Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju yang Efektif

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 9 April 2020

Tanpa Anda sadari, pakaian Anda bisa dengan mudah terkena noda minyak ketika memasak atau makan. Tidak hanya noda minyak goreng saja, pakaian juga bisa ternoda oleh minyak tubuh. Yang dimaksud minyak tubuh di sini bukan keringat, melainkan jika Anda menggunakan minyak kayu putih, minyak angin, atau minyak esensial lainnya pada tubuh.

Sudah memilih deterjen dengan kualitas terbaik, tapi noda minyak di baju Anda tidak kunjung hilang? Kamini akan berbagai seputar cara menghilangkan noda minyak di baju yang terbilang sangat ampuh. Yuk, langsung saja coba sendiri!

Kenali jenis noda minyak terlebih dahulu

Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Beda jenis minyak, beda pula tingkat kesulitan yang Anda hadapi. Sebelum mencari cara menghilangkan noda minyak di baju, cari tahu dulu jenis minyak yang menodai pakaian Anda. Noda minyak goreng adalah jenis noda yang cukup sulit dihilangkan. Sementara itu, noda minyak tubuh terbilang lebih mudah dibersihkan karena teksturnya tidak selengket minyak goreng.

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa lipstik dan foundation cair juga merupakan kosmetik yang memiliki kandungan minyak di dalamnya. Anda harus menentukan cara yang tepat untuk membersihkan noda minyak sesuai dengan jenisnya.

Bahan-bahan untuk membersihkan noda minyak

Berpikir untuk menggunakan deterjen saat hendak menghilangkan noda minyak pada pakaian? Tidak ada salahnya untuk mencuci pakaian yang ternoda minyak dengan deterjen, tapi percayalah bahwa Anda harus bekerja lebih keras untuk menghilangkan noda minyak dengan langsung mencuci pakaian tersebut.

Sebelum baju yang ternoda oli dicuci bersih dengan deterjen, Anda harus melakukan beberapa cara menghilangkan noda minyak di baju dengan memanfaatkan bahan-bahan berikut ini:

  • Tepung jagung (maizena)

Tepung jagung (maizena)

Bahan untuk memasak yang satu ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk menyerap noda minyak goreng pada pakaian. Anda hanya perlu menaburkan tepung jagung di atas noda minyak dan biarkan semalaman. Setelah didiamkan selama semalaman, Anda bisa mencelup kain lap di dalam air hangat dan tuangkan sedikit cairan pencuci piring di atasnya.

Kemudian, usapkan lap ke atas noda yang sudah ditaburi tepung jagung sebelumnya. Diamkan kembali selama satu jam agar cairan pencuci piring tersebut meresap ke dalam serat pakaian untuk mengangkat noda minyak. Apabila sudah satu jam, cuci pakaian dengan deterjen seperti biasa.

  • Shampo

Shampo Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Shampo diformulasikan agar dapat mengangkat minyak pada rambut dan kulit kepala. Oleh karena itu, shampo adalah produk yang tepat untuk menghilangkan minyak yang sudah lama menodai pakaian. Basahi pakaian yang ternoda dengan air, oleskan sedikit shampo di bagian nodanya, dan kucek selama beberapa saat. Shampo akan melepaskan partikel-partikel minyak yang mengendap pada serat kain.

  • Bedak bayi

Bedak bayi

Di artikel cara menghilangkan noda oli di baju, bedak bayi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda oli. Pasalnya, oli juga mengandung partikel minyak di dalamnya. Mengingat bedak bayi bisa dipakai untuk menghilangkan noda oli, maka Anda juga menggunakannya untuk menyerap noda minyak pada pakaian.

Pertama-tama, Anda harus mengeringkan noda minyak dengan tisu terlebih dahulu. Selanjutnya, taburkan bedak bayi di atas noda minyak tersebut. Setelah beberapa saat, sisihkan bedak bayi dari pakaian dan tuangkan cairan pencuci piring di atas pakaian. Gosok dengan sikat gigi bekas bagian dalam dan luar pakaian yang ternoda. Kemudian, cuci pakaian Anda seperti biasa.

  • Cuka dan air perasan lemon

Cuka dan air perasan lemon

Kedua bahan yang sama-sama mengandung asam yang sangat kuat ini dapat melunturkan noda minyak pada pakaian, lho. Cara menghilangkan noda minyak di baju dengan menggunakan cuka dan air perasan lemon ini sangat mudah. Anda harus mencampurkan kedua bahan ini terlebih dahulu.

Selanjutnya, celupkan bagian kain yang ternoda ke dalam larutan cuka dan air lemon tersebut, remas-remas kain selama 1 menit dan rendam di dalam larutan tersebut selama 5 menit. Sebelum menggunakan bahan ini, sebaiknya coba terlebih dahulu pada bagian ujung pakaian karena kedua bahan ini tidak cocok dipakai pada jenis kain sutra maupun wol. Selain untuk menghilangkan noda minyak, cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau apek di baju lho!

Air panas dapat bersihkan noda minyak, benarkah?

Salah satu cara sederhana untuk melunturkan noda minyak yang melekat pada pakaian adalah dengan merendam pakaian tersebut di dalam air panas. Semakin panas air yang digunakan, maka semakin cepat noda minyak luntur dan terbuang dari pakaian kesayangan Anda.

Sayangnya, cara menghilangkan noda minyak di baju dengan memanfaatkan air panas ini tidak bisa diterapkan pada semua jenis kain. Ada beberapa kain yang tidak bisa direndam di dalam air yang terlalu panas karena bisa mengalami penyusutan. Jadi, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apakah pakaian yang akan dibersihkan minyaknya ini terbuat dari jenis kain yang tahan terhadap air panas atau tidak.

Cara mencuci baju yang ternoda minyak

Cara mencuci baju yang ternoda minyak

Setelah melakukan berbagai cara menghilangkan noda minyak, kini saatnya Anda untuk mencuci pakaian dengan menggunakan deterjen. Pemilihan deterjen yang tepat dapat mempermudah Anda dalam mencuci baju Anda yang ternoda minyak:

  1. Rendam pakaian terlebih dahulu di dalam air bersih, tuangkan deterjen bubuk atau cair secukupnya. Diamkan pakaian tersebut selama 15 – 30 menit hingga sisa-sisa noda minyaknya terangkat
  2. Oleskan sedikit deterjen cair ke bagian yang ternoda
  3. Kucek pakaian secara perlahan sampai dengan nodanya hilang
  4. Bilas pakaian dengan air bersih, lalu peras atau masukkan ke dalam dryer mesin pencuci
  5. Jemur di bawah paparan sinar matahari agar lebih cepat kering.

Cara mencuci baju yang ternoda minyak di dalam mesin cuci

Cara mencuci baju yang ternoda minyak di dalam mesin cuci

Di zaman serba modern ini, mesin cuci adalah alat elektronik yang sudah sangat umum di Indonesia. Jika Anda salah seorang yang menggunakan mesin cuci di rumah, maka Anda bisa mencuci pakaian yang ternoda minyak di dalam mesin. Namun, pastikan Anda sudah menggunakan bahan-bahan di atas untuk menghapus noda minyak pada pakaian yang akan dicuci.

Mencuci pakaian yang ternoda minyak di mesin cuci bisa membuat isi tabung mesin cuci jadi berminyak. Jadi, tak ada salahnya jika Anda menghilangkan noda minyaknya terlebih dahulu. Berikut adalah cara mencuci baju yang ternoda minyak dalam mesin cuci:

  1. Isi mesin cuci dengan air bersih, gunakan air dingin
  2. Masukkan pakaian ke dalam mesin cuci
  3. Tambahkan deterjen secukupnya, sebaiknya pilih deterjen cair karena dapat meresap dengan mudah ke serat pakaian untuk mengangkat sisa-sisa minyak
  4. Jalankan siklus pencucian sesuai keinginan Anda
  5. Setelah siklus pencucian berakhir dan pakaian sudah diangkat, isi kembali mesin cuci dengan air dan tambahkan sedikit cairan pencuci piring. Kemudian, jalankan siklus pencucian singkat dan buang air di dalam mesin cuci. Cara ini bermanfaat untuk menghilangkan sisa minyak yang menempel pada tabung mesin cuci.

Noda minyak

Dari daftar di atas kita bisa mengetahui bahwa cairan pencuci piring dapat membantu Anda dalam membersihkan berbagai noda minyak di baju, entah itu minyak goreng, minyak tumbuh, sampai dengan minyak yang lain. Cara menghilangkan noda minyak di baju ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan noda minyak yang sangat membandel sekali pun.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram