kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Rambut / Ini Dia Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Secara Mudah

Ini Dia Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Secara Mudah

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 10 April 2020

Rambut bercabang bukan masalah baru. Setiap orang berpotensi memiliki rambut bercabang, khususnya pemilik rambut panjang dan kering. Sekilas, cabang di ujung-ujung rambut ini memang tidak terlihat jelas. Namun, rambut bercabang yang sudah parah akan menimbulkan kesan rambut rusak dan tidak terawat sehingga dapat mengganggu penampilanmu.

Apakah cara menghilangkan rambut bercabang hanya bisa dengan memotong ujung rambutnya saja? Tidak, masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut bercabang ini. Jika kamu sedang berusaha mencari caranya, maka kamu sudah membaca artikel yang tepat.

Cara Praktis Menghilangkan Rambut Bercabang

Cara Praktis Menghilangkan Rambut Bercabang

Cara terbaik untuk menghilangkan rambut bercabang adalah dengan melakukan sejumlah perawatan agar rambut yang kasar, kering, dan bercabang menjadi lebih sehat dan halus. Namun, apabila kamu membutuhkan cara yang lebih praktis untuk menyembunyikan rambut bercabang secara cepat, kamu bisa melakukan cara-cara dari Kamini berikut ini.

  • Potong Ujung Rambut

Tak ada cara yang lebih cepat dari memotong ujung rambut yang bercabang. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan cabang di ujung rambut secara cepat. Ketika memotong ujung rambut, ambil maksimal 3cm dari ujungnya, jangan lebih. Setelah dipotong, rambutmu akan terlihat lebih sehat karena tidak terlihat bercabang.

  • Styling Rambut

Butuh cara cepat lainnya untuk menyamarkan rambut bercabang? Mudah saja. Kamu hanya perlu menata rambutmu dengan bantuan alat styling. Model rambut yang bisa menyembunyikan rambut bercabang adalah keriting menggunakan catokan curly atau blow rambut menekuk ke dalam.

Kedua cara di atas memang bukan solusi terbaik untuk menghilangkan rambut bercabang. Kamu tetap harus melakukan perawatan intensif untuk mengatasi rambut bercabang secara permanen. Akan tetapi, kalau kamu ingin menyembunyikan cabang rambut secara cepat, kedua cara di atas bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan penampilanmu.

Perawatan Sehari-hari

Apakah kamu memerlukan perawatan khusus di salon untuk mengatasi rambut bercabang? Jawabannya adalah tidak. Untuk menghilangkan rambut bercabang secara permanen, mulailah dengan melakukan perawatan sehari-hari di rumah.

Berikut adalah sejumlah perawatan untuk rambut bercabang yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

  • Keramas dengan Shampo untuk Rambut Bercabang

Keramas dengan Shampo untuk Rambut Bercabang

Dewasa ini, sudah banyak tersedia shampo yang diformulasikan untuk merawat rambut bercabang. Sebagai konsumen, kamu hanya perlu memilih salah satu produk yang tepat untuk mencuci rambutmu sehari-hari. Kalau masih belum memiliki pilihan, baca artikel shampo untuk rambut bercabang ini, yuk!

  • Lengkapi Perawatan dengan Conditioner

Lengkapi Perawatan dengan Conditioner

Tak ada alasan untuk malas memakai conditioner. Produk perawatan rambut ini ternyata memiliki manfaat yang besar untuk merawat rambut, khususnya untuk rambut kering dan bercabang. Conditioner bertugas untuk menjaga kelembaban rambut serta melindungi rambut dari kerusakan. Bagi pemilik rambut bercabang, gunakan conditioner yang terdapat dalam artikel conditioner untuk rambut kering ini.

  • Hentikan Penggunaan Alat Styling

Hentikan Penggunaan Alat Styling

Bila kamu memiliki rambut bercabang, kering, dan kasar, itu tandanya kerusakan rambutmu sudah sangat parah. Oleh karena itu, kamu harus menghentikan penggunaan alat styling untuk sementara waktu. Perawatan yang kamu lakukan akan lebih optimal jika kamu menghentikan paparan suhu panas pada rambut.

  • Pakai Serum Sebelum Styling

Pakai Serum Sebelum Styling

Bagaimana jika kamu terpaksa melakukan styling meskipun rambutmu bercabang? Kalau kamu terpaksa menata rambut dengan bantuan alat styling, maka gunakan serum untuk melindungi rambutmu dari suhu panas. Pilih serum rambutmu dalam artikel merk serum rambut yang bagus.

  • Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Kalau rambut kusut harus sering disisir, rambut bercabang justru tidak boleh terlalu sering disisir, lho. Selain itu, pemilik rambut bercabang wajib menyisir dengan sisir bergigi lebar (tidak rapat). Sisir rambut secara perlahan agar rambut bercabangmu tidak semakin megar.

Dengan melakukan perawatan sehari-hari di atas, dijamin masalah rambut bercabang dapat segera teratasi. Kamu pun bisa memiliki rambut yang lebih sehat dan halus sehingga penampilanmu pun jadi lebih maksimal. Berbagai cara di atas juga sangat ampuh untuk mencegah rambut bercabang muncul kembali.

Bahan Alami untuk Rambut Bercabang

Selain menggunakan shampo, conditioner, dan serum, kamu juga bisa mencoba perawatan dengan bahan alami, lho. Faktanya, ada sejumlah bahan alami yang bisa diandalkan untuk mengatasi rambut bercabang. Apa saja bahan alami untuk menghilangkan masalah rambut bercabang?

  • Kuning Telur

Kuning Telur

Tak ada yang bisa mengalahkan kehebatan telur sebagai masker rambut alami. Telur mengandung protein dan asam lemak. Sementara itu, rambut terdiri dari 70% protein keratin. Jadi, kandungan protein pada telur mampu memperbaiki kerusakan setiap helai rambut.

Cara memakai masker kuning telur adalah kocok satu butir kuning telur dengan 3 sdm minyak zaitun dan 1 sdm madu. Kemudian, aplikasikan pada rambut basah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas sampai bersih.

  • Pisang

Pisang

Buah yang “Indonesia banget” ini juga bisa dijadikan masker alami untuk mengatasi rambut bercabang. Pisang akan mengembalikan elastisitas rambut dan memulihkan kerusakannya, seperti rambut bercabang.

Yang kamu perlukan adalah satu buah pisang yang sudah dipotong-potong, 2 sdm plain yogurt, dan sari lemon secukupnya. Haluskan semua bahan-bahan ini di dalam blender. Oleskan masker pisang ke seluruh bagian rambut, terutama ujungnya, dan diamkan 1 jam, lalu bilas sampai bersih.

  • Alpukat

Alpukat

Bukankah alpukat adalah buah untuk merawat rambut kering? Ya, memang benar. Rambut bercabang juga termasuk masalah yang ditimbulkan oleh rambut kering, lho. Jadi, penggunaan masker alpukat adalah solusi tepat untuk menuntaskan masalah rambut bercabang.

Haluskan daging buah alpukat dan minyak zaitun secukupnya. Oleskan ke rambut, tetapi hindari pengaplikasian pada akar rambut. Setelah 30 menit, bilas masker alpukat dan cuci rambut dengan shampo.

  • Lidah Buaya

Lidah Buaya

Bahan alami yang satu ini nampaknya adalah solusi untuk segala permasalahan rambut. Mulai dari rambut rontok, kusam, kering, sampai bercabang semua bisa diatasi dengan lidah buaya. Apalagi, lidah buaya juga merupakan bahan alami yang mudah diperoleh.

Penggunaan lidah buaya untuk menyembuhkan rambut bercabang berfokus pada gel lidah buayanya saja. Gel ini nantinya diaplikasikan pada rambut, lalu didiamkan selama 15-30 menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan dengan lidah buaya 2-3 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

  • Pepaya

Pepaya

Bukan hanya untuk mengatasi rambut bercabang saja, pepaya juga bisa dipakai untuk mencegah rambut bercabang sejak dini. Protein di dalam pepaya berfungsi untuk menghaluskan rambut bercabang dan mengembalikan kilau alaminya.

Cara menggunakan masker rambut dari pepaya adalah dengan menghaluskan daging buahnya dan dicampur dengan plain yogurt. Lumuri rambut dengan masker pepaya selama 30 menit, lalu bilas dan cuci rambutmu dengan shampo.

Bahan alami tidak bisa memberikan hasil yang instan. Namun, perawatan dengan bahan alami mampu memberikan hasil yang lebih baik untuk jangka panjang.

Nah, sudah tahu cara mengatasi rambut bercabang, bukan? Sekarang kamu tinggal memilih perawatan yang paling sesuai dengan kenyamananmu. Kalau kamu punya tips lain untuk mengatasi rambut bercabang, silakan dibagikan di kolom komentar yang tersedia di bawah ini, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram