kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Tubuh / 10 Cara Menghilangkan Noda Deodoran di Baju dengan Mudah

10 Cara Menghilangkan Noda Deodoran di Baju dengan Mudah

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 8 Mei 2021

Jika Anda pengguna deodoran, berarti Anda pasti pernah mengalami noda tertinggal pakaian, khususnya di area ketiak. Ketika Anda menggunakan pakaian berwarna gelap seperti hitam, maka noda yang tertinggal adalah warna putih. Sedangkan jika pakaian warna putih dan warna pucat yang Anda gunakan, maka noda yang ditinggalkan deodoran akan berwarna kuning.

Pasti kesal rasanya jika deodoran meninggalkan noda di pakaian, apalagi kalau pakaian itu merupakan baju favorit kita. Tapi, ada, kok, beberapa cara menghilangkan noda deodoran di baju yang efektif. Selain menggunakan produk penghilang noda, Anda bisa melakukan sepuluh cara yang sudah Kamini rangkum di bawah ini.

1. Lap Basah

cara menghilangkan noda deodoran di baju Lap Basah
*

Cara menghilangkan noda deodoran di baju yang pertama adalah dengan menggunakan lap basah. Sangat simpel, ya? Memang, sebelum mencoba cara-cara yang rumit lebih baik Anda melakukan langkah yang mudah terlebih dahulu.

Lap basah dapat menghilangkan noda putih deodoran dengan cepat. Lap basah bukan berarti basah sekali, ya. Peras dulu lapnya hingga lembab. Gosok noda deodoran dengan lap ke arah atas (dalam satu arah saja). Cara ini hanya efektif untuk noda deodoran yang baru menempel, bukan yang sudah lama, ya.

2. Tisu Basah

Tisu Basah

Baby wipes atau tisu basah adalah cara menghilangkan noda deodoran di baju yang ke-2. Cara ini sangat efektif ketika Anda sedang dalam kondisi urgent atau sedang berada di luar rumah. Cara menggunakannya sama seperti lap basah di atas.

3. Lemon

Lemon
*

Sekarang mari mencoba cara menghilangkan noda deodoran di baju dengan bahan natural, yaitu lemon. Yang Anda butuhkan adalah separuh buah lemon, lalu peras. Rendam area pakaian yang terkena noda deodoran di dalam sari lemon selama 30 menit. Lalu, jemur pakaian di bawah sinar matahari langsung selama 1 jam. Setelah itu, cuci dan bilas pakaian seperti biasa.

Perpaduan lemon dan sinar matahari sangat bagus untuk menghilangkan noda deodoran dari pakaian. Tapi, ada satu bahan tambahan yang dapat membuat noda deodoran hilang lebih cepat, yaitu garam.

Setelah pakaian direndam di dalam sari lemon, gosok area yang ternoda dengan garam. Gunakan sikat gigi agar serat pakaian Anda tidak rusak. Menyikat garam pada area yang ternoda dapat membuat sari lemon meresap lebih dalam ke pakaian.

4. Make Up Remover

Makeup Remover
*

Punya make up remover di rumah? Tidak hanya berfungsi untuk menghapus riasan wajah, Anda bisa menggunakan produk ini untuk menghilangkan noda deodoran di baju juga, loh! Anda bisa menggunakan make up remover bentuk apa pun, baik itu krim, liquidwipes, dan lain-lain. Tuangkan make up remover ke kain, lalu gunakan untuk menghapus noda deodoran di baju Anda.

5. Baking Soda

Baking Soda
*

Cara menghilangkan noda deodoran yang mengeras di baju adalah dengan menggunakan baking soda. Buat baking soda jadi pasta terlebih dahulu. Siapkan 3 sdm baking soda, lalu tuang air secukupnya hingga baking soda berubah bentuk jadi seperti pasta.

Gosokkan pasta baking soda ke pakaian Anda, sikat menggunakan sikat gigi, lalu diamkan selama beberapa jam. Setelah itu, bilas pakaian Anda dengan air hangat. Noda kekuningan, putih, dan noda yang telah lama kering dapat hilang dengan mudah melalui cara ini.

6. Jeans

Jeans cara menghilangkan noda deodoran di baju
*

Jeans! Iya, bahan jeans bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda deodoran di baju hitam maupun di baju putih. Kalau ada bahan jeans sisa atau jeans Anda yang sudah tidak terpakai, gosokkan saja pada area pakaian yang ada noda deodorannya. Cara ini dapat bekerja maksimal pada noda deodoran yang masih baru.

7. Kaos Kaki Nylon

Kaos Kaki Nylon 
*

Selain jeans, cara menghilangkan noda deodoran di baju yang nyeleneh lainnya adalah dengan menggunakan kaos kaki. Tapi, tidak sembarang kaos kaki bisa digunakan, pastikan kaos kaki Anda terbuat dari bahan nilon, ya!

Anda cukup menggosok-gosok noda deodoran di baju menggunakan kaos kaki tersebut. Setelah itu, cuci seperti biasa. Selain kaos kaki, Anda bisa menggunakan kain lap, handuk, atau apa pun juga asal bahannya dari nilon.

8. Setrika

Setrika
*

Memangnya dengan disetrika noda deodoran di pakaian bisa hilang? Bisa, dong! Basahi area pakaian yang ada nodanya, lalu tutup area tersebut dengan kain yang kering berwarna putih. Setrika kain warna putih tersebut. Nantinya, noda deodoran akan berpindah ke kain putih itu.

9. Cuka

Cuka
*

Cara menghilangkan noda deodoran di baju yang ke-9 adalah dengan memanfaatkan cuka. Sama seperti lemon, cuka mengandung asam tinggi sehingga dapat melarutkan dan mengangkat noda deodoran dengan baik. Tapi, jangan langsung tuang cuka begitu saja pada pakaian, ya.

Anda perlu mencampur cuka dengan air terlebih dahulu dengan rasio 1:1. Jika sudah dicampur, baru tuang larutan cuka dan air itu ke baju yang ada nodanya. Rendam baju selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air dingin.

10. Langsung Cuci

Langsung Cuci
*

Cara menghilangkan noda deodoran di baju yang terakhir adalah dengan langsung mencucinya. Ketika noda deodoran masih baru, maka akan lebih mudah lagi untuk dibersihkan daripada jika nodanya sudah lama.

Bakteri dapat membuat noda deodoran menempel lebih kuat di pakaian. Untuk membunuh bakteri sekaligus melunturkan noda, segera cuci pakaian Anda dengan menggunakan detergen anti noda.

Ya, itu dia 10 cara menghilangkan noda deodoran di baju ala Kamini. Untuk tips tambahan, Anda harus menunggu deodoran kering di ketiak sebelum Anda menggunakan pakaian agar dapat meminimalisir noda menempel. Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram