Kamini.id / Merawat Sepatu / 10 Cara Ampuh Menghilangkan Permen Karet di Alas Sepatu

10 Cara Ampuh Menghilangkan Permen Karet di Alas Sepatu

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 April 2019

Sisa permen karet bisa sangat menjengkelkan bagi siapa saja. Apalagi kalau menempel pada bagian tubuh atau barang kamu. Misalkan pada sepatu, bekas permen karet sangat sulit untuk dihilangkan.

Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan permen karet yang menempel pada sepatu kamu. Kamini telah memilih beberapa cara yang bisa dilakukan. Nah, kira-kira apa saja? Yuk, cek di bawah ini!

10 Cara Menghilangkan Permen Karet di Sepatu

1. Masukkan Sepatu ke Freezer

Cara Menghilangkan Permen Karet di Sepatu

* sumber: wd40.co.uk

Cara yang pertama mungkin yang paling umum, yakni membekukan permen karet pada sepatunya. Permen karet bakal menempel sangat kuat ketika masih basah. Makanya, membekukannya adalah cara terbaik.

Pertama-tama, masukkan sepatu pada plastik. Kemudian, setelah sepatu dibungkus plastik, simpan di dalam freezer beberapa menit. Setelah itu, keluarkan sepatu ketika permen karet membeku. Permen karet akan sangat mudah dihilangkan pada saat itu juga.

2. Es Batu dan Pisau

Gunakan Es Batu dan Pisau

* sumber: www.josephjoseph.com

Satu permen karet bisa menempel begitu tebal di sepatu. Jika hal ini terjadi, kamu bisa menggunakan pisau untuk pertama kalinya. Pangkas permen karet sebanyak mungkin sehingga hanya tersisa sedikit saja. Setelah itu, ketika permen karet hanya tinggal sisa beberapa saja, gunakan es batu.

Cara ini hampir sama seperti yang pertama, membuat permen karet membeku dan mengeras. Pertama, masukkan es batu pada plastik. Jangan menempelkannya langsung es batu pada permen karet. Kamu harus memasukkan es batu pada plastik terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan kembali pisau untuk membersihkan sisa-sia permen karet yang sedikit membeku.

3. Selai Kacang

Gunakan Selai Kacang

* sumber: www.standard.co.uk

Selai kacang sudah menjadi rahasia umum kalau selai kacang dapat membantu membersihkan permen karet. Selai kacang mengandung lemak dan minyak yang cukup banyak. Selain itu, dalam selai kacang, terdapat kandungan karbon dan hydrogen. Kedua kandungan ini akan menjadi hidrofobik ketika bersamaan.

Permen karet juga bersifat hidrofobik. Ketika senyawa itu bertemu, akan larut bersamaan. Caranya, pilih selai kacang yang basah atau creamy. Kemudian, oleskan selai kacang pada permen karet yang menempel pada sepatu. Diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah itu, hilangkan permen karet secara perlahan.

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan kuas. Hal tersebut agar memastikan selai kacang menempel rata pada sisa permen karet. Sebagai langkah terakhir, gunakan air dingin untuk membilasnya.

4. Cairan WD-40

Menggunakan Cairan WD-40

Carian WD-40 bisa kamu dapatkan di toko material. Setelah mempunyai cairan ini, semprotkan pada sepatu yang terkena permen karet. Setelah itu, biarkan kurang dari satu menit. Gunakan handuk kertas atau kain untuk melepaskan permen karet.

Kalau permen karet masih sukar hilang, semprotkan lagi carian WD-40 dan diamkan beberapa menit. Setelah semua permen karet terlepas, bersihkan sepatu dari sisa permen karet dan cairan dengan menggunakan kain lap bersih.

5. Lumpur dan Tongkat Kayu

Lumpur dan Tongkat Kayu

* sumber: www.etsy.com

Cara ini akan efektif jika permen karet yang menempel pada sepatu kamu masih basah atau belum kering. Untuk yang pertama, cari pasir dan tongkat kayu terlebih dahulu. Langkah selanjutnya, ratakan pasir pada permen karet. Tutupi semua permen karet yang menempel dengan pasir.

Setelah semua tertutupi, mulailah mencongkel sedikit demi sedikit permen karet yang telah bercampur dengan pasir. Lumuri terus sepatu bagian yang terkena permen karet terus menerus. Kamu akan melihat permen karet mulai terangkat sedikit demi sedikit.

6. Menggunakan Cairan Penghapus Cat Kuku

Menggunakan Cairan Penghapus Cat Kuku

* sumber: www.wikihow.com

Cairan penghapus cat kuku berbahan dasar aseton. Senyawa kimia ini merupakan pelarut yang penting. Aseton juga digunakan untuk membuat plastik, serat, obat-obatan,  serat, dan senyawa kimia lainnya. Sementara, cat kuku sendiri merupakan senyawa kimia yang sulit dihilangkan dengan air biasa. Hal ini juga bisa digunakan untuk permen karet.

Caranya, rendam sedikit kain pada cairan penghapus kuku. Kemudian, gosokkan perlahan untuk menghilangkan permen karet yang menempel. Hanya saja, ketika kamu menggunakan cairan ini, hati-hati terhadap kulit kamu ya. Kalau terlalu banyak mengenai permukaan kulit, aseton dengan mudah dapat merusak bagian kulit. Apalagi bagi kamu yang memiliki kulit yang sensitif.

7. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat pelarut. Untuk menggunakannya, oleskan minyak zaitun pada bagian sepatu yang terkena permen karet. Setelah dioleskan, diamkan beberapa menit agar minyak zaitun menyerap cukup dalam sehingga menetralkan lengket pada sepatunya.

Setelah itu, kamu sudah mulai bisa membersihkan permen karet perlahan-lahan dari sepatu. Kamu bisa menggunakan kain atau tongkat kayu sebagai alat bantunya. Disamping minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan minyak sayur biasa. Tapi yang baru ya, jangan bekas menggoreng makanan, ya.

8. Gunakan Pelumas Rantai

Gunakan Pelumas Rantai

* sumber: www.mec.ca

Jika kamu tidak ingin menggunakan minyak zaitun, menghilangkan permen karet pada sepatu bisa menggunakan pelumas rantai motor atau sepeda. Caranya hampir sama dengan penggunaan minyak zaitun. Kamu hanya perlu mengoleskan atau menyemprotkan pelumas secara merata pada bagian sepatu yang terkena permen karet. Setelah itu, diamkan saja beberapa menit.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kain atau kertas. Selain praktis, bahan-bahan tersebut bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Sehingga, kamu tidak perlu pusing untuk mencari alat-alat yang diperlukan.

9. Menggunakan Cuka

Menggunakan Cuka

* sumber: holisticzine.com

Cuka adalah bahan rumah yang mudah ditemukan di dapur. Selain untuk penyedap rasa, cuka ternyata bisa digunkaan untuk membersihkan sejumlah benda dapur. Hal ini dikarenakan cuka memiliki sifat anti mikroba.

Namun, untuk mulai membersihkan permen karet yang menempel pada sepatu kamu, sebaiknya dimulai dari memanaskan cuka terlebih dahulu. Jangan terlalu panas, yang penting hangat. Setelah itu, mulai oleskan atau siramkan sedikit saja cuka pada permen karet yang menempel pada sepatu. Diamkan beberapa menit saja.

Kemudian, kamu bisa menggosok perlahan. Jangan terlalu kasar, ya. Hal ini bisa merusak bagian sepatu kamu. Untuk alat bantunya, alangkah baiknya menggunakan kuas atau sikat. Dalam waktu kurang dari satu menit, permen karet pada sepatu kamu sudah bisa dihilangkan perlahan-lahan.

10. Alkohol

Menghilangkan Permen Karet di Alas Sepatu

* sumber: www.pxleyes.com

Bahan terakhir yang bisa kamu gunakan adalah alkohol 70 persen. Untuk mendapatkan bahan ini, cukuplah mudah. Kamu bisa membelinya di apotek. Cairan ini sangatlah bermanfaat. Selain untuk membersihkan luka luar, kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan permen karet yang menempel pada sepatu.

Alkohol yang seperti ini mengandung isopropil yang bisa merusak beberapa zat, termasuk yang terkandung dalam permen karet. Untuk menggunakannya, tuangkan alkohol pada sepatu yang terkena permen karet. Kalau bisa, rendam beberapa menit saja. Setelah itu, gosok perlahan sepatu hingga permen karet benar-benar hilang. Sebaiknya, gunakan kertas atau sikat yang lembut.

Nah, itulah kesepuluh cara dan bahan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan permen karet yang menempel pada sepatu. Jika permen karet sudah cukup lama menempel dan mengering di sepatu, alangkah baiknya untuk menggunakan bahan-bahan di atas secara terus menerus. Hanya saja, jangan sampai merusak sepatu kamu, ya.

Jika setelah proses pembersihan sepatumu jadi basah, coba kunjungi artikel cara mengeringkan sepatu basah ini untuk mengeringkannya dengan cepat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar