Kamini.id / Komedo / Intip Berbagai Cara Menghilangkan Komedo Putih Ini, Yuk!

Intip Berbagai Cara Menghilangkan Komedo Putih Ini, Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Maret 2019

Tampilan komedo putih mungkin tidak terlalu mengganggu seperti komedo hitam. Namun, tetap saja komedo putih merupakan jenis jerawat yang harus dihilangkan. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja bukan tidak mungkin bila komedo putih akan berkembang menjadi jerawat yang lebih besar.

Cara menghilangkan komedo putih hampir sama dengan cara yang dipakai untuk menghilangkan komedo hitam. Akan tetapi, ada beberapa perbedaan metode yang harus kamu lakukan. Yuk, simak penjelasan lebih lengkap dari Kamini.

Penyebab Komedo Putih

Penyebab Komedo Putih

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Komedo putih tidak muncul dengan sendirinya, lho. Ada sejumlah faktor yang membuat jenis komedo ini. Yang pasti komedo putih terbentuk karena sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori. Namun, yang membuatnya tidak berwarna gelap seperti komedo hitam (blackheads) adalah folikel-folikel rambut yang juga terperangkap.

Siapapun bisa saja mendapatkan komedo putih pada area hidung, dagu, atau T-Zone (kening). Biasanya orang mulai berkomedo ketika memasuki masa puber, meskipun beberapa orang memiliki komedo sebelum memasuki pubertas. Berikut adalah faktor yang bisa memicu timbulnya komedo putih lebih banyak:

  • Jenis kulit berminyak.
  • Penggunaan produk berbahan kimia (isopropyl myristate dan propylene glycol).
  • Folikel rambut yang pecah karena berbagai hal, mulai dari memencet jerawat lain, terlalu sering mencuci muka, atau melakukan peeling dengan bahan kimia.
  • Konsumsi makanan tertentu yang bisa menjadi penyebab jerawat, seperti makanan berlemak atau produk susu.

Pemilik kulit wajah kering juga bisa memiliki komedo putih, meskipun kansnya lebih kecil dibanding jenis kulit yang berminyak.

Cara Sederhana Menghilangkan Komedo Putih

Mengingat komedo putih adalah jenis jerawat ringan, tentu saja kamu bisa menghilangkan komedo ini sendiri tanpa perawatan medis. Lantas, apa yang harus kamu lakukan untuk membersihkan komedo putih secara menyeluruh? Simak cara-cara sederhana berikut ini.

  • Ekstraksi Komedo
Ekstraksi Komedo

* sumber: healthandfun4u.blogspot.com

Proses membersihkan komedo yang satu ini dengan mengandalkan sebuah alat seperti spatula khusus untuk memencet komedo. Di bagian ujung alat ini terdapat lubang lingkaran kecil untuk ‘menyapu’ komedo yang dipencet. Ekstraksi komedo merupakan cara membersihkan komedo yang sangat cepat, tapi juga berisiko meninggalkan luka dan memperbesar pori-pori.

  • Terapi Uap

Uap air panas

Dengan mengandalkan baskom berisi air panas, kamu sudah bisa menghilangkan komedo putih dan hitam di pori-pori, lho. Caranya dekatkan wajah ke baskom berisi air panas. Uap panasnya akan membuka pori-porimu. Sesudah menguap wajah selama 5 menit, gunakan alat ekstraksi komedo untuk membersihkan komedo-komedo yang menyumbat pori-pori wajahmu.

  • Clay Mask
Clay Mask

* sumber: www.healthyoptions.com.ph

Sudah coba memasker wajah dengan clay mask alias masker tanah liat? Jika belum, cobalah memakainya. Masker yang satu ini memiliki kemampuan mengangkat komedo putih maupun hitam dari dalam pori-pori. Tak hanya komedo saja, kotoran di pori-pori juga akan terangkat dengan masker ini.

Apakah bisa menghilangkan komedo putih dengan pore strip yang banyak dijual di supermarket? Bisa saja meskipun pore strip tidak bisa benar-benar diandalkan untuk mengangkat komedo putih. Sejatinya, pore strip hanya dirancang untuk mengangkat komedo hitam saja.

Cara Membersihkan Komedo Putih Secara Medis

Hampir semua klinik kecantikan menawarkan jasa membersihkan komedo. Teknik yang dipakai untuk membersihkan komedo pun bermacam-macam. Jika kamu tertarik membersihkan komedo dengan cara medis, yuk, kenali berbagai cara membersihkan komedo secara medis ini.

  • Benzoyl Peroxide
Benzoyl Peroxide

* sumber: www.verywellhealth.com

Cara medis pertama yang bisa dilakukan untuk mengangkat komedo putih adalah menggunakan salep atau sabun wajah yang mengandung benzoyl peroxide. Ini merupakan kandungan yang ampuh mengatasi jerawat, termasuk jerawat ringan seperti komedo putih.

  • Chemical Peeling

Chemical Peeling

Berikutnya adalah chemical peeling, terapi pembersihan komedo putih secara medis yang hanya dilakukan oleh ahlinya, yakni dokter spesialis kulit atau dermatologist. Bagian yang berkomedo akan diolesi krim berbahan kimia, lalu akan mengelupas dengan sendirinya. Efek samping dari terapi ini adalah perubahan warna kulit jangka panjang.

  • Suntik Kortisteroid

Suntikan Pemutih

Apabila komedo putih berukuran besar seperti kista, dokter spesialis kulit mungkin akan menyerankan pengobatan medis berupa suntik kortisteroid. Suntikan ini tidak menyebabkan luka atau jaringan parut seperti ekstraksi komedo. Namun,efek sampingnya antara lain kulit jadi lebih pucat dan pembuluh darah jadi terlihat lebih jelas.

Tidak semua orang mendapatkan efek samping setelah menghilangkan komedo putih secara medis. Bila kamu merasa ragu untuk memakai cara medis, mungkin kamu bisa menghilangkan komedo putih dengan bantuan bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping.

Bahan-bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo Putih

Nah, bagi kamu yang merasa takut menghilangkan komedo dengan cara medis, kamu bisa mengandalkan bahan-bahan alami, lho. Berikut adalah beberapa pilihan bahan alami yang bisa kamu pakai untuk membersihkan komedo putih yang membandel.

  • Oatmeal dan Yogurt
Oatmeal dan Yogurt

* sumber: elements.envato.com

Salah satu metode untuk menghilangkan komedo putih adalah dengan melakukan scrubbing. Namun, jika kamu tidak ingin memakai produk facial scrub yang mengandung bahan kimia, buatlah sendiri facial scrub dari campuran oatmeal dan yogurt tanpa gula (plain yogurt).

Campurkan oatmeal dan yogurt dengan perbandingan 1:1. Oleskan masker ke hidung dengan gerakan melingkar, lalu diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat. Untuk memperoleh hasil yang optimal, lakukan treatment seminggu sekali.

  • Garam
Garam

* sumber: www.sydneycafes.com.au

Selain oatmeal, garam juga bisa menjadi facial scrub alami untuk membersihkan komedo putih yang membandel, lho. Garam yang kamu pakai adalah garam meja yang biasa dipakai untuk memasak, ya!

Langkah utama adalah siapkan air hangat yang sudah dicampur dengan garam secukupnya. Setelah itu, celupkan handuk bersih ke dalam air garam tersebut. Kompres bagian kulit yang berkomedo dengan handuk yang sudah direndam di air garam tadi. Jika handuk sudah tidak terasa hangat, celupkan kembali handuk ke air garam dan pakai lagi untuk mengompres.

  • Bawang Putih
Bawang Putih

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Khasiat bawang putih untuk kesehatan memang sangat beragam. Namun, tahukah kamu jika bawang putih juga bisa membantu mengangkat komedo putih?

Pertama-tama, haluskan 1-2 siung bawang putih yang sudah dikupas. Kemudian, aplikasikan bawang putih halus ini ke bagian kulit yang berkomedo putih. Setelah didiamkan selama 10 menit, bilas kulit wajah dengan air sampai bersih.

  • Kulit Jeruk dan Gula
Kulit Jeruk dan Gula

* sumber: onedio.com

Satu lagi bahan alami yang bisa diolah menjadi facial scrub alami untuk mengangkat komedo putih, yaitu kulit jeruk dan gula pasir. Scrub alami yang satu ini dijamin aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Haluskan kulit jeruk sampai benar-benar menjadi serbuk. Campurkan serbuk kulit jeruk dengan gula pasir secukupnya. Usapkan campuran kedua bahan tadi di area wajah yang berkomedo. Bilas dengan air bersih.

Jadi, mau menghilangkan komedo putih dengan cara sederhana, medis, atau bahan-bahan alami? Apapun cara yang kamu pilih, pastikan kamu rutin membersihkan wajah agar tidak mudah berkomedo. Bila kamu memiliki jenis kulit yang berminyak, bacalah artikel cara mengatasi wajah berminyak ini agar tidak mudah berjerawat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar