapi perlu diperhatikan, selenium sulfida dapat menyebabkan discoloration (perubahan warna) pada rambut, karena itu cukup beresiko apabila digunakan oleh kamu yang rambutnya diwarnai. Jangan lupa untuk membilas hingga benar-benar bersih tiap kali keramas setelah menggunakan shampo dengan kandungan selenium sulfida.
  • Zinc Phyritone: Bahan yang satu ini sangat tepat digunakan pada rambut berketombe yang teriritasi dan kemerahan. Bahan ini memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat mereduksi populasi jamur penyebab ketombe.

Nah, jangan lupa memilih shampo dengan bahan-bahan yang bersahabat dengan keadaan rambut dan kulit kepalamu agar khasiat dan manfaat yang diberikan tepat sasaran.

3. Bilas Rambut Sampai Bersih Setelah Keramas

Keramas dengan Air Biasa

Salah satu penyebab rambut berketombe adalah residu shampo atau conditioner yang masih menempel di kulit kepala. Hal ini disebabkan karena kebiasaan membilas yang kurang bersih. Setelah keramas, bilas rambut minimal 30 detik atau lebih. Pastikan tidak ada sisa shampo dan conditioner yang masih melekat pada kulit kepala atau rambut.

4. Perawatan Secara Rutin

Creambath Secara Rutin

Creambath adalah metode perawatan rambut yang memberi stimulasi pada peredaran darah di kepala. Creambath bisa memberikan efek menenangkan bagi kita. Lakukan creambath secara rutin untuk memelihara kesehatan rambut dan kulit kepala. Perawatan yang tepat akan membantu mengurangi ketombe yang kemunculannya juga bisa disebabkan karena stres.

Kamu juga bisa menggunakan masker rambut utamanya yang berbentuk hot oil dalam mengurangi masalah ketombe. Jangan lupa untuk membaca petunjuk pemakaian produk-produk yang digunakan agar memberikan hasil yang optimal dalam mengurangi ketombe.

5. Hidrasi Kulit Kepala

Hidrasi Kulit Kepala

Sudahkah kamu meminum 8 gelas air setiap hari? Jika belum ketahuilah bahwa dehidrasi juga bisa menjadi penyebab munculnya ketombe yang membandel. Dehidrasi menyebabkan kulit kepala kering dan meningkatkan risiko ketombe. Asupan air yang cukup bisa membantu untuk mengurangi ketombe secara cepat.

Selain menghidrasi tubuh dengan minum air, kamu pun perlu melindungi kulit kepala dari paparan panas. Gunakan penutup kepala ketika kamu harus beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Selain itu, kurangi penggunaan alat styling yang menghasilkan suhu panas agar kelembaban kulit kepala tetap terjaga.

6. Jaga Asupan Nutrisi

cara menghilangkan ketombe_jaga asupan nutrisi (Copy)

* sumber: www.independent.co.uk

Jangan kaget, tetapi makanan tinggi karbohidrat dapat memperburuk keadaan ketombe. Ini juga berlaku pada makanan tinggi gula dan hasil olahan susu. Makanan tersebut dapat mendorong kelenjar sebaceous memproduksi minyak lebih banyak.

Kondisi kulit kepala berminyak merupakan tempat jamur dan bakteri penyebab ketombe berkembang biak. Karena itu akan sia-sia bila kamu melakukan perawatan anti ketombe tanpa menjaga asupan nutrisi. Makanya, kamu bisa mengurangi konsumsi makanan tersebut kala berketombe.

7. Bersihkan Kulit Kepala Saja

Kulit Kepala Kering

Salah satu cara menghilangkan ketombe adalah dengan lebih sering membersihkan kulit kepala dari minyak dan kotoran. Tapi, hal ini bukan berarti menuntutmu untuk sering keramas. Mengingat shampo anti-dandruff kebanyakan diformulasikan untuk mengangkat minyak berlebih yang terdapat pada rambut dan kulit kepala.

Akan tetapi, bila terlalu sering digunakan, shampo ini akan menyebabkan kondisi rambut yang terlalu kering. Karena itu, sebaiknya shampo hanya digunakan pada kulit kepala saja bila kamu memutuskan ingin sering keramas. Lebih baik lagi bila kam mengikuti petunjuk penggunaan yang disarankan pada produk.

8. Jangan Menggaruk

cara menghilangkan ketombe_jangan menggaruk (Copy)

* sumber: www.freepik.com

Ketombe memang tak jarang membuat kulit kepala terasa gatal. Tak ayal, kita jedi sering menggaruk pada saat berketombe. Sayangnya, kebiasaan menggaruk tak bisa menyelesaikan permasalah ketombe. Sebaliknya, kebiasaan ini dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi yang memperburuk kondisi kulit kepala.

Usahakan untuk tidak menggaruk saat kepala berketombe. Cukup pijat ringan hingga rasa gatal hilang. Cara ini juga berlaku saat keramas.

9. Batasi Produk Styling

Pakai Serum Sebelum Styling

Styling memang salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan apalagi bila hasilnya sesuai dengan harapan kita. Namun, nyatanya produk styling tak selamanya aman untuk kita gunakan.

Residu yang tertinggal dari produk styling ternyata bisa menjadi biang kerok munculnya ketombe karena menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Oleh karena itu, kamu bisa mengurangi frekuensi styling rambut ketika berketombe demi menghindari penumpukan residu produk styling di kulit kepala.

10. Jemur Sebentar

cara menghilangkan ketombe_jemur sebentar (Copy)

* sumber: www.healthambition.com

Cara yang cukup ampuh untuk menghentikan pertumbuhan jamur penyebab ketombe adalah mengeksposnya dengan sinar matahari. Benar, seperti dikutip dari HowStuffWorks berjemur dibawah sinar matahari ternyata dapat mengurangi ketombe. Tapi waktu berjemur pun tak boleh terlalu lama demi menghindari paparan berbahaya sinar UVA dan UVB untuk kulit.

Cukup berjemur selama 1-2 menit saja, setelah itu masuk kembali ke dalam ruangan. Jangan lupa juga untuk menggunakan sunblock atau sunscreen pada kulit daerah lain sebelum berjemur.

11. Gunakan Style Rambut

cara menghilangkan ketombe_gunakan style rambut (Copy)

* sumber: lovehairstyles.com

Langkah yang satu ini memang tak akan mengurangi ketombe-mu, tapi setidaknya dapat menyamarkan penampakan ketombe pada rambut dan kulit kepala. Tata rambut dengan gaya ponytail atau updo untuk menutupi penampakan ketombe. Cara ini sangat cocok digunakan dalam keadaan emergency. Kamu juga bisa menghindari menggunakan pakaian gelap untuk mencegah ketombe yang bejatuhan terlihat.

Tips perawatan rambut di atas akan membantu menghilangkan ketombe yang sangat membandel. Kamu pasti ingin tampil percaya diri dengan rambut bebas ketombe, bukan? Jika demikian, mulailah perawatan dari sekarang dan bila perlu gunakan produk yang diformulasikan untuk menghilangkan ketombe.

Beragam cara menghilangkan ketombe ini tentu bisa kamu coba di rumah. Pastikan kamu rutin melakukan perawatan anti-ketombe ini untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Setelah ketombe hilang, lakukan juga berbagai cara mencegah ketombe ini agar masalah ketombe tidak kembali lagi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Juli 2020