Kamini.id / Kuku / 9 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Kutek Tanpa Aseton

9 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Kutek Tanpa Aseton

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pembersih cat kuku pertama kali dibuat tahun tahun 1920 oleh seorang makeup artist berkebangsaan Prancis bernama Michelle Menard. Penemuan tersebut kemudian terdengar oleh penduduk Amerika Serikat. Sejak saat itulah nail polish remover mulai dikenal dan digunakan hingga semua penduduk di seluruh dunia. Aseton menjadi salah satu bahan favorit yang dijagokan sebagai penghapus cat kuku tersebut.

Aseton merupakan pelarut yang memiliki bau sangat kuat dan dapat melarutkan zat-zat kimia yang terdapat di dalam cat kuku, salah satunya adalah etil asetat. Senyawa etil asetat ini merupakan kandungan utama dari cat kuku. Aseton dan etil asetat memiliki struktur yang serupa. Oleh karena itu, keduanya dapat bercampur dengan baik. Inilah mengapa aseton sangat ampuh membersihkan cat kuku.

Aseton juga merupakan pelarut yang sifatnya mudah menguap. Karena itu, bila botol tidak tertutup dengan rapat, aseton cair akan cepat habis habis karena telah menguap. Sifat aseton inilah yang membuat penggunaan aseton dinilai cenderung boros.

Tetapi jangan khawatir, bila kamu kehabisan aseton namun ingin menghapus cat kuku atau kutek dengan segera. Terdapat beberapa emergency alternative yang bisa kamu gunakan.

1. Hair Spray

Hindari Penggunaan Hairspray Terlalu Sering

Kedengarannya mungkin aneh, namun hair spray dapat menjadi alternatif pengganti aseton paling baik dibandingkan dengan bahan lainnya. Hair spray memiliki kandungan alkohol yang dinamakan Isopropyl alkohol. Kandungan alkohol jenis ini juga terdapat dalam cat kuku. Oleh karena itu, hair spray dan cat kuku dapat bercampur dengan baik.

Sudah banyak beauty enthusiast yang membuktikan kehebatan dari produk styling rambut yang satu ini. Bila kamu penasaran, kamu bisa membuktikannya sendiri. Hair spray juga memiliki kelebihan lain yaitu tidak akan membuat kuku terasa kering, tidak seperti aseton.

Semprotkan hairspray pada cotton bud atau kapas. Lalu letakkan pada kuku dan diamkan beberapa saat. Setelah itu gosokkan perlahan. Bila diamati, cat kuku akan perlahan-lahan terhapus dari kuku ketika digosok. Terakhir, setelah menggunakan hair spray, kamu bisa mengoleskan lotion pada tangan atau mencuci tangan untuk menghilangkan rasa lengket dari sisa hairspray yang tertinggal pada kuku.

2. Body Spray

Memiliki cara kerja yang serupa dengan hair spray, body spray atau body mist juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan cat kuku, lho. Semprotkan body mist pada cotton bud, lalu gosokkan pada cat kuku. Sama dengan hair spray, body spray juga perlahan-lahan akan menghapus cat kuku. Ulangi beberapa kali sampai kuku benar-benar bersih.

3. Top Coat

Konad Top Coat Super Matte Nail Polish

Top coat berfungsi untuk melindungi cat kuku dari pengelupasan dan membuat warna cat kuku terlihat glossy dan semakin indah. Top coat juga berfungsi untuk memperpanjang umur cat kuku yang dikenakan hingga beberapa hari lebih lama.

Selain fungsi utama tersebut, ternyata top coat bisa digunakan untuk membersihkan cat kuku. Top coat secara kandungan memiliki komposisi yang serupa dengan cat kuku biasa. Oleh karena itu, top coat dapat bercampur baik dengan cat kuku yang telah mengering.

Bila ingin membersihkan cat kuku menggunakan top coat, oleskan top coat di atas cat kuku. Tunggu beberapa saat, lalu gosokkan kapas pada kuku yang telah diolesi top coat. Perlahan, cat kuku lama akan mengelupas bersama top coat yang telah dioleskan tersebut. Ulangi cara ini hingga cat kuku lama terangkat dengan sempurna dari kukumu.

4. Alkohol

Alkohol

* sumber: www.apartmenttherapy.com

Bila kamu menyimpan alkohol dalam kotak first aid, go grab it fast! Rubbing alcohol yang biasanya digunakan untuk membersihkan luka ternyata juga cukup efektif dalam membersihkan cat kuku bila kamu kehabisan aseton.

Tuangkan alkohol pada kapas, lalu diamkan beberapa saat sebelum kamu menggosoknya perlahan pada kuku. Membersihkan kuku menggunakan alkohol memang tidak secepat menggunakan aseton, namun cara ini cukup ampuh dilakukan dalam keadaan terdesak.

5. Parfum

Membuat Parfum Tahan Lama

* sumber: www.stylentrends.net

Parfum juga kaya akan kandungan alkohol-nya, sehingga dapat menjadi solusi yang ampuh dalam menghilangkan cat kuku. Sudah banyak pula yang membuktikan beauty hacks satu ini. Selain menghapus cat kuku, parfum juga dapat membuat kuku menjadi harum bila dibandingkan dengan bau aseton yang kurang mengenakkan indera penciuman.

Semprotkan parfum favoritmu pada kapas lalu diamkan beberapa saat pada kuku. Hapus perlahan-lahan dan ulangi beberapa kali hingga cat kuku bersih dari kuku. Gunakan parfum spray untuk cara ini, agar lebih mudah dalam menghilangkan cat kuku.

6. Hand Sanitizer

Hadsanitizer

* sumber: www.tribunnews.com

Satu lagi bahan di rumah yang dapat menjadi emergency alternative dari aseton, yaitu hand sanitizer. Layaknya hair spray, body mist, dan parfum, hand sanitizer juga memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi. Kandungan alkohol yang tinggi tersebut menjadikan hand sanitizer ampuh dalam membersihkan bakteri.

Selain itu, kandungan alkohol dalam hand sanitizer menjadi alasan mengapa hand sanitizer dapat digunakan untuk membersihkan cat kuku. Oleskan hand sanitizer gel atau semprotkan hand sanitizer cair pada kuku. Diamkan beberapa saat, lalu hapuskan perlahan menggunakan kapas. Hand sanitizer akan mempermudah pengelupasan cat kuku hingga terlepas dari kuku.

7. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih

Minyak yang sering digunakan kala tidak enak badan ini ternyata bisa jadi alternatif sementara pengganti aseton untuk menghilangkan cat kuku. Kamu mungkin baru mendengar hacks yang satu ini, tetapi cara ini konon dapat menghilangkan cat kuku dengan cukup baik.

Bila ingin menggunakan kayu putih sebagai pembersih cat kuku, tuangkan sedikit pada kapas, lalu tempelkan kapas tersebut pada kuku. Diamkan beberapa saat, lalu mulai gosokkan perlahan. Kamu mungkin terkejut saat menyadari cara ini juga bisa berhasil menghapus cat kuku.

8. Oleskan Cat Kuku Kembali

Menggunakan Cairan Penghapus Cat Kuku

* sumber: www.wikihow.com

Cara ini mungkin terdengar konyol. Namun siapa sangka cara ini bisa berhasil membersihkan cat kuku kering yang telah menempel pada kuku. Karena memiliki komposisi bahan yang sama persis, cat kuku cair akan melarutkan kembali cat kuku yang telah kering dan membuat campuran menjadi cair kembali. Campuran tersebut akan mudah dihilangkan dari kuku.

Prinsip ini sama dengan prinsip menghapus cat kuku menggunakan top coat. Selain itu, cara penggunaanya pun serupa dengan penggunaan top coat untuk menghapus cat kuku. Oleskan cat kuku pada kuku, lalu tunggu beberapa saat dan jangan biarkan sampai mengering. Kemudian hapus menggunakan cotton bud atau kapas. Ulangi penggunaan hingga cat kuku terhapus sempurna.

9. Lotion Anti Nyamuk

lotion anti nyamuk

Bahan yang satu ini mungkin jadi salah satu bahan unik dan yang paling tidak diduga dapat membersihkan cat kuku. Tetapi konon, cara ini juga bisa diandalkan dalam membersihkan cat kuku bila aseton tidak ada.

Oleskan lotion anti nyamuk pada kuku, diamkan beberapa saat, lalu hapus menggunakan kapas atau cotton bud. Kamu akan terkejut mendapati lotion ini dapat menghapus cat kuku yang telah mengering pada jari. Tentu saja lotion ini juga dapat menghindarkan kuku milikmu dari gigitan nyamuk.

Itulah 9 bahan alternatif yang dapat digunakan bila kamu kehabisan aseton ataupun nail polish remover lainnya. Namun penting untuk diingat, cara-cara tersebut hanya disarankan ketika dalam keadaan terdesak saja. Bila kamu masih bisa membeli aseton atau nail polish remover baru, lebih baik kamu tetap menggunakan aseton dalam menghapus cat pada kuku.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 April 2020