Kamini.id / Bulu Mata / Inilah Cara Menghilangkan Lem Bulu Mata Palsu dengan Mudah

Inilah Cara Menghilangkan Lem Bulu Mata Palsu dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juni 2019

Bulu mata palsu dapat menambah drama pada makeup Anda. Dengan bulu mata yang lebih panjang, tebal, dan bervolume, riasan wajah akan nampak lebih hidup.

Orang-orang pasti lebih berfokus pada belajar memasang bulu mata, tapi jarang ada yang peduli dengan bagaimana cara melepas bulu mata dengan benar. Karena, banyak orang yang berpikir “tinggal cabut saja”. Padahal, sebaiknya bulu mata palsu tidak langsung dicabut begitu saja tanpa “bantuan”.

Bulu mata palsu memiliki lem yang cukup kuat, sehingga jika Anda mencabutnya begitu saja akan terasa sakit dan meninggalkan sisa lem di kelopak mata atau bahkan bulu mata Anda. Which is malah menambah kerjaan Anda nantinya.

Memang, dengan kalimat pembuka tadi nampaknya menghapus lem bulu mata palsu itu rumit, padahal tidak. Kamini akan memberi tahu Anda metode yang tepat untuk meluruhkan lem bulu mata sehingga lebih mudah dilepas. Lem bulu mata akan terlepas dalam hitungan menit (tanpa mencabut bulu mata asli Anda) dengan cara-cara berikut.

Cara Melepas Falsies & Membersihkan Lem dari Kelopak Mata

Agar tidak salah langkah, sebaiknya Anda ketahui cara melepas falsies dan membersihkan lemnya di daerah kelopak mata. Untuk mengetahuinya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih Produk

Eye Makeup Remover

* sumber: www.reviews.com

Cara yang paling mudah untuk mengelupas lem bulu mata tentunya dengan menggunakan produk yang sudah didesain untuk itu: eye makeup remover. Produk ini berfungsi untuk menghapus riasan mata dengan sempurna, bahkan yang ditinggalkan oleh makeup remover biasa.

Pilih eye makeup remover berdasarkan formulanya, karena setiap produk berbeda-beda. Ada cleansing/micellar water, dual-phase remover, gel, cream, wipes,.. Tapi, semua itu bisa dikategorikan dalam dua jenis saja, yaitu oil-based dan non oil-based eye makeup remover.

Penghilang riasan mata berbasis minyak biasanya paling efektif dalam menghancurkan perekat bulu mata. Namun, jika Anda berencana untuk menggunakan kembali bulu mata Anda, lebih baik pilih eye makeup remover dengan formula bebas minyak. Karena, residu minyak yang tertinggal pada bulu mata palsu dapat membuat lem sulit untuk menempel nantinya. Belum punya eye makeup remover? Lihat merk yang recommended di sini.

Beberapa brand makeup menjual penghilang lem bulu mata yang dirancang khusus untuk menghilangkan perekat false lashes. Namanya adalah eyelash glue remover atau adhesive remover. Namun, kalau Anda tidak bisa menemukannya, penghapus riasan mata biasa juga bisa menghilangkan lem false lashes, kok.

2. Gunakan Kapas

Kapas kecantikan eye makeup remover

* sumber: www.birchbox.com

Sepertinya semua orang yang rutin berdandan pasti punya kapas kecantikan, kan? Nah, siapkan sekarang juga karena Anda akan membutuhkannya.

Tuang penghapus riasan mata secukupnya pada kapas. Guna kapas adalah untuk menahan eye makeup remover agar tidak masuk ke mata, karena mata akan terasa perih atau bahkan jadi iritasi kalau ternyata produk yang Anda pakai tidak “lembut” kandungannya.

3. Tempelkan

Kapas kecantikan eye makeup remover

* sumber: www.leaf.tv

Tempelkan kapas pada kelopak mata dan beri sedikit tekanan saja, supaya eye makeup remover tidak menetes. Tekan pelan kapas di sepanjang garis bulu mata Anda, tepat di tempat bulu mata palsu menempel di kelopak mata. Langkah ini akan memungkinkannya eye makeup remover meresap dan melonggarkan lem dengan lebih baik.

4. Gerakkan Kapas

Jalankan kapas di sepanjang garis bulu mata di kelopak mata Anda. Perlahan-lahan usapkan kapas di atas garis bulu mata yang melekat pada kelopak mata Anda untuk membantu melonggarkan perekat false lashes.

5. Cabut Bulu Mata Palsu

Cabut Bulu Mata Palsu

* sumber: www.bebeautyps.com

Setelah false lashes mulai kehilangan kekuatan lemnya, mulailah menarik tepi bulu mata palsu. Pastikan Anda mengelupas dari sudut luar bulu mata yang cenderung mudah lepas.

Setelah sudut luar bebas, tarik bulu mata ke arah sudut dalam. Pastikan untuk mencabutnya dengan perlahan dan hati-hati, jadi Anda tidak merusak lekukan dari bulu mata palsu.

Gunakan bantalan jari Anda untuk melepas bulu mata. Jangan gunakan pinset atau kuku Anda karena mereka dapat merobek, merenggangkan, mengubah bentuk,.. intinya dapat merusak bulu mata palsu Anda. Tapi, itu kembali lagi pada Anda apakah lebih nyaman pakai jari, kuku, atau pinset.

6. Ada yang Nyangkut?

Bulu Mata Palsu

* sumber: www.society19.com

Jika masih ada area di mana bulu mata palsu masih susah dicabut, ambil kapas baru atau korek kuping dan basahi dengan penghapus riasan mata lagi. Lalu, gosokkan pelan-pelan pada garis bulu mata Anda sambil terus menarik bulu mata palsu agar terlepas.

7. Uap

Uap Wajah

* sumber: maed.co

Selain pakai produk pembersih komersial, Anda bisa juga menguap wajah dengan air panas selama 5 menit. Tuang beberapa gelas air mendidih ke dalam mangkuk. Atau gunakan facial steamer jika ada. Gantungkan handuk di atas kepala Anda dan posisikan wajah Anda di atas mangkuk. Handuk akan memerangkap uap sehingga dapat membantu melemaskan lem bulu mata.

Setelah 5 menit, seharusnya lem sudah melunak dan falsies mudah dilepas. Hati-hati jangan sampai terlalu dekat dengan air, atau kulit wajah Anda bisa melepuh.

8. Bersihkan Sisa Lem pada Kelopak Mata

lem bulu mata palsu

Gosok sekali lagi kelopak mata Anda dengan kapas yang sudah dituang eye makeup remover jika masih ada sisa lem. Fokuskan pada garis bulu mata, which is tempat lem berkumpul. Anda bisa juga menggunakan Q tip. Tarik lem yang masih belum terangkat dari bulu mata atau kelopak mata Anda dengan jari.

Cara Membersihkan Lem dari False Lashes

Selamat, Anda sudah berhasil menghilangkan lem bulu mata palsu dari bulu mata asli Anda. Sekarang waktunya Anda untuk membersihkan lem bulu mata palsu, supaya mereka bisa dipakai lagi nantinya. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan lem dari bulu mata palsu yang sudah dipakai.

1. Eye Makeup Remover

Eye Makeup Remover bulu mata palsu

* sumber: www.stylecraze.com

Anda bisa “merendam” false lashes terlebih dahulu dengan cara menumpuk bulu mata dengan dua kapas yang sudah dibasahi dengan penghapus riasan mata. Baru, deh, usap garis bulu mata palsu dengan kapas yang tadi atau kapas basah yang baru. Usap-usap hingga lem, maskara, dan eyeshadow yang mungkin menempel di false lashes menghilang. Anda tentunya bisa menggunakan adhesive remover juga untuk metode ini!

2. Rubbing Alcohol

Rubbing Alcohol

Salah satu cara melepas lem dari bulu mata palsu adalah dengan merendamnya dalam rubbing alcohol (alkohol gosok) selama beberapa menit. Setelah itu, angkat false lashes dan sikat dengan spoolie brush yang bersih. Lakukan sampai bulu mata palsunya kering (airnya sudah terbuang semua).

Atau, Anda bisa juga melepaskan lem dari falsies saat masih direndam di rubbing alcohol. Caranya adalah dengan menggunakan dua korek kuping kapas (cotton swab/Q tip). Tahan rambut bulu mata dengan salah satu cotton swab, lalu yang satunya lagi dipakai untuk menarik lem dari garis bulu mata.

3. Sabun Cuci Piring

Sabun Cuci Piring

* sumber: www.fabhow.com

Iya, Anda bisa melepas lem bulu mata dengan sabun cuci piring. Sejauh ini, menggunakan sabun cuci piring adalah cara termudah dan paling ekonomis untuk menjaga kebersihan bulu mata palsu. Soalnya di semua rumah pasti ada sabun cuci piring, kan? Jadi Anda tidak perlu sengaja membelinya hanya untuk membersihkan false lashes doang.

Tuang ¼ gelas air panas ke dalam piring. Lalu, tuangkan 1 sendok teh sabun cuci piring cair, aduk rata. Masukkan bulu mata palsu ke dalam larutan tadi selama 15 detik. Setelah 15 detik, angkat bulu mata dan cabut lem yang tersisa menggunakan pinset kecil. Jika sudah, bilas falsies dengan air bersih hangat.

4. Coconut Oil

Coconut Oil

* sumber: www.walmart.com

Mungkin Anda sudah pernah mendengar menghapus makeup menggunakan coconut oil. Lalu, kenapa tidak dipraktikkan dengan bulu mata palsu juga? Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa murni untuk membersihkan bulu mata palsu agar bisa digunakan kembali di masa depan.

Yang Anda butuhkan adalah handuk kertas (tisu dapur), korek kuping, dan tweezer (pinset kecil). Tempatkan bulu mata kotor di atas tisu. Celupkan korek kuping ke dalam minyak kelapa, lalu gosokkan ke bulu mata palsu untuk menghilangkan kotoran dan lem. Tarik sisa lem dari garis bulu mata menggunakan pinset. Lalu serap kelebihan minyak dengan handuk kertas sebelum bulu mata disimpan. Selain coconut oil, Anda bisa menggunakan minyak lainnya juga, seperti baby oil misalnya.

5. Shampo Bayi

johnson's baby shampoo

Punya bayi di rumah? Pastinya punya pernak-pernik perawatan bayi juga, dong? Coba ambil sedikit shampo bayi untuk menghilangkan lem dari falsies. Caranya, encerkan satu sendok teh shampo bayi dengan seperempat cangkir air hangat. Rendam bulu mata Anda dalam larutan sabun selama 2 menit (lebih lama dari sabun cuci piring karena shampo bayi formulanya lebih lembut). Angkat, keringkan falsies dengan tisu. Ambil sisa lem yang masih ada dengan pinset.

Jangan lupa untuk selalu langsung menyimpan bulu mata palsu ke tempatnya lagi, karena bulu mata palsu memiliki bentuk yang melengkung supaya mudah diaplikasikan dan menyatu sempurna dengan bulu mata asli. Jika disimpan asal-asalan, lengkungan false lashes bisa hilang. Bukannya jadi tidak bisa dipakai, tapi bulu mata yang lurus sangat, sangat, sangat sulit diaplikasikan. Butuh banyak lem dan tekanan.

Biasanya false lashes bisa dipakai hingga 10 – 15 kali, tapi tergantung pada brand, tipe, dan bahan pembuatan bulu mata palsu yang Anda pakai. Biasanya false lashes sintetis lebih mudah dibersihkan dan bisa dipakai berulang kali lebih banyak daripada yang dibuat dari bahan alami. Natural false lashes memiliki bentuk yang lebih tipis, makanya lebih ringkih. Anda harus ekstra hati-hati untuk membersihkannya kalau berniat memakainya berulang kali. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *