Lakukan! 10 Cara Menghilangkan Perasaan Iri Pada Orang Lain

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 2 Agustus 2021

Perasaan iri kerap kali muncul pada diri manusia. Sebagai manusia yang memiliki banyak kekurangan, perasaan tersebut dianggap sebagai hal yang wajar. Akan tetapi, jika perasaan tersebut terus muncul dan dibiarkan begitu saja, mungkin bisa berdampak buruk bagi diri sendiri. 

Selain dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain, hal tersebut juga bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental orang yang memiliki perasaan iri. Untuk membantu menghilangkan perasaan iri pada orang lain. Simak tips yang akan Kamini bagikan dalam artikel di bawah. Seperti apa itu? Berikut adalah penjelasannya.

1. Memberikan Apresiasi pada Prestasi Orang Lain

cara menghilangkan perasaan iri_Memberikan Apresiasi Pada Prestasi Orang Lain

Menyimpan perasaan iri pada orang lain dapat mengganggu produktivitas kita sehari-hari. Waktu yang harusnya diisi dengan hal-hal yang positif akan terbuang sia-sia karena pikiran lebih fokus pada orang lain. Langkah sederhana untuk mengikis perasaan iri pada orang lain adalah dengan memberikan apresiasi atas prestasi yang mereka raih.  

Kamu harus tahu bahwa apa yang kamu lakukan tersebut akan mendapat timbal balik dari orang tersebut seperti memberikan saran dan dukungan yang akan berguna dan kamu butuhkan untuk perkembangan usaha yang sedang kamu kerjakan. 

2. Meningkatkan Kemampuan Diri 

cara menghilangkan perasaan iri_Meningkatkan Kemampuan Diri

Kesuksesan memang tidak datang dengan sendirinya. Perlu kerja keras, bahkan mungkin air mata saat dalam prosesnya. Hal ini yang jarang kita sadari saat melihat kesuksesan orang lain. Sebagian dari kita mungkin hanya melihat hasil akhir yang mereka capai tanpa melihat proses panjang yang telah mereka lalui. 

Hal ini tentu harus kamu renungkan sebelum menaruh perasaan iri. Daripada sibuk memikirkan kesuksesan orang lain, sebaiknya mulailah untuk meningkatkan kemampuan diri. Kenali kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. 

Cobalah untuk keluar dari zona nyaman yang mungkin menjadi penyebab terhambatnya kesuksesanmu. Jadikan kesuksesan orang lain sebagai ajang pembelajaran yang akan memberi manfaat bagi perkembangan diri. 

3. Menghindari Pemicu Timbulnya Perasaan Iri

cara menghilangkan perasaan iri_Menghindari Pemicu Timbulnya Perasaan Iri

Perasaan iri memang bisa muncul karena adanya pemicu. Salah satu yang sering menjadi pemicu adalah media sosial. Keberadaan media sosial memang memiliki dua sisi. Satu sisi dapat memberikan informasi bermanfaat bagi masyarakat, namun di sisi lain media sosial juga bisa menjadi pemicu hal-hal yang bersifat negatif. 

Salah satunya adalah timbulnya perasaan iri ketika melihat kehidupan orang lain jauh lebih baik. Seperti kita ketahui, media sosial sendiri kerap dijadikan ajang untuk menunjukkan hal-hal bersifat material dan narsistik. 

Selain itu, berbagai pertemuan juga dapat berpotensi memicu timbulnya perasaan iri. Untuk mencegah hal tersebut. Pilihlah kegiatan pertemuan yang bersifat positif, serta hindari pertemuan tidak penting yang hanya akan membuang waktu. 

4. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

cara menghilangkan perasaan iri_Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Perasaan iri muncul karena kita kerap membandingkan diri dengan orang lain. Perasaan tidak puas pada pencapaian yang sudah diraih membuat kita sering kali membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini tentu dapat berdampak buruk bagi diri sendiri. Seperti kita ketahui banyak orang kemudian merasa tertekan dan frustrasi karena kerap membandingkan diri dengan orang lain. 

Melihat prestasi orang memang dibutuhkan untuk menumbuhkan inspirasi. Namun, ketika itu hanya akan memunculkan perasaan iri. Sebaiknya mulailah untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain. 

5. Mencari Tahu Penyebab Munculnya Perasaan Iri

cara menghilangkan perasaan iri_Mencari Tahu Penyebab Munculnya Perasaan Iri

Perasaan iri adalah salah satu penyakit hati yang sangat berbahaya. Selain dapat menghancurkan diri sendiri, terkadang sifat iri yang berlebihan dapat pula menumbuhkan perasaan dengki. Sifat iri biasanya muncul ketika melihat kelebihan orang lain yang memiliki kehidupan lebih baik, bahkan mungkin dianggap sebagai penghalang bagi dirinya untuk meraih kesuksesan. 

Penyebabnya sendiri memang cukup beragam seperti tidak memahami potensi diri, mudah terprovokasi oleh lingkungan, atau ketidakmampuan untuk mengendalikan diri. Untuk mengatasi hal tersebut. Mulailah untuk mencari tahu penyebab munculnya perasaan iri.

Setelah akar permasalahannya telah kamu ketahui, kamu bisa mengambil tindakan untuk mengatasinya. Mulailah dengan meningkatkan kualitas diri, mengubah cara pandang, membatasi penggunaan media sosial atau interaksi dengan orang lain yang tidak penting, dan mulai untuk introspeksi diri. 

6. Menolong Sesama

cara menghilangkan perasaan iri_Menolong Sesama

Cara yang cukup efektif lainnya untuk menghilangkan perasaan iri adalah dengan lebih sering menolong orang lain yang membutuhkan. Selain dapat menumbuhkan rasa syukur, kegiatan menolong sesama juga dapat membuat hidup menjadi lebih bahagia dan bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi banyak orang. 

Berbuat banyak kebaikan dapat mencegah perasaan iri muncul. Seperti kita ketahui, perasaan iri hanya akan menguras energi dan membuat hidup menjadi lebih gelisah dan tidak bahagia. Hal itu pula yang mungkin menjadi penghambat bagi kesuksesan yang harusnya kamu raih. 

7. Mengalihkan Diri pada Orang-Orang Tersayang

cara menghilangkan perasaan iri_Mengalihkan Diri pada Orang-Orang Tersayang

Perasaan iri dapat membuat seseorang merasa tertekan, bahkan mungkin membuatnya depresi. Mereka akan lebih banyak memikirkan orang lain dibanding dengan memikirkan produktivitas dirinya sendiri. Hal ini tentu sangat merugikan. Saat orang lain menikmati kesuksesan, mereka yang memiliki perasaan iri akan semakin terpuruk karena pikiran negatif. 

Agar pikiran kamu tidak terkuras hanya untuk memikirkan orang lain, sebaiknya mulailah untuk mengalihkan diri pada orang-orang tersayang. Jadikan orang-orang yang kamu sayangi sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan. Mintalah dukungan dan saran yang bermanfaat dari mereka untuk membantu kamu dalam mengejar mimpi. 

8. Banyak Bersyukur 

cara menghilangkan perasaan iri_Banyak Bersyukur

Terkadang, kita lebih suka melihat kehidupan orang lain dibanding dengan kehidupan diri sendiri. Padahal sejatinya, setiap manusia dibekali dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Banyak bersyukur adalah cara yang tepat untuk menepis perasaan iri yang mungkin muncul setiap saat. 

Seperti kita ketahui, di luar sana masih banyak orang-orang yang mungkin memiliki kehidupan yang jauh lebih memprihatinkan. Namun, mereka masih bisa tersenyum bahagia menjalani kehidupan sehari-hari. 

Hal itu bisa jadi karena mereka termasuk orang-orang yang pandai bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepada mereka. Hal serupa juga bisa kamu terapkan dalam kehidupan, terutama saat perasaan negatif tersebut muncul. 

9. Lebih Fokus pada Tujuan dan Cita-Cita

cara menghilangkan perasaan iri_Lebih Fokus Pada Tujuan dan Cita-Cita

Menghabiskan waktu hanya untuk membandingkan diri orang lain hanya akan menguras waktu dan tenaga. Selain tidak bermanfaat, itu juga membuat kita tidak produktif dalam menjalani hidup. Untuk mengejar ketertinggalan dari orang lain, sebaiknya mulailah untuk lebih fokus pada tujuan dan cita-cita. 

Hal itu jauh lebih baik dibanding meratapi nasib atau menyalahkan diri sendiri atas pencapaian yang kurang maksimal. Manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk hal-hal yang lebih positif. Jangan biarkan dirimu terjebak dengan perasaan iri atas pencapaian orang lain. Kejarlah kesuksesanmu sendiri dan kesampingkan perasaan merasa paling hebat dari orang lain. 

10. Menghargai Diri Sendiri

cara menghilangkan perasaan iri_Menghargai Diri Sendiri

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan untuk menghilangkan perasaan iri adalah dengan menghargai diri sendiri. Berhentilah untuk mengeluh atas kekurangan yang kamu miliki dan jangan jadikan kegagalan sebagai celah bagi munculnya perasaan iri. Mulailah untuk menghargai apa yang telah kamu usahakan dalam mencapai keberhasilan. 

Kamu harus ingat bahwa kehidupanmu jauh lebih penting dibanding dengan orang lain. Terimalah kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki dengan sikap bijak. Sadarilah bahwa di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Jika kita telah berhasil menghargai diri sendiri, tentu akan lebih mudah untuk menghargai orang lain. 

Demikianlah 10 cara menghilangkan perasaan iri pada orang lain yang berhasil Kamini rangkum. Meskipun menghilangkan perasaan iri bukan hal yang mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Semoga informasi di atas bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk hidup lebih baik. Jika ada saran dan kritik, tulis komentar di bawah, ya! 

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram