Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 10 Cara Menghilangkan Kulit Wajah Terkelupas dengan Cepat

10 Cara Menghilangkan Kulit Wajah Terkelupas dengan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Desember 2018

Kulit wajah Anda mengelupas? Jangan panik, apalagi mencoba-coba untuk mencabuti kulit kering yang hampir lepas itu, yang ada nanti kulit wajah Anda jadi luka.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit wajah terkelupas, yaitu karena terbakar sinar matahari, cuaca, alergi, salah skincare/kosmetik, efek obat yang dikonsumsi, jenis kulit mudah kering, eksem, dan kemoterapi.

Kamini telah merangkum sepuluh cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat. Cara-cara ini telah terbukti ampuh dalam meredakan, menyembuhkan, dan menghilangkan kulit mati tanpa rasa sakit. Yuk, diikuti cara-caranya!

10 Cara Menghilangkan Kulit Wajah Terkelupas

1. Kompres Air Dingin

Kompres Air Dingin

* sumber: www.123rf.com

Langkah pertama dalam cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat adalah dengan mengompres wajah dengan air es. Kulit mengelupas bisa disebabkan oleh cuaca panas atau kondisi tubuh yang sedang panas. Untuk pertolongan pertama, Anda bisa mengambil ice pack atau merendam handuk lembut menggunakan air es, lalu kompreskan pada wajah Anda.

2. Pembersih Wajah

cara mencukur kumis dan jenggot yang benar Cuci Muka

* sumber: www.telegraph.co.uk

Anda perlu memperhatikan pembersih wajah yang Anda pakai, karena bisa saja penyebab kulit wajah Anda kering dan mengelupas adalah dari produk tersebut. Hindarilah produk pembersih wajah yang mengandung sodium lauryl sulfat, karena kandungan ini dapat menghilangkan kelembaban alami kulit. Hal ini berlaku untuk pencuci muka dan pembersih makeup.

3. Exfoliation

Exfoliation cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat

* sumber: www.laroche-posay.co.uk

Exfoliation adalah proses pengelupasan kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati serta kotoran. Kulit wajah Anda yang terkelupas dapat dihilangkan dengan scrubbing alias lulur wajah. Jangan melulur wajah ketika kulit sedang perih-perihnya, tapi setelah kulit mulai “tenang”, barulah Anda memulainya.

Lulur wajah bisa Anda buat sendiri dari gula dan gel lidah buaya, misalnya. Tapi, kalau Anda mau produk yang sudah jadi, Kamini punya rekomendasinya Merk Lulur Wajah. Lakukan exfoliation dua hari sekali selama kulit yang mengelupas masih terlihat banyak.

Selain menggunakan lulur wajah, Anda bisa melakukan exfoliation menggunakan waslap yang sudah dicelupkan ke air hangat, lalu gosok wajah Anda perlahan-lahan. Lakukan dengan gerakan memutar agar kulit kering terangkat dengan baik. Untuk selanjutnya, lakukan exfoliation rutin setiap seminggu atau dua minggu sekali.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Setelah melakukan cara-cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat di atas, kulit Anda sekarang jadi “terekspos.” Lindungi kulit Anda dengan menggunakan masker wajah alami. Salah satu bahan masker alami yang bagus untuk kulit kering adalah lidah buaya.

Lidah buaya dapat membuat kulit jadi terhidrasi, lembab, dan lembut. Lidah buaya juga bisa menyembuhkan kulit iritasi dan terluka. Cara menggunakannya, cukup oleskan gel lidah buaya ke wajah, diamkan selama 20 menit atau sampai gel meresap. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air hangat.

5. Susu

Susu

* sumber: www.womensok.com

Selain lidah buaya, Anda bisa menggunakan susu untuk dijadikan masker wajah alami. Susu mengandung lemak yang dapat melembabkan kulit, sedangkan kandungan asam laktat di dalam susu berfungsi sebagai pembersih kulit dari kotoran.

Ada dua cara menggunakan susu untuk menghilangkan sel kulit mati. Pertama, ketika kulit kering yang terkelupas masih menempel di wajah, kompres wajah Anda menggunakan waslap yang sudah direndam susu dingin. Tempelkan waslap selama 5 – 10 menit, lalu gosok wajah perlahan-lahan.

Cara kedua, gunakan susu sebagai masker wajah. Anda bisa menggunakan susu cair UHT, susu kental manis, atau pun susu bubuk (yang diberi sedikit air). Gunakan susu seperti masker pada umumnya, biarkan selama 15 – 20 menit, lalu bilas wajah.

6. Masker Wajah

sheet mask

Cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker. Anda bisa menggunakan masker apa saja yang Anda sukai, mau itu yang bentuknya krim, cair, atau pun sheet mask seperti gambar di atas.

Atau, mau masker yang lebih natural? Anda bisa menggunakan yogurt, minyak zaitun, madu, aneka buah segar, oatmeal, gula, putih telur, dan lain-lain yang ada di rumah Anda. Dengan rutin maskeran minimal dua minggu sekali, tidak akan lagi, deh, wajah Anda megar-megar.

7. Persingkat Waktu Mandi

Persingkat Waktu Mandi

Mandi memang penting untuk membersihkan tubuh dan menjaga kelembaban alami tubuh. Tapi, perlu Anda perhatikan kalau waktu mandi yang terlalu lama juga tidak baik untuk kulit, apalagi jika Anda mandinya pakai air hangat (cenderung panas).

Batasi waktu mandi Anda hanya 5 – 10 menit saja. Jangan gunakan air panas, kalau tidak kuat air dingin gunakan air hangat suam-suam kuku. Saat mandi, gunakan sabun dan sampo yang tidak mengandung parfum, karena siapa tahu kulit Anda sensitif terhadapnya.

Setelah mandi, tepuk-tepuk badan Anda menggunakan handuk, jangan menggosok tubuh terlalu keras. Terakhir, langsung pakai lotion setelah selesai mandi supaya kulit tetap lembab.

Kenapa mandi penting? Karena kulit Anda merupakan keseluruhan. Jika kulit tubuh dan kulit kepala Anda kering, kemungkinan besar kulit wajah juga akan ikut kering. Jadi, penting untuk menjaga kelembaban kulit di seluruh tubuh Anda.

8. Skincare & Makeup

cara memakai serum wajah

Dalam menggunakan kosmetik dan skincare pun Anda perlu hati-hati. Pilihlah produk yang tidak mengandung parfum, karena parfum dapat jadi terlalu keras untuk kulit super kering dan kulit sensitif. Buang juga produk kecantikan Anda yang mengandung alkohol, retinoid, dan alpha-hydroxy acid (AHA).

Selalu langsung gunakan pelembab wajah setelah Anda mandi atau mencuci muka. Dan, daripada menggunakan pelembab berbentuk lotion, lebih baik Anda menggunakan produk yang berbentuk krim, salep, dan minyak karena lebih mudah diserap oleh kulit.

9. Humidifier

Humidifier

Humidifier adalah pelembab udara. Lalu, apa hubungannya udara dengan kulit Anda yang mengelupas? Jika Anda tinggal di daerah yang iklimnya kering dan cuacanya panas, Anda memerlukan humidifier untuk membuat udara di sekitar Anda jadi lembab.

Dengan begitu, kulit Anda juga tidak akan jadi terlalu kering, bahkan mungkin kulit kering Anda bisa sembuh jika rutin menyalakan humidifier. Anda bisa menambahkan aroma terapi favorit Anda ke dalam humidifier untuk menambah sensasi rileks.

10. Minum

Minum Air Putih

Setelah mengikuti semua cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat di atas, jagalah tubuh Anda tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. Walaupun terdengar sepele, air putih sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Makanya, paling sedikit minumlah 8 gelas dalam satu hari, ya.

Itu dia cara-cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat dari Kamini. Jika Anda menderita eksem, alergi, dan kondisi medis lainnya, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment