kamini.id

Tips dan Trik Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 9 April 2020

Baju putih, tetapi ada noda kuning di bagian ketiak dan kerahnya? Noda tersebut tidak akan hilang meskipun Anda sudah mencuci baju tersebut selama berkali-kali. Tidak hanya terdapat di baju putih saja, noda kuning di baju berwarna juga nampak terlihat, terutama pada bagian kerah. Nah, apa solusi untuk mengatasi permasalahan ini.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan noda kuning di baju? Apakah Anda harus menggunakan pemutih pakaian? Tidak perlu menggunakan pemutih. Pasalnya, terlalu sering menggunakan pemutih dapat merusak serat kain. Yuk, cari tahu serba-serbi dalam menghilangkan noda kuning di baju dari Kamini berikut ini.

Penyebab noda kuning di baju

Sebelum membahas seputar cara menghilangkan noda kuning di baju, Anda harus mengetahui terlebih dulu penyebab noda kuning yang terdapat pada area ketiak atau kerah baju Anda. Adapun noda kuning di baju biasa disebabkan oleh:

  • Keringat

Keringat Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju

Keringat mengandung minyak, garam, dan protein di dalamnya. Kandungan di dalam keringat inilah yang dapat meninggalkan noda kuning di baju. Misalnya, noda kuning di kerah baju umumnya disebabkan karena produksi berlebih yang area leher dan tengkuk.

Jika baju tersebut digunakan berkali-kali dan tidak segera dicuci, maka noda kuning akan tertinggal pada kerah baju atau bagian lainnya dan sangat sulit dihilangkan dengan cara mencuci menggunakan deterjen saja.

  • Penggunaan deodoran

Penggunaan deodoran

Noda kuning bekas deodoran umumnya terdapat pada pakaian berwarna putih atau warna-warna cerah. Namun, noda deodorant ini juga dapat menciptakan noda gelap di sekitar ketiak pada baju berwarna hitam atau gelap. Selain itu, noda kuning pada baju juga dapat disebabkan oleh material baju atau bahan pewarna kain yang sensitif dengan zat asam.

Perlu Anda ketahui bahwa deodoran atau antiperspirant bersifat asam karena memiliki pH yang sangat tinggi. Reaksi dari baju yang menggunakan pewarna yang sangat sensitif akan menimbulkan noda kuning apabila terkena deodoran.

  • Produk pemutih yang tidak sesuai

Produk pemutih yang tidak sesuai

Ketika Anda sedang mencari cara menghilangkan noda kuning di baju, mungkin Anda langsung memutuskan memakai pemutih pakaian dengan harapan noda kuning tersebut segera hilang. Alih-alih dapat menghilangkan noda kuning di baju, salah memilih pemutih pakaian justru akan membuat baju tampak kuning di semua bagian.

Jika Anda memilih pemutih yang mengandung klorin, maka jenis pemutih tersebut hanya kompatibel pada baju berbahan katun, rayon, dan polyester. Sementara itu, apabila Anda menggunakan pemutih yang mengandung oksigen, Anda bisa menggunakannya pada baju berbahan katun dan linen. Namun, hindari penggunaan pemutih yang terlalu sering agar serat pakaian tetap terjaga.

  • Disimpan di tempat lembab

Disimpan di tempat lembab

Salah satu penyebab adanya noda kuning di baju adalah tempat penyimpanan yang kurang baik. Jika Anda menyimpan baju di tempat yang lembab, maka baju dapat berjamur dan kekuningan. Selain itu, aroma baju juga menjadi tidak sedap. Kebiasaan menumpuk baju kotor dan tidak segera dicuci juga bisa mengubah warna baju, terutama baju putih, menjadi tampak kekuningan.

Cara menghilangkan noda kuning di baju

Untuk menghilangkan noda kuning di baju, Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan-bahan yang bisa Anda temui sehari-hari. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dapat membantu Anda menghilangkan noda kuning pada baju:

  • Baking soda

Baking soda

Bahan yang satu ini dikenal dapat membersihkan bermacam-macam noda, mulai dari menghilangkan noda oli sampai dengan menghilangkan noda kuning di baju.

Untuk memanfaatkan baking soda sebagai penghilang noda kuning di baju, Anda harus melarutkannya terlebih dahulu dengan air. Setelah itu, oleskan pasta baking soda ke noda kuning di ketiak atau kerah dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air dan cuci menggunakan deterjen.

  • Cairan pencuci piring

Cairan pencuci piring

Anda pasti tak menyangka bahwa cairan pencuci piring dapat menjadi cara menghilangkan noda kuning di baju. Ya, cairan pencuci piring diklaim dapat menghilangkan noda kuning atau gelap yang disebabkan oleh deodoran. Anda hanya perlu mengoleskan sedikit cairan pencuci piring ini, lalu menggosok baju dengan sikat gigi bekas.

  • Cuka putih

Cuka putih

Untuk membersihkan noda kuning yang melekat di baju, manfaatkan cuka putih yang biasa dipakai untuk makan atau memasak. Larutkan cuka di dalam air, lalu rendam pakaian yang ternoda di dalamnya. Rendam selama beberapa jam, lalu angkat pakaian tersebut.

Di samping itu, Anda juga dapat membuat pasta yang dapat menghilangkan noda kuning di baju dengan mencampur cuka, vodka, hidrogen peroksidan, dan aspirin yang sudah dihancurkan. Sebelum mengoleskan pasta ini ke baju, rendam baju di dalam air hangat untuk melunturkan noda kuning. Setelah itu, oleskan pasta tersebut dan diamkan selama 1 jam.

Setelah menggunakan bahan-bahan di atas, Anda dapat mencuci baju tersebut di dalam mesin cuci. Kali ini, Anda harus menggunakan deterjen anti noda untuk melengkapi proses menghilangkan noda kuning tersebut. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencuci baju yang ternoda kuning dalam mesin cuci:

Cuci baju di mesin cuci

  1. Atur siklus pencucian dengan air hangat pada mesin cuci Anda. Pastikan Anda memeriksa label petunjuk perawatan pakaian yang tertera di baju sebelum mencuci karena tidak semua baju bisa dicuci dalam air panas
  2. Tuangkan deterjen ke mesin cuci dan jalankan siklus pencucian normal
  3. Pada putaran pembilasan, Anda bisa menambahkan sedikit cuka putih dan air perasan jeruk lemon untuk mencerahkan kembali baju yang sebelumnya ternoda kuning
  4. Tidak perlu memasukkan baju ke dalam dryer mesin cuci karena Anda bisa menjemur baju langsung di bawah sinar matahari. Kandungan ultraviolet yang terdapat di dalam sinar matahari dapat mencerahkan baju putih.

Tips mencegah noda kuning di baju

Noda kuning muncul karena adanya keringat atau noda bekas deodorant. Untuk mencegah noda kuning yang sulit dibersihkan, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Hindari penggunaan deodoran yang terlalu sering

Hindari penggunaan deodoran yang terlalu sering

Apabila Anda menemukan noda kuning di baju yang terus menerus setelah Anda menggunakan deodoran atau antiperspirant, maka Anda harus segera mengurangi penggunaan deodoran. Penggunaan deodoran yang berlebihan dapat membuat noda menjadi lebih pekat dan susah dihilangkan.

Jika terpaksa menggunakan deodoran, sebaiknya gunakan secukupnya dan jangan lupa untuk menaburkan bedak bayi di area ketiak sebelum Anda mencuci baju tersebut untuk melunturkan noda.

  • Gunakan kaos dalam

Gunakan kaos dalam

Untuk menyerap keringat berlebih, Anda dapat menggunakan kaos dalam berlengan. Penggunaan kaos dalam dapat menjadi penghalang antara keringat dari ketiak agar tidak langsung menyentuh baju Anda. Gunakan kaos dalam yang tipis agar Anda tidak kepanasan.

Tidak perlu mencuci baju yang ternoda kuning di binatu. Lakukan cara menghilangkan noda kuning di baju dengan bahan-bahan di atas dan batasi penggunaan pemutih pakaian. Punya tips lain untuk menghilangkan noda kuning di baju? Tulis tips Anda di kolom komentar di bawah ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram