10 Cara Menghilangkan Kulit Wajah Terkelupas dengan Cepat

Kulit wajah Anda mengelupas? Jangan panik, apalagi mencoba-coba untuk mencabuti kulit kering yang hampir lepas itu, yang ada nanti kulit wajah Anda jadi luka.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit wajah terkelupas, yaitu karena terbakar sinar matahari, cuaca, alergi, salah skincare/kosmetik, efek obat yang dikonsumsi, jenis kulit mudah kering, eksem, dan kemoterapi.

Kamini telah merangkum sepuluh cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat. Cara-cara ini telah terbukti ampuh dalam meredakan, menyembuhkan, dan menghilangkan kulit mati tanpa rasa sakit. Yuk, diikuti cara-caranya!

1. Gunakan Pelembab yang Mengandung Squalane atau Ceramide

Menggunakan pelembap memang bisa membantu meredakan kulit yang mengelupas. Tapi, biasanya, kulit yang mengelupas punya skin barrier yang lemah. Karena itu kamu perlu bantuan dari salah satu kandungan ini. Pilihlah produk dengan kandungan Squalene atau Ceramide karena kedua bahan ini bisa membantu mengembalikan serta mengunci kelembapan pada kulit.

2. Pembersih Wajah

cara mencukur kumis dan jenggot yang benar Cuci Muka
*

Anda perlu memperhatikan pembersih wajah yang Anda pakai, karena bisa saja penyebab kulit wajah Anda kering dan mengelupas adalah dari produk tersebut. Hindarilah produk pembersih wajah yang mengandung sodium lauryl sulfat, karena kandungan ini dapat menghilangkan kelembaban alami kulit. Hal ini berlaku untuk pencuci muka dan pembersih makeup.

3. ExfoliatiHindari Penggunaan Bahan Aktif

Exfoliation cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat

Saat kulit sedang mengelupas, itu tandanya sel-sel terluar kulit sedang sangat rusak serta kondisi kulit yang sednag kering parah. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan kandungan produk yang dipakai. Sebaiknya, kamu hindari dulu produk-produk yang memiliki kandungan aktif seperti vitamin C, Retinol, AHA, BHA, dan lainya karena kandungan tersebut berpotensi mengiritasi kulit.

4. Tambahkan Hydrating Toner

review you the radiance white essential toner_Kesimpulan_

Menambahkan Hydrating Toner bisa membantu menambah hidrasi pada kulitmu. Biasanya, kulit yang mengering hingga mengelupas itu salah satu tanda kulit dehidrasi. Karena itu, penting untuk menggunakan Hydrating Toner untuk tetap menjaga kelembapan kulit.

5. Tambahkan Face Oil

Mad-For-Makeup-Purify-Acne-Blackhead-Serumoist-2_-1

Face Oil memang punya tekstur yang berbeda dengan serum lainnya. Tapi, hal itu malah diperlukan untuk mengatasi kulit yang kering mengelupas. Face oil biasanya punya tekstur yang mirip dengan minyak alami kita. Karena itu, penggunaan face oil bisa membantu mengembalikan tekstur kulit menjadi lebih halus.

6. Hindari Produk dengan Alkohol

sheet mask

Cara selanjutnya adalah dengan menghindari produk-produk ber-alkohol. Alkohol bisa membuat kulit jadi lebih kering dan terasa kasar. Karena itu, hati-hati dalam memilik produk perawatan wajah. Untuk sementara, hindari berbagai produk perawatan wajah yang mengandung alkohol.

7. Eksfoliasi dengan Menggunakan Gentle Exfoliant

cara memakai toner wardah_Gunakan Kapas
*

Kulit yang mengelupas bukan berarti nggak boleh melakukan eksfoliasi. Proses pengikisan kulit memang kadang bikin kulit jadi semakin mengelupas. Tapi, kamu bisa pilih produk-produk dengan label 'gentle exfoliation' agar kulit tetap terjaga kelembapannya.

8. Kurangi Gesekan dengan Kain atau Kapas

cara menggunakan viva milk cleanser dan face tonic_Kapas Untuk Membersihkan Wajah Dan Aplikator Face Tonic
*

Tahu nggak, kapas, tisu ataupun handuk punya tekstur kasar yang bisa mengkis kulit. Karena itu, penggunaannya nggak boleh terlalu sering, terutama jika kamu sedang mengalami pengelupasan kulit. Biasakan untuk tidak menggunakan kapas untuk membersihkan wajah.

9. Humidifier

Humidifier

Humidifier adalah pelembab udara. Lalu, apa hubungannya udara dengan kulit Anda yang mengelupas? Jika Anda tinggal di daerah yang iklimnya kering dan cuacanya panas, Anda memerlukan humidifier untuk membuat udara di sekitar Anda jadi lembab.

Dengan begitu, kulit Anda juga tidak akan jadi terlalu kering, bahkan mungkin kulit kering Anda bisa sembuh jika rutin menyalakan humidifier. Anda bisa menambahkan aroma terapi favorit Anda ke dalam humidifier untuk menambah sensasi rileks.

10. Minum

Minum Air Putih

Setelah mengikuti semua cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat di atas, jagalah tubuh Anda tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. Walaupun terdengar sepele, air putih sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Makanya, paling sedikit minumlah 8 gelas dalam satu hari, ya.

Itu dia cara-cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat dari Kamini. Jika Anda menderita eksem, alergi, dan kondisi medis lainnya, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram